Header

Tingkatkan Performa Blog Dengan Google Search Console

11 comments
google search console
Hai, teman! Gimana kabar kinerja blogmu hari ini? Apakah meningkat? Atau menurun? Atau jangan-jangan kalian belum tahu cara mengetahuinya? Nah, ini dia yang perlu kalian tahu, teman. Setelah kemarin membahas tentang Google Analytics, kali ini kita lanjutkan ke pembahasan partner kerjanya nih, yaitu Google Search Console.

Jika tujuan dari Google Analytics adalah untuk membantu menunjukkan statis pengunjung blog, maka tujuan utama dari Google Search Console adalah untuk memudahkan blogger memonitor kinerja blog. Mantaaaaaab!! Para Blogger wajib pasang kedua alat tempur ini nih, gaes, untuk meningkatkan performa blog.

Saatnya kita ulik satu persatu tentang Google Search Console.
Apa sih sebenarnya Google Search Console itu? Apa saja manfaatnya untuk Blogger? Nah, kalo sudah tahu fungsinya, pasti kita ingin tahu cara memasangnya kan?
Baik, tak kenal maka tak sayang. So, kita mulai kenalan yuk, gaes!

Berkenalan dengan Google Search Console

Apa sih Google Search Concole itu?

Menurut Blogspedia, Google Search Console atau yang dulu disebut sebagai Google Webmaster Tool merupakan salah satu fasilitas dari Google untuk membantu dan memudahkan para blogger memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google.

Fungsi Google Search Console

Ada 4 fungsi utama Google Search Console, yaitu:
1. Melihat kinerja blog dari sisi SEO
2. Melihat cakupan halaman yang terindex di Google
3. Melihat hal-hal yang perlu disempurnakan dari blog
4. Inspeksi URL

Nah, setelah mengenal Google Search Console berserta fungsi utamanya, saatnya simak cara-cara berikut agar performa blog terus meningkat, teman..

Cara Tingkatkan Performa Blog dengan Bantuan Google Console

1. Carilah topik yang sedang trending di pencarian Google melalui Search Console Insight.
2. Temukan Keyword popular melalui Search Console Insight, kemudian kembangkan.
3. Tentukan target pembaca, siapa dan dimana?
4. Setelah artikel terposting, lakukan Inspect URL.
5. Cek berkala laporan halaman mana saja yang error dan tidak terindeks oleh Google.
6. Periksa Broken Link dan segera benahi.
7. Aktifkan robot.txt agar blog kita tampil di halaman pencarian Google.

Tentu kalian akan akan lebih mudah mempraktekkan cara-cara di atas jika kalian sudah mengekplorasi fitur-fitur yang disediakan Google Search Console, teman. Untuk itu, pasang dulu Google Search Console pada blog kalian! Gimana caranya?? Tenang, akan ku jelaskan cara memasang Google Search Console dengan detail. Simak dengan seksama, ya teman..

Cara Memasang Google Search Console

1. Jangan lupa ucapkan Bismillahirohmanirrohiim, agar semua proses lancar.

2. Masuk ke halaman Blog. Buka dashbord blog, pilih setting/setelan – cari Crawler dan pengindeksan – lalu klik Google Search Console.
Maka langsung terhubung ke halaman Google Search Console seperti ini:
halaman awal GSC
Untuk memulai, kita harus memilih tipe property. Sebagai pengguna Blogspot, pilihlah URL Prefix. Kemudian isi alamat blog kalian dan klik continue dan akan muncul pemberitahuan, lanjutkan dengan klik go to property.

