Header

Cara Beda Belajar Angka melalui Game Online untuk Toddler

29 comments
Game online
Mengenalkan konsep angka pada anak bisa dilakukan dengan banyak cara. Nah, kali ini aku mencoba sesuatu yang baru nih, yaitu mengajak anak belajar angka melalui game online. Mengapa memutuskan mengajak anak belajar angka melalui game online? Karena aku menemukan game online yang menyediakan permainan yang cocok untuk kebutuhan anakku di Plays.org.

Kebetulan bulan ini anakku berusia 3 tahun dan dia sedang senang sekali belajar angka. Jadi aku mencoba memberikan dia stimulasi yang berbeda dari biasanya, sesuatu yang baru juga untuk menambah pengalamannya melalui kecanggihan teknologi selain belajar menggunakan metode STEAM.

Anakku termasuk tipe audiovisual. Dia suka sekali belajar melalui video dengan gambar yang eye cathing dan suara yang menarik. Hasil observasiku, dia pertama kali mengenal bilangan yaitu bilangan 2 melalui video yang ditontonnya. Setelah kuberikan stimulasi tentang bilangan 1-10, dia berhasil menghafal dan menyebutkannya dengan urut dalam waktu yang singkat.

Anakku memang sudah paham bilangan dan konsep jumlah tetapi dia belum begitu menguasai simbol angkanya. Hanya beberapa simbol angka saja yang baru dia kuasai. Nah, dari alasan-alasan di atas lah akhirnya aku mencoba mengajaknya belajar angka melalui game online di Plays.org.

Aku menemukan 4 permainan yang tepat untuk menstimulasi anak belajar angka, baik untuk belajar konsep jumlah atau belajar simbol angkanya. Yuk, simak 4 rekomendasi game online favorit anakku belajar angka..

4 Rekomendasi Cara Belajar Angka melalui Game Online di Plays.org

1. Find the Number

find the number
Game
ini merupakan permainan paling sederhana untuk melatih anak belajar angka. Pemain harus mencari angka yang telah ditentukan di tiap levelnya. Pemain cukup mencari angka yang sama sebanyak yang disediakan dengan cara klik angkanya, angka yang dipilih tersebut akan otomatis dilingkari. Nah, disini pemain harus benar-benar teliti saat klik angka, karena angka yang sudah dipilih tidak bisa diubah atau dibatalkan.

Terdapat 20 level dalam permainan ini dimana angka yang diminta adalah acak dari angka 1-10. Permianan ini juga memiliki 2 model, model menggunakan timer atau tidak. Untuk pemula seperti anakku sebaiknya pilih model yang tanpa timer ya. Agar anak tidak tergesa-gesa saat mencari angka yang ditentukan.

Kesulitan pada game ini, anak harus benar-benar teliti mencari angka yang diminta. Karena angkanya acak dengan warna yang berbeda. Tetapi manfaat yang diperoleh selain belajar angka yaitu, anak belajar teliti dan sabar, meningkatkan rentan fokus dan konsentrasi saat mencari angka yang diminta, anak belajar arah (atas, bawah, kanan, kiri) saat kita membantunya memberi arahan pada target angka tentunya dengan cara komunikasi produktif, melatih koordinasi mata dan jari saat mengarahkan cursor laptop.

2. Food Count

food count
Game
kedua untuk belajar angka dan berhitung. Game sederhana ini bertema makanan, ada telur goreng, burger, kentang goreng, pizza, keju, donat dan macam-macam jenis makanan dan kue lainnya. Pemain akan diberi salah satu gambar makanan kemudian pemain harus menghitung berapa banyak gambar makanan tersebut yang muncul di kotak yang menyerupai note besar pada layar.

Gambar makanan yang harus dihitung tersebar dan saling menutupi sehingga pemain harus teliti saat menghitungnya. Gambar makanan yang tertutup bisa digeser, sehingga anak bisa melihat dan menghitung gambar dengan seksama. Dengan tema gambar makanan yang cukup familiar ini, anak tidak menemukan kesulitan yang berarti. Jumlah makanan yang dihitung juga tidak banyak, yaitu antara 0-5 gambar saja tiap levelnya.

Menurutku permainan ini sangat cocok untuk anak yang belajar angka tahap awal, yaitu fokus berkenalan dengan angka 0-5 terlebih dahulu. Permainan ini sangat menyenangkan dan memberikan manfaat lainnya, seperti mengenal macam-macam makanan, anak belajar teliti dan sabar, meningkatkan rentan fokus dan konsentrasi saat mencari gambar makanan, melatih koordinasi mata dan jari saat mengarahkan cursor laptop.

