Header

Blogger Wajib Tahu! Tentang dan Cara Pasang Google Analytics

22 comments
Pasang Google Analytics
Time flies so fast
. Ternyata sudah dua setengah bulan aku belajar blog bersama Blogspedia. Dan gembiranya, kami diberi materi bonus sebelum memasuki materi terakhir dan juga tugas akhir. Materi bonus pertama yang diberikan coach Marita di awal pekan ini adalah tentang dan cara pasang Google Analytics. Apa lagi ya ini? Apa manfaatnya untuk Blog? Ternyata banyak banget yang perlu diketahui dan dipelajari sebagai blogger. 

Kata coach Marita, materi bonus ini sengaja dimajukan sepekan lebih awal dari jadwal karena di batch 2 ini sudah banyak blogger pro. Oh.. tentunya aku tidak termasuk. Hehe.
Aku blogger baru yang masih cupu, yang masih merangkak menelusuri dunia per-blog-an ini. Aseek~

Sebelum sampai pada tahap memasang Google Analytics, sebagai blogger pemula sepertiku, kalian perlu tahu dulu perbedaan blog dan blogging, tentang top level domain dan cara pasangnya agar alamat blog kalian tampak profesional, serta cara memasang template agar lebih SEO friendly.

Well, sebelumnya aku memang tidak asing dengan Google Analytics. Sempat beberapa teman membahasnya di beberapa materi. Tapi, karena aku belum tahu, jadi ya ga mudeng. Hehe.
Beruntungnya, hari ini aku bisa mengenalnya plus langsung diajarin untuk memasangnya. Mantab jiwa!
Tapi sebenarnya apa sih Google Analytics itu? Apa kegunaannya? Dan bagaimana cara kerjanya?

Yuk, mari kita bahas..

Apa sih Google Analytics itu?

Menurut materi Blogspedia, Google Analytics merupakan alat tempur yang wajib diinstal. Ini merupakan layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Tidak hanya itu, Google Analytics juga menyediakan berbagai data soal performa sebuah situs lebih lengkap dan cukup detail. 

Wiiihh! Canggih banget ya?! Pantesan disebut alat tempur oleh Coach Marita.
Lanjut kita cari tahu manfaat dari Google Analytics, yuk!

Manfaat Google Analytics

Jika dilihat dari penjelasan tentang Google Analytics di atas sih sudah jelas ya, tujuannya adalah untuk memudahkan pemilik situs web dalam memantau statistik pengunjung. Tapi, apa saja manfaat dari statistik pengunjung yang disajikan Google Analytics tersebut untuk para Blogger?

Ini dia manfaatnya untuk para Blogger:
1. Dapat memonitor aktivitas blog secara ringkas.
2. Mengamati pengunjung blog secara real-time (dalam kurun waktu 30 menit).
3. Mengamati karakter dan latarbelakang pengunjung.
4. Mengamati sumber lalu lintas (traffic) pada blog.
5. Mengetahui performa dan kualitas artikel blog.
5. Mengidentifikasi pengunjung berdasarkan perangkat dan teknologi yang digunakan.

Cara Pasang Google Analytics 2021

1. Masuk ke alamat analytics.google.com
Akan muncul tampilan seperti pada gambar, kemudian klik 'Mulai Mengukur'.
Google Analytics

2. Buat akun dengan mengisi nama akun pada kotak. Pilih kotak layanan yang ingin didapat melalui email dari Google. Ini bebas, ya. Sesuaikan kebutuhan.
Create Accounts

3. Tahap kedua yaitu penyiapan properti. Isi nama properti, kemudian pilih zona waktu dan juga mata uang. Selanjutnya, klik Tampilkan Opsi Lanjutan. Ini bagian penting nih, jangan sampai terlewat. Lalu, geser ikon untuk menghidupkan. Selanjutnya masukkan alamat blog pada kotak dan pilih "Buat properti google Analytics 4 sekaligus Universal Analytics". Kemudian pilih "Berikutnya".
Create Property

4. Pilih kategori bisnis, di skip juga ga masalah. Lalu pilih ukuran bisnis dan pilih apa saja yang ingin dilacak melalui google Analytics, centang yang sesuai. Kemudian pilih "Buat".
About business

5. Akan muncul konfirmasi dari google, centang terms of service dan pilih "saya setuju". Selesai deh..
Tampilannya akan seperti ini:
Page Google Analytics

6. Selanjutnya, cek akun dan pastikan muncul dua properti seperti ini:
Akun GA4 dan UA
Kemudian pilih pada properti UA atau yang tidak ada tulisan GA4.

7. Langkah berikutnya, klik ikon setting pada bagian bawah dan klik admin. Maka tampilan akan seperti ini:
Admin GA
Kemudian pilih, Asisten Penyiapan GA4. Akan ada tulisan tidak terhubung pada setup Assistant Properti Google Analytics 4. Maka untuk menghubungkan pilih "Saya ingin terhubung ke properti Google Analytics 4 yang ada" kemudian pilih properti yang ada dan klik mulai. 
Connecting Google Analytics

8. Tahap selanjutnya, pilih "info pelacakan" dengan ikon <> dan pilih "kode pelacakan". 
Akan tampil halaman seperti ini:
ID Google Analytics
Copy ID-Pelacakan, kemudian masuk ke halaman blog, pilih "setelan/setting", tempel/paste kode ID tersebut pada "ID Properti Google Analytics", kemudian simpan.

