Iklan

Header

Blogger Harus Tahu, Cara Membuat Blog yang Menarik!

1 comment
Konten [Tampil]
 
cara membuta blog yang menarik
Bagiku memiliki blog sama seperti memiliki rumah. Kita bisa menata dan mendekornya seperti yang kita suka. Setiap pemilik blog pasti memiliki cara membuat blog yang menarik. Agar para tamu pengunjung merasa nyaman dam betah berlama-lama di blog kita.

Layaknya sebuah rumah, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat memperindah tampilannya. Cara membuat blog yang menarik tentu juga memiliki hal-hal yang perlu diperhatikan, seperti pilihan jenis font yang jelas dan nyaman di mata, warna yang tidak mencolok dan terlalu rame, dan lainnya.

Namun, cara membuat blog yang menarik mungkin menjadi sebuah tantangan untuk sebagian blogger khususnya blogger pemula. Karena permasalahannya, belum tahu harus mulai dari mana. Sama sepertiku, saat membuat blog tanpa konsep dan tujuan yang jelas awalnya.

Tapi jangan khawatir, teman! Kali ini kita akan belajar bersama cara membuat blog yang menarik. Simak, ya!

Cara Membuat Blog yang Menarik

Sebelum masuk ke cara membuat blog yang menarik, kita bahas tentang blog dan website dulu, yuk! Apakah blog dan website itu sama? Karena masih banyak yang mengira web dan blog itu sama. Ini dia penjelasannya..

Apa itu Blog?

Blog adalah website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus.

Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang tertentu. Misalnya lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, dan sebagainya.

Sedangkan website adalah kumpulan halaman web yang berada dalam satu domain tertentu yang berisi informasi umum dan dapat diakses melalui internet. Contoh website yaitu Google.com, Facebook.com, Niagahoster.co.id, dll.

Karena mayoritas berisi informasi produk atau layanan, website biasanya juga bersifat statis. Artinya, dari sisi desain dan kontennya tidak perlu terlalu sering untuk di-update.

Dari segi kepemilikannya, website biasanya digunakan untuk keperluan organisasi, sekolah, lembaga, toko online, bisnis, dan sejenisnya.

Sedangkan blog, sifatnya dinamis yang kontennya perlu ditambah dan di-update secara berkala. Bisa dikatakan, konten blog adalah nyawa yang menentukan sukses atau tidaknya blog.

Umumnya blog banyak dimiliki oleh perseorangan. Namun, banyak juga yang menggunakan blog untuk bisnis, perusahaan, dan lembaga untuk promosi dan strategi pemasaran.
beda blog dan website
Sekarang sudah tahu bedanya kan, teman?

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Ada 2 platform gratis yang paling banyak digunakan untuk membuat blog, yaitu: Blogger dan WordPres.com. Yuk, cari tahu kekurangan dan kelebihan dari masing-masing platform!

1. Blogger

Blogger atau sering disebut blogspot adalah salah satu platform blogging paling terkenal dan banyak digunakan oleh orang. Selain gratis, Blogger diminati karena memiliki interface yang simple dan mudah dipahami.

Untuk penggunaannya, Blogger hanya memerlukan akun google aktif dan bisa dijalankan tanpa domain khusus. Namun memiliki akhiran blogspot.com dari nama website yang kita buat, seperti “sendyyunika.blogspot.com”. Untuk menghilangkannya, kita harus membeli domain dan menghubungkannya di blogspot tersebut.

Kelebihan Blogger:

1. Platfom gratis dan popular
2. Praktis dan mudah dipelajari
3. Hanya memerlukan akun google aktif
4. Kemanan yang lebih terjamin karena dilindungi langusng oleh Google
5. Tidak butuh hosting

Kekurangan Blogger:

1. Dikendalikan oleh Blogger, maka harus sering mencadangkan data blog.
2. Plugin dan widget yang terbatas
3. Mengandalkan code HTML, CSS, Javascript
4. Kurang professional karena fitur yang terbatas
5. Tidak banya pilihan template yang sesuai standar SEO

2. WordPress

WordPress adalah content management system (CMS) yang diluncurkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004.

