Header

Cara Jadi Blogger dan Dapat Uang untuk Ibu Rumah Tangga Berdaya

29 comments
Konten [Tampil]
 cara jadi blogger dan dapat uang
Ada beberapa teman yang bertanya, “gimana cara jadi blogger dan dapat uang?” setelah mereka tahu bahwa aku sekarang sedang menyelami dunia blog. Mereka juga tahu kalau blogger juga bisa menghasilkan uang, bahkan bergaji tiap bulan.

Yup! Mereka bertanya seperti itu karena kini aku sedang membangun personal branding sebagai blogger. Setelah mengakhiri karir di dunia farmasi yang berlangsung selama 9 tahun, sekarang aku memang di rumah saja.

Bahasa kekinian untuk ibu rumah tannga biasanya disebut full time mommy atau stay at home mom (Keren banget dah!!). Dan tepatnya, baru 2 tahun belakangan aku menjadi full time mommy atau stay at home mom.

Menjadi ibu rumah tangga sebenarnya adalah cita-citaku sejak duduk di bangku perkuliahan. Tidak seperti teman-teman lain yang bercita-cita ingin meneruskan kuliah S2 bahkan di luar negeri atau bekerja di perusahaan besar ternama.

Tentu keputusan ini tidak mudah. Banyak juga komentar dan saran dari orang sekitar yang lumayan bikin mood up and down. Hehe.
“Jangan resign lah, ga sayang karirmu?

“Walah, sarjana kok jadi ibu rumah tangga. Daftar PNS saja, lho!”

“Nanti kamu ga berkembang lho di rumah aja. Mlempem!”
Ada yang merasakan hal yang sama, teman?? Sini kumpul! :)

Padahal seru banget lho, jadi ibu rumah tangga. Meski ada jenuh nya juga sih. Nah, untuk mengusir rasa jenuh itu, aku juga pengen dong tetap berkarya dan berdaya. Jadi aku memutuskan untuk mengulik skil menulis -yang kata teman-teman, aku ada bakat menulis.

Penasaran dengan kemampuan diri, jadi aku challenge diri sendiri untuk berkarya dan berdaya melalui tulisan. Akhirnya sejak tahun lalu, aku mulai menulis beberapa buku antologi dan juga “nekat” membuat blog.

Dan ya, akhirnya aku sampai pada titik ini. Menjalani cerita baru dalam hidup. Menjadi blogger (pemula) agar tetap produktif, berkarya dan berdaya meski di rumah saja. Juga tetap bisa mengdapatkan uang, lho!

Mau tahu cara jadi blogger dan dapat uang dari blog??
Simak tips dan ceritaku, ya!

Cara Jadi Blogger dan Dapat Uang

Siapa bilang jadi ibu rumah tangga tidak bisa berkembang? Buktinya aku bisa sampai di titik ini. Meksi baru merangkak hehe.. Ini dia cara jadi blogger dan dapat uang dari blog. Bagi yang suka menulis, yuk merapat!

Cara Mudah Menjadi Blogger 

cara mudah jadi blogger

1. Membuat blog

Tentu, agar bisa ngeblog ya harus punya blog dong ya! Jadi, Langkah pertama pastinya bikin blog dulu, teman. Boleh pakai platform apa saja, senyaman kalian.

2. Belajar tentang blog dan SEO

Nah, ini adalah cara kedua yang aku lakukan. Ikut kelas blognya Blogspedia Coaching. Dari sana aku belajar tentang blog dari 0, belajar dasar penulisan SEO, sampai menata template blog sendiri.

Langkah kedua ini juga harus kalian lakukan ya, teman. Banyak media untuk belajar. Bisa dari webinar, bisa dari membaca artikel dan buku tentang blog, dari youtube atau ikut kelas blog sepertiku.

