Header

6 Merk Clodi yang Bagus untuk Newborn

Post a Comment
Konten [Tampil]
 
Merk clodi yang bagus

Kehadiran bayi baru lahir atau newborn pasti akan tidak jauh dari popok. Ada beberapa jenis popok atau diaper, yaitu sekali pakai dan popok kain (clodi diaper). Nah, kali ini aku akan merekomendasikan beberapa merk clodi yang bagus untuk newborn.

Mengapa merekomendasikan clodi diaper? Karena diaper sekali pakai menjadi salah satu sampah yang paling sulit terurai. Diperlukan ratusan tahun agar pospak terurai ketika terkena air maupun udara. Diaper yang dibuang di TPA tertimbun, tertutup plastik dan juga sudah terkontaminasi sehingga sangat sulit terurai.

Selain mencemari bumi, diaper sekali pakai juga mengandung berbagai bahan kimia berbahaya seperti sodium polyacrylate, dioksin, phthalathes, tributyl, pewarna buatan, parfum, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Dimana bahan-bahan kimia ini bisa menyebabkan ruam, merah merah, dan iritasi pada kulit bayi.

Oleh sebab itu sangat direkomendasikan untuk beralih menggunakan clodi. Clodi atau singkatan dari cloth diaper adalah diaper yang terbuat dari kain dan dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki daya serap yang tinggi dan praktis digunakan seperti diaper sekali pakai pada umumnya.

Selain ramah lingkungan, penggunaan clodi juga lebih hemat karena clodi bisa di cuci dan digunakan beberapa kali. Clodi juga lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya. Bayi akan terhindar dari beberapa permasalahan kulit yang biasa disebabkan oleh diaper sekali pakai (misalnya iritasi).

6 Rekomendasi Merk Clodi yang Bagus untuk Newborn

Berikut adalah beberapa rekomendasi merk clodi yang bagus untuk newborn dilansir dari beberapa sumber:

1. Prefold Ecobum Flatdiaper Alas Ompol Insert Clodi

Ecobum Smart Fit prefold adalah clodi tipe Chinese prefold yang terbuat dari 100% katun berkualitas tinggi dengan jahitan yang kuat dan benang berkualitas. Prefold ini memiliki ukuran Smart Fit yang pas untuk diaper cover dan dapat digunakan sebagai diaper fold tanpa perlu melipat panjangnya, cocok untuk bayi baru lahir. Prefold Ecobum sangat lembut, cepat menyerap, dan tahan lama. Prefold ini memiliki daya tampung hingga 400 ml dan dapat digunakan bertahun-tahun setelah pencucian berulang.

Fitur-fitur prefold Ecobum meliputi bahan 100% katun murni tanpa pemutihan, berdaya serap tinggi, mudah dicuci, dan cepat kering. Prefold ini hipoalergenik dan tidak mudah bau pesing. Dengan teknik tenun twill untuk daya tahan yang lebih baik, prefold ini dapat digunakan sebagai prefold diaper, soaker pad, insert, atau alas ompol. Dapat juga digunakan sebagai insert pada clodi tipe pocket. Penggunaan dengan cover dan pengait seperti snappi, boingo, atau peniti bayi membuatnya praktis dan multifungsi. Disarankan untuk menggunakan liner stay dry saat digunakan sebagai diapers dan tanpa liner stay dry saat anak sedang toilet training agar mereka belajar menyadari sensasi basah.

Harga: Rp. 49.000-54.900

2. Little Palmerhaus - Little Wear Diapers 14.0

Little Palmerhaus - Little Wear Diapers 14.0 adalah 1 Set popok kain bayi yang terdiri dari 3 popok kain dengan bahan Bamboo Cotton. Popok ini tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Games Retro, Cinema Retro, dan Music Retro, serta memiliki ukuran All Size. Bahan Bamboo Cotton adalah serat kapas yang dipintal dan ditenun, membuat popok ini nyaman dan mudah ditemui di pasaran karena sering digunakan dalam pembuatan produk tekstil di Indonesia.

Little Wear Baby Diapers 14.0 by Little Palmerhaus merupakan pilihan popok kain yang ramah lingkungan dan cocok untuk bayi. Terdiri dari tiga popok dengan desain retro yang menarik, popok ini menggunakan bahan Bamboo Cotton yang lembut dan nyaman untuk kulit bayi. Dengan berbagai keunggulannya, popok ini memberikan solusi yang baik dan bertanggung jawab dalam mengatasi kebutuhan popok bayi dengan bahan ramah lingkungan dan mudah ditemukan di pasaran.