WordPress adalah sebuah software open source. Yang dimaksud dengan software open source adalah siapapun bisa menggunakannya, memodifikasinya, dan mendistribusikannya secara bebas.

WordPress memiliki developer sendiri, tetapi siapapun bisa berkontribusi dalam memperbaiki kualitas WordPress dengan melaporkan bug, menyarankan fitur, atau menambal kerusakan di versi sebelumnya.

Ada 2 versi Wordpress, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Perbedaannya, WordPress.org memerlukan hosting, sehingga biaya yang dikeluarkan adalah untuk pembelian hosting dan domain. Sedangkan WordPress.com sepenuhnya gratis.

Kelebihan WordPress:

1. Open source
2. SEO friendly
3. Banyak tool canggih
4. Lebih sederhana dan mudah digunakan
5. Selalu update

Kekurangan WordPress:

1. Disk space bawaan WordPress.com hanya sebesar 3 GB
2. WordPress.com hanya bisa memilih template yang disediakan
3. WordPress.com juga tidak dapat menginstal plugin
4. Tidak ada bantuan teknis yang tersedia
5. Terlalu banyak pengaturan dan konfigurasi

Nah, kalian tinggal pilih ingin menggunakan platform Blogger atau WordPress, teman. Kalau aku sendiri menggunakan Blogger. Nah, setelah memiliki blog, sekarang bagaimana cara membuat blog yang menarik?

Cara Membuat Blog yang Menarik dengan Mudah

Setiap blogger pasti ingin tampilan blog yang menarik. Berikut adalah cara membuat blog yang menarik:
cara membuat blog yang menarik

1. Memilih Template Blog

Template merupakan tampilan blog yang akan memberi kesan utama pada pengunjung blog kita. Oleh karena itu, template bisa menjadi daya tarik agar pengunjung betah berlama-lama di blog kita. Salah satu cara membuat blog yang menarik adalah memilih template yang sesuai dengan niche blog.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih template:
  • Memilih latar belakang putih. Mata akan lebih nyaman dan fokus pada tulisan yang dibaca jika latar belakang tulisan berwarna putih. Selain itu warna tulisan juga menjadi lebih kontras dan membuat kita lebih fokus.
  • Memilih template yang responsif. Artinya template yang desain tampilannya mengikuto lebar dan tinggi perangkat yang digunakan untuk membuka blog. Hal ini penting karena internet bisa diakses melalui perangkat apapun, seperti smartphone dan tablet.
  • Pilih template yang SEO friendly. Menurutku ini juga hal penting yang perlu diperhatikan. Karena template yang SEO friendly mempengaruhi rangking blog kita di halaman pencarian.
  • Adanya menu navigasi. Menu navigasi berfungsi sebagai pemandu untuk pengunjung. Karena di dalam menu navigasi berisikan kategori tulisan kita. Sehingga pengunung dapat mencari informasi terkait kategori dengan mudah.
  • Support social media share. Berfungsi untuk membagikan link artikel tulisan kita ke media sosial pengunjung yang menekan tombol “share”. Manfaatnya tentu untuk membantu trafik blog semakin banyak dan memperluas penyebaran informasi artikel kita. Ya, bahasa lainnya media untuk promo blog kita, teman.
Dalam artikel makeover blog ini aku menuliskan penglamaanku menata template blog ku sendiri sehingga tampilannya bisa seperti yang kalian lihat sekarang.

2. Memilih Warna Tema

Untuk warna tema, gunakan maksimal 3 kombinasi warna. Agar tampilan blog kita enak dilihat dan tidak terlalu rame. Gunakan 3 warna tersebut untuk tulisan, link dan latarbelakang. Contohnya kombinasi warna pada blogku ini, teman. Aku menggunakan warna merah muda, putih dan hitam.

