Header

Growing Umma, Wadah Bertumbuh Bahagia Dalam Takwa

8 comments
Growing umma

Semenjak bertemu dengan Growing Umma, aku merasa telah menemukan wadah yang tepat untuk aktualisasi diri. Karena aku pernah mengalami perasaan seperti ada yang kurang, ada sesuatu yang kosong dalam diri. Sering juga merasa payah dengan tugas dan peran baruku sebagai istri dan ibu. Adakah yang mengalami perasaan yang sama denganku??

Menjadi istri dan ibu shalihah adalah impian dan tujuan utamaku sebagai wanita muslim, bahkan sebelum berumah tangga. Namun ternyata, ilmuku masih sangat dangkaaaaal sekali. Aku menyadari bahwa aku tidak hanya butuh ilmu, tapi aku juga butuh circle yang mendukung, butuh banyak sekali referensi pengalaman dari ibu-ibu lainnya.
 
Sampai akhirnya, aku menemukan Growing Umma..

Growing Umma itu apa sih??

Growing Umma adalah sebuah komunitas khusus perempuan yang berfokus untuk menjadi wadah aktualisasi diri dan menjadi sahabat bertumbuh dengan bahagia khususnya bagi para ibu, dengan kegiatan-kegiatan yang berbalut takwa.

Visi misi komunitas ini adalah menjadi wadah bertumbuh umma dengan memfasilitasi umma mencari ilmu yang dapat bermanfaat baik diri sendiri dan keluarga.

Tidak hanya sebatas sharing dan diskusi tentang parenting, namun juga ilmu untuk bekal diri sesuai dengan syariat Islam dengan menjunjung tinggi sunnah.

Awal Bertemu Growing Umma

Kala itu aku membutuhkan ilmu yang berhubungan dengan perkembangan anak. Kemudian aku mulai berselancar di media sosial untuk mendapatkan informasi, dan akhirnya aku menemukan flyer kuliah WhatsApp dengan tema yang kubutuhkan dan acara tersebut diselenggarakan oleh Growing Umma.

Singkatnya, aku berkenalan dengan komunitas ini setelah founder memperkenalkan diri dan juga komunitas yang dibawanya di akhir acara. Dari penjelasan founder, Umma Lis Tuti atau sering disapa Bunda Ummar, tentang latarbelakang membentuk komunitas ini dan juga visi misinya mampu menyentuh hatiku karena sesuai dengan kebutuhan. Tanpa berpikir panjang, aku pun memutuskan untuk bergabung.

Komunitas yang memiliki sapaan Umma untuk para membernya ini tidak hanya memfasilitasi para ibu dan calon ibu dengan program yang dimiliki, tetapi juga memberi kesempatan member untuk mengembangkan kemampuan diri dan ikut berkontribusi menjadi penyambung kebaikan dengan cara menjadi tim inti.

Kebetulan saat aku bergabung, komunitas ini ternyata belum lama dibentuk. Dan saat rekrutmen anggota tim inti, aku ikut serta melamar. Dengan bekal memberanikan diri saja awalnya, hanya ingin lebih berkegiatan meski di rumah saja.

Seiring berjalannya waktu, ternyata aku mulai menikmati jabatanku saat itu, sebagai Manager WhatsApp Group. Meski banyak rintangan dan tantangan, namun alhamdulillah aku berhasil melaluinya. Hingga saat ini aku diberi amanah dan kepercayaan oleh founder sebagai COO (Chief Operating Officer) Growing Umma.

Ini adalah bukti bahwa Founder memberikan kesempatan pada para member untuk mengambil amanah dan tugas membersamai para umma dan juga kesempatan untuk mengembangkan diri atau mengasah skill yang dimiliki melalui komunitas ini.

Program Growing Umma

Sebagai wadah, sudah pasti suatu komunitas memiliki fasilitas untuk para membernya. Begitupun dengan Growing Umma yang memiliki 3 program kebanggaan sebagai identitas.

1. Jadwal Harian Growing Umma

Program ini dijadwalkan pada hari Senin sampai Jumat. Yang diisi dengan kegiatan Sehari lebih dekat dengan Umma yaitu jadwal perkenalan bergilir untuk para member, Sharing Ala Umma yaitu jadwal sharing baik review, resep masakan dan minuman atau pengalaman inspiratif dari member, ada juga market day yaitu hatinya para umma yang memiliki bisnis untuk membuka lapak dan mempromosikan dagangannya. Dan ada juha jadwal untuk kajian dan kuliah WhatsApp yang bergantian di setiap pekan dalam satu bulan. Komplit banget kan? Dijamin seru, ga akan bosen deh!