Harga: Rp. 52.000-60.000

3. Fluffy-3pcs Popok Modern Baby/Popok Kain Seri Cokelat

Fluffy-3pcs popok modern baby/popok kain seri cokelat adalah popok bayi modern dengan tiga buah dalam satu set, dengan desain seri cokelat yang menarik. Popok ini terbuat dari bahan Kaos TC, kombinasi serat kapas dan serat sintetis, yang memberikan keunggulan dalam kelembutan, daya serap yang baik, dan ketahanan bentuk pakaian. Setiap set terdiri dari tiga popok dengan harga yang tertera.

Fluffy Baby's Wear menawarkan popok kain modern yang nyaman dan andal. Dibuat dari bahan Kaos TC, popok ini memiliki tekstur yang lembut, mampu menyerap dengan baik, dan tetap mempertahankan bentuk pakaian. Dengan desain seri cokelat yang menarik, setiap set terdiri dari tiga popok dengan harga yang terjangkau, menjadikannya pilihan praktis dan ekonomis untuk para orang tua dalam merawat bayi mereka dengan popok kain yang ramah lingkungan.

Harga: Rp. 86.000-93.120

4. Clodi Baby oz Newborn Tanpa Insert

Clodi Baby oz newborn tanpa insert BabyOZ cover - brown adalah clodi tanpa insert yang cocok untuk bayi baru lahir dengan berat 2-6 kg. Clodi ini memiliki desain slim yang tidak bulky dan mudah dipakai, dengan model coveria sehingga cukup mengganti isi (insert) saja tanpa harus mengganti clodi setiap 3 jam atau setiap kali bayi buang air. Clodi ini dapat menggunakan kain alas ompol sebagai insert. Tersedia dalam dua pilihan bahan, yaitu outer PUL polos dengan harga 40.000 dan outer MINKY (bludru lembut) dengan motif dan harga 45.000. Juga tersedia insert saja dengan harga 24.000.

Harga: Rp. 40.000-59.000

5. PEMPEM Inner Gusset Insert Litty | Clodi Onesize Pocket

PEMPEM Inner Gusset Insert Litty adalah clodi lokal buatan Indonesia yang telah berkontribusi dalam mengedarkan konsep go green selama 6 tahun terakhir. Terbaru, PEMPEM hadir dengan inovasi INNER GUSSET, lapisan pelindung bagian dalam clodi yang mencegah cairan dan pup bocor ke samping. Kualitas PEMPEM Inner Gusset Insert Litty sangat terpercaya dengan inner berbahan suede cloth yang kering saat dialiri cairan dan outer berlapis PUL (Polyurethane Laminate) yang tahan lama, ramah lingkungan, dan bebas dari zat toksik berbahaya. Popok kain ini dilengkapi dengan insert pilihan yaitu litty atau microfiber dan cocok digunakan dari umur 1 bulan hingga 2 tahun. Dengan fitur INNER GUSSET pencegah bocor samping, PEMPEM Inner Gusset Insert Litty menjadi solusi praktis dan efektif untuk bayi Anda.

Harga: Rp. 65.000-99.000

6. BABYCLO NEWBORN DIAPER COVER SOLID DIAPER POPOK KAIN CLODI - Sienna

Sienna adalah diaper cover khusus untuk bayi baru lahir dengan berat badan 0 - 5 kg. Terbuat dari bahan Waterproof & Breathable PUL, diaper cover ini dilengkapi dengan penutup velcro yang dapat diatur, serta double leg gussets untuk mencegah kebocoran. Didesain dengan ukuran khusus untuk newborn, diaper cover ini dapat digunakan dengan menggunakan Newborn Bambo Terry sebagai soaker atau penyerapnya.

. Clodi hadir dalam , membantu orang tua menghemat biaya pengeluaran untuk popok sekali pakai.

Harga: Rp. 55.250-98.000

Penutup

Clodi atau cloth diaper merupakan popok bayi terbuat dari kain yang memiliki daya serap tinggi dan praktis seperti diaper sekali pakai. Memiliki berbagai ukuran yang cocok untuk berat badan bayi dari 2,5 kg hingga 30 kg dan dapat digunakan dari newborn hingga usia 1-2 tahun sehingga banyak juga pilihan merk clodi yang bagus untuk newborn.

Carilah clodi yang sesuai dengan kebutuhan. Sama halnya dengan mencari sampo dan sabun yang pas dan cocok untuk anak. Maka sebelum memutuskan membeli satu merk clodi, cari tahu dulu kelebihan dan kekurangannya. Jangan membeli clodi dalam jumlah banyak, belilah clodi secukupnya terlebih dahulu untuk mengetahui kecocokan kita dan anak. 

Semoga bermanfaat! 











Sumber:
https://www.google.com/amp/s/bp-guide.id/AXqyQn31/amp
https://zerowaste.id/zero-waste-for-beginners/tentang-clodi/#:~:text=Clodi%20atau%20singkatan%20dari%20cloth,diaper%20sekali%20pakai%20pada%20umumnya.

Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

Post a Comment