Iklan

Header

8 Rekomendasi Terbaik Tempat Kursus Coding Anak Jakarta

Post a Comment
Konten [Tampil]
Kursus coding anak Jakarta
Hidup di era teknologi digital rupanya banyak hal yang bisa dan mudah dipelajari ya, teman. Salah satunya coding untuk anak-anak. Karena penasaran, akhirnya aku coba mencari tahu tempat kursus coding anak Jakarta.

Mengapa Jakarta? Karena kota metropolitan nomor satu di Indonesia ini biasanya menjadi pencetus dan kiblat dari kota dan wilayah lainnya. Jadi, aku ingin mencari tahu pilihan terbaik tempat kursus coding anak Jakarta.

Biasanya sih, pasti banyak cabang yang menyebar dengan cepat ke kota lain. Jadi kita cari tahu dulu, yuk! Apa saja pilihan tempat kursus coding anak Jakarta?!

Tapi sebelum itu, aku akan sedikit membahas tentang coding. Apa sih coding itu??
Coding atau bahasa program adalah cara untuk memberikan perintah dengan mengolah kode dengan bahasa pemrograman pada komputer, gawai (gadget) untuk melakukan sesuatu.

Lalu, bagaimana bisa anak-anak belajar bahasa program yang ruwet dan njlimet itu?
Coding untuk anak-anak tentunya akan dibuat sangat sederhana ya, teman. Anak-anak dapat membuat suatu game, animasi, menggerakkan robot, dan membuat suatu aplikasi sederhana.
“Didiklah anak sesuai dengan zamannya karena mereka hidup pada zamannya bukan pada zamanmu”- Ali Bin Abu Thalib. 
Sesuai dengan nasihat Ali Bin Abu Thalib, kita sebagai orangtua sebaiknya mengajarkan anak- anak sesuai dengan kepentingan masa yang akan datang, bukan masa kini apalagi masa lalu.

Sedangkan anak-anak kita hidup di zaman teknologi digital yang mana mereka dikelilingi oleh ponsel pintar, video game, hiburan video, website, dan bahkan robot.

Ketika zaman berubah tentu tantangannya pun berubah, baik itu tantangan untuk bertahan hidup, tantangan dalam pergaulan, tantangan dalam menuntut ilmu serta tantangan-tantangan lainnya.

Jadi jika anak kita memang tertarik pada coding, tidak ada salahnya kan kita arahkan dan fasilitasi?? Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat kursus coding anak Jakarta yang paling banyak dipilih, teman. Simak, yuk?!

8 Rekomendasi Tempat Kursus Coding Anak Jakarta

Sebenarnya banyak sekali pilihan kursus coding anak Jakarta, hampir di setiap wilayah ada. Rekomendasi dibawah ini adalah tempat yang menjadi pilihan teratas di mesin pencarian, teman. Berikut daftarnya:

1. Coding Bee Academy

Coding Bee Academy adalah sekolah coding khusus untuk anak berusia 5-18 tahun yang mengajarkan Ilmu Komputer, kemampuan coding/pemrograman, dan STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics) dalam lingkungan yang menyenangkan dan mudah diakses oleh anak.

Program dari mereka dapat mengajarkan anak di semua tingkat keahlian, dan memproses melalui beragam bahasa, mulai dari bahasa pemrograman visual hingga bahasa berbasis teks seperti Python, Java, Javascript, dan lainnya.

Anak juga akan belajar membuat game, animasi, perangkat lunak, aplikasi seluler, dan banyak lagi teknologi lainnya.

Coding Bee Academy memiliki banyak cabang di Jakarta, antara lain berlokasi di Pondok Indah, Kebayoran Baru, Kelapa Gading, Permata Hijau, Kemang, Puro dan PIK Campus.

Lokasi Head Office: Ruko Golf Island, Theme Park Block D No. 27, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Kontak: 081288481182 (WA)
Program yang tersedia:
TK, SD, SMP dan SMA
Kisaran biaya: Mulai dari Rp2.550.00 per 3 bulan

2. Koding Next Indonesia

Koding Next Indonesia merupakan sekolah pemrograman yang beroperasi di Asia Tenggara, termasuk Jakarta dan Bali.

Program pembelajaran di Koding Next Indonesia terbagi atas tiga kelas yang disesuaikan dengan umur pesertanya.

Pertama ada Little Koders, yaitu kelas belajar pemrograman yang dikhususkan untuk anak-anak usia 4-8 tahun. Kelas ini dibagi atas dua subgrup sesuai umur, yaitu usia 4-6 tahun dengan durasi belajar 45 menit setiap sesi.