3. Memasang Menu

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, menu navigasi membantu para pengunjung untuk menemukan informasi dengan lebih mudah. Juga membuat tampilan blog lebih rapi dan terorganisir dengan baik.

4. Memasnag Widget

Widget adalah fitur yang umumnya digunakan untuk memaksimalkan blog dengan menambahkan konten dan struktur pada sidebar atau footer. Contohnya kolom pencarian, postingan terbaru, dll.

Dilansir dari ewafebri.com, ada 4 widget yang penting untuk dipasang pada blog, yaitu:
  • Search Bar : digunakan untuk mencari artikel menggunakan kata kunci pada blog, sehingga memudahkan kita tanpa membuang banyak waktu.
  • Recent Post / Popular Post : dijadikan rekomendasi bacaan bagi pengunjung blog. baik artikel terkait, artikel terbaru atau artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung lainnya.
  • About Me : meskipun kita sudah menulis halaman about me dan sudah tersedia di menu navigasi, tidak ada salahnya membuat widget about me yang lebih ringkas agar pengunjung bisa mengetahui siapa dan tentang pemilik blog.
  • Follower : biasanya digunakan untuk kebutuhan job. Ada ebberapa perusahan yang membutuhkan data follower blog kita. Maka untuk memudahkan, kita tampilkan saja widget follow ini pada blog kita.

5. Konten Blog

Para blogger senior selalu menyebut, “Content is the King”. Karena konten adalah kunci utama sebuah blog. Karena konten lah pengunung datang ke blog kita. Sehingga ramu dan raciklah konten sebaik dan semenarik mungkin agar banyak pembaca dan pengunjung baru.

6. Related Post

Related post adalah kumpulan artikel yang memiliki bahasan atau tema serupa dengana rtikel yang sedang dibaca. Fungsi dari related post yaitu untuk memberi informasi pembaca bahwa ada beberapa artikel lain yang masih berkaitan. Selain itu, untuk mempromosikan artikel lain yang serupa agar dibaca oleh pengunjung.

7. Optimasi Gambar

Jika artikel hanya berisi tulisan tanpa adanya dukungan visual seperti gambar, maka akan terasa membosankan. Berbeda dengan artikel yang disematkan gambar, apalagi jika gambarnya berisikan informasi (infografis) yang akan memudahkan pembaca memahami inti dari informasi yang kita tulis,

Untuk gambar, ada beberapa trik agar tidak memperlambat loading blog, yaitu ukuran gambar di ubah menjadi JPG, umlah gambar minimal 3 gambar infografis, alt gambar berjudul keyword artikel.

Nah, itu dia tujuh hal yang perlu diperhatikan untuk membuat tampilan blog menarik. Selain blogger pemula, cara membuat blog yang menarik ini juga salah satu dari cara menjadi blogger dan dapat uang.

Kesimpulan

Banyak cara membuat blog yang menarik, namun hasus memperhatikan ketujuh poin di atas agar pengunjung bloh betah berlama-lama di blog kita.

Menata blog agar menarik artinya kita memulai langkah serius dalam dunia blogging. Karena salah satu daya tarik pengunjung selain isi konten adalah tampilan blog yang menyengakan dan menarik.

Tentu banyak sekali cara membuat blog yang menarik dari para blogger lainnya, kalian tinggal memilih dan mencoba yang sesuai dengan selera kalian.

Semoga bermanfaat! :)










Sumber referensi:

https://www.niagahoster.co.id

https://teknoding.com/kelebihan-dan-kekurangan-wordpress/

https://www.ewafebri.com/2020/01/10-cara-membuat-blog-yang-menarik.html?m=1

Related Posts

1 comment

  1. Halo, terima kasih sudah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat.
    Kunjungi juga website kami di walisongo.ac.id

    ReplyDelete

Post a Comment