Header

Menjadi Blogger: Alasan Memulai dan Cara Mengatur Waktu

10 comments

Alasan dan Mengatur Waktu Blogging

Suguhan dan pembahasan materi tentang Big Why menulis di Blog pada kelas Blogspedia Coaching, membuatku mencari tahu dan merenungi lebih dalam lagi alasan memulai menulis di Blog dan ingin menjadi Blogger.

Sepertinya aku akan menarik mundur memoriku ke perjalanan membuat Blog ini. Mari kita mulai..

 

Alasan Menjadi Blogger

Alasan Menjadi Blogger

Berawal dari banyaknya pendapat teman-teman tentang tulisanku, mereka merasa aku memilki bakat menulis yaitu dari caraku berbicara melalui tulisan; cukup menarik, mudah dipahami, dan enak dibaca. Namun aku pribadi merasa kemampuanku masih sangat jauh dari pendapat mereka.

Singkat cerita, aku bergabung dalam sebuah komunitas yang memiliki tujuan sebagai wadah pengembangan diri untuk seorang Ibu; baik sebagai perempuan, istri atau ibu itu sendiri.
Di awal bimbingan diajarkan cara untuk menemukan, mengenali dan menggali passion. Dari sanalah, aku mulai merasa menemukan passionku dalam menulis. Berkat dukungan pendapat teman-teman tadi dan juga karena ingin belajar lebih tentang menulis, akhirnya ku putuskan untuk bergabung dalam salah satu komponen menulis pada komunitas tersebut. Dalam komponen ini, peserta wajib mengerjakan tantangan menulis tiap harinya. Di sinilah awal tekadku menciptakan "ruang tulis, berkisah dan berbagai" milikku.
 
Awalnya aku membuat blog dengan tujuan untuk mengasah kemampuan menulisku. Karena belum memiliki jam terbang dalam hal menulis, ku mulai dengan membagikan tulisan yang berisikan tentang pikiran, ide dan pendapatku. Selain itu juga, blog ini dipergunakan sebagai media memenuhi tantangan menulis. Tujuan lainnya, blog ini kubuat sebagai wadah untuk mengikat ilmu agar memudahkanku dalam mempelajari ulang ilmu atau pelajaran dan hal lainnya yang sudah ku rangkum dengan gayaku.
 
Saat awal membuat Blog, aku sudah menentukan tema dari tulisan-tulisanku, yaitu seputar perempuan, Istri dan Ibu.

Maka beberapa tulisan dimaksudkan untuk memberi informasi bagi mereka yang sedang kebingungan tentang urusan menjadi Ibu berdasarkan ilmu yang kudapat dari komunitas. Beberapa tulisan lain dimaksudkan untuk memberi referensi buku bacaan bertema parenting. Beberapa tulisan juga sebagai portofolio anak dan untuk berbagai ide kegiatan bermain dengan anak.

 

Aku sadar betul bahwa tulisanku bisa jadi jalan kebaikan, bisa jadi motivasi, bisa sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Selain untuk tujuan-tujuanku diatas, aku menciptakan 'ruangku' ini bertujuan untuk berbagi, sebagai amal jariyah diri.

Menurutku menulis di Blog pribadi, aku bisa berbagi dengan jangkauan yang lebih luas lagi melebihi kapasitas diri. Dari sini aku merasa diriku bisa bermanfaat untuk sesama.
 
Dan alasan mengapa memilih Blog sebagai jurnal onlineku, karena saat membulatkan tekad untuk menulis, platform inilah yang muncul dibenak. Di sini aku bisa berbagi dan menyimpan tulisan-tulisan yang dengan mudah juga bisa ku baca kembali. Tidak ada yang membatasi, aku bebas berekspresi melalui tulisanku.
Untuk detail fasilitas Blog sendiri, aku belum begitu memahami. Maka dari itu aku bergabung untuk belajar lebih di Blogspedia Coaching for NewBie.
 
Ya, inilah cerita perjalananku menemukan dan membangun Big Why menulis di Blog, yaitu karena passion, untuk mengasah skill menulis dan untuk tempat berbagi.

Agar Big Why ku bisa terwujud dam aku bisa konsisten mengerjakannya, sudah seharusnya aku menyediakan waktu untuk blogging. Lalu, bagaimana caraku untuk menyediakan waktu blogging??

 

Cara Mengatur Waktu Blogging

Cara Mengatur Waktu Blogging

Sebagai ibu rumah tangga yang aktif berkomunitas dan menyukai tantangan, tentu aku harus pintar dalam mengatur waktu, khususnya waktu untuk 'me time'.

