Iklan

Header

Cara Asyik Menanggulangi Masalah Sampah Plastik di Sekolah

1 comment
Konten [Tampil]
  
Cara menanggulangi masalah sampah di sekolah

Sudah banyak dijumpai sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata, mulai dari SD, SMP hingga SMA. Sekolah yang menerima penghargaan ini karena mereka berhasil menerapkan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah, salah satunya dengan menanggulangi masalah sampah plastik di sekolah.

Banyak upaya yang dilakukan untuk menanggulangi masalah sampah plastik di sekolah yaitu dengan cara membawa botol minum dari rumah, membawa bekal makanan dari rumah, memakai sedotan berbahan stainless, memakai alat makan berbahan stainless, membawa tas atau kantong kain dari rumah dan banyak lagi upaya lainnya.

Begitupun yang bisa dilakukan di sekolah, cara menanggulangi masalah sampah plastik bisa dengan membuat bank sampah atau membuat daur ulang dari sampah plastik.

Kenapa sih dengan plastik? Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan. Karena plastik sulit terurai oleh proses alam (non biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam).

Dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik berupa: jika sampah plastik dibakar secara terbuka (open burning) dapat menyebabkan polusi udara yang dapat menimbulkan penyakit kanker, pada dosis yang lebih besar bisa mengakibatkan sakit kulit yang serius yang disebut ‘chloracne’. Sampah plastik juga dapat mencemari saluran air, irigasi, sungai, danau, pantai dan tanah. Dalam jumlah tertentu, sampah plastik terbukti menyumbat saluran/sungai yg dapat mengakibatkan banjir.

Begitu banyaknya bahaya yang ditimbulkan sampah plastik, kira-kira apa saja sih cara asyik menanggulangi masalah sampah plastik di sekolah yang bisa dilakukan siswa??

Menanggulangi Masalah Sampah Plastik di Sekolah dengan Daur Ulang

Apa sih pengertian daur ulang sampah plastik? Dilansir dari Wikipedia, daur ulang plastik merupakan upaya untuk mengelola dan menggunakan plastik bekas agar dapat digunakan kembali atau diolah menjadi barang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan memiliki nilai jual.

Nah, cara asyik menanggulangi masalah sampah plastik di sekolah adalah dengan daur ulang. Mengapa? Karena selain bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan, proses daur ulang plastik juga memberikan banyak manfaat dan stimulasi bagi para siswa.

Berikut adalah beberapa cara asyik daur ulang plastik yang bisa dijadikan ide kegiatan di sekolah:

1. Pot Hias

Dalam keseharian, kita pasti tidak pernah luput dari botol plastik di sekitar kita. Penggunaan botol plastik memang cukup tinggi di Indonesia. Sebagai salah satu solusi menanggulangi masalah sampah plastik di sekolah yang berupa botol plastik, guru bisa mengajak siswa untuk membuat karya sebuah pot hias.

Caranya sangat mudah, ajak siswa membawa sampah botol plastik dari rumah. Guru menyediakan biji tumbuhan atau buah yang mudah panen dan mudah ditemukan, misalnya timun.

Kemudian ajak siswa berkarya dengan cara memotong botol menjadi dua bagian. Gunakan potongan bagian bawah botol sebagai pot. Atau sebagai pilihan bentuk lain, cukup bolongi salah satu bagian samping botol dengan cutter. Isi pot dengan tanah atau media tanam lain bersamaan dengan biji tanaman.

Nah, sebelum pot diisi dengan tanah dan biji tanaman, ajak siswa untuk menghias sekreatif mungkin pot hias mereka. Boleh dengan cat, boleh dengan manik, boleh dengan pilox, atau cara lainnya.

Pot botol plastik juga bisa digunakan untuk membuat taman vertikal di dinding kelas. Caranya mudah, yaitu dengan membolongi beberapa bagian pot botol plastik dengan paku. Setelahnya, isi pot dengan tanah dan biji tanaman, kemudian gantung pot botol plastik dengan tali.

2. Lampu Hias

Jika pot hias dirasa belum memuaskan, kreasi daur ulang botol plastik bekas bisa menjadi lampu hias juga, lho!

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan lampu hias dari botol plastik. Cara pembuatan bisa dipilih sesuai selera. Botol plastik juga bisa gunakan untuk lampu gantung.

Cara membuatnya yaitu, potong botol menjadi dua bagian. Untuk lampu, gunakan potongan bagian atas serta leher pada ujung botol. Agar lebih menarik, gunakan botol plastik berwarna seperti botol minuman bersoda. Ini dilakukan untuk memberikan efek warna pada lampu.

Pilihan lain, kalian juga bisa menghias penutup lampu dengan tempelan benang atau tali rapia warna-warni. Oleskan lem pada botol plastik yang telah terpotong, kemudian lilit dengan benang atau tali rapia.