3. Setelah berhasil masuk ke tampilan utama Google Serach Console, langkah selanjutnya adalah verifikasi akun. Caranya dengan memilih setelan/setting - verifikasi kepemilikan/ ownership verification. Akan ada 5 cara verifikasi yang bisa kita pilih, namun untuk pengguna blogspot, cukup pilih cara HTML Tag dan Google Analytics.
google serach console
Jika kalian sudah mengaktifkan Google Analytics dengan akun gmail yang sama dengan akun Google Search Console, maka secara otomatis akun kita telah terverifikasi seperti gambar, dan langsung saja klik verifikasi.
gsc
Kemudian cara verifikasi menggunakan HTML Tag, buka keterangan di bawah HTML Tag, kemudian salin kodenya dan tempel ke bagian bawah <head> di edit html pada tema blog.
copy paste code

4. Langkah selanjutnya yaitu menyambungkan antara akun Google Analytics dan Google Search Console. Caranya dengan klik pengaitan – pilih kaitkan – pilih property UA dan klik terus.
google search console
Setelah itu masuk ke akun Google Analytics, lalu klik admin dibagian bawah – pilih property UA – pilih setelan peroperti – pilih search Google Console.
GSC
Selanjutnya kita akan diarahkan ke setelan Google Search Console, pilih tambahkan. Pilih situs yang tersedia, klik simpan
GSC

Selesaaaai.. Yeay! Selamat Google Search Console sudah terpasang di blog kalian. Kini Google Analytics dan Google Search Console sudah saling terhubung, kita bisa mengecek laporannya lewat akun Google Analytics saja, teman. Praktis kan??

Nah, itu dia serangkaian cara untuk meningkatkan performa blog beserta tutorial cara memasang Google Search Console, teman. Jangan khawatir jika tampilan masih kosong, karena Google Search Console memerlukan waktu untuk berkenalan dan menelusuri blog kita. Dikarenakan aku juga baru saja memasang Google Search Analytic pada blogku sebelum menulis artikel ini, jadi aku belum bisa menunjukkan contoh tampilan data yang disajikan. Hehe..

Alhamdulillah, tidak ada halangan dan rintangan dalam proses pemasangan Google Search Console ku, teman. Semoga kalian juga ya, sekali proses aja biar ga bingung bin mumet gitu jika terjadi kesalahan. Kuncinya hanya 3, yaitu fokus dan konsentrasi, tidak bisa disambi yang lain ya teman. Fokus pada layer ponsel atau laptop saja. Kemudian simak dengan teliti setiap step dan penjelasnnya. Jangan lupa dicek ulang sebelum memulai ke langkah selanjutnya, teman. Agar tidak terjadi kesalahan. Dan yang terakhir adalah sabar. Jangan terburu-buru, calm down aja agar hasilnya maksimal. Dan sabar juga ya dalam menunggu hasil data keluar. Seperti pada pemasangan Google Analytics, kita harus sabar menunggu.

Semoga setelah pemasangan Google Search Console ini, kita semakin semangat terus blogging agar semakin pro, ya. Dan semoga performa blog kita semakin mengingkat terus dan terus. Tetap semangat dan konsisten! Selamat mencoba, teman! :D

Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

11 comments

  1. lengkap nih Mom, :D emang bener yak GA dan GSC itu tak terpisahkan, kek soulmate :D hhe

    ReplyDelete
  2. Aku pakai properti domain nih pas daftar, jadi gak ada verifikasi di html.. Besok kalau mau bikin properti lg bisa tengkok sini deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bisa saling sharing kita nih mb caranya :D

      Delete
  3. Mbak, artikelnya lengkap bgt. SS step by stepnya juga ada :) keren mbak...

    ReplyDelete
  4. Ku suka bacanya, supeerrr supeerrr lengkap dah. Kalo mba Sendy bikin tutorial, yo wes sampe akar-akar juga dibahas, detaill bgt. Great!

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah terimakasih mb.. tulisan mb juga keren-keren :D

      Delete
  5. Aih, lengkapnyaaa, step pake gambar, Mbak. Seneng aku baca di siiniii., lengkap dan detail, yang penting nggak jelimet kayak aku pas nulis, mweheheh. Keren dah Mbak

    ReplyDelete
  6. Aamiin, lengkap mba sendy tutor nya
    Jdi gampang ngikutinnya

    ReplyDelete
  7. Enak ada ganbarnya jadi bisa membayangkan pas praktik.orang visual nih macam nih susahnya. Kalo gak ada gambarnya seringnga lewat alias lupa

    ReplyDelete

Post a Comment