3. Konsisten menulis dan posting artikel

Kalau poin ketiga ini, hukumnya wajib untuk para blogger. Konsisten menulis adalah kunci. Minimal ada postingan yang terbit tiap bulannya. Biar apa? Ya biar blog tetap hidup, tidak ada sarang laba-labanya, teman. Hehe

Tapi jika kalian pengen blog cepat besar, optimasinya ya dari rajin menulis artikel. Agar google makin kenal dengan blog kamu, jadinya artikel-artikel kamu sering tampil di halaman pertama pencarian google.

4. Share link artikel ke sosial media

Membangun personal branding itu tidak mudah ya, teman. Butuh proses dan effort. Salah satunya agar semua teman tahu kalau kita ngeblog, ya sering share artikel dan link ke semua sosial media. Benar apa betul?

5. Bergabung dengan komunitas blogger

Nah kalau yang satu ini, menurutku perlu banget. Namanya juga manusia, pasti ada aja malesnya. Untuk support system, bergabung dengan komunitas blogger sudah paling benar.

Selain menambah teman, relasi dan koneksi, juga menambah wawasan kita tentang blog. Karena sudah pasti bahasan sehari-hari ya seputar blog.

Jadi dengan kata lain, banyak sekali benefit yang akan didapat jika kita bergabung dengan komunitas blogger. Salah satunya juga dikenal sebagai blogger oleh teman-teman blogger senior.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Pasti bagian ini kan yang kalian tunggu? Hehe.
Untuk mendapatkan uang dari blog, banyak banget caranya.
Berikut lima cara mendapatkan uang dari blog, yang aku tahu.
cara dapat uang dari blog

  1. Penghasilan dari Google Adsense
  2. Penghasilan dari Endoersement 
  3. Penghasilan dari Lomba Blog
  4. Penghasilan dari mengikuti Webinar
  5. Penghasilan dari Job blogger
Untuk mendapatkan informasi dari kelima cara mendapatkan uang dari blog di atas, tentunya kita butuh koneksi dan relasi. Itu lah mengapa sangat penting bergabung dengan komunitas blogger.

Menjadi Perempuan Berdaya Bersama IIDN

Seperti yang sudah aku sampaikan sebelumnya, aku mulai terun ke dunia blog sejak tahun lalu.
Bulan Maret 2020 aku mulai membuat blog. Kemudian belajar blog di blogspedia coaching mulai bulan Juni sampai bulan Agustus. Sampai akhirnya aku lulus, dan bergabung di komunitas blogger pertamaku yaitu The Cupuer Blogspedia, para alumni blogspedia coaching.

Dari sana aku banyak mendapatkan informasi. Salah satunya tentang komunitas-komunitas blogger lainnya. Nah, salah satu komunitas yang aku ikut bergabung di dalamnya adalah IIDN. Aku bergabung IIDN sekitar akhir tahun lalu, antara bulan November - Desember 2021. Masih newbie, hehe.

Sekilas Tentang IIDN

IIDN
IIDN adalah singkatan dari Ibu-ibu doyan Nulis. IIDN adalah komunitas yang didirikan di Bandung oleh Indari Mustati pada tanggal 24 bulan Mei 2010. Sesuia Namanya, komunitas ini memiliki tujuan menjadi wadah para penulis perempuan Indonesia.

IIDN berhak disebut komunitas penulis perempuan terbesar di Indonesia. Karena memiliki lebih dari 21 ribu member yang tersebar di seluruh Indonesia serta di beberapa tempat di luar Indonesia dan memiliki korwil aktif di beberapa kota besar Indonesia.

Tahun 2022 ini, IIDN memiliki 9 program yang akan dilakukan. Yaitu:

1. Kelas basic

Kelas basic ini sangat direkomendasikan untuk diikuti baik untuk calon penulis atau penulis pemula agar bisa ikut dalam proyek-proyek IIDN selanjutnya.