Kemudian juga ada untuk usia 6-8 tahun dengan durasi belajar 60 menit setiap sesi. Pada kelas ini anak akan belajar bahasa pemrograman melalui berbagai game tentang programming dalam bentuk aplikasi hingga robot, dan ada juga games & math.

Selanjutnya, Junior Koders, program ini untuk anak yang berusia 8-16 tahun. Pada kelas ini, anak mama akan diperkenalkan dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton dan Java Script.

Koding Next Indonesia mempunyai lima cabang yang berada di Pluit, Pantai Indah Kapuk dan Kelapa Gading, Jakarta.

Lokasi Head Office: The Mansion Bougenville, Tower Fontana, Jl. Trembesi, Pademangan Tim., Kec. Pademangan, Jakarta Utara
Kontak: (+62) 21 2260 4616
Program yang tersedia:
Little Koders (4-8 tahun)
Junior Koders (8-16 tahun)
Kisaran biaya: 6 – 8 juta (untuk 20 kali pertemuan, dengan rentang waktu 5-6 bulan)

3. DUMET School

DUMET School merupakan tempat kursus website, digital marketing, dan desain grafis yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta dan Depok.

Materi pemrograman komputer khusus dapat dimulai dari anak usia 8 hingga 12 tahun, dengan sistem pembelajaran yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Untuk programnya, di sini tersedia 1 program Premium yang dibanderol dengan harga Rp.3.850.000. Harga ini termasuk pelatihan membuat game interaktif, dasar-dasar bagaimana sebuah program atau game bisa berjalan menggunakan baris kode, dan melatih cara berpikir anak agar lebih terstruktur.

Selesai kursus di DUMET School, anak akan bisa membuat hasil karya game sederhana sendiri dan lebih mudah menguasai bahasa program lain karena berbagai bahasa program pasti memiliki konsep yang sama

DUMET School juga mempunyai lima cabang yang berada di Grogol, Kelapa Gading, Srengseng, Tebet, dan Depok.

Lokasi Head Office: Ruko Permata Regensi Blok B-18, Jalan Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat.
Kontak: 081-299-333-913
Program yang tersedia:
Coding for Kids (8-12 tahun)

4. Clevio Coder Camp

Clevio Coder Camp adalah tempat kursus coding anak Jakarta yang mengajak anak bermain dan belajar membuat game dan aplikasi mobile yang mengedukasi.

Di sini anak tidak cuma belajar coding, tapi juga menerapkan cara belajar supaya bisa mengembangkan karakter dan soft skills. Anak juga akan dilatih untuk menjadi individu yang memahami diri sendiri dan lingkungan.

Programnya juga tersedia mulai dari anak kelas 1 SD hingga SMA, yang dilakukan secara online. Cocok nih untuk orangtua dan anak yang memiliki kesibukkan sehingga tak sempat untuk datang langsung ke tempat kursus.

Lokasi Head Office: Jl. Lamandau I No.45, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Kontak: 0812-1286-0444
Kisaran biaya: Dimulai dari Rp 100.000-150.000,-

5. Code Starter Purwadhika

Tempat kursus coding anak Jakarta lainnya adalah Code Starter yang didirikan oleh Purwadhika Startup and Coding School. Di Code Starter ini ada 3 kategori grup yang disesuaikan dengan umur Superkids, yaitu Starter 1 (5-7 tahun), Starter 2 (8-11 tahun), dan Starter 3 (11-16 tahun).

Dengan mengikuti program ini, anak-anak dapat belajar banyak hal yang berkaitan dengan perkembangan teknologi mulai dari Digital Marketing, Animasi, Coding Fundamental, Game Development, Mobile App Development, Robotic, dan lainnya.

Lokasi Head Office: Sinarmas MSIG Tower 40th Floor, Sudirman, Jakarta Selatan.
Kontak: 0813-1756-1161

6. Coding Camp.ID

Coding Camp.ID adalah tempat kursus coding anak Jakarta dari usia 9-16 tahun, yang dibagi menjadi dua program yaitu, Junior Class (9-12 tahun) dan Teen Class (12-16 tahun), dan bisa diikuti secara online atau offline class.

Untuk Junior Class, anak akan belajar Scratch, yang merupakan program coding paling dasar untuk anak dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Program scratch ini unggul karena berbasis animasi, klasifikasi warna, dan penggolongan kode fungsi yang mudah dimengerti.

Selain itu juga ada MIT APPINVENTOR, yang merupakan platform buatan MIT untuk membuat aplikasi di hp android tanpa harus menggunakan bahasa pemrograman yang sebenarnya. Coding ini dilakukan dengan sistem Drag and drop seperti di program scratch.

Lokasi Head Office: Plaza Kemang 88, lantai 2, Jl. Kemang Raya, RT.10/RW.2, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Jakarta Selatan.
Kontak: 0856-9284-8879

7. Rumah Coding

Rumah Coding juga merupakan salah satu tempat kursus coding anak Jakarta. Di sini, anak dapat belajar coding dari usia TK hingga SMP.

Program Kelas Zahran (TK) dapat mengajarkan anak dasar-dasar ilmu komputer dan keamanan internet, membuat aplikasi, game atau cerita animasi. Di antara materi yang dipelajari adalah sequence, loops, dan events.

Kelas Zahran ini lebih cocok untuk anak-anak yang belum bisa membaca. Belajar coding dengan menggunakan blok kode dan karakter-karakter yang menarik sehingga coding terasa menyenangkan untuk anak-anak.

Selanjutnya ada Kelas Zhafir (SD) di mana anak akan belajar membuat program aplikasi dan game dengan menggunakan konsep sequence, binary, loops dan events.

Tak hanya itu, anak juga akan belajar bagaimana menganalisa sebuah masalah dan kemudian menyusun sebuah solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Sambil belajar, anak akan belajar membuat sebuah project game seperti Angry Bird, Maze, Treasure, dll.

Lokasi: Komunikopi Graha Gizi
Jl. Tebet Barat 1 RT.4/RW.2, Tebet Barat, Jakarta Selatan
Kontak: (021) 77803574
Program yang tersedia: TK, SD dan SMP
Kisaran biaya: Mulai dari Rp250.000/bulan. Program dilaksanakan 3 bulan, dengan durasi pertemuan, seminggu 1 kali.

8. KodeKiddo

Kodekiddo ini adalah tempat belajar coding yang interaktif dan seru untuk pemula seperti anak-anak. Menariknya, kantor pusat Kodekiddo ini berada di Silicon Valley USA, lho!

Namun mereka cabang di Permata Buana (Jakarta Barat), Kelapa Gading (Jakarta Utara), Pondok Indah (Jakarta Selatan). Pantai Indah Kapuk (Jakarta Utara).

Di sini anak-anak bisa belajar dengan kelas kombinasi antara personalized learning, di mana setiap anak mempunyai akun untuk login dan tracking program dan status pelakaran lewat dashboard yang bisa diakses lewat internet.

Serta group challenges, di mana program ini adalah untuk melatih kerja sama dan menerapkan konsep untuk memecahkan masalah, mengutamakan coding, kolaborasi, dan kreativitas.

Lokasi: Jl. Raya Boulevard Barat, Ruko Inkopal Blok C33A, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Kontak: 0812 4846 4447 (WA)
Program yang tersedia:
Kelas Introduction to Coding : Rp 350000 – 450000 / bulan
Kelas Coding for SD : Rp 500000 – 870000 / bulan
Kelas Coding for SMP : Rp 575000 – 1000000 / bulan
Kelas Coding for SMA : Rp 650000 – 1100000 / bulan

Nah, itu dia 8 daftar pilihan tempat kursus coding anak Jakarta. Selanjutnya, yuk simak apa saja manfaat coding untuk anak.

Manfaat Coding untuk Anak

Meski kesannya bahasa program itu rumit, tetapi banyak sekali lho manfaatnya. Khususnya untuk anak-anak yang mempelajarinya. Setelah mencari tahu tempat kursus coding anak Jakarta, kini saatnya mencari tahu manfaat apa saja yang diperoleh dari belajar coding untuk anak-anak.

1. Anak-anak belajar pemikiran komputasional

Manfaat coding untuk anak salah satunya bisa belajar pemikiran komputasional. Ketika anak-anak belajar membaca dan menulis kode, mereka mengembangkan keterampilan kognitif dan mempelajari proses pemecahan masalah yang metodis yang menyerupai komputer.

Prosesnya melibatkan penggunaan abstraksi dan pengenalan pola untuk mewakili masalah dengan cara baru dan berbeda, mengorganisir dan menganalisis data secara logis, memecah masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, mengidentifikasi dan menciptakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memecahkan masalah, menjalankan prosedur, menganalisis hasil dan menentukan apakah hasilnya menghasilkan jawaban yang dapat diterima.

Pemikiran komputasional dapat diterapkan pada situasi lain selain pengkodean, karena ini adalah cara berpikir yang memecahkan masalah praktis.

2. Anak-anak belajar menggunakan logika

Manfaat berikutnya dari belajar coding adalah anak-anak belajar menggunakan logika. Pemikiran logis diperlukan untuk pengkodean. Ini terdiri dari merumuskan prosedur langkah demi langkah untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini melibatkan penggunaan ekspresi, seleksi, iterasi, kondisional dan pernyataan dan kalimat logis lainnya.

Tidak hanya untuk pengkodean, memiliki pemikiran logis juga menjadi bekal anak untuk menghadapi masalah di dunia nyata. Sehingga anak bisa membedakan mana yang baik dan benar dan juga sesuatu yang tidak palsu.

3. Anak-anak belajar pemecahan masalah

Manfaat coding untuk anak selanjutnya yaitu belajar memecahkan masalah. Coding mengajarkan anak-anak untuk memecah masalah kompleks menjadi beberapa komponen.

Teknik pemecahan masalah ini dapat ditransfer ke banyak bidang lain. Misalnya, para ilmuwan memecahkan masalah dengan membentuk hipotesis dan secara sistematis menguji hipotesis ini satu per satu. Mekanik mobil mendiagnosis masalah mobil dengan mengganti satu bagian pada satu waktu untuk mengisolasi bagian yang bermasalah.

Dalam pengkodean, seorang programmer mencari tahu bug dengan menghasilkan hipotesis cerdas dan mengutak-atik bagian kodenya satu per satu untuk menguji mana yang memecahkan masalah.

Anak-anak belajar bagaimana sesuatu bekerja, dan menciptakan sesuatu yang bekerja. Coding mengajarkan anak-anak bagaimana membangun, menggunakan sebab dan akibat untuk membuat sesuatu bekerja, dan menyesuaikannya untuk tujuan spesifiknya.

4. Anak-anak belajar mengantisipasi dan menghindari masalah

Manfaat coding juga membantu anak untuk belajar mengantisipasi dan menghindari masalah. Dalam pemrograman, anak-anak belajar bagaimana “menangani kesalahan”, yaitu mengantisipasi masalah yang mungkin akan muncul, dan menulis kode yang benar yang akan mencegah seluruh program mogok ketika kesalahan terjadi.

5. Anak-anak belajar pemikiran struktural

Manfaat coding juga membantu anak untuk belajar pemikiran struktural. Anak-anak belajar bagaimana membuat potongan-potongan kecil untuk ditambahkan ke solusi.

6. Anak-anak belajar berpikir algoritmik

Berpikir algoritmik adalah kemampuan untuk menentukan langkah-langkah yang jelas untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan tugas. Ini melibatkan konsep komputasi seperti pengulangan, pengurutan, dan logika kondisional.

Anak-anak menggunakan algoritma sepanjang waktu, tanpa menyadarinya, terutama dengan matematika (seperti memecahkan masalah pembagian panjang) dan sains. Pemikiran algoritmik memungkinkan anak-anak untuk memecahkan masalah dan memikirkan solusi sebagai prosedur langkah demi langkah.

7. Anak-anak melatih kreativitas, dan dengan cara yang menyenangkan, belajar membuat hal-hal yang berhasil

Anak-anak menyukai teknologi, dan “secara ajaib” menciptakan hal-hal yang berkaitan dengan apa yang mereka sukai memberi mereka motivasi alami. Belajar coding mendorong anak-anak untuk melatih imajinasi mereka dan berimprovisasi ketika sumber daya mereka terbatas. Juga, ketika mereka mampu menciptakan sesuatu yang berhasil, coding memberi anak-anak rasa pencapaian dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

8. Coding menunjukkan matematika dalam tindakan

Coding menunjukkan kepada anak-anak aplikasi praktis matematika, dan mengapa itu sangat penting. Pernyataan pengkodean biasanya berisi ekspresi matematika yang perlu diselesaikan agar program dapat bergerak maju.

Pengkodean dapat membuat anak-anak menemukan hasrat seumur hidupnya, dan dapat membantunya menentukan karier masa depannya. Pemrograman komputer dapat menjadi salah satu profesi yang paling cepat berkembang dan paling menarik dalam beberapa dekade mendatang, dengan perkembangan kecerdasan buatan, pembelajaran mesin , penambangan data, dan robotika.

Anak-anak yang terpapar coding dapat mengembangkan cinta atau bahkan hasrat untuk itu, dan menemukan bahwa itulah yang ingin dia lakukan dalam hidup.

9. Anak-anak belajar ketekunan

Anak-anak belajar untuk bertahan jika apa yang mereka ciptakan tidak berhasil. Mereka dipaksa untuk menganalisis apa yang tidak berfungsi, mengapa tidak berfungsi, dan mencari cara untuk memperbaikinya sampai berhasil.

10. Coding mendorong anak-anak untuk berpikir di luar kebiasaan

Coding mengirimkan pesan kepada anak-anak bahwa mereka dapat membuat apa saja dari nol jika mereka ingin mengerjakannya. