Header

5 Persiapan Menyambut Ramadhan, yang Mana Favoritmu?

30 comments
Konten [Tampil]
5 persiapan menyambut Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat Islam. Banyak ragam persiapan menyambut Ramadhan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Seperti di Pulau Jawa, terdapat beberapa tradisi dalam persiapan menyambut Ramadhan. Salah satunya tradisi Magengan khas Jawa Timur dan Jawa Tengah, tradisi Munggahan khas Jawa Barat, tradisi Padusan khas Jawa Tengah dan DKI Yogyakarta dan juga tradisi Nyorog khas Betawi, Dki Jakarta (sumber: IDN Times).

Begitupun dengan tiap keluarga, masing-masing pasti memiliki persiapan menyambut Ramadhan. Seperti aku yang kini sudah berkeluarga, selain berziarah ke makam orangtua juga memiliki persiapan menyambut Ramadhan lainnya, lho.

Persiapan Menyambut Ramadhan Ala Aku, Tahun ini Lebih Bersemangat!

persiapan menyambut Ramadhan ala aku

1. Beberes

Beberes rumah sepertinya menjadi persiapan paling umum dan banyak dilakukan untuk menyambut puasa Ramadhan ya, teman. Tidak hanya untuk persiapan Ramadhan, beberes juga akan dilakukan di hari-hari akhir puasa untuk menyambut hari Raya Idul Fitri, betul apa betul? Hehe.

Meski tidak banyak yang aku bereskan dan bersihkan. Setidaknya semua tampak rapi dan bersih. Aku ingin di hari pertama bulan Ramadhan tidak ada kerjaan yang menumpuk. Sehingga aku bisa fokus dan bisa menikmati ibadah di hari pertama bulan Ramadhan.

2. Membuat plan menu untuk sahur

Tahun ini ada yang berbeda nih, teman. Aku mulai membuat plan menu untuk sahur. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sahur dengan menu seadanya atau beli dadakan malam harinya.

Nah, tahun ini aku ingin membuat list menu apa saja yang akan aku siapkan untuk sahur. Jadi juga tidak bingung untuk sarapan dan makan siang anakku. Kalau menu berbuka, sepertinya akan dipikirkan siang hari sih, karena biasanya nafsu ingin berbuka dengan ini itu munculnya siang menjelang sore hari. Iya kan?? Hihi.

3. Target ibadah

Kalau persiapan ketiga ini, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja yang membedakan aku akan membuat ibadah tracker agar lebih memudahkan dan lebih mengingatkan. Sehingga aku bisa maksimal dan mencapai target ibadah sesuai harapan.

Untuk target sendiri, sebetulnya masih sama dengan tahun lalu. Namun, harapanku tahun ini ada peningkatkan dari sebelum-sebelumnya. Ya.. Ingin tembus target lah pokoknya! Hehe.

4. Mengikuti beberapa kelas selama bulan Ramadhan

Nah, agar aku bisa mencapai target ibadah akhirnya aku memutuskan untuk mengikuti kelas yang bisa membantuku mencapai target.

Kali ini ada 2 kelas yang aku ikuti. Keduanya berhubungan dengan pengembangan diri, baik dari sisi religi dan kemampuan diri. Jadi selain menjalankan ibadah puasa, aku juga ingin meningkatkan kualitas diri. Doakan ya..

5. Mempersiapkan anak menyambut Ramadhan

Nah ini nih, persiapan menyambut Ramadhan yang tak kalah penting! Mempersiapkan anak menyambut Ramadhan.

Anakku kini berusia 3,5 tahun. Dimana usia 3 tahun ini biasa disebut dengan "Threenager", yang berasal dari paduan kata " Three" berarti usia 3 tahun dan "Teenager" yang artinya remaja.

Disebut demikian karena anak usia 3 tahun sedang menunjukkan sikap layaknya anak remaja. Merasa dewasa, bisa melakukan segala hal sendiri, mulai kritis, memiliki rasa ingin tahu yang besar dan keras kepala.

Untuk itu aku ingin mempersiapkan anak menyambut Ramadhan agar anak lebih paham dan mengerti apa yang sedang kita kerjakan di bulan mulia ini dengan kemampuan di usia threenager-nya. Mulai dari mengenalkan tentang bulan Ramadhan dan ibadah apa saja yang akan dikerjakan di bulan Ramadhan.