Berikutnya, masih pada tampilan kode pelacakan. Salin semua kode pada kolom. Kemudian masuk ke halaman blog. Pilih "tema" dan "edit HTML" dan tempel/paste kode di bawah <head> lalu simpan.
Coding

9. Jika semua tahap di atas selesai, pilih menu "home" untuk melihat tampilan. Tentunya data belum ada ya, masih kosong karena google Analytics masih berkenalan dengan blog kita alias mengumpulkan data. Tunggu proses, bisa sehari atau sampai dengan tiga hari, maka pada tampilan home akan menunjukkan statistik.
Home

Begitu teman-teman cara pasang Google Analytics. Tidak rumit kan? Ikuti saja tiap langkahnya, pasti berhasil.

Kalau ceritaku pasang google Analytics, saat coach Marita membahas materi Google Analytics dan tutorial memasangnya, aku sedang menginap di rumah ibu. Aku melakukan pemasangan melalui ponsel. Lebih tepatnya menggunakan dua posnel dengan meminjam ponsel milik ibu. Ku gunakan ponsel ibu untuk praktek dan ponselku untuk menyimak langkah yang dibagikan oleh coach Marita.
Berhasil. Tidak ada masalah apapun yang kutemui.

Lalu saat aku ingin mengambil dokumen untuk membuat tutorial ini,  aku mencoba masuk akun google Analytics menggunakan laptop. Dan ternyata tampilannya seperti awal. Aku bingung dong! Kok seperti membuat baru? Apa emang begini ya? Bukannya sudah berhasil terpasang, ya?

Setelah konsultasi dengan coach Marita, ternyata eh ternyata.. saat pemasangan melalui ponsel ibu, emailnya masih pakai email ibu. Ga masalah sebenarnya berbeda email dengan email blog. Tapi di sini masalahnya aku ga tahu password email ibu! Haha..

Akhirnya aku mulai dari awal lagi sambil menerapkan tiap langkah cara pasang Google Analytics tanpa membuka pedoman. Alhamdulillah, masih ingat. Hehe. Selain itu aku bisa mendokumentasikan tiap langkah untuk memberikan tutorial cara pasang Google Analytics ini. Selalu ada hikmah kan ya? Alhamdulillah..

Kalau kalian gimana, teman? Adakah cerita dari cara pasang Google Analytics pada blog kalian? Ada tantangan dan rintangan ga? Oh iya, untuk cara membaca laporan Google Analytics akan aku bahas di lain artikel ya. Karena materinya belum sampai sana. Hihi

Happy blogging! :D
Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

22 comments

  1. Weh keren uey mantul emak satu ini. Aku mau segera nulis juga hahaha..

    Liat html dah roaming duluan. Mana lagi sama bocah d luar kota 🙈harus pandai cari waktu buat sgra bikin. Baca tulisan mbak sendy keliatan cak cek ya haha..
    A


    Padah prosesnya gak gtu 🤭itu pengalamanku sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat mb, alon alon asal kelakon hehe..

      Delete
  2. Gils, mantabb gilaaa mbak Sendy gercepppp. Aku masih gabisa buka goggle analytics via web kak. Sedih. Liat di HP g puas rasane layare kecil🙈🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih misteri ya kenapa ga bisa? Aku jadi ikut penasaran nih, gils..

      Delete
  3. Noted, lumayan detail. Bunda nyontek aja ah...

    ReplyDelete
  4. Pulau Bali
    Sedang Trend
    Mbak Sendy
    Memang keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakeeeeeep!
      Masak air biar mateng. Abis itu diminum deh. Ahagaha gagal mantun.

      Delete
  5. Wohooo lengkap euy tutorialnya.. Aku aja bolak balik baca catatan. Duh lemotnya otak mamake wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kudu fokus dan konsentrasi ya, mb. Pas banget kalo ngerjain jam Cinderella. Mamaklife haha

      Delete
  6. luengkappp Mom, :D semoga dengan pasang GA makin cuan ya Mom :D wkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin hahah
      Tidak dipungkiri kalo ada tawaran, rejeki berarti ya. Hehe

      Delete
  7. Masya Allah..lengkap dan detail..plus keterangan gambarnya juga bagus...
    Keren mb Sendy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah makasih mb Zulmi. Semangat blogging nya mb..

      Delete
  8. Akhirnya bisa juga ya mba balapan sama anak yang masih tidur wkwkwk

    Informatif banget ini mah 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjuangan ya mb ahahah
      Semoga kita makin pro ya mb!

      Delete
  9. Saya lebih cupu lagi mb, seneng pokoknya jadi cupuers together, apalagi ketemu sama coach yang ketje, Coach Marita yang super duper. Berkat jadi cuu bisa gahu GA ya.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, pak. Apalah aku jika ga belajar di kelas ini, pasti ga akan sejauh dan sedalam ini blogging nya.

      Delete
  10. Masha Allah gara2 salah email justru artikelnya jadi suoer lengkap step2nya. Proud keren mba :') bakalan membantu bgt ini sih buat yg mau pasang GA!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saking excited nya jadi lupa setting email. Alhamdulillah malah bisa kasih tutorial lengkap ya mb..

      Delete
  11. Super lengkap dan detail mbak, daebak. Jadi makin semangat aku yg cupu ini buat ngulik all about blog nih

    ReplyDelete

Post a Comment