Me time sangat dibutuhkan setiap orang agar tangki cinta terpenuhi. Dan Blogging adalah salah satu kegiatan dalam daftar me time-ku.
 
Tentunya setiap orang ingin menyelesaikan harinya dengan bahagia, segala urusan berjalan lancar, tidak keteteran, begitupun aku. Aku ingin melalui hari dengan menjalankan kewajibanku dengan baik, membersamai anak dengan bahagia, mengoptimalkan diri dengan bersosialisasi dibeberapa komunitas berjalan dengan lancar dan juga tetap bersemangat ditengah hiruk pikuk tugas dari peran yang diemban.
 
Sebagai ibu rumah tangga atau full time mommy at home, rencana-rencana indah yang sudah dirancang bisa berantakan disebabkan oleh hal yang tak terduga. Waktu me time pun terancam gagal jika tidak  memiliki manajemen waktu yang baik..

Menurutku tantangan terbesar untuk dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu adalah anak. Karena anak bisa melakukan apa saja diluar dugaan. Dan biasanya menyebabkan mood swing yang dapat mempengaruhi pekerjaan sebagai ibu rumah tangga.
 
Untuk menyiasatinya, berdasarkan ilmu yang ku dapat, agar semua pekerjaan terkendali aku harus membuat skala prioritas kegiatan yang akan kulakukan tiap harinya. Mulai dari memilih kegiatan yang terpenting untuk segera dikerjakan sampai dengan mengeliminasi kegiatan yang dapat ditunda atau ditiadakan. Kemudian ku tulis dalam list kegiatan harian dan memberi tanda chekclist jika sudah mengerjakan.

Meski tidak dipungkiri, tantangan yang tak terduga pasti selalu ada, namun cara ini dapat membantuku tetap disiplin, teratur dan dapat menyelesaikan tugasku dengan baik.
 
Selain itu, tidak menunda-nunda pekerjaan adalah kunci utama. Karena belajar manajemen waktu bukanlah hal yang mudah. Diperlukan konsistensi dan disiplin tinggi agar terbentuk habbit. Untuk itu, latihannya pun tidak singkat. Butuh waktu cukup lama agar terbiasa menerapkannya.

Begitupun dengan menulis. Aku ingin bisa menulis tiap harinya. Maka aku harus meluangkan waktu untuk menulis, bukan menulis ketika sempat. Dan tidak menunda menulis ketika ide muncul. Selain itu juga meluangkan waktu untuk membaca, baik dari buku atau artikel online untuk referensi ide menulis.
 
Menurutku inilah cara agar Big Why ku dapat terwujud. Bagaimana dengan kalian?
 
Yuk segera berubah dan bergerak jika kmu juga ingin menjadi blogger. Tentukan dan temukan alasan terbesarmu untuk memulai blogging, lalu manfaatkan waktumu dengan baik agar dapat konsisten blogging. Kita pasti bisa!
Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

10 comments

  1. Yups bisa bisa bisa! Hehehe

    Yeay, ketemu lagi sama momblogger. Keren ni sudah jelas blognya tentang apa. Selamat berjuan g dan semoga Allah mudahkan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mb, yupp pasti kita bisa!

      Sama-sama menebar semangat dan manfaat ya ❤️

      Delete
  2. Pokoknya mah setujuuu... Kata NANTI memang harus dienyahkan dari muka bumi, bikin semua plan berceceran ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mb.
      Selagi bisa harus tetap berusaha dan berkarya. Makasih banyak bimbingannya ❤️

      Delete
  3. Sama Mba, aku ngeblog juga jadi me time tersendiri, tempat mencurahkan hati dan pikiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tulisan mb Iva sudah expert, apalah aku si cupu ini 😂
      Tetap semangat menebar motivasi ya mb ,💜

      Delete
  4. Sempatkan untuk menulis, bukan menulis ketika sempat... Ahh aku setuju bangett. Blogging juga untuk mengikat ilmu, ini juga pesan guru blogging aku lho mbak.. Semangat kita ya sebagai ibu, istri dan blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski masih tertitah dan terseok menjalankannya mb, semoga kita Istiqomah ya.
      Semangat kitaaa meski di rumah aja hihi

      Delete
  5. Semangat,Kak. Sebuah perjalanan yang begitu indah dan penuh makna dan pelajaran untuk menemukan BIG Why ya Kak. Semoga kita bisa sama-sama Istiqomah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. saling menyemangati ya pak :)
      Saya masih harus banyak belajar hihi

      Delete

Post a Comment