Header

Hari Blogger Nasional: 5 Kegiatan yang Kukerjakan sebagai Blogger

4 comments
hari blogger nasional
Tanggal 27 Oktober lalu diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Aku sebagai pemula yang terjun di dunia blog sejujurnya masih merasa belum percaya diri menyebut diriku sebagai blogger. Selain karena baru hitungan bulan aku terjun ke dunia blog, dalam hal menulis pun aku masih belajar, dan terlebih karena jumlah artikelku yang masih bisa dihitung jari. Jadi aku masih merasa sangat cupu.

Namun saat aku membaca banyaknya flyer memperingati Hari Blogger Nasional yang bertebaran di media sosialku, diriku merasa terpanggil. Semangatku terpantik. Aku sadar bahwa bagaimanpun sejak aku membuat blog dan belajar blogging, saat itulah aku sudah menjadi blogger.

Nah, sebagai bentuk partisipasi dalam memperingati Hari Blogger Nasional, ada 5 kegiatan yang aku kerjakan sebagai blogger pemula. 2 diantaranya adalah yang kali pertama aku kerjakan selama menjadi blogger.

Tapi sebelum membahas 5 kegiatan tersebut, aku mau mengulas sedikit nih tentang sejarah ditetapkannya Hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober. Simak, yuk!

Sejarah Hari Blogger Nasional

Sejarah hari blogger nasional
Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger. Kala itu Pesta Blogger sebagai wadah pertemuan akbar para blogger se-Indonesia. Setelah 4 tahun berlalu, Pesta Blogger kini berubah menjadi event On Off Indonesia (OnOffID).

Sejak berganti nama pada tahun 2011 lalu, pesta blogger mulai fokus pada pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Selain untuk memperluas jaringan pertemanan, blog juga bisa menjadi sumber penghasilan, dan lainnya. Tidak hanya sekedar menajdi tempat curahan hati, tapi juga bisa menjadi tempat untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata.

Dan ini adalah kali pertama aku memperingati Hari Blogger Nasional, meski belum jadi blogger pro dan masih sangat cupu, aku tetap termasuk blogger kan ya? Hehe.

5 Kegiatan Mengisi Hari Blogger Nasional

5 kegiatan hari blogger

1. Posting Artikel

Kalau yang satu ini, pasti semua blogger mengerjakannya ya. Apalagi tepat di Hari Blogger Nasional, pasti banyak tema artikel tentang memperingati Hari Blogger Nasioanal. Akupun, meski telat. Hehe. But, it’s okay to be late than never kan??

Aku memposting artikel baru keesokan harinya, yaitu tanggal 28 Oktober. Ingin rasanya ikut merayakan tapi aku belum menemukan ide untuk menulis sesuatu tentang Hari Blogger Nasional. Sebenarnya sudah ada list content plan yang aku buat, hanya saja tidak sreg untuk memostingnya. Aku merasa feel temanya kurang pas. Akhirnya, aku melewatkan momentum itu dengan tidak memposting apapun.

Tapi pada malam harinya, setelah membaca banyak artikel dari teman-teman sesama blogger, semangatku jadi terpantik. Aku langsung beraksi, memikirkan ide yang muncul dan mengeksekusinya. Karena masih belajar, aku butuh waktu cukup lama dalam menulis artikel, apalagi harus mendesain gambar. Jadi artikelku baru publish keesokan harinya. Harap dimaklumi ya teman-teman. Hehe.

2. Memperkenalkan Diri sebagai Blogger saat Sesi Perkenalan Komunitas

Meski tidak memposting artikel di tanggal 27 Oktober lalu, tetapi akhirnya aku memberanikan diri mengaku sebagai blogger saat agenda perkenalan di salah satu komunitas besar yang aku ikuti.

Aku bercerita banyak tentang perjalananku menjadi blogger, mulai dari alasan ngeblog hingga berbagi salah satu tautan blog karena teman-teman banyak yang penasaran. Di kesempatan itu juga aku berbagi sedikit tips untuk menulis di blog. Bukannya sok iye, hanya membagikan ulang apa yang sudah aku dapat saat belajar ngeblog dari Coach kerenku yang mengaku sebagai Momblogger Cupu. Padahal skill dan ilmu bloggingnya W-O-W!

Ini kali pertamanya aku berani memperkenalkan diri sebagai blogger, sebeblumnya masih kurang percaya diri. Karena minder dengan tulisan yang masih belajaran dan artikel yang belum banyak. Tapi, dari momen ini aku mulai semangat dan bergairah lagi untuk mengerjakat target bulanan yang sudah ku buat, yaitu minimal posting 4 artikel tiap bulannya. Tapi kalo bisa ya lebih dong ya..

Semoga aku tetap konsisten blogging ya, teman-teman!

3. Ikut Challange Menulis

Nah, ini nih kegiatan yang lumayan banyak sliweran untuk memperingati Hari Blogger Nasional. Salah satunya challenge yang diadakan oleh Blogspedia. Kegiatan ketiga ini, sebelumnya aku pernah mengikuti challenge menulis untuk pertama kalinya selama sebulan penuh.