Jika dalam kegiatan nyata, permainan ini mengingatkan pada keseruan aktifitas Cooking Class saat membuat bolu kukus. Dalam kegiatan tersebut, anak juga belajar matematika dan belajar bahan-bahan pembuat kue.

3. How Many

how many
Game
ketiga yang menjadi favorit anakku ini memiliki tampilan yang sangat menarik, penuh warna, tetapi tidak tersedia musik atau suara dalam permainan ini. Permainan ini sama seperti worksheet yang biasa digunakan untuk latihan berhitung untuk anak. Pada papan permainan terdapat 2 kolom, yaitu kolom kiri untuk gambar dan kolom kanan untuk angka.

Pemain harus mengitung terlebih dahulu jumlah gambar yang ada di kolom kiri, kemudian memilih angka sesuai dengan jumlah gambar pada kolom kanan. Gambar yang ada di kolom kiri bermacam-macam, ada bunga, buah, tumbuhan, hewan, pensil, dll. Total jumlah pada gambar maksimal sampai 12. Terdapat 16 level pada permianan ini, dimana tiap level memiliki 4 pertanyaan atau gambar yang harus dihitung.

Manfaat lain yang diperoleh anak selain belajar angka dan berhitung yaitu menambah pengetahuan anak tentang gambar, baik itu nama hewan, buah atau benda yang terdpaat pada gambar. Selain itu juga permainan ini dapat meningkatkan rentan fokus dan konsentrasi saat menghitung gambar, melatih koordinasi mata dan jari saat mengarahkan cursor laptop.

4. Smurfs Counting Game

smurfs
Masih sama dengan 2 game di atas, permainan Smurfs Counting Game juga tentang menghitung dan berkenalan dengan angka. Tetapi permainan kali ini bertema karakter Smurfs dan memiliki suara dan music yang mendukung.

Cara bermainnya juga sama sederhannya dengan 2 game sebelumnya. Pemain menghitung jumlah Smurfs yang muncul pada layar. Kemudian pilih angka yang sesuai dengan jumlah Smurfs. Jumlah angka yang muncul berurutan, mulai dari 1-3 kemudian bertambah ditiap levelnya dan maksimal sampai angka 10.

Menariknya game ini adalah anak harus mencari Smurfs yang bersembunyi di balik semak atau pohon. Sehingga anak merasa seperti sedang bermian petak umpet. Selain itu, ketika anak menghitung menggunakan cursor ke arah karakter, Smurfs akan melambaikan tangan dan akan muncul suara bilangan dalam bahasa Inggris.

Tiap jumlah angka yang dipilih pun akan menghasilkan suara dalam bahasa Inggris. Maka secara tidak langsung anak akan belajar pelafalan angka dalam bahasa Inggris melalui game ini. Musik yang menarik menemani anak selama game berlangsung membuat permainan semakin seru dan bersemangat.

Nah, itu dia keempat cara belajar angka melalui game online yang aku rekomendasikan. Untuk anakku yang tipe audiovisual, setelah bermain sekali putaran pada keempat game tersebut, dia sudah menunjukkan kemajuan. Mungkin karena anakku sedang berada di fase sensitif pada angka dan tipe visual.

Tapi yang penting dari semuanya adalah tetap perhatikan jarak layar dengan anak, aku prefer menggunakan laptop agar tetap menjaga jarak layar dengan anak. Kemudian atur pencahayaan layar serendah mungin, pastikan anak tetap bisa melihat dengan jelas dan merasa nyaman. Yang terakhir tetap perhatikan batasan waktu screen time anak ya, tetap terapkan management gadget. Jangan sampai kebablasan karena saking asyiknya belajar angka melalui game online! Hehe.

Selamat mencoba, selamat belajar bersama.
Semoga bermanfaat :)
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

29 comments

  1. Pengawasan orang tua sangat penting ketika anak bermain dan belajar menggunakan gadget. Seperti kata Mbak Sendy, jangan sampai kebablasan saking asyiknya

    ReplyDelete
  2. belajar dengan game gini sangat penting untuk anak karena bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak tapi tetap harus didampingi orang tua supaya tidak menjadi kecanduan

    ReplyDelete
  3. wah keren nih ternyata game di Plays.org.bisa untuk belajar angka juga ya?

    mau saya bukain u,ntuk keponakan2ku ah

    kadang2 saya juga buka Plays.org untuk refreshing

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau soal situs games yang satu ini dan belum ngulik semua games nya. Tipe tipe games jadul gitu ya tapi seru. Aku sih suka games yang seperti ini dibanding games jaman sekarang , hehe. Apalagi bisa nambah bounding sama anak ya dan media belajar untuk mereka juga

    ReplyDelete
  5. seneng ya mbak, sekarang banyak platform yang bisa diakses para orang tua untuk ajak anaknya belajar menyenangkan, bye-bye belajar sambil ngamuk2 deh haaha

