Header

Review Buku Enlightening Parenting, Membantu Orangtua dalam Pengasuhan

19 comments
review buku enlightening parenting
Halo, teman!
Ada yang sudah membaca buku Enlightening Parenting: 6 Tahun Pertama Periode Penting?
Kalau belum, pada kesempatan kali ini aku akan mengulas buku Enlightening Parenting nih.

Sebelumnya, aku mau memberi tahu bahwa buku ini adalah buku kedua dari rangkaian Enlightening Parenting yang ditulis oleh Okina Fitriani, dkk. Buku ini berisikan edisi khusus parenting untuk 6 tahun pertama periode penting perkembangan anak. Karena pada 6 tahun pertama adalah pondasi dari keseluruhan perkembangan anak baik fisik maupun psikologis. 

Buku ini juga menghadirkan kisah-kisah inspiratif yang ditulis dari pengalaman nyata dan konkrit dari para orangtua khusunya ibu, dalam mengaplikasikan konsep dan teknik Enlightening Parenting saat menghadapi situasi riil dengan anak.

Yuk, kita langsung saja!

Tentang Buku Enlightening Parenting: 6 Tahun Pertama Periode Penting

Identitas Buku

Judul Buku            Enlightening Parenting, 6 Tahun Pertama Periode Penting
Penulis                  : Okina Fitriani, dkk
Jumlah Halaman   : 261 Halaman
Tahun terbit           : 2021
Penerbit                 : Serambi Ilmu Semesta
ISBN                     : 978-602-290-110-5
Harga                    : Rp 105.000


cover buku enlightening parenting

Tentang Penulis

Okani Fitriani adalah seorang psikolog lulusan Universitas Gadjah Mada yang mendalami bidang Neuro-Linguistic Programming (NLP) dan Brain Development. Beliau juga master dalam bidang Human Resources, lulusan Universiti Kebangsaan Malaysia.

Beliau memiliki banyak pengalaman memberi training SDM di perusahaan-perusahaan dan menyadari bahwa salah satu faktor permasalahan SDM dapat bermula dari pengasuhan mereka ketika kecil. Sehingga terbitlah rangkaian buku Enlightening Parenting yang digagas oleh para peserta training.

Review Buku Enlightening Parenting: 6 Tahun Pertama Periode Penting

Isi Buku

daftra isi buku enlightening parenting
Sesuai dengan daftar isi, 2 bab awal dalam buku ini membahas tentang periode 6 tahun pertama kehidupan yang dibagi menjadi: Konsep Enlightening Parenting pada perkembangan masa golden age dan pedoman serta hal-hal penting yang perlu diperhatikan orangtua saat anak berada pada masa golden age. Pembahasan selanjtunya merupakan kisah-kisah inspiratif dari pengaplikasian Enlightening Parenting berdasarkan kisah nyata. 

Poin pembahasan di bab pertama dibagi menjadi enam, yaitu; tentang prinsip pengasuhan yang sudah aku resume pada artikel Golden Age: Prinsip Enlightening Parenting Pada Periode Penting. Kemudian pembahasan tentang kesalahan pengasuhan yang menghancurkan potensi baik hingga cara memuji dan menegur secara efektif. 

Selanjutnya, pada bab kedua tentang proses yang mengejutkan pada periode penting berisikan tentang pedoman, panduan, dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh orangtua, salah satunya seperti mencegah dan mengatasi tantrum yang juga sudah ku resume pada artikel cara menaklukkan tantrum.

Sesuai dengan yang tertulis pada bagian blurb, buku ini hadir untuk berbagi pengalaman tentang cara melakukan pendampingan dan pengaplikasian poin-poin dibahas di atas. Solusi serta strategi pemecahan masalahnya disajikan dalam praktis berdasarkan teori yang sudah terbukti dan teruji untuk mengatasi permasalahan anak pada periode penting. 

Ada 5 hal penting yang harus dipahami orangtua dalam menghadapi berbagai masalah yang muncul dalam pengasuhan anak, 5 hal ini disebut dengan 5 pilar keberhasilan pengasuhan. Apa saja kah itu? 