Kelas Nulis dari Nol yang diselenggarakan tahun ini diperkaya dengan konsep-konsep menulis berkesadaran. Mengapa? Karena nulis bukan cuma soal logika, tapi emosi, rasa, spiritualitas, dan aspek lainnya. Dan menulis juga bukan cuma soal bikin outline, lalu nge-draft dan selesai. 

2. Sharing dengan penerbit

Buat teman-teman yang ingin menerbitkan buku tentu sangat membutuhkan informasi dalam dunia penerbitan. IIDN hadir untuk membantu para member yang ingin meramaikan dunia perbukuan. Akan ada penerbit mayor dan indie yang dihadirkan. Tak lupa, akan ada juga sharing dari member IIDN yang sudah punya pengalaman di dunia penerbitan ini.

3. Program untuk calon editor

Buat teman-teman yang ingin berkarir sebagai editor, IIDN akan memfasilitasi. Akan ada kelas untuk calon editor. Karena IIDN optimis, ke depan akan butuh banyak editor berkualitas.

4. Kelas menulis buku solo

Tahun ini, kelas menulis buku solo IIDN akan menggandeng mentor-mentor yang jauh lebih dahsyat. Salah satu yang akan hadir adalah mentornya para mentor, satunya lagi penulis non fiksi best seller

5. Event menulis yang dielaborasi dengan konsep coaching

6. WAG Khusus Blogger

IIDN akan memfasilitasi para blogger untuk beragam dalam sebuah WAG. IIDN menyiapkan 2 WAG khusus untuk belajar dan saling support.

7. Kelas blogging

IIDN akan menghadirkan kelas-kelas blogging, sesuai dengan tema yang dibutuhkan.

8. Event blogger

9. Antologi

Nah, salah satu event yang aku ikuti dari IIDN dalam rangka menyambut bulan Ramadhan kemarin adalah lomba blog KRAFT Crolette dengan hadiah uang tunai total Rp10.000.000 dan hampers produk KRAFT.

Begitu pun dengan event bulan Mei ini. Bertepatan dengan ulang tahun IIDN yang ke-12 pada tanggal 24 Mei lalu, IIDN menyelenggarakan lomba blog dan mengundang para bloger untuk membagikan kisah pengalaman bersama IIDN dalam artikel blog. Hadiahnya uang tunai lho! Yuk, ikutan! 

Pendapatan dari Menulsi Blog X IIDN

Nah, setelah membahas tentang cara menjadi blogger dan dapat uang serta sekilas tentang IIDN. Sekarang aku ingin sedikit cerita perjalanan menjadi perempuan berdaya bersama IIDN meski di rumah saja nih, teman.

Bulan Ramadhan lalu aku mengikuti lomba blog Kraft Crolette yang tentu aku dapatkan informasinya dari IIDN. Singkat cerita, dari event ini aku berhasil mendapatkan hadiah utama untuk video reels instagram recook Kraft Crolette terkreatif dari Karft, yaitu roboot Xioami. Yeay!

Meskipun tidak menjadi pemenang lomba menulis blognya, tapi aku mendapatkan apresiai dari Kraft dan IIDN berupa masuk dalam 70 peserta tercepat submit link artikel lomba blog. Hadiahnya berupa uang tunai sebesar Rp 100.000 dan hampers dari Kraft. Lumayan untuk tambahan beli baju lebaran, teman! Hehe.

Alhamdulillah, total yang kudapat dari event IIDN adalah uang tunai sebesar Rp 100.000, 2 hampers  Kraft dan juga roboot Xiaomi. Kalau diuangkan, kira-kira berapa totalnya teman??? Lebih dari 3 juta sepertinya ya? Hehe.

Selain itu, selama aku ngeblog setahun terakhir ini, aku juga sudah mendapatkan penghasilan dengan total jutaan rupiah dari menulis blog. Baik dari endoersment dan juga job untuk blogger yang di kudapat dari komunitas blogger.