    ReplyDelete
  6. Pas banget lagi nyari game edukasi gini. Mau nyoba ke anak biar belajarnya lebih asyik

    ReplyDelete
  7. yeay kok seru sih, wah mau juga ah cobain buat anakku, hehe.. sambil menyelam minum air ya, belajar yang fun nih buat si kecil paasti betah deh hehe

    ReplyDelete
  8. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kita lebih mudah mengajarkan anak...
    Tapi, ya itu tadi,,sepakat mba, prefer dan pengawasan tetap harus dilakukan

    ReplyDelete
  9. aku sepakat nih, kadang kita jug aperu bijak menykapi bahwa main game rupanya tak selalu negatif karena nyatanya ada e sport kan yang di akui nah aku juga suka main nih di plays org sebab g pakai instal wah trnyata ada edukasi gini jadi asyik ya bisa jadi media belajar anak

    ReplyDelete
  10. Game di plays.org ini lengkap ya mba, suka deh kalau anak bisa bermain sekaligus belajar angka seperti ini. Yang terpenting, ingat batasan waktu kalau aku sih

    ReplyDelete
  11. Game yang mengasah otak nih. Bagus juga buat anak-anak. Jadi bisa belajar sambil bermain ya.

    ReplyDelete
  12. di website ini banyak banget pilihan gamenya ya, mbak. Aman banget untuk anak-anak. Banyak juga pilihan gamenya untuk bermain dan belajar sekaligus.

    ReplyDelete
  13. Bagus nih kalau main game ada edukasinya juga, jadi bukan sekedar hiburan tapi juga belajar ya kak

    ReplyDelete
  14. Pilihan game di Plays emang banyak banget. Aku juga kalau lagi puyeng bikin kegiatan buat anak, sodorin game2 di Plays aja deh, hehe. Yang penting tetap dalam pengawasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw wawa wawa asala ananda ndak ketagihan buat minta lagi minta lagi ya mbak, biar sekaligus media belajar kasih ya topic edukatif jadi kitanya tenang juga ana belajar enaknya plays ini ndak pakai dwonload sehingga ndak menuhi memori

      Delete
  15. Wuih boleh banget nih. Keknya seru dan mudah ya. Moga2 anak saya bisa.

    ReplyDelete
  16. Wuaaaa ada manfaat lain untuk anak-anak rupanya ya Mom, asik banget euy kalo diaplikasikan, kek ga terasa kalau lagi belajar gitu yak :D

    ReplyDelete
  17. Wah seru nih... Belajar sambil main game, atau main game sekaligus belajar. Zaman sekarang memang serba seru ya...

    ReplyDelete
  18. Aplikasi yang bagus, tapi mudah-mudahan tidak membebani mata anak.
    Usia 2 sampai 5 tahun maksimal berinteraksi dengan gadget hanya 1 jam per hari.
    Bahkan ada pakar parenting yang menyatakan jauhkan dari gadget. Ini masa golden age mereka.

    ReplyDelete
  19. Boleh gak sih aku main yang smurfnya? Aku suka banget sama karakternya.

    Tapi bagus nih game buat belajar menghitung. Seruu pastinya buat anak2

    ReplyDelete
  20. Gamenya edukatif ya mba..
    Sekarang udah banyak ternyata game edukatif,, em... Alhamdulillah

    ReplyDelete
  21. Seru ya, ketika berhasil memadukan hiburan sebagai bahan pengajaran. Jadi merasa bahwa ga selamanya gadget iti buruk. Tergantung dipakai buat apa dan bagaimana.

    ReplyDelete
  22. Serunya... Banyak media pembelajaran yang menarik ya.. Jadi anak nggak bosan dan belajar dengan bahagia.

    ReplyDelete
  23. Waaah terimakasih sekali mbaa... Jadi ku catat untuk referensi game edukatif untuk anak2ku.. hehehehe

    ReplyDelete
  24. lucu2 ya gamenya, anak2 pasti suka ya tanpa sadar ternyata lagi belajar matematika dasar

    ReplyDelete
  25. Sesekali boleh nih main game sekalian belajar..
    Tapi tetap harus dalam pengawasan orang tua ya mba :)

    ReplyDelete
  26. Main gamenya sambil belajar, jadi ananda gak sadar kalau ilmunya makin bertambah.
    Anak senang, mamapun senang

    ReplyDelete
  27. Belajar dengan cara yang menyenangkan ya mbak kalo begini, anak anak pasti happy 😍

    ReplyDelete
  28. plays.org ini emang banyak banget permainannya ya mba, nyobain yang ini ah makasih rekomennya mba

    ReplyDelete

Post a Comment