Header

Popmama Parenting Academy 2021, Sekolahnya Orangtua Milenial

36 comments
popmama parenting academy 2021
Popmama Parenting Academy 2021, sekolahnya orangtua milenial. Mengapa begitu? Karena sejak menjadi orangtua artinya kita akan terus belajar meski tidak ada sekolahnya, bukan? Kita butuh wadah untuk belajar, untuk dibimbing dalam pendidikan dan pengasuh anak. Nah, Popmama Parenting Academy 2021 ini hadir sebagai wadah bagi kaum milenial untuk belajar bagaimana menjadi orangtua. Keren kan??!

Sebagai milenial yang baru menjadi orangtua, aku mengalami cukup banyak kesulitan dalam membesarkan anak pertamaku. Solusi tepat yang belum kutemukan saat menghadapi tiap tantangan dalam pengasuhan membuatku merasa gagal menjadi seorang ibu. Kalian merasakan hal yang sama tidak?

Minimnya ilmu dan persiapan menjadi orangtua, baru aku sadari setelah menjalani peran mulia ini. Mulai dari gagal menyusui secara langsung, tidak maksimal dalam pendampingan saat anak Mpasi karena tidak mengerti ilmunya. Akibatnya, banyak kilogram yang hilang dari berat badan anak. Anak belajar makan bukannya tambah gemuk, ini anakku malah semakin kurus, lho. Hiks!

Masih banyak ceritaku lainnya yang membuatku makin merasa gagal menjadi seorang ibu. Tentunya hal ini berpengaruh pada emosiku. Aku gampang sekali tersulut emosi dan berakhir dengan menyalakan diri sendiri. Aaaah!! Aku merasa tersesat, aku butuh pencerahan!!

Setelah aku introspeksi diri dan mencari tahu sebabnya, ternyata akarnya adalah minimnya ilmu yang ku punya, sehingga aku harus berlari untuk mengejar ketertinggalanku.

Akar Masalah dari Tiap Masalah

Mengapa kusebut diriku tertinggal?? Yap, karena semasa remaja dan beranjak dewasa, aku tidak pernah memiliki pengalaman mengurus anak. Aku disibukkan dengan jadwal kuliah pagi hingga sore hari dan berlanjut bekerja setelahnya hingga hampir tengah malam. Nampak tidak ada peluang kan?

Hampir menghabiskan ¾ dari keseluruhan modal waktu dengan kesibukan di kampus dan kantor, tidak pula membuatku memiliki refrensi atau sekedar curhatan dari teman dengan tantangannya saat di rumah menghadapi anak. Ya, bagaimana lagi.. hampir semua teman di kampusku belum menikah dan kebanyakan rekan kerjaku adalah juniorku.

Ada sih satu rekan kerjaku yang sudah menikah, Qodarullah pernikahannya belum dikaruniai anak. So, complete enough kan? Tidak salah kan kalau aku kurang refrensi dan pengetahuan tentang pengasuhan anak? (mencoba membela diri hehe)

Inilah mengapa aku benar-benar beradaptasi saat menjadi seorang ibu. Bagaimana aku berusaha untuk memahami kondisi dan situasi yang aku buta tentangnya. Memang betul, orangtuaku membantuku, baik ibu kandung maupun ibu mertua. Hanya saja, seperti ada perasaan tidak nyaman dan serba salah karena tidak diajarkan dengan detail. Malah lebih banyak bayiku diambil alih oleh mereka.

Jadi, tetap saja kan aku tidak menemukan solusi yang tepat?
Lalu, usaha apa yang aku lakukan untuk membantu diriku sendiri?

Mencari Solusi, Mengejar Ketertinggalan

Aku sangat bersyukur, di era digital ini kita sangat amat terbantu dengan akses internet dan media sosial yang hadir untuk memberikan banyak solusi.

Bagiku kaum milenial yang apa-apa larinya ke Internet, khususnya sosial media, maka mencari solusi disana adalah jalan ninjaku. Apalagi sejak pandemi melanda Ibu Pertiwi, banyak kegiatan dilakukan secara online. Bahkan banyak sekali bertaburan flyer webinar di media sosial. Nah, dari sinilah aku mulai berselancar mencari informasi untuk mendapatkan solusi. Dengan mengikuti kuliah WhatsApp, kuliah Telegram, atau diskusi live melalui Zoom, Instagram live dan juga streaming konten-konten yang membahas soal parenting di YouTube.

Sampai akhirnya aku menemukan apa yang aku butuhkan. Kegiatan-kegiatan online yang menawarkan solusi untuk tiap tantangan yang kuhadapi. Bahkan, aku menemukan beberapa komunitas yang merangkul para ibu baru yang membutuhkan support sepertiku. Rasanya bisa bertukar pikiran dan bercerita beratnya hari ini pada orang-orang yang juga merasakan itu lebih melegakan, teman.

Tidak hanya pengetahuan, namun juga dukungan yang aku dapat. Sampai akhirnya, aku menemukan satu wadah yang dibutuhkan para orangtua baru yang haus akan ilmu sepertiku ini, yaitu Popmama Parenting Academy 2021.

Popmama Parenting Academy 2021, Sekolahnya Orangtua Milenial

Apa itu Popmama Parenting Academy 2021? Adalah event tahunan yang diselenggrakan oleh Popmama.com. Sedangkan Popmama.com adalah media online yang menyajikan konten worth-sharing yang trending dan relevan untuk milenial mama di Indonesia dan lahir sebagai teman bagi milennial mama untuk berbagi informasi, tips, dan trik agar menjadi mama terbaik.

Bagai mutiara yang kutemukan setelah menyelami samudera yang dalam. Terombang-ambing terhantam ombak dalam lautan gelap. 
"Ah, ini dia yang aku cari selama ini!"
Berbinar mata saat mengetahui acara ini akan diselenggarakan, tepatnya bulan depan, pada tanggal 1 hingga 31 Desember 2021.
 
popac 2021
Wah, pasti acaranya akan seru sekali! Dengan mengusung tema Parents Support Parents, Popmama.com akan menghadirkan berbagai kegiatan online yang super seru untuk keluarga milenial. Akan ada Webinar, Kuliah WhatsApp, Content Series, Community Awards dan Popmama Little Star 2021 dalam rangkaian acara Popmama Parenting Academy 2021 nanti. Selain itu, ada 7 narasumber luar biasa yang akan hadir mendampingi dan berbagi ilmu berharga. Wah, bakalan panen ilmu nih!!
narasumber popac 2021
It is okay be late, than never kan? Meskipun aku telat mengetahui tentang event Popmama Parenting Academy 2021 ini, aku tetap bersyukur bisa menemukan informasinya. Aku excited bangeeet!! Semoga dalam sebulan belajar, aku bisa menemukan semua solusi untuk tantangan yang aku hadapi, pun tantangan yang akan ku hadapi nanti di fase dan di masa perkembangan anak selanjutnya. Semoga event ini menjadi parenting guide yang tepat untuk orangtua milenial dalam mengasuh – mengasah dan mengasihi anak. Yuk, kita join barengan! :D

Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

36 comments

  1. Betul sekali mba, popmama ini bermanfaat banget untuk para working mom yang tidak punya waktu untuk belajar parenting juga..

    ReplyDelete
  2. Senangnya ya sekarang bisa belajar menjadi orang tua tangguh lewat popmama. Udah, ga usah ngerasa bersalah lagi.. Sini puk puk dulu, karenaaa aku juga sering begitu, sejak belajar di popmama, rasa bersalah itu hilang. Tidak ada orang tua yang gagal, yang ada hanyalah belajar, belajar dan belajar.

    ReplyDelete
  3. Bener banget, bahagia bisa ada di era digital yg bs akses ilmu pengasuhan lewat kulwap, webinar, dll yang serba online.

    Akupun nggak sabar buat join POPAC 2021 ini mba. Pasti seru, informatif dan juga mendapat #SupportSystem ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih, gak sabar juga ikut acara serunya di bulan Desember besok ya.. Jangan sampai ketinggalan acaranya nih :D

      Delete
  4. popmama ini bener-bener udah lengkap banget buat penuhin kita sebagai orangyua belajar

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah banget menemukan acara keren seperti Popmama Parenting Academy ini ya, Mbak. Sangat membantu buat para orang tua, apalagi yang baru menjadi orang tua. Meskipun aku masih belum berkeluarga juga. Aku juga tak sabar ingin segera join acaranya, Mbak. XOXO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget kak Naqi. Akupun banyak bgt berteman dengan yang belum berkeluarga tapi ilmu parentingnya dah kece karena sering ikut event2 begini. Top deh mbak ;)

      Delete
    2. Wah wah tak dukung.. harus mah mumpung belum berkeluarga hayuk menimba ilmu ntar tinggl praktik. Jadi berilmu sebelum beramal yak

      Delete
  6. Setuju sekali, lebih baik belajar walaupun telat daripada tidak sama sekali, karena jadi orang tua adalah proses belajar seumur hidup

    ReplyDelete
  7. Sepertinya aku bakalan ikut serangkaiannya deh
    .soalnya aku menunggu gongs dilumcurkannya buku panduan buat genersi pandemi nih.

    Aku orang tua dg anak yg dilahirkan saat pandemi jadi aku excited ada popac ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh sama nih aku juga tim yang nungguin bukunya launching lho.. Seneng banget deh ada semacam guidance untuk orang tua dalam mengasuh generasi pandemi ini.

      Delete
    2. HekakKa sesama yg lahiranya di masa pandemi ya mbak... aku merasa ini terobosan keren lho. Aku belum nemuin soalnya

      Delete
  8. Dulu sebelum pandemi kita ga pernah kepikiran bakal hidup dengan mengandalkan teknologi seperti sekarang ini.

    Bahkan sekarang di support dengan Popmama parenting academy yang pasti up to date banget buat kita para orang tua akan ilmu parenting era digital ini

    ReplyDelete
  9. Masyaallah emang bener banget loh. Di popmama ini kita bisa belajar banyak ya tentang parenting.

    ReplyDelete
  10. Sound interest nih mom sendy, aku jadi tertarik untuk ikut join, masih butuh banyak ilmu ngasuh juga nih. Cara gabungnya gimana mom?

    ReplyDelete
  11. Wah keren Popmama, kirain hanya media dengan artikel parenting

    Ternyata menyelenggarakan Popmama Parenting Academy 2021.

    Semoga sukses ya

    ReplyDelete
  12. new mom sekarang sangat beruntung ya, support semacam ini banyak termasuk popmama parenting academy. aku yakin akan sangat membantu ibu muda dan calon ibu nih. ada batasan usia anak gak sih kalau mau ikutan?

    ReplyDelete
  13. Ada Popmama Parenting Academy jadi lebih terbantu akses info dan tips parenting, cocok nih buat mama mama milenial

    ReplyDelete
  14. Ibu muda millenials kayaknya gak perlu khawatir lagi nih ya mbak, karena Popac memberikan banyak aktivitas yang menarik.

    ReplyDelete
  15. Aku sedang belajar juga nih mba sen, buat jadi calon orangtua yang baik popmama keren ini bisa jadi website panduan

    ReplyDelete
  16. Menjadi orang tua itu punya tantangan tersendiri ya mbak.bersyukurlah yg sudah dipercaya menjadi orang tua. Popmama menjadi wadah informasi bagi ibu muda yg membutuhkan

    ReplyDelete
  17. Pembicaraannya itu lo... Keren-keren banget... Materinya pasti lebih keren. Halo Pop Mama, undang aku jadi narsum dong....

    ReplyDelete
  18. Tahun lalu aku jg ikutan event online yg tanya ahli itu kak. Sama beberapa DSA. manfaat banget pokoknya ikutan popmama

    ReplyDelete
  19. aku suka nih sama para expert dan fasilitas yang diberikan oleh popmama untuk mencerdaskan para mama, semoga makin maju dengn kegiatan yang semakin mencerdaskan para mama yaa popmama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gak sabar nih dengan narasumber yang akan diundang untuk acara popac 2021 ini..
      Semoga tidak lupa jadwalnya nih :D

      Delete
  20. Semangat belajar ya mbak, memang belajar jadi ibu itu nggak mengenal berapa lama kita jadi ibu, terus dan terus harus selalu update ilmu. POP Mama keren banget.

    ReplyDelete
  21. Bahagia banget ya bisa berada di zona digital seperti sekarang ini..

    ReplyDelete
  22. Jadi ga sabar menantikan adanya pop mama academy 2021 ya mbaak... Seru banget pasti nih acaranya

    ReplyDelete
  23. Saya juga sering berkunjung ke popmama, memang kamusnya para mama

    ReplyDelete
  24. Keren nih Pop Mama Academy, mama mama juga harus uptodate, apalagi seputar parenting buat mamah muda milenials nih hehe..

    ReplyDelete
  25. Setuju, popmama memberi kemudahan buat para mama yg ingin upgrade ilmu dgn cara yg menyenangkan ya

    ReplyDelete
  26. Masuk barisan yang menyesal tahu situs ini baru aja. Mudah-mudahan bisa mengejar ketertinggalan.

    ReplyDelete
  27. Popmama Parenting Academy 2021 ajang pembelajaran bagi orangtua, kompetisi talenta anak, dan ajang blog kompetisi. Semuanya pasti seru.

    ReplyDelete
  28. enggak sabar mau membaca buku parenting guidenya biar bisa mengasuh anak dengan baik dan enggak ada lagi salah pengasuhan.

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah popmama bantu banget buat mama milenial

    ReplyDelete

Post a Comment