Lumayan lah ya, dengan jam terbang yang masih cetek dan postingan yang tidak rajin-rajin amat ini aku sudah menghasilkan uang dengan total jutaan rupiah dari ngeblog. Apalagi penghasilan blogger senior yang jam terbangnya sudah tinggi, banjir job, dapat gaji dari adsense dan menang lomba blog juga iya???
Wuiihh~ Kalian bayangkan dan hitung sendiri ya!

Penutup

Gimana teman, cara jadi blogger dan dapat uang tidak sulit kan?
Asal mau terus belajar, konsisten dan rajin menulis sudah bisa disebut dengan blogger. Selain itu, in sya Allah rejeki juga akan ikut datang.

So, dengan aku memilih menjadi ibu rumah tangga tetap bisa produktif, berkarya dan berdampak kan? Apalagi sekarang belajar bisa dimana saja. Salah satunya belajar ngeblog. Jadi tenang saja, meski ibu rumah tangga tetap bisa berkembang kok! Aku contohnya :D

Tetap konsisten dan rajin nulis ya, teman! Jika butuh support system yang selalu memantik semangat untuk berkarya dan berdaya, gabung saja bersama IIDN, komunitas perempuan terbesar di Indonesia.
Ayo bangkit dan berkarya bersama IIDN, buktikan ibu rumah tangga juga bisa berpenghasilan dari blog!
Semangat!

Related Posts

29 comments

  1. Aakkkk ikutan semangattt setelah baca artikel ini

    Banyak bgt hal yg bs kita lakukan bareng IIDN ya.

    Bener² empowering 👍

    ReplyDelete
  2. Menjadi perempuan memang serba salah. Kerja di luar dibilang ga fokus dg keluarga, jadi IRT dibilang sayang ijazah. Zaman sekarang kita bisa berkembang kok meski di rumah saja, salah satunya bisa ikut kegiatan2 IIDN ini.

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak sekali peluang-peluang emas yang disediakan oleh IIDN ya mba, tinggal gimana kita mau tekun sesuai passion masing2.. ngeblog itu menyenangkan, semacam terapi, eh ternyata dapat menghasilkan, Alhamdulillah, senengnya dobel2

    ReplyDelete
  4. Semoga bisa berjuang bareng. Saya juga ditahap pemula, Mbak.

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah, keren, Mbak, sudah bisa menghasilkan dari ngeblog. Semoga istiqomah sampai akhir, dan semoga rizkinya juga nular ke saya. Hehehe..

    ReplyDelete
  6. Selamat untuk pencapaiannya ya, Mbak..Terus semangat
    IIDN ini komunitas menulis pertama yang saya ikuti, sejak tahun 2017 kalau enggak salah. Alhamdulillah pendapatan menjadi blogger dari kelima poin di atas sudah saya dapatkan dari 4 sumber (kecuali adsense) - :)

    ReplyDelete
  7. Yang pertama suka sekali kuncinya, mau jadi blogger maka buat blog. Mbak Sendy aktif diberbagai komunitas blogger nih

    ReplyDelete
  8. Selalu suka baca konten yang isinya seputar pemberdayaan ibu rumah tangga. Apalag ini membahas dunia blogging. Wanita bisa merawat rumah dengan segala isinya tapi tetap berdaya, membantu perekonomian keluarga. Semangat terus ya mom....

    ReplyDelete
  9. Wah semoga menular ke aku juga, Mbak. Aku newbie banget

    ReplyDelete
  10. Keren Mbak.. hehe Saya jadi ikutan semangat. Salah satunya dengan gabung di IIDN yang buat saya makin rajin mengisi blog. Mudah2an bisa segera menyusul Mbak Sendy juga..

