Header

Personal Branding: Tentang Ciri Khas dan Identitas

18 comments
Hai teman! Apakah kalian sudah kenal dengan istilah personal branding? Apa yang ada dibenak kalian ketika melihat sebuah logo buah apel yang memiliki daun kecil di bagian atas, dengan detail gigitan di sebelah kanan pada sebuah laptop? Pasti kalian tahu kan kalau laptop itu adalah produk dari perusahaan Apple? Begitu juga dengan logo M berwarna kuning yang dimiliki sebuah restoran cepat saji yang menu utamanya adalah ayam goreng dan burger. Pasti sudah tidak asing kan? Ya! Siapa lagi pemilik logo itu kalau bukan restoran cepat saji McDonald's.

Nah, itu lah yang disebut personal branding, teman. Menurutku, personal branding merupakan sebuah ciri khas yang melekat pada seseorang, kelompok atau sebuah perusahan yang membedakan identitasnya dari yang lain. Sama hal nya dalam dunia blog. Setiap blogger pasti dan harus memiliki personal branding agar semakin nampak identitasnya. Contohnya seperti Raditya Dika, Grace Melia, Windi Teguh, dan masih banyak lagi lainnya. Mereka semua punya identitas masing-masing dan personal branding mereka kuat, sehingga nama mereka sudah tidak asing lagi di telinga publik.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang personal branding, yuk kita bahas!

Tentang Personal Branding

Dilansir dari materi Blogspedia, secara umum personal branding merupakan bagaimana cara kita memperkenalkan diri kita terhadap publik. Dengan kata lain personal branding itu adalah cara seseorang mengembangkan dan memaksimalkan potensi atau keterampilan diri (skill), perilaku (behaviour), dan memahami nilai unggul (value) yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya.

Contohnya Raditya Dika. Berawal dari menulis di Blog yang berisi cerita kehidupannya sehari-hari, akhirnya dia memenangkan penghargaan di Indonesian Blog Award dan penghargaan dari Indosat sebagai The Online Inspiring di tahun 2009. Dari sinilah kemudian dia mulai mencoba menulis novel hingga akhirnya dapat menembus dunia entertainment.

Jadi, setiap orang perlu memiliki personal branding. Karena setiap pribadi unik dan di setiap keunikan selalu ada manfaat yang bisa dibagikan. Dan jika ingin bermanfaat, maka kita harus nampak. Aku suka sekali dengan kalimat ini, "Jika ingin bermanfaat, maka kita harus nampak". Bagaimana kita ingin menjadi pribadi yang bermanfaat jika tidak ada orang yang tahu tentang hal “special” dari diri kita, ya kan???

Fungsi Personal Branding

- Memperkenalkan dan mempertajam citra diri seseorang
- Memudahkan orang lain mengingat siapa kita
- Memudahkan dalam menentukan pilihan
- Memfokuskan diri dalam apa yang ingin di capai

Membangun Personal Branding ‘Sendy Yunika’

Menggunakan Nama Asli

Sejak awal aku ingin orang mengenal dan mengingatku by my name. Sebenarnya namaku panjang, aku masih memiliki nama akhir. Namun, menurutku menggunakan nama depan dan tengah sudah cukup mempresentasikan siapa aku. Ketika aku menuliskan nama depanku, banyak lho yang mengira aku ini laki-laki. Haha. Karena memang namaku sifatnya universal ya, bisa digunakan gender laki-laki juga perempuan. Sebel sih kadang, waktu dipanggil “atas nama Bapak Sendy”, ya Allaah..

Oleh sebab itu teman, akhirnya aku selalu menambahkan nama tengah untuk mempertajam identitasku. Begitupun untuk media sosial, pasti jutaan user yang menggunkan nama Sendy. Biar kalian ga salah orang, jangan lupa cari dengan nama, Sendy Yunika. Tidak hanya itu, pada semua karya tulisku pun, aku juga menggunakan nama asliku sebagai nama pena. Tujuannya tetap sama, agar orang mengenal dan mengingatku walau melalui tulisan. Dan juga untuk blogku ini, aku menggunakan namaku pada alamat, serta aku sematkan pada header kecil paling atas beserta logo yang juga inisial namaku sebagai branding.

Tidak hanya sebagai blogger dan penulis, aku juga aktif dalam beberapa komunitas. Pada salah satu komunitasku, Growing Umma, aku sudah memiliki personal branding yang kuat. Salah satunya, yaitu sebagai “pepeters”. Para member lain mem-branding-ku seperti itu, karena dulu tugasku sebagai Manager Whatsapp harus membidik seorang member untuk mengambil salah satu panggung yang disediakan, selain bertujuan untuk berbagi, mereka juga dapat dikenal oleh member lain. Sekarang meski aku sudah diamanahi jabaran sebagai COO (Chief Operating Officer) dan CCC (Curriculum Content Creator) pun mereka tetap mengenalku sebagai Sendy Yunika yang mereka kenal.

Aku merasa memiliki value dengan bukti pencapaian-pencapaianku, ya.. meski receh ya, teman. Hihi.. Maka untuk menguatkan personal branding, jika aku membuat kartu nama, maka desainnya akan seperti ini..
kartu nama sendy

Membangun Ruang tulis, berkisah dan berbagi

Selain aku dikenal sebagai orang yang ceria, selalu bersemangat, menebarkan positive vibes dan suka bercerita oleh teman-temanku, aku ingin teman-teman onlineku juga mengenal diriku sebagai Sendy Yunika seperti di dunia nyata. Melalui blogku, aku ingin dikenal sebagai seorang ibu yang mengedukasi, memotivasi serta bisa menginspirasi banyak orang, khususnya dalam dunia parenting.

Oleh sebab itu aku membuat ruang tulis berkisah dan berbagiku ini sebagai wadah untuk menebarkan banyak manfaat dengan jangkauan yang lebih luas dan tidak terbatas. Aku ingin menjadi support system sesama perempuan dan juga sesama ibu. Namun, aku tidak menutup diri untuk bersahabat dengan siapapun ya, terutama para bapak-bapak parenting enthusiasm. Bukannya semakin banyak sharing maka makin banyak ilmu yang kita dapat?

Aku ingin blogku menjadi tempat singgah yang menyenangkan. Ibarat sebuah ruang yang memberi rasa nyaman dan membangkitkan semangat. Dengan gaya bahasa tulisanku dan juga gambar yang eye catching berciri khas warna pink, juga membantu memperkuat dan mempertajam personal branding-ku. Dan ini semua merupakan bagian dari blog impianku. Dan sesuai dengan steatment coach Marita, “Jika ingin bermanfaat maka harus nampak”, maka aku harus rajin menulis, konsisten membuat postingan dengan target minimal 2 postingan dalam satu minggu, tentunya yang berkaitan dengan live style sebagai blogger dan perempuan, motherhood, dan juga parenting sebagai fokus tulisanku. Aku juga harus selalu mengingat Big Why membangun blog, sebagai pemantik semangat.

Optimalisasi Media Sosial 

media sosial sendy
Salah satu cara yang paling ampuh membuat orang mengenal diri kita adalah dengan aktif di media sosial. Banyak kalangan influencer terkenal yang memulai karirnya dari postingan yang mereka bagikan, baik itu status, feed, atau fitur live yang membantu kita berkomunikasi langsung dengan pengikut kita di media sosial.

Nah, media sosial juga aku pakai sebagai alat utama agar aku dikenal orang, khusunya sebagai blogger. Aku sering membagikan tangkapan layar tentang posting-an terbaruku beserta link-nya ke akun media sosialku. Bukan hanya untuk membangun personal branding, tapi cara ini ku lakukan agar orang mengetahui produktifitas yang aku hasilkan dan juga agar orang mendapatkan manfaat atau solusi dari kebutuhannya. Selain itu aku juga menyematkan link blog pada tiap bio media sosialku.

Cara ini juga membuatku jadi semakin semangat untuk konsisten menulis dan memposting tulisan. Karena jika semakin banyak artikel yang dapat dibaca, artinya makin banyak manfaat yang sedang aku bagikan. Setuju kan kalian?

Kolaborasi

Sejujurnya, aku belum pernah melakukan kolaborasi menulis dengan blogger lain. Tapi cara ini sangat menarik dan membuatku penasaran, gimana sih feel-nya? Hihi..

Selain menambah pertemanan dengan sesama blogger, memperkuat bonding dan chemistry, kolaborasi juga salah satu cara untuk mempromosikan blog kita. Jadi, adakah diantara kalian yang ingin berkolaborasi denganku, teman?? Tulis di kolom komentar atau langsung aja hubungi aku ya, hihi..

Untuk membangun dan mempertahankan personal branding, tentunya tidak dalam waktu yang singkat ya, teman. Kita harus benar-benar menemukan keunikan pada diri dan menentukan ciri khas apa yang kita angkat sebagai identitas diri. Butuh perjalanan dan proses yang panjang, mulai dari proses mengenal, memahami, dan menyelami diri sendiri.

Oleh sebab itu, personal branding juga dapat dimaknai tidak hanya tentang bagaimana kita membentuk dan memperkenalkan brand kita.Tetapi mengenai bagaimana kita berproses untuk menjadi versi terbaik dari diri kita dan bermanfaat bagi orang lain.

Jadi, teruslah berproses. Teruslah berkarya. Karena dari proses tersebut kita akan membentuk versi terbaik diri kita. Jangan malu dan ragu untuk membentuk dan menunjukkan personal branding kita. Menjadi unik itu asik, mejadi beda bukan berarti tak berguna. Fokus dan tetap konsisten adalah kunci utama. Jadi gimana dengan personal branding-mu, teman? :D
Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

18 comments

  1. Yuuks kita tukeran backlink mba sendy, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk lah mb Iva, gandenglah aku yang masih remahan peyek ini.. hihi

      Delete
  2. Sabar ya mba kalo dikira laki2 wkwkkw
    Bener banget sih salah satu dan yang paling penting itu konsisten ya mba buat branding diri
    Ternyata sulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ku lelaaah mb!

      Bener banget mb, itu kunci utama untuk hal apapun ya.

      Delete
  3. Keren ih, SY tuh bakal saingan gak sama Syahrini hihihi..

    Yang pertama kali aku inget dari mbak sendy adalah "kerudung ijo" hwakaka.

    Mana wajahnya mirip sulis penyanyi religi. Cantik.

    Eh kok jadi ngelantur
    Mbak sendy ternyata udah gabung jadi cc ya, mantul mbak.

    Komunitasnya juga keren namanya growing umma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau kalo Syahrini juga pake inisial SY. Wah.. semoga blogku namanya juga bisa melejit seperti Syahrini dan Sulis ya mb. Aamiin

      Delete
  4. Kadang aku suka ngerasa "siapa aku" Kok pede banget ngaku ini itu padahal juga gak bagini begitu juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dek, tapi teruslah lawan. Perlahan kita tunjukkan siapa kita dengan kualitas. Bukan dengan sensasi..

      Delete
  5. Keren mbak track recordnya, lanjutkan. Semoga peran momblogger menambah kualitas PB mbak sendy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. terima kasih mb Windi. Semangat terus kita ya blogging nya..

      Delete
  6. Hal yang kita lakukan keseharian dan konsisten, secara nggak langsung bikin orang ngebranding dori kita sebagai apa yg mereka liat ya mbak. ;)

    Semoga berkah jalan ninja ini ya mba syahrini. Eh mba sendy wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mb, apa yang kita bicarakan, bagaimana kita bersikap terkadang membuat orang laon membranding diri kita ya. Hehhe

      Ups.. aamiin aja deh hihi

      Delete
  7. Setuju banget sama kalimat terakhir mba.. Terus berkarya, terus berproses dan tetap konsisten. Ini penting banget ya khususnya untuk blogger..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, meski pun merasa belum percaya diri dengan tulisan ini . Tapi maju terus pantang mundur, ya kan..

      Delete
  8. Hahaaha pak sendy?? Ga tau dia ini pak Sendy yang jilbaban. Yaya aku tahu nama belakangnya juga panjang amat yak. Tapi menurut hemat saya (wkwk) nama belakang mba Sendy itu cukup OK untuk branding lho.. Khas gitu. Kayak ada darah biru gt ya x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseeek darah biru..
      Padahal darahku ijo, eh..

      Hihi makasih mb untuk apresiasinya :D

      Delete
  9. Kalau orang sudah menulis dan sudah menghasilkan karya ,,saya pasti angkat topi,,, bener bener mantep

    ReplyDelete
  10. Mom, bagus euuy kartu brandingnya :D, akk aku juga pengin kolaborasi, tapi DAnya masih kuecil banget :/

    ReplyDelete

Post a Comment