Kekuatan 5 Pilar Keberhasilan Pengasuhan

5 pilar pengasuhan
1. Selesaikan Emosi

Alasan mengapa segala tindakan dan keputusan yang dibuat saat emosional adalah tindakan dan keputusan yang akan disesali. Karena emosi dan logika bak timbangan neraca, ketika emosi naik, maka logika turun. Begitu pun sebaliknya, ketika logikan berhasil lebih tinggi dari emosi, maka otak bisa berpikir dengan jernih sehingga tindakan dan keputusan yang dibuat sudah matang.

Oleh sebab itu, kemampuan mengelola emosi baik kemampuan diri sendiri, pasangan dan anak adalah kemampuan yang krusial dalam pengasuhan. Tentunya ini adalah hal yang tidak mudah, butuh proses dan waktu untuk mengasahnya. Karena efek yang diterima akan terlihat hingga anak dewasa kelak.

2. Fokus pada Tujuan

Setiap keluarga harus memiliki visi dan misi, harus memiliki tujuan yang jelas. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan pengasuhan agar mencapai tujuan tersebut harus dimiliki ayah dan ibu. Sehingga dalam menyelesaikan masalah dalam pengasuhan, juga harus sesuai tujuan dalam setiap tindakan dan perkataannya.

3. Membangun Kedekatan

Kelekatan adalah hal penting dalam membangun hubungan dengan anak. Melalui kedekatan akan menciptakan kelekatan yang kuat dan sehat yang akan meningkatkan kepercayaan anak kepada orangtua. Dengan kepercayaan inilah anak tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baik.

“Modal utama intervensi pengasuhan pada periode penting ini adalah kelekatan dan pendampingan intensif sesuai tahapan perkembangan dengan cara yang benar. (Okani Fitriani)”

4. Ketajaman Indera

Pada masa golden age, yaitu anak usia dibawah 6 tahun sering kali belum bisa mengkomunikasikan maksud secara lisan dengan jelas dan benar, sehingga ketajaman indera orangtua untuk menangkap komunikasi verbal maupun nonverbal anak (berupa sinyal tubuh) sangat diperlukan.

5. Fleksibel dalam Tindakan

Menurut KBBI, fleksibel memiliki arti luwes, mudah dan cepat menyesuaikan. Arti singkatnya, jika satu cara tidak berhasil maka harus mengubah dan mengganti dengan cara lain. Fleksibel disini artinya mengubah cara, bukan mengubah tujuannya. Tujuan boleh diubah jika tujuannya salah, namun jika tujuan sudah benar, yang diubah adalah cara mencapainya.

Pendapat Personal sebagai Pembaca tentang Buku Enlightening Parenting 

Menurutku sebagai pembaca yang berstatus orangtua baru, membaca buku Enlightening Parenting ini benar-benar mencerahkan. Karena setelah memahami pentingnya masa golden age atau 6 tahun pertama kehidupan anak dengan mengenal konsep dasar Enlightening Parenting, aku jadi banyak intropeksi diri.

Aku bisa mengoreksi kesalahan-kesalahan dalam pengaushan selama ini dan menemukan solusinya. Baik masalah yang sedang ku hadapai atau masalah yang mungkin nanti akan ku hadapi selanjutnya. Sehingga aku bisa memberikan pengaushan yang terbaik, tanpa melukai masa keemasan anak .

Buku ini sangat menarik karena memegang prinsip pengasuhan berdasar Al-Qur’an dan Sunnah, juga memadukan ilmu psikologi, neuroscience dan NLP sebagai tools dalam uapaya mencapai pengaushan yang terbaik. Selain itu, pengalaman-pengalaman yang diceritakan dengan cukup detail, memberikan gambaran nyata untukku dalam mengaplikasikan konsep Enlightening Parenting dalam pengasuhan anak.