Kali ini aku coba ikut challenge menulis artikel dengan tema yang sudah ditentukan oleh Blogspedia. Hadiah-hadiahnya menggiurkan, lho. Salah satunya golden ticket untuk join kelas Blogspedia batch 3. Ini pasti yang diincar oleh para blogger pemula kayak aku. Hehe.

4. BlogWalking

Kegiatan keempat yang aku kerjakan untuk memperingati Hari Blogger Nasional adalah melakukan blogwalking. Untuk yang baru pertama kalinya mengetahui blogwalking, ini adalah kegiatan mengunungi halaman blog teman-teman blogger lainnya. Silaturahim gitu, hehe.

Manfaat blogwalking banyak lho, teman! Kita bisa belanja ide dari tulisan blogger lainnya, bisa memperluas jaringan pertemanan dengan para blogger, bisa mendapat inspirasi dari gambar atau tampilan blog para blogger lainnya. Seru deh!

Dari blogwalking kita juga bisa meninggalkan jejak. Dengan memberi komentar pada suatu blog, maka artinya kita sedang mengenalkan diri kita. Oleh kareba itu, sering-seringlah melakukan blogwalking dan jangan lupa tinggalkan jejak, ya!

5. Apply Job as Blogger

Nah, ini nih kesukaan para blogger. Menulis dan earning money. Siapa sih yang tidak senang kalau hobinya bisa menghasilkan uang, ya ga??

Kalau aku pribadi baru sekali menulis artikel dan mendapatkan fee. Wah, seneng bangeeett!! Sekarang berkat sharing teman-teman blogger aku bisa apply job juga, lho. Kali pertama aku mencoba melamar, biasanya sih dipinang. Asek, dah kayak mau nikah aja!

Melalui sebuah platform yang informasinya dan cara aksesnnya dengan mudah aku dapatkan karena bantuan dari teman-teman blogger, sejauh ini aku berhasil apply 2 job. Salah satunya mengulas sebuah website game online melalui artikel blog.

Sejalan dengan concern On Off Indonesia (OnOffID) tentang pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat, salah satunya earning money. Aku merasa ikut berpartisipasi dalam mengisi kegiatan produktif di Hari Blogger Nasional.

Tetapi yang paling penting dari semuanya adalah, konsitensi yang harus tetap dijaga. Penghasilan mah, bonus. Bukan kah rejeki tidak kemana?
Jadi, PR ku sekarang adalah berusaha konsisten untuk mencapai target yang sudah aku buat. Agar artikelku bertambah banyak, maka semakin banyak pula aku berbagi melalui blog. agar tulisanku semakin baik dan bisa menjadi blogger pro. Aamiin

Nah, itulah tadi 5 kegiatan yang aku lakukan dalam mengisi Hari Blogger Nasional. Kalau kalian bagaimana, teman? Sharing yuk, di kolom komentar :D
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

4 comments

  1. Mom, kadang tuh aku masih malu disebut bloger kalau ketemu sama komunitas2, kayaknya masih jauuuuuhhhhhhh banget disebut gitu, kupikir aku doang, ternyata Mom Sendy juga, padahal Mom Sendy udah jago, lah aku apa dong :' heuhue.. Meski gitu aku seneng banget bisa satu komunitas sama Mom Sendy, bisa bw ke banyak akun blog yang informatif dan share pengalaman. Jadi termotivasi, apalagi liat poin paling bawah Mom Sendy yang berbau cuan hihi jadi ingin ikutan :D

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sendiri inget banget kata coach, ingin dikenal sbg blogger apa? kalau aku masih cenderung pingin jd blogger yg unik sih. Meski dunia blogger sudah bercuan banget, tapi tetap meneguhkan big why ngeblog, kaya menyajikan artikel yang bermanfaat, sesuai niche, dan sbg healing diri sendiri. Cuan adalah bonus untuk skg ini sembari ngilmu tentang blog yg terus jalan.

    Di hari blogger jadi punya kesempatan buat build personal branding juga. Inget, blogger adalah mereka yg punya blog dan yang selalu update blog. Jadi kita memanglah seorang blogger ;) wkwkwkwk

    semangat dan selamat hari blogger Mom :)

    ReplyDelete
  3. Aku ngapain itu di tanggal 27 hahaha lupa aku, mungkin aku sedang rehat dari dunia menulis pasca ikutan kelas menulis tida henti.

    Wkwkwk

    Maaf ya mbak, ga memotivasi, karena aku sedang mengistrirahatkan pikiran haha

    ReplyDelete
  4. Mbakkkkm betul banget.. yang terpenting dr mengisi hari blogger adalah konsitensi untuk terus berkarya ya mbak.

    Wah akupun pas tanggal itu ikut bkogwalking hehehhe

    ReplyDelete

Post a Comment