2. OWOJ (One Week One Juz)

Program mengaji yang digagas untuk memantik dan menghidupkan semangat mengaji para member yang mengikuti program ini. Terinspirasi dari program mengaji ODOJ (One Day One Juz), namun diadopsi dengan menyesuaikan kesibukan para member.
 
Harapannya, para member terbiasa meluangkan waktu untuk mengaji sehingga terbiasa dalam satu hari tidak melewatkan interaksi dengan Al-Qur'an. MasyaAllaah, benar-benar bertumbuh bersama dalam balutan iman. Tidak melupakan yang wajib selain shalat, ya?

3. Reborn Class

Nah kalo program yang satu ini, adalah program yang baru saja dirilis. Reborn Class adalah sebuah kelas pengembangan diri yang dimonitor selama 1 bulan penuh oleh fasilitator-fasilitator dengan tujuan untuk melahirkan kembali fitrah Umma sesungguhnya sehingga dapat menjalankan peran umma dengan baik dan selalu bertumbuh dengan bahagia dalam takwa.

Pada Reborn Class batch 1 yang diikuti oleh semua member yang jumlahnya lebih dari 200 Umma ini, Growing Umma mengangkat 4 topik. Setiap topik berlangsung selama satu pekan yang disertai dengan 2 tugas ringan. Topik-topik tersebut adalah manajemen waktu, manajemen diri, manajemen emosi, dan menjadi Umma shalihah.

Harapannya dengan adanya tugas yang diberikan berkaitan dengan materi, para umma benar-benar menyerap materi dengan maksimal dan dapat mengaplikasikan materi dengan kehidupan nyata.

Topik yang diangkat adalah hasil dari survei yang Tim lakukan terhadap kebutuhan para member. Untuk memfasilitasinya, maka lahirlah Reborn Class batch 1 ini sebagai perwujudan upaya Growing Umma untuk memenuhi kebutuhan para Umma.
Setelah kelas berakhir, Growing Umma akan memberikan apresiasi berupa sertifikat sesuai dengan kategori penilaian. Dan juga kesempatan mendapatkan hadiah yang akan diberikan oleh sponsor. Tidak hanya itu, Growing Umma juga memberikan program afiliasi.

Manfaat program afiliasi ini tidak hanya dirasakan oleh para alumni yang berkesempatan mendapatkannya setelah memenuhi syarat sebagai affiliate, namun juga untuk calon Umma yang ingin belajar di Reborn Class batch berikutnya. Menarik bukan???


Hampir semua Umma bersemangat dan antusias mengikuti serangkaian pembelajaran di Reborn Class. Mulai dari sharing twibbon yang disediakan saat pembukaan kelas hingga penutupan kelas, pengumpulan tugas yang dilakukan sesegera mungkin setelah tugas diumumkan, kemudian insight yang diberikan sungguh luar biasa. Bahagia dan haru saat membaca insight yang mereka bagikan. Lega dan bangga rasanya bisa memfasilitasi para Umma untuk menjadi pribadi terbaik untuk semua perannya.

Tentu masih banyak evaluasi yang harus dibenahi, namun tidak dipungkiri ada kepuasan tersendiri sudah berada di titik ini.

Apakah kamu juga tertarik ingin bertumbuh bersama bahagia dalam takwa bersama kami?? Silakan kunjungi dan cari tahu tentang Growing Umma.

Sampai bertemu di kelas!
Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

8 comments

  1. Wah pasti seru banget ya mbak ketemu dengN banyak umma satu tujuan, memiliki harapan yang sama, dan Masha Alloh kegiatannya menginpirasi sekali. Sukses terus dengan komunitasnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mb, jd ada energi tersendiri gitu. Aamiin makasih ya mba..

      Delete
  2. Masya Allah, programnya bener2 menumbuhkan fitrah wanita khususnya stelah jadi ibu yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mb iva. Jd berasa jalan bergandengan, beban terasa ringan..

      Delete
  3. Masya Allah, senang bisa berproses bersama dengan yang lain. Pasti ada pengalaman tersendiri bisa sharing, diskusi, belajar bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak, seperti saling mengisi.. saling peluk untuk menguatkan..

      Delete
  4. Masha Allah keren banget mbak ;) nggak mudah lho punya agenda publik dengan amanah yang sepertu itu. Semoga lancar terus ya mbak. Dari namanya inspiring bgt lho. Membanru uma uma di luar sana untuk bertumbuh bersama yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, makasih mb widya..
      Mb widya juga keren bgttttt

      Delete

Post a Comment