Bagiku menjelaskan arti puasa menjadi sangat penting agar anak tidak kekeuh -yang berakhir dengan cranky- karena aku tidak mau disuapin atau memakan makanan yang dia bagikan. Ini sering terjadi pada anakku lho, teman. Kan bahaya kalau aku dipaksa makan saat puasa. Hehe. 

Selain itu harapannya mempersiapkan anak menyambut Ramadhan juga agar anak bisa bekerjasama dengan baik saat bangun sahur dan melaksanakan shalat tarawih seperti sebelumnya.

persiapan menyambut Ramadhan
Nah, itu lah kelima persiapan menyambut Ramadhan ala aku teman. Bagaimana dengan kalian? Persiapan apa saja yang sudah kalian lakukan? Bagian mana sih yang jadi favorit kalian? Share di komentar, ya! :D
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

30 comments

  1. sepakat nih mb,,,
    Salah satu kegiatan yang saya prioritaskan menjelang Ramadhan adalah beberes rumah dan menyelesaikan pekerjan-pekerjaan yang menjadi prioritas utama mb, supaya pas datang bulan Ramadhan bisa tenang dalam menjalankan ibadah.

    ReplyDelete
  2. Ramadhan tahun ini adalah ramadhan ketiga di masa pandemi. Meski tak semencekam tahun-tahun lalu, tapi kita tetap harus jaga prosedur kesehatan.
    Btw, pilih nomer 3 nih kak... Mumpung ramadhan, ibadah harus gaes kenceng, hehehe...

    ReplyDelete
  3. AKu gatot nih belum semua terlaksana persiapan Ramadannya. Suami sejak sebelum Ramadan dirawat di RS jadi nunggu aku, anak-anak di rumah ditemani Buliknya...
    Persiapan sambut Ramadan memang selalu istimewa ya

    ReplyDelete
  4. Dalam menyambut Ramadhan memang sebaiknya ada persiapan ya biar lebih memberi semangat dalam menjalankan. Seperti beberes rumah itu menyenangkan deh, aku juga suka

    ReplyDelete
  5. saya pilih target ibadah karena yang lain gak ada ujungnya :D

    beberes, nyiapin makan sahur kayanya bakal berputar

    sedangkan ambil kelas, kayanya gak akan kepegang

    duh banyak alasan ya? :D

    ReplyDelete
  6. Selain target ibadah saya juga mempersiapkan anak mau puasa ini. Aset dan investasinya dunia akhirat hehehe
    Semoga kita dilancarkan semuanya dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini ya aamiin...

    ReplyDelete
  7. Ada dua hal dari poin di atas yang biasanya rutin kulakukan dalam rangka menyambut bulan Ramadan, yaitu plan ibadan dan daftar kelas atau program yang diadakan selama Ramadan.

    ReplyDelete
  8. Semuanya berangkaian ya kak, penting untuk memaksimalkan kesempatan Ramadhan kali ini, karena tidak semua muslim mendapatkan kesempatan merasakan ibadah Ramadhan. Pembaca akan mendapatkan tambahan pengetahuan buat keluarga.

    ReplyDelete
  9. Beberes rumah mesti banget dong. Apalagi sebelum Ramadhan itu kan aku sempet sakit. Begitu sembuh malah semangat banget bebersih rumah, terutama dapur. Biar pas puasa bisa masak-masak tanpa ngomel gara-gara dapur yang berantakan :D

    ReplyDelete
  10. Setuju banget nih udah ada di list pertama sih kalau beberes rumah dan penting juga buat target ibadah supaya tambah semangat ibadahnya untuk mengamalkan firman allah yaitu fastabiqul khoirot

    ReplyDelete
  11. hihi... iya, anakku dulu suka gitu mbak. Kalau makan gantian dia nyuapin aku, walau sudah menggeleng dan bilang nggak mau tetap aja di paksa. Nah kalau pas puasa mesti kasih penjelasan panjang lebar nih sampai dia ngerti

    ReplyDelete
  12. Ramadhan dan segala persiapannya. DI rumah ya gitu beres-beres juga sama mikirn menu-menu buat sahur dan buka puasa. hehehehe

    ReplyDelete
  13. Target ibadah kalau saya sih. Pengen disiplin sholat tepat waktu. Terkadang masih ngulur-ngulur bahkan hingga waktunya mepet. Perlu disiplin dan niat kuat ya Mbak Sendy

