Iklan

Header

15 Cara Melatih Motorik Halus Anak 4 Tahun di Rumah

Post a Comment
Konten [Tampil]
 
Melatih motorik halus anak 4 tahun
Halo Mom-genk!
Siapa nih yang anaknya juga berusia 4 tahun? Sedang mencari cara melatih motorik halus anak 4 tahun agar anak siap belajar menulis? 

Nah, kebetulan nih, kali ini aku akan membagikan beberapa kegiatan sederhana yang bisa melatih motorik halus anak 4 tahun di rumah.

Motorik halus sendiri adalah perkembangan gerak yang meliputi otot-otot kecil serta koordinasi mata dan tangan. Menulis adalah salah satu kegiatan belajar yang menggunakan motorik halus dalam prosesnya.

Selain menulis, cukup banyak kegiatan penting di sekolah yang membutuhkan keterampilan motorik halus, seperti menggunakan komputer, bahkan membalik halaman buku.

Dalam kehidupan sehari-hari, keterampilan motorik halus juga akan membuat anak memiliki kemandirian, seperti mengenakan pakaian berkancing, makan dengan sendok, hingga kegiatan merawat diri lainnya.

Itulah mengapa, keterampilan motorik sangat perlu dilatih saat anak masuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau bahkan sebelum itu. Sehingga kita sebagai orangtua harus sering melatih motorik halus anak 4 tahun di rumah melalui kegiatan yang menyenangkan. 

Apa saja ide bermain yang bisa melatih motorik halus anak 4 tahun? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini! 

15 Ide Bermain untuk Melatih Motorik Halus Anak 4 Tahun di Rumah

Untuk melatih motorik halus anak 4 tahun, harus disesuaikan dengan masa perkembangannya. Anak usia 4 tahun dari segi motorik halus, koordinasi antara mata dengan tangan semakin tajam. Anak sudah mampu mengambil benda yang sangat kecil. Juga sudah mampu menggambar dengan meniru yang dibuat oleh orang lain.

Beberapa bentuk yang bisa dilakukan, misalnya bentuk lingkaran, kotak, segitiga, atau orang-orangan meski belum terlalu jelas. Berikut beberapa kegiatan yang bisa jadi referensi untuk melatih motorik halus anak 4 tahun di rumah:

1. Menuang air

Anak-anak tidak akan menolak jika diajak bermani air. Menuang air adalah salah satu kegiatan yang bisa melatih motorik halus anak 4 tahun, lho. Dalam proses menuang air, misalnya dari gayung ke botol kosong, anak akan memegang dayung yang berisikan air secara erat serta berusaha menuangkan air ke dalam botol tanpa tumpah.

Dalam proses ini anak sedang melatih kekuatan otot tangan anak, melatih konsentrasi anak, koordinasi mata dna tangan agar air tidak tumpah, serta sekaligus melatih kemampuan mengolah sikap tenang dan sabar.

2. Bermain playdoh

Playdoh atau lilin lunak dapat melatih motorik halus anak 4 tahun. Saat anak meremas dan membentuk playdoh menjadi sebuah bentuk, maka otot-otot tangan dan mata dapat berkoordinasi sehingga dapat berkembang dengan baik.

Agar kegiatan lebih seru, ajak anak untuk bermain pretend play masak-masakan atau penjual dan pembeli makanan. Biarkan anak sibuk dengan imajinasinya membentuk playdoh sesuai keinginannya. Hal ini juga bisa mengajarkan anak tentang materi entrepreneur

3. Melipat kertas

Melipat kertas merupakan kegiatan yang juga dapat melatih motorik halus anak 4 tahun. Dalam proses melipat kertas, anak akan menggunakan otot-otot jari yang mana hal ini dapat menguatkan otot-otot jari dan tangan. 

Agar anak dapat mulai melipat sendiri, ajari anak dengan lipatan-lipatan sederhana dulu, seperti melipat berbentuk persegi panjang (dengan satu langkah lipatan) atau lipatan sapu tangan berbentuk persegi empat (dengan dua langkah lipatan). Selain melatih motorik halus anak 4 tahun, kegiatan ini juga mengenalkan anak pada bentuk dasar. 

4. Menggunting kertas

Jika anak sedang tertarik menggunakan gunting, kita bisa memberinya kegiatan menggunting. Bisa diawali dengan menggunting kertas warna secara bebas. Lalu, tahapannya ditingkatkan dengan cara menggunting bentuk bulat, persegi ataupun segitiga yang digambar di kertas. 

Kegiatan ini memberi banyak manfaat, seperti melatih koordinasi tangan dan mata, stimulasi kekuatan jari, melatih kesabaran, meningkatkan percaya diri, serta ketelitian.

5. Meronce

Meronce adalah kegiatan memasukkan benda-benda dengan berbagai bentuk bisa dengan manik-manik, sedotan, maupun benda-benda dari bahan alam ke dalam seutas benang atau tali menjadi sebuah gelang atau kalung. Kegiatan ini berguna untuk melatih motorik halus anak 4 tahun. Karena dalam proses meronce anak menggunakan kekuatan otot-otot jari tangan khususnya jari telunjuk dan ibu jari dan kelenturan jari-jari tangan.

6. Menempel dan melepas stiker

Anakku yang juga berusia 4 tahun senang sekali melakukan kegiatan melepas dan menempel stiker. Entah itu ditempelkan di dinding atau di kertas kerjanya. Mengajak anak bermain menempel lalu melepas stiker dan menempelkannya lagi di tempat berbeda dapat melatih kekuatan dan kelenturan otot-otot tangan. Kita juga bisa menyiapkan lembar kerja bentuk dasar, angka atau apapun kemudian minta anak menempel stiker dots di atas bentuk tersebut. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih motorik halus anak 4 tahun

7. Meremas busa berisi air

Masih bertemakan air. Memeras busa juga termasuk dalam kegiatan yang bisa melatih motorik halus anak 4 tahun. Kegiatan ini dapat menguatkan otot-otot jari tangan dan kelenturan jari-jari tangan. Kita ajak anak untuk meremas busa yang berisikan air yang telah dicampur pewarna makanan untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain stimulasi motorik halus, anak juga bisa belajar warna. 

8. Melukis dengan jari

Anak sangat suka melakukan hal baru dan bereksplorasi. Melukis dengan jari akan memberikan pengalaman tersendiri untum anak. Siapkan kertas manila dan cat warna. Ajak anak untuk melukis sesuatu menggunakan jarinya. Kegiatan ini sangat banyak manfaatnya, salah satunya melatih motorik halus anak 4 tahun saat melukis menggunakan jari-jari tangan. 

9. Membuka dan menutup botol

Sediakan beberapa botol yang mempunyai tutup dan warna yang berbeda-beda. Kemudian ajak anak untuk membuka tutup beberapa botol dan kemudian memasangkan kembali sesuai dengan warna. Selain belajar tentang warna-warna, kegiatan ini dapat melatih motorik halus anak 4 tahun dan pergelangan tangan, meningkatkan koordinasi mata dan tangan. 

10. Melepas dan memasang kancing baju

Praktek memasang dan melepas kancing baju berfungsi untuk memberikan rangsangan kepada jari-jari tangan untuk memegang benda kecil. Termasuk melatih koordinasi antara kedua tangan. Sebagai permulaan, sediakan kancing besar agar anak tidak meras kesulitan. Setelah itu baru naikkan level dengan mengubah ukuran kancing. 

11. Memindahkan pompom

Memindahkan pompom menggunakan twizzer juga bisa melatih motorik halus anak 4 tahun. Kita bisa mengembangkan kegiatan menjadi lebih seru. Selain mengelompokkan pompom sesuai warna, bisa juga di kolaborasi dengan pelajaran matematika, yaitu belajar menghitung menggunakan pompom. 

12. Bermain dengan gelang karet

Bermain dengan karet gelang bisa melatih motorik halus anak 4 tahun juga lho, Mom. Kita bisa mengajak anak untuk mengalungkan karet gelang ke kaleng sembari belajar berhitung. 

13. Menyusun balok dan puzzle

Menyusun balok dan puzzle tidak cuma seru, tetapi juga bermanfaat untuk melatih motorik halus anak 4 tahun. Apalagi jika gambar puzzle adalah tokoh favorit anak. Pasti mereka lebih bersemangat. Untuk anak usia 4 tahun, menurut perkembangannya mereka sudah bisa menyusun 20 keping lebih puzzle. Dan untuk balok, mereka sudah bisa menyusun 10 balok atau lebih. 

14. Menggambar dan mewarnai

Tujuan anak usia dini mewarnai dan menggambar bukan sekadar meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Namun, kegiatan ini juga menjadi latihan pertama anak untuk memegang pensil dengan benar. Goresan tangan anak saat memegang krayon memerlukan koordinasi mata dan otot halus tangan. Secara perlahan, ajarkan anak untuk memegang pensil atau krayon dengan benar. Hal ini dapat melatih motorik halus anak 4 tahun. 

15. Ikut serta dalam kegiatan sehari-hari

Selain ide bermain di atas, kita juga bisa melibatkan anak untuk membantu pekerjaan rumah sehari-sehari. Misalnya ikut serta dalam proses memasak. Anak bisa kita veri tugas untuk membuka bawang, memotong tahu dengan pisau yang tumpul, atau memotong kacang panja menggunakan jarinya.
 
Kegiatan-kegiatan tersebut selain memberikan pengalaman baru dan kepercayaan diri pada anak, juga bisa melatih motorik halus anak 4 tahun. 

Manfaat Melatih Motorik Halus Anak 4 Tahun

Banyak sekali manfaat dari melatih motorik halus anak 4 tahun. Bahkan kita bisa melatih motorik halus anak mulai dia berusia beberapa bulan, saat anak sudah mulai menggenggam. 
Berikut adalah beberapa manfaat dari melatih motorik halus anak:
 
Manfaat melatih motorik halus anak 4 tahun

1. Menguatkan jari sebagai persiapan menulis

Seperti yang kita tahu, syarat masuk SD adalah calistung. Yaktu anak sudah harus belajar membaca, menulis dan berhitung. 

Hal ini membuat beberapa orangtua khawatir jika anaknya belum siap atau bisa menulis. Untuk itu, melatih motorik halus anak 4 tahun harus lebih diperhatikan. Mengingat di usia tersebut anak sudah mulak sekolah TK. 

Setiap anak pasti memiliki keinginan belajar. Belajarnya pun bertahap. Coba deh ingat-ingat saat anak usia 1 tahun, mereka mulai belajar mencoret meski cara memegang pensil masih sebisanya. 

2. Memperpanjang rentang konsentrasi

Ketika anak tertarik dan menikmati suatu kegiatan, maka mereka otomatis akan merasa betah mengerjakan kegiatan tersebut. Meski remtan konsentrasi anak berbeda di tiap usianya, setidaknya jika mereka merasa asik melakukan suatu kegiatan, otomatis mereka akan bertahan lebih lama mengerjakannya. Hal ini lah yang bisa membuat rentan konsentrasi anak lebih panjang. 

3. Melatih kemandirian dan membentuk citra diri positif

Apa hubungannya dari melatih motorik halus anak 4 tahun dengan kemandirian dan membentuk citra diri yang positif? 

Saat kita mengajari anak melakukan sesuatu kemudian memberinya kesempatan untuk melakukannya maka kita sednag menanamkan kepercayaan dirinya. Bahwa ia mampu melakukan sesuatu untuk membantu dirinya sendiri. Contohnya seperti makan sendiri, memakai baju sendiri, melepaskan sepatu sendiri. 

4. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan

Untuk dapat duduk dengan tenang, otot anak perlu mendapat stimulasi yang cukup. Untuk dapat memegang alat tulis dan menggerakkannya dengan mantap dan memberi tekanan yang pas, jemari dan pergelangan tangan perlu dikuatkan.

Manfaat melatih motorik halus anak 4 tahun yang diasah dalam praktek kehidupan sehari-hari bisa juga terjadi saat anak berusaha memindahkan sesuatu, menyuap makanan dan lainnya. Itulah yang dilatih untuk mengkoordinasikan mata dan tangannya dengan baik.

Kesimpulan

Banyak sekali ide kegiatan untuk melatih motorik halus anak 4 tahun yang mana di usia tersebut anak sudah mulai sekolah. Untuk memperkuat otot-otot jari tangan yang ditujukan agar siap menulis, anak harus terbiasa menggunakan otot-otot jarinya. 

Beberapa kegiatan di atas bisa dikembangkan sesuai minat dan ketertarikan anak agar manfaat kegiatan selain untuk melatih motorik halusnya, juga bisa memperpanjang rentan konsentrasi, membentuk kemandirian dan percaya diri anak. 

Semoga bermanfaat! 












Sumber Referensi
Perkembangan Anak Usia 4 Tahun, Si Kecil Sudah Bisa Apa? (hellosehat.com)
10 Permainan Sederhana untuk Melatih Motorik Halus Anak Halaman all. - Kompas.com
Mainan yang Bisa Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak - Alodokter
Manfaat Stimulasi Motorik Halus Dalam Praktek Kehidupan Sehari-Hari (kakniken.web.id)
7 Prinsip Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini PAUD - PAUD JATENG

Related Posts

Post a Comment