Header

Manajemen Gadget: Menaklukan Gadget Ala Ibu Profesional

Post a Comment
Sekarang ini kita berada pada era digital, dimana semua kegiatan bisa dilakukan dengan cara yang lebih canggih. Secara umum era digital adalah suatu masa yang sudah mengalami perkembangan dalam segala aspek kehidupan menjadi serba digital. Di era digital ini, gadget adalah salah satu alat yang sangat berpengaruh di kehidupan kita sehari-hari. Selain memudahkan pekerjaan, gadget memberikan banyak manfaat dan efisiensi diberbagai bidang.

Contohnya kita dapat menyelesaikan pekerjaan hanya dengan menggunakan gadget. Selain itu kita juga dapat memenuhi kebutuhan seperti memesan makanan, mengisi token listrik, atau membutuhkan suatu jasa hanya melalui gadget. Bahkan, belajar atau mencari infomarsi tertentu juga bisa dilakukan dari gadget. Masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan dari gadget. Nanti kita bahas lagi ya..

Namun, dibalik banyaknya manfaat dari gadget, banyak juga efek yang ditimbulkan. Contoh sederhananya jika kita tidak pintar dalam hal manajemen gadget, selain performa gadget yang menurun akibat banyaknya beban dan juga sampah yang menumpuk, kita juga bisa lalai dan lupa waktu sehingga waktu terbuang sia-sia dan tidak ada hal produktif yang dihasilkan.

Nah, pada hari Senin 9 agustus 2021 lalu, materi pertama yang disuguhkan di kelas Bunda Sayang adalah materi Management Gadget. Materi ini diisampaikan dengan menyenangkan oleh Kakawi Ami dalam agenda yang berjudul "Piknik Pantai". Dan materi ini sangat related dengan kehidupanku.
manjemen gadget
Mau tahu apa saja yang dibahas?? Nah, kita mulai dengan pengertian gadget yuk, apasih gadget itu? 

Tentang Gadget

Menurut wikipedia, gadget adalah instrumen atau perangkat elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.
Salah satu tujuan gagdet dalah sebagai instrumen atau alat bantu belajar dan bekerja, khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Semua orang dengan berbagai kalangan, bergantung pada kecanggihan gadget.

Lalu, apa aja sih manfaat gadget dalam kehidupan kita?
Banyaaaaaak! 
yuk, kita bahas..

1. Sebagai alat komunikasi
Tanpa gadget, untuk berkomunikasi dengan keluarga dan juga kerabat akan terbatas ruang dan waktu. Dengan kecanggihan teknologi masa kini, kita dengan sangat mudahnya merajut komunikasi dengan siapapun dan dimanapun, bahkan berbeda benua sekali pun. Dengan gadget, untuk mengrimkan kabar atau mengirimkan informasi penting lainnya bisa dalam hitungan detik. Tidak perlu menunggu waktu yang lama, kita sudah bisa mengrim ke banyak orang.

2. Sebagai alat untuk mencari informasi
Manfaat lain dari gadget adalah memudahkan kita mencari suatu informasi. Dengan alat pencarian online , kita sangat mudah untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Seperti, kita tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk mengetahui tentang tempat itu. Kita tidak perlu membeli banyak barang untuk tahu cara kerja atau kegunaanya untuk disesuaikan kebutuhan kita. Dengan mudah kita bisa mengetahui informasi seperti itu hanya melalui gadget.

3. Sebagai sarana menambah wawasan
Wawasan yang bertambah merupakan manfaat gadget dari gabungan komunikasi lancar dan mudahnya informasi yang didapat. Kita tahu bahwa dengan komunikasi dan informasi merupakan salah satu unsur yang mengusung wawasan anda dapat bertambah. Seperti untuk mencari tugas sekolah atau tugas kampus kita dapat mencari berbagai referensi materi untuk menambah wawasan dan kita dapat menemukan ribuan bahkan jutaan buku secara online. Banyak sekali jurnal ilmiah dengan data yang konkret bertebaran di esin pencarian.

4. Sebagai media hiburan gratis
Gadget juga dapat difungsikan sebagai hiburan. Untuk mengusir penat setelah kesibukan dan juga pekerjaan, cara mudah untuk mendapat hiburan ya melalui gadget. Banyak pilihan hiburan yang bisa kita nikmati, seperti musik, permainan (game), video dan aplikasi yang menyuguhkan hiburan. Praktis sekali kan?

5. Sebagai Gaya Hidup
Memiliki gadget terkadang bisa menjadi sebuah gaya hidup, karena dari merk gadget yang dimiliki dapat menunjukkan satatus sosial seseorang. Sisi lainnya, agar kita mengetahu perkembangan dan juga trend yang sedang booming.

Aku adalah contoh dari salah satu orang yang sangat dekat dengan gadget di kesehariaku. Meski hanya sebagai stay at home mom, aku ingin tetap berkembang dan beraktualisasi, dan gadget adalah alat tempur utamaku. Sebagai alat komunikasi dan ugprade diri, gadget juga ku gunakan untuk mengikuti perkuliahan di institut ibu proffesional yang pembelajaran melalui online. 

Media pembelajaran utama kami adalah Facebook Group. Sedangkan untuk komunikasi, kami menggunakan Whatsapp Group. Untuk pengumpulan tugas, banyak platform yang digunakan, seperti Instagram, Blog, Youtube, Anchor, dll. Sedangkn aku sendiri banyak menggunkan Blog dan Facebook sebagai media pengumpulan tiap tugas perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Nah, ini adalah contoh dari pemanfaatan gadget.