    ReplyDelete
  11. dari beberapa stepnya itu, konsisten inilah yang masih saya belum sanggup jalankan, padahal udah punya planning jadwal nulis hari apa saja, tetep aja ga fulfil heheheh

    ReplyDelete
  12. Wah semangat mbak, menulis terutama di blog selain dijadikan media untuk menuangkan buah pikiran juga bisa mendatangkan cuan asalkan fokus serta ditekuni meskipun dalam perjalanannya kadang ada pasang surutnya juga.

    ReplyDelete
  13. Aku merasa status jadi freelancer blogger ini fit banget buat kondisi sekarang. Kekacauan pikiranku bisa dituangku sekaligus bisa nambah-nambah buat apresiasi diri berupa penghasilan hehe

    ReplyDelete
  14. Ternyata Mba Sendy itu dulu kerjanya di Farmasi, ya. Saya juga dulu kerja Di Lab dari Analis Kesehatan. Memang keputusan resign setelah menikah itu ada yang bilang sayang banget karena sekolah ijazah engga kepake. Kembali lagi sih ke pilihan tiap orang. Menjadi blogger itu menjanjikan kok, kalau ditekuni bisa nambah penghsilan IRT di rumah.

    ReplyDelete
  15. Boleh dicoba ini,
    pengen banget saya dapat uang dari blog.
    segera diterapkan tipsnya.

    ReplyDelete
  16. Barengan ih, kita mulai ngeblognya, kudu rajin emangan kalau mau menghasilkan. Dan saya, masuk jke kategori kurang rajin. Semangat ngeblog!

    ReplyDelete
  17. Masyaallah tabarakallah, terima kasih telah berbagi semangat, Mbak. Gabung dengan komunitas itu memang penting banget. Jadi bisa saling mengingatkan dan memotivasi. Berbeda dengan belajar sendiri, banyak malas dan tapinya.

    ReplyDelete
  18. Yaps setuju. Perempuan bekerja maupun perempuan IRT sama-sama pilihan dan baik. Bergabung komunitas bikin networking dan pandangan kita lebih luas ya. Semangat! Salam dari nubie juga. Hehe.

    ReplyDelete
  19. Padahal ibu rumah tangga lah yang pahalanya paling banyak ya, mbaa

    ReplyDelete
  20. Blogger adalah Salah satu profesi yang menjanjikan ya mbak
    Tapi memang harus banyak yang dilakukan juga
    Belajar banyak hal untuk menjadj blogger professional

    ReplyDelete
  21. Banyak hal yang bisa dilakukan di blog yang menghasilkan pundi-pundi, ya ampun belajarnya lebih giat lagi ah bisa kaya mbak sendy

    ReplyDelete
  22. Impian banget yaa..
    Pekerjaan yang paling flexibel dan cocok ditekuni untuk Ibu dengan sejuta karya namun tetap memperhatikan keluarga.

    MashaAllah~
    Bertumbuh bersama IIDN

    ReplyDelete
  23. Keren banget mbak. saya sudah merasakan hal yang sama selama 8 tahun ini. dan baru tahun ini bener-bener serius ngeblog. selamat ngeblog ya mbak sukses terus daan terus produktif dalam berkarya.

    😍

    ReplyDelete
  24. Terima kasih atas tulisannya Mbak. Bagi kami, ini menjadi penguat. Semoga kita semua terus berproses menjadi makin baik lagi. Aamiin

    ReplyDelete
  25. IIDN lengkap yaa.. Aku jadi pengen menyelami lebih dalam tentang IIDN dan dunia blogger. Alhamdulillah bisa jadi perempuan berdaya meski dibrumah aja

    ReplyDelete
  26. Masyaallah...keren
    Jadi ketinggalan nih. Kurang fokus sih

    ReplyDelete
  27. Nggak sulit kok dapat uang dari blog kalau mau belajar, kalau maunya instan emang agak sulit ya mba wkk

    ReplyDelete
  28. Jd penyemangat utk neewbie seperti saya. Semoga bisa menuliskan konten konten yang bermanfaat.

    ReplyDelete

Post a Comment