Header

Jalan Ninjaku, 3 Rekomendasi Situs Baca untuk Anak Terfavorit

4 comments
situs baca untuk anak
Di era digital ini, semakin marak situs penyedia buku-buku bacaan untuk berbagai kalangan. Baik berbayar maupun gratis. Tidak sedikit juga situs baca untuk anak yang menyediakan buku dan bacaan khusus untuk anak-anak. Ada yang memiliki kategori buku bacaan tanpa teks, buku fabel, buku tentang sains, buku anak islami, dll. Tentu tujuannya sama yaitu untuk mengenalkan dan meningkat kegemaran anak pada dunia literasi, khususnya membaca.

Setelah mengetahui manfaat read aloud, seperti yang sudah ku bahas di postingan sebelumnya, pastinya semakin semangat dong untuk melakukan read aloud pada anak. Nah, kalo aku nih kendalanya teman, ada di keterbatasan buku anak yang kami punya. Ada yang sama nggak? Hehe. Buku yang kusediakan untuk anakku memang belum banyak, masih pelan-pelan dan bertahap mengoleksinya.

Untuk menyiasati anak tidak bosan membaca buku yang itu-itu saja, aku memilih cara lain. Yaitu membacakan buku secara online atau yang sering disebut dengan buku digital. Meskipun sebenarnya anakku tidak pernah bosan sih dengan buku-bukunya. Tetap excited dan berbinar setiap kali membaca buku yang sama. Masalah lainnya, saat aku ingin mengajarkan sesuatu pada anak, tetapi belum memiliki buku yang pas. Nah, situs baca untuk anak adalah jalan ninjaku. aku tinggal mencari bacaan yang value-nya pas dengan hal yang ingin aku paham kan pada anak.

Ini dia 3 situs baca untuk anak favoritku dan anakku yang ku rekomendasikan pada kalian, simak ya..

1. Room to Read

room to read

Room to Read adalah situs yang berisikan kumpulan e-book dari berbagai bahasa dengan ilustrasi yang sangat menarik. Pasti anak-anak suka deh!

Selain menyediakan banyak buku bacaan berdasarkan tema, jenjang membaca dan popularitas bacaan, Room to Read juga menyediakan video read aloud, lho. Ada video dalam bahasa Indonesia dan ada juga yang menggunakan bahasa Inggris. Ini sih cocok banget untuk orangtua yang sedang belajar cara read aloud yang menarik untuk anak.

Selain orangtua, situs ini juga membagikan kesempatan belajar untuk para guru mempelajari membacakan cerita di sekolah, untuk penulisan yang ingin belajar menulis buku cerita anak dan membuat ilustrasi, serta membuka kesempatan untuk siapapun yang ingin bergabung dalam agenda read aloud dengan tim dan duta Room to Read.

Tentunya situs ini gratis ya teman, kalian cukup membuat akun dan kalian bebas untuk mengunduh e-book yang disediakan. Wuhuu~ seneng banget kan!

2. Let's Read

let's read
Selanjutnya adalah Let's Read. Sepertinya situs yang satu ini sudah sangat familiar di telinga para pegiat literasi read aloud, ya. Hehe.

Tidak jauh berbeda dengan Room to Read, Let's Read juga merupakan kumpulan e-book bergambar untuk anak Asia dengan berbagai pilihan bahasa. Ilustrasinya juga menarik. Terdapat pilihan tingkat kesulitan bacaan dan juga label atau tema bacaan.

Keunggulan Let's Read adalah para pembaca tidak perlu melakukan pendaftaran atau membuat akun untuk bisa mengakses dan membaca e-book yang disediakan. Pengunduhan e-book pun juga gratis. Jadi lebih simpel dan efisien.

Halaman bacaan juga cukup banyak, rata-rata antara 8 sampai 15 halaman. Sehingga anak bisa menikmati bacaan per-judul lebih lama. Alur cerita juga menarik, ditambah dengan paduan warna yang menyenangkan. Membuat anak-anak penasaran, ingin membaca judul-judul lainnya.

3. Seru Setiap Saat

seru setiap saat
Situs baca untuk anak yang baru-baru saja aku kenal, namun aku sudah jatuh hati dibuatnya. Sama dengan situs baca untuk anak lainnya, Seru Setiap Saat juga kumpulan e-book cerita anak bergambar yang bisa dibaca dan diunduh secara gratis. Yang membedakan Seru Setiap Saat dengan situs baca untuk anak lainnya adalah konsep dari penulis dan illustrator e-book yang boleh dari siapa saja dan dari kalangan apapun; anak-anak atau dewasa, pemula atau profesional, masih belajar atau sudah mahir.

Dari Namanya saja sudah tertebak ya, darimana asal Seri Setiap Saat ini. Ya, penggagasnya adalah seorang ibu yang awalnya suka membagikan cerita yang ditulis anaknya pada blog pribadinya. Dia ingin Seru Setiap Saat menjadi tempat seru-seruan untuk belajar dan membuat e-book. Menariknya tidaksedikit naskah cerita yang dibuat dan dikirimkan oleh anak-anak. Menurutku ini adalah wadah yang tepat untuk mengasah bakat menulis yang ada pada anak.

Kategori yang disediakan cukup beragam, mulai dari belajar membaca, cerita islami, cerita tanpa teks, fabel, shahabiyyah Nabi, cerita berirama, cerita realis, e-book aktivitas dan karya anak. Ilustrasinya menarik, sangat dekat dengan anak-anak, mungkin karena kebanyakan naskah cerita ditulis oleh anak-anak, ya teman.

Nah, itu dia tiga rekomendasi situs baca untuk anak yang menjadi favorit dan jalan ninjaku, teman. Tidak usah risau dan tidak perlu bersedih hati ketika ditanggal tua anak meminta buku bacaan baru.

Jika kalian tim no screen time pada anak, kalian bisa mengunduh e-book kemudian dicetak seukuran buku anak-anak di rumah, jadi deh buku bacaan baru tanpa harus screen time. Hehe.

Ketiga situs ini sangat membantu ketika aku sedang tidak di rumah dan anakku menagih untuk read aloud. Taraa..! tinggal buka saja salah satu situs di atas dan buka bagian reading list untuk emmbaca e-book yang sudah di unduh secara offline. Jadi tidak harus pakai paket data ya, teman. Silakan intip satu-satu, teman. Situs baca buku untuk anak mana yang menjadi favorit kalian? 

Semoga bermanfaat! :)

Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

4 comments

  1. Wow, baru tahu Mom ada platform buat buku anak-anak juga, :D terima kasih sharingnya Mom Sendy :D

    ReplyDelete
  2. Aku baru taunya lets read doank. Waduuh duhh makasih mba Sendy rekomendasi nya, kucatat duluu ahay

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, cobain yang lain juga mb. ga kalah seru :D

      Delete

Post a Comment