Pasang lampu yang sudah terpasang dengan kabel di dalam botol. Jangan gunakan lampu LED agar plastik tak meleleh akibat terlalu panas. Pasti para siswa senang sekali membuat karya lampu hiasnya sendiri!

3. Wadah Serbaguna

Wadah serbaguna dari botol plastik bisa menjadi tempat untuk menyimpan barang-barang kecil agar rapi. Khususnya untuk siswi yang memakai kerudung, biasanya tidak lepas dari jarum pentul, peniti dan juga bros kecil.

Nah, buat kalian yang juga memakai barang-barang tersebut kini tak perlu membeli wadah. Kalian bisa membuatnya sendiri dari bahan dasar botol plastik bekas. Ini menjadi cara lain paling mudah untuk memanfaatkan daur ulang sampah botol plastik.

Caranya, kalian hanya perlu memotong botol plastik dengan bentuk sesuai selera. Untung gampangnya, bisa gunakan dasar botol. Buatlah wadah dari beberapa botol. Kemudian siapkan pipa bekas.

Bolongi dasar botol sesuai ukuran diameter pipa. Susun wadah dari botol tersebut dengan memberi jarak. Jika perlu, pulas botol plastik dengan cat akrilik agar lebih menarik atau bisa juga dengan menempelkan beberapa manik-manik agar terlihat lebih cantik.

4. Celengan

Mendaur ulang plastik dapat menghemat uang dengan lebih dari satu cara. Buatlah celengan botol plastik dan mulailah mengumpulkan uang dari hasil kreasi ini.

Siswa bisa mengecat seluruh botol sehingga jumlah tabungan di dalamnya menjadi kejutan nantinya. Anda juga bisa membiarkannya transparan sehingga bisa melihat bagaimana tabungan Anda berkembang. Sederhananya, ini adalah kreasi yang menghasilkan banyak uang.

5. Tempat Pakan Burung

Tak hanya manusia saja yang menerima manfaat daur ulang sampah plastik ini, burung juga bisa merasakan aksi bijak berplastik berikut! Kok bisa? Ya, guru bisa mengajak para siswa untuk membuat kerajinan dari botol bekas sebagai tempat pakan burung-burung liar.

Tempat pakan burung ini nantinya akan diletakkan di sekitar taman sekolah. Tujuannya agar mengundang burung liar berdatangan, selain tujuan memberi makan mereka.

Bagaimana cara membuatnya? Cukup mudah! Caranya yaitu:
  • Siapkan botol bekas ukuran sedang atau kecil, 1 sendok plastik, dan lem tembak.
  • Buat dua lubang kecil di bagian tutup botol untuk memasang tali agar bisa digantung.
  • Buat lubang-lubang kecil di bodi botol bagian depan dan belakang (posisi lubang bagian depan harus sejajar dengan lubang bagian belakang).
  • Masukan sendok melalui lubang-lubang tadi. Rekatkan sendok dengan lubang menggunakan lem tembak.

Dari proses daur ulang sampah botol plastik ini, selain menghasilkan karya dan juga bisa menghasilkan uang, para siswa juga mendapatkan banyak manfaat lain, yaitu mengasah kekreatifan siswa, menambah percaya diri, stimulasi motorik halus, sebagai media pencegahan stress pada siswa, menjadikan siswa lebih bijak dalam menggunakan barang, melatih kesabaran dan fokus siswa, menambah rentan konsentrasi, siswa belajar untuk memberi manfaat pada sesama dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Penutup

Selain upaya untuk menanggulangi masalah sampah plastik di sekolah, kegiatan daur ulang plastik juga memiliki banyak manfaat untuk siswa.

Guru kreatif akan mencari dan menciptakan banyak ide untuk memantik kekreatifan siswa. Selain hasil karya yang diperoleh siswa, karya-karya tersebut juga bisa dijual kembali untuk menghasilkan uang.


Siswa tidak hanya diajarkan tentang cara memelihara lingkungan dari sampah plastik, namun juga diajarkan cara untuk berkarya dan berwirausaha. Asyik sekali, bukan?

Semoga bermanfaat!








*Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator

Sumber:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daur_ulang_plastik
https://ppkl.menlhk.go.id/website/reduksiplastik/02_doc.php#:~:text=Sampah%20plastik%20merupakan%20salah%20satu,pencemar%20yang%20tidak%20dikenal%20oleh
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230605112730-284-957685/8-ide-daur-ulang-sampah-plastik-yang-mudah-dibuat/amp
https://www.sehataqua.co.id/kerajinan-dari-botol-plastik/

Related Posts

1 comment

  1. jadi ingat membuat eco break untuk kurikulum merdeka hehe ... terimakasih buat sharingnya kak.

    ReplyDelete

Post a Comment