Seperti yang telah ku jelaskan di awal, selain banyak manfaat yang didapatkan dari penggunaan gadget, ada juga masalah dan dampak yang ditimbulkan..

Masalah dalam Penggunaan Gadget

Gadget merupakan sebuah teknologi yang diciptakan untuk membuat hidup manusia menjadi semakin mudah dan nyaman. Akan tetapi kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini membuat hampir tidak ada bidang kehidupan manusia yang bebas dari penggunaannya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Seiring arus globalisasi dengan tuntutan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat, peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Sehingga membuat para pengguna tidak terkendali dalam hal pemakaian suatu teknologi tersebut.

Masalah dalam penggunan gadget yang ku alami yaitu fenomena banjir infromasi. Karena semangat belajar, haus ilmu dan gairah untuk berkembang, akhirnya banyak sekali informasi yang aku kumpulkan. informasi tentang parenting, informasi tumbuh kembang anak, informasi kelas-kelas pembelajaran dan banyak lagi. Dengan melahap semua informasi tersebut, akhirnya aku sadar bahwa tidak semua dapat ku simak, akhirnya tidak semua sempat ku baca dan berakhir menjadi "tumpukan sampah" pada ponsel ku.

Masalah ini menyebabkanku malah gagal fokus karena terlalu banyak distraksi, terlalu banyak group diskusi. Selain itu dampak dari masalah yang aku alami, karena banyak sekali file dan media berupa foto dan video, akhirnya aku kesulitan mencari foto pribadi. Dan akhirnya memori penyimpananku penuh deh, alhasil kinerja ponselku jadi lambat atau menurun. Hmmm, ada yang sama ga sih?? Gimana ya solusinya??

Bersyukurnya di kelas Bunda Sayang aku bisa belajar memanajemen gadget yang diberikan dalam bentuk sebuah tantangan di Zona 1. Yuk, simak..

Tantangan Manajemen Gadget

Pada tantangan Zona 1 ini, kami para mahasisiwi kelas Bunda Sayang ditantang untuk menyelesaikan sendiri masalah dalam penggunaan gadget. Caranya yaitu dengan membuat mini projects target yang dibuat sesuai dengan kebutuahn tiap individu. Ada 4 topik yang dapat diangkat untuk membuat mini projects target yaitu:
1. Manajemen Aplikasi dan Notifikasi pada Gadget (Konmari Gadget)
2. Manajemen File (Decluttering file dan upload ke wadah penyimpanan)
3. Manajemen Sosial media (Decluttering friends dan Unfollow friends)
4. Membutan kandang waktu gadget

Dari 4 topik di atas, aku mengambil semuanya untuk mini projects targetku, kecuali Manajemn Sosial Media. Alasannya karena aku sudah melakukannya. Karena aku hanya aktif di media sosial Instagram, aku membatasi akun yang aku ikuti dan juga membatasi akun yang mengikutiku. Tujuan awalku sebelum mendapat materi ini adalah untuk membatasi apa saja yang aku lihat dan aku dapat informasinya agar hanya hal-hal yang aku butuhkan saja yang tampil di beranda Instagramku. Selain itu untuk menghindari banjir informasi yang belum tentu kebenarannya dan juga untuk menghindari hal-hal yang sia-sia.

Kemudian, aku merumuskan mini projects targetku untuk tantangan kali ini sebagai berikut
mini project

Selain membuat mini projects, para pembelajar juga ditantang untuk membuat jurnal harian yang harus dilaporkan tiap harinya. Jurnal laporan ini berisikan tentang aktifitas manajemen gadget apa yang kita lakukan pada hari itu dan juga disisipkan dengan beberapa foto pendukung jika ada.
ini adalah salah satu contoh jurnal aktifitas managemen gadget harianku.
aktifitas manajemen gadget

12 hari lamanya tantangan ini berlangsung. Dan aku berhasil menaklukkannya. Selain dapat menakklukan tantangan, aku mendapatkan banyak manfaat dari tantangan ini. Aku merasa dapat mengendalikan ponselku, yang mana seperti tiada hari tanpa ponsel dalam hidupku. Bukan berarti aku kecanduan gadget ya teman, tapi memang kenyataannya semua kegiatan online bergantung pada gadget.

Aku juga berhasi membersihkan "sampah" ponselku dengan menghapus banyak foto, video dan juga file dokumen yang tidak terpakai dan yang tidak penting. Ini merupakan salah satu solusiku untuk membuat beban ponselku tidak lagi terlalu berat dan banyak meluangkan ruang penyimpanan. Seriap momen memang penting, tapi pintar dalam memanajemennya juga tidak kalah penting kan, teman?

Meski terlihat enteng tantangan Zona 1 ini, ternyata saat dilakukan berat juga lho! Harus menghapus banyak momen yang tidak bisa kita ulang, dengan memilih yang terbaik dari banyaknya pilihan. Harus menahan diri untuk tidak kebablasan bersenang-senang dengan kegiatan pada ponsel. Dan tetap harus bisa menyelesaikan semua tugas online yang aku kerjakan menggunakan ponsel tanpa membuang-buang waktu. Wah, seru kan?!! Sangat menantang untukku..

Apakah kalian juga merasakan yang sama denganku? Cobalah untuk memulai manajemen gadget. Dan yang paling penting menurutku adalah menerapkan kandang waktu penggunaan gadget. Jangan sampai kita dikalahkan oleh teknolgi, seperti kata Kakawi Ami..
quotes

Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

Post a Comment