Buku ini sangat recommended untuk di baca, selamat panen ilmu! :)
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

19 comments

  1. Masih PR banget masalah manajemen emosi dan masih harus belajar. Ini poin penting karena juga harus tuntas saat berhadapan dengan anak maupun pasangan.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, Mbak. Aku jadi punya referensi buku parenting. Walaupun belum menikah, aku sedikit sedikit sudah belajar parenting supaya saat jadi orang tua nggak begitu kaget hihi

    ReplyDelete
  3. Jadi ikut tertarik dengan bukunya nih.. Karena aku sendiri sadar bahwa masa golden age anak itu bnar-benar penting dan jangan sampai dilewatkan..
    Makasih rekomendasi bukunya mba Sendy :D

    ReplyDelete
  4. Konsep dari enlighting parenting sederhana penyampaiannya namun ngena banget. 5 pilar ini meski hanya lima prakteknya bisa naik turun mom..

    ReplyDelete
  5. Jdi pengen baca bukunya aku. Sudah lama juga belum jajan buku. Boleh ku masukkan dalam keranjang wish list bukunya, karena relate banget dengan kehidupan yang sedang kujalani.

    ReplyDelete
  6. ini cover baru ya? aku ada juga nih buku kak okina tapi bukan cover yg ini.. insightnya bagus banget untuk kita sebagai orang tua dalam mengasuh anak

    ReplyDelete
  7. Buku yang keren nih Enlightening Parenting
    Ilmu parenting mengalami kemajuan dari masa ke masa jadi pasangan muda harus punya buku ini

    ReplyDelete
  8. Sempat mau beli buku ini, tapi akhirnya diurungkan niatnya, wkwk. Cocok nih ya dibaca buat mamah2 muda yang butuh asupan bergizi tentang parenting biar nggak salah langkah, hehe.

    ReplyDelete
  9. Menarik banget nih bukunya. Kalau boleh tahu belinya dimana ya mbak?

    ReplyDelete
  10. Wah, banyak PR banget deh inii... Terimakasih udah sharing mbaaa.. aku jadi pingin baca sendiri

    ReplyDelete
  11. Mba nggambar sendiri nggak sih ilustrasinya? Ak auto berbinar soalnya liatnya :') wkwkwk.

    Aku belum punya nih buku teh okina yang ini :( padahal liat temen2 yg ikut webinar dan kelas2nya katanya super bagus. Masuk wishlist ah check out bulan depan ;)

    ReplyDelete
  12. Sampai hampir 9 tahun pernikahan pun rasanya banyak ilmu yg ngga abis2 ya mba, soal parenting ini. Aku pernah baca judul buku ini tapi terus kedistrak dan akhirnya lupa mau baca haha

    ReplyDelete
  13. wah aku penasaran nih sama bukunya, aku mupeng uey apalagi bener nih 5 pilar yang ada di buku ini khususnya poin 1 huuhuu... emosi oh emosi ini harus beres dulu lho di kitanya

    ReplyDelete
  14. izin save artikelnya ya mba, ini nanti kalau mau cari bukunya biar mudah, nanti setelah aku punya anak ini pasti useful banget buats aya

    ReplyDelete
  15. wah jadi penasaran nih, pengen tau banyak tentang gfleksible dalam tindakan :) kayanya masih harus belajar lagi tentang ini hihi

    ReplyDelete
  16. Buku yang sangat menarik untuk dibaca oleh para orang tua nih, pastinya buat nambah ilmu parenting juga apalagi yang baru menjadi ibu biar bisa menemani masa golden age atau enam tahun pertama anak dengan baik dan maksimal

    ReplyDelete
  17. Kalau lajang baca ginian gpapa kan yah kak? Itung-itung buat mempersiapkan diri kalau pasangannya nanti udah dateng, ngga kaget langsung pelaminan deh hahah

    ReplyDelete
  18. Ilmu parenting itu ilmu yang ngga ada habisnya ya. Jadi orang tua harus terus belajar. Aku sudah punya buku pertamanya. Jadi penasaran sama pembahasan buku keduanya ini

    ReplyDelete
  19. mbak, aku jadi ingat. buku ini salah satu incaranku. aku masih penasaran isinya jika tidak baca sendiri. hhhe. TFS mbak. benar2 reminder

    ReplyDelete

Post a Comment