    ReplyDelete
  14. Beberes sesanggupnya aku kak hihihi
    Minimal rumah nggak terlalu kotor biar ibadah tenang selama ramadhan

    ReplyDelete
  15. Banyak ya mbak
    Yang perlu disiapkan saat menjelang Ramadan
    Hampir sama sih dengan yg aku lakukan
    Paling favorit sih membuat plan menu sahur

    ReplyDelete
  16. Daku antusias yang nomor 3. Karena kesempatan banget untuk meningkatkan kualitas spiritual, buat modal dalam menjalankan 11 bulan kedepannya

    ReplyDelete
  17. Wah, Ramadhan tahun ini, lebih fokus ke persiapan fisik dulu. Qodarallah sepekan sebelum Ramadhan demam naik turun dan hasil cek trombosit turun. Jadi digenjot banget booster untuk pengobatan dan pemulihan.

    Semoga kita bisa maksimal ibadah Ramadhan sampai akhir yaa Mbak

    ReplyDelete
  18. Diriku malah belum punya target tahun ini euy, mbak. Tahun ini pengen mengurangi bicara dan lebih banyak berzikir saja, sambil istiqomah salat Tarawih. Semoga mbak Sendy, dipermudah dalam menjalankan ibadah puasanya ya, aamiin

    ReplyDelete
  19. Nah kalau saya persiapan menyambut Ramadan pastinya beberes mbak karena kalau rumah bersih enak saja menjalankan ibadah Ramadan nya .. selamat menjalankan Ibadah Ramadan ya mbak

    ReplyDelete
  20. Masya Allah persiapan yang maksimal dan sangat menginspirasi untuk dipraktekkan juga.

    ReplyDelete
  21. Soal target ibadah aku ga muluk muluk
    Bisa konsisten ngaji habis salat di luar Ramadan pun jadi target jangka panjang

    ReplyDelete
  22. wah saya nggak bikin target ibadah dalam bentuk tertulis nih. kayaknya perlu juga ya biar kita bisa semangat dalam menjalankan ibadah puasa ini

    ReplyDelete
  23. Aku yg nomor terakhir nih yang persiapan mikir banget kemarin. Si kakak belajar puasa. Dan si bayi mikir mpasi dan jaga asupan ASI

    ReplyDelete
  24. Paling suka adalah beberes rumah agar tetap sejuk, dan tidak lupa juga saya membuat planing ibadah selama 30 hari ke depan. Kalo untuk plan makanan sahur/buka bahkan gak pernah buat, karena harus menyesuaikan budget juga. Ibaratnya kondisional saja. Mau sahur pake sayur kangkung, tempe, tahu, ikan asin pun no problem, yang penting niatnya mau puasa ya kan, hehe...

    ReplyDelete
  25. MashaAllah~
    Penuh rasa gembira menyambut hadirnya bulan Ramadan. Semoga Allah mudahkan dan lancarkan segala persiapan.

    Happy Ramadan Al-Kareem 1443 H.

    ReplyDelete
  26. akupun setiap menjelang ramadhan pasti selalu beberes rumah, biar ibadahnya semakin nyaman..

    ReplyDelete
  27. Aktivitas jelang ramadan favoritku tentu saja beberes dan bikin menu buka n sahur. Eh tp kemarin bertebaran menu buka 30 hari ya di watsap mbak hehehe alhamdulillah gak perlu mikir lagi.

    ReplyDelete
  28. Sama sih mbak secara umum, lima persiapan itu juga kulakukan. Pastinya kalau pas Ramadan tuh, semangat ibadah jadi lebih kenceng ya. Suasananya mendukung sekali.

    ReplyDelete
  29. Aku biasanya suka heboh sama anak-anak semenjak 3 bulan menjelang Ramadhan, karena untuk mengajari anak berpuasa butuh persiapan sounding dan banyak printilan yang nggak selesai dibahas dalam sebulan. Nah kalau kali ini biasa banget Mbak. Anak-anak sudah terbiasa dengan Ramadhan, kami hanya menanti datangnya dengan suka cita, tetapi tidak membuat dekor dan hitung mundur.

    ReplyDelete
  30. mengikuti beberapa kelas mba, soalnya berusaha banget fokus gitu kalau pas ramadan, menantang :)

    ReplyDelete

Post a Comment