Header

Gregetnya Memasang Top Level Domain Sendiri

28 comments

 

Memasang TLD

Mengganti url blog menjadi top level domain sepertinya memang impian semua blogger, termasuk aku yang baru saja terjun di dunia blog. Lalu, gimana caranya memasang top level domain sendiri sampai berhasil?? Yuk ikuti ceritaku..

Tepat tanggal 7 bulan 7 tahun 2021, alias 7.7 (tanggal cantik ya?? Hehe) aku berhasil mengganti url blogku ini dengan top level domain. Itu semua tentunya berkat kelas Blogspedia Coaching dan tugas dari Coach Marita yang mengharuskan kami untuk memasang top level domain sendiri.

Memasang top level domain atau disingkat TLD tidak hanya untuk memperkuat branding, tapi juga merupakan langkah awal sebuah blog untuk menjadi profesional. Sehingga peluang untuk bekerjasama dengan beberapa klien menjadi lebih besar dibandingkan dengan blog yang masih menggunakan sub domain bawaan. Karena kebanyakan klien sekarang ini mencari dan meminta blog dengan top level domain untuk ditawarkan kerjasama.

Sejak awal membuat blog, aku sudah ingin sekali memasang TLD untuk blogku. Tapi eh tapi, ga tau caranya hehe..
Alhamdulillah, beruntung sekali bisa belajar tentang blog di kelas Blogspedia Coaching secara gratis yang membahas tentang blog dari awal atau basic-nya nih sampai dengan memasuki tahapan ini, yaitu tahapan mengganti dan memasang top level domain sendiri.

Tentunya, materi ini sangat dinantikan olehku dan juga teman-teman sesama blogger yang ingin segera memasang TLD untuk blognya dalam kelas Blogspedia Coaching. Selain materi memasang TLD ini, aku juga sangat menantikan materi tentang mengganti template sesuai dengan keinginan. Hihi ga sabaaaar!!

Oke, lanjut ke cerita memasang top level domain sendiri ya..
Seperti biasa, di awal pekan pasti Coach Marita membagikan materi yang isinya daging bangeeeet siap dikunyah. Sama halnya materi ini, kami juga diberikan beberapa refrensi artikel terkait yang sangat amat membantu kami untuk memahami isi materi.

Sudah pasti, artikel yang dilampirkan adalah tentang memasang top level domain dong ya sesuai dengan materi. Dan saat membaca beberapa artikel tersebut, aku sempat bimbang untuk menentukan. Menentukan cara mana yang akan ku pilih sebagai panduan dalam memasang top level domain sendiri untuk tugas kali ini.

Setelah menimbang dan mengukur kerumitan cara memasang top level domain dari masing-masing tutorial yang diberikan, ternyata kesimpulannya adalah sama. Sama-sama gampang gampang susah gitu hehe. Karena dalam memasang TLD ini memang membutuhkan ketelitian, fokus dan kesabaran tingkat tinggi agar berhasil.

Akhirnya aku memutuskan untuk memilih satu panduan yang bagiku cukup gampang, padahal ya sama aja sih hehe. Dan akupun berhasil memasang top level domain sendiri tanpa hambatan atau masalah sama sekali.

Uwwwwooow, bahagianya bisa memasang top level domain sendiri tanpa hambatan dan bangga banget rasanya bisa mengganti url yang diimpikan dengan tangan sendiri. Hanya dengan sekali coba dan tidak memakan waktu lebih dari satu jam lho.
MasyaAllah, terima kasih coach Marita untuk materi dan panduannya.

Penasaran ga gimana aku melakukannya??
Yuhuu, sini mari ku tunjukkan jalannya..

Tapi sebelumnya, ada hal-hal yang harus diperhatikan nih sebelum bergegas memasang top level domain..

Hal yang perlu diperhatikan

1. Usahakan alamat yang akan dipasang top level domain tidak terlalu panjang, karena akan memakan banyak karakter. Tetap perhatikan kaidah SEO on page yaitu tidak lebih dari 75 karakter dihitung mulai dari huruf 'h'.

2. Jangan menggunakan strip atau angka pada alamat karena mudah menaikkan spam score.

3. Pilihlah alamat yang unik dan mudah diingat. Agar selaku melekat dipikiran para pembaca dan tentunya mudah untuk dicari.

4. Tentukan domain yang akan digunakan, jangan bimbang atau galau ya. Karena nanti akan disediakan banyak sekali pilihan domain. Menentukannya dari sekarang akan membuatmu lebih cepat dalam memilih.

5. Wajib hukumnya untuk teliti dan sabar saat mulai mengaplikasikan step memasang top level domain sendiri.

6. Yang terakhir, jangan mudah menyerah dan putus asa disaat menemukan hambatan. Terus coba sesuai tutorial sampai benar-benar berhasil.

Oke, agree with that ya.
Yuk, mulai bahas caranya. Sudah penasaran banget kan???

Cara Memasang Top Level Domain Sendiri

1. Simak Tutorial Memasang TLD

Agar tidak tersesat dalam lautan luka dalaaaam~~ eaaak, jangan sambil nyanyi ya bacanya. Silakan baca dulu sampai paham tutorial cara memasang TLD. Resapi pelan-pelan setiap step yang dijelaskan. Aku juga menggunakan tutorial ini untuk memasang top level domain blogku.

2. Menentukan Alamat URL

Sudah punya gambaran ya gimana ngerjainnya??? Nah, selanjutnya tentukan dan pilih alamat url yang ingin kamu custom. Ini harus yakin ya, karena jika sudah terpasang kita harus merawatnya dengan sungguh. Sayang sekali kalo harus diganti, karena sama aja dengan merintis dari nol lagi lho, meski isi blog tetap utuh dan sama.

3. Mencari Ketersediaan Alamat dan Domain

Setelah yakin dengan alamat kamu, saatnya mencari ketersediaan alamat. Tentukan juga domain apa yang akan kamu gunakan. Ada .com, .id, .net, my.id dan banyak pilihan domain lainya. Sesuaikan juga dengan budget ya. Jika sudah memilih, tinggal check out dan bayar deh.

4. Memasang TLD

Jika sudah melakukan transaksi pembayaran, kini saatnya memulai tahap demi tahap memasang top level domain sendiri sesuai dengan step yang sudah diberikan pada tutorial cara memasang TLD.
Pelan-pelan aja, ga usah buru-buru. Harus teliti saat memasukkan kode-kode yang dibutuhkan. Pokoknya ikuti ajalah caranya, plek ketiplek kok. Asal harus benar-benar teliti ya..

Jika sudah selesai melakukan semua tahapan, sudah sampai step no. 11 nih ya sesuai tutorial, yang kamu butuhkan adalah sabar. Sabar menanti proses perubahannya, jangan panik. Iya tahu, aku juga awalnya panik kok saat nyoba buka blog dengan url yang baru kok malah tampilannya:
"Hmmm.. can't reach this page".
 
Tapikan di tutorialnya juga sudah disebutkan coach Marita untuk sabar dulu.
Sambil nunggu, coba aja sering refresh halaman. Sampai pada akhirnya muncullah blog kamu dengan url yang baru, url dengan top level domain yang kamu pasang sendiri.

Taraaaa, selamat sudah berhasil memasang top level domain sendiri.

Gimana rasanya???
Uhh, mantaaaab bukan??!!
Hehe

Harapanku Kedepannya

Setelah berhasil memasang top level domain berarti telah berhasil upgrade kredibilitas blog. Harapannya tentunya aku bisa menyuguhkan blog yang profesional. Tidak hanya tampilannya sebagai branding, tentunya isi kontennya pun harus profesional. Itu artinya, aku harus memberikan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat.

Oleh karena itu, aku harus bisa menuntaskan kelas Blogspedia Coaching ini. Harus berhasil sampai lulus. Dan tentunya jangan sampai kena tendangan si Madun, eh salah, tendangan coach Marita hehe..

Harapan lainnya aku bisa konsisten posting minimal seminggu sekali dengan membuat content plan terlebih dahulu dan harus melaksanakannya. Rajin mengoptimasi blog dan media sosial sebagai jalan promosi untuk menarik pengunjung dan pembaca agar lebih banyak orang yang mengenal blogku, dengan itu maka akan lebih banyak juga yang mendapatkan manfaat dari tulisanku. Dan juga aktif mengikuti kelas-kelas gratis tentang blog lainnya agar lebih maksimal dalam blogging.

Nah begitulah cerita gregetku dalam memasang top level domain sendiri, tentunya dengan mengikuti arahan yang diberi, teliti dan sabar menanti, Alhamdulillah akhirnya alamat blogku sudah TLD.  Semoga ini adalah titik awal kita untuk mewujudkan semua harapan.

Lalu, gimana dengan kamu? Seperti apa cerita gregetmu memasang top level sendiri??

Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

28 comments

  1. Aku gagal mulu mba.. :( sampe2 mau putus asa, eh tapi gak jadi :)) alhamdulillah berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, akhirnya ya mb. Ada perjuangan dibalik TLdnya blog hihi..
      Semangat mb, kuy gas posting ceritanya

      Delete
  2. Yeay, alhamdulillah udah TLD ya Mbak. Aku malah gtreget pas pembelian, Mbak. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, seneng yaaa.. akhirnya tld juga meski masih receh isinya hihi
      Wah, kenapa mb saat proses pembelinya? Diceritain ga nih nanti?? Jd penasaran..

      Delete
  3. Semoga alamat yang udah TLD nya bener bener sukses dan TOP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. pak hamdan juga ya, semakin semangat blogging nya.

      Delete
  4. Seneng banget pasti ya mba kalau berhasil memasang TLD sendiri :D Sekarang blognya jadi lebih profesional ya mba.. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, berasa jadi blogger sejati. Hihi
      Semoga makin rajin blogging ya kita mb

      Delete
  5. Uhuuuu aku belum bisa masang nih. Hiks,... belum bisa pegang laptop juga. Seperti waktu kemrin bikin about juga harus fokus di laptop. Padahal biasanya di hp aman aman aja nulis dan posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat mb hamim. Ak kemarin pun sampe pinjem komputer adek ipar, krn mnrtku kalo lewat hp riweh hihi
      Semangat mb semoga segera berhasil terpasang tld nya.. go go!

      Delete
  6. Ah bener banget, dicek dulu satu2 dari semua tutorial, apalagi ternyata beli domainnya d beda tempat dari tutorial tp alhamdulillah ternyata intinya sama ya mba, seneng udah bisa TLd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, ak kmrn ngebandingin dl mana yg agak gampang. Eh ternyata sama aja ya haha
      Intinya cuma harus teliti dan sabar.

      Delete
  7. Alhamdulillah yaa... Bahagianya tuh kalau berhasil bisa melebihi dapet duit segepok wkwk.. Udah TLD artinya siap go professional donk, yuk terus ngeblig yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung nih mb, segepoknya nominal berapa dulu. Wkwkwk
      Bismillah, semoga makin rajin dan konsisten ya kita biar bener-bener profesional. Aamiin

      Delete
  8. Bagian paling gregetku adalah saat blogku nggak bisa diakses tanpa www mbak. Duh pusing rasanya haha. Untung akhirnya bisa diatasi dg chat customer service wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bisa merasakan kepanikanmu mb. Tp aku ga bisa bantu apa-apa krn juga gatau yakan hihi
      Alhamdulillah, sudah kelar ya mb. Semangat blogging..

      Delete
  9. Selamat ya mba.. semoga tetap konsisten kita semua buat selalu update konten ..semangat menuju blogger profesional 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin ya Allah..
      Semoga ga kendor ya mb, harus kencangkan sabuk hehe

      Delete
  10. Wuih mantap nih kak, lahiran TLDnya angka cantik 7.7 udah kaya angka jadian aja wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ahahaha
      Kalo ak ga mikir tanggal jadian mb, tanggal cantik berharap ada diskon atau harga promo seperti marketplace oren ijo biru wkt beli tld , tp ternyata tak ada huahahha

      Delete
  11. Emang greget ya mba waktu pasang sndiri tuh, bkin deg2an tpi alhamdulillah berhasil pasabg sndiri jga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, takut error dan ga berhasil tp mencoba untuk meyakinkan diri dan harus teliti mengikuti tutorial yg dikasih coach. Alhamdulillah akhirnya hihi

      Delete
  12. Rasanya sedep-sedep tegang dan seneng ya kak waktu pasang,terlebih pas tengok can't reach this page atau 404 not found, hmmm..
    Tapi syukurlab uda TLD sekarang, selamat Kak Sendy :D
    Semoga makin go profesional :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, uda mau kowar kowar di group tp pas bgt ada yg baru tanya.. jd ak tunggu aja beberapa waktu. Lalu Alhamdulillah yeay bisa sendyyunika.com hihi

      Delete
  13. Semangat Mbak... makin lancar, makin bagus blognya, makin mengedukasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. makasih Bunda..
      Bunda jg semangat yaaa..

      Delete
  14. Seneng banget ya mbak kalau dah berhasil pasang domain sendiri, suksea terus yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Mb junet juga ya..
      Berhasil masang tld sendiri berasa dah blogger pro ya wkwk

      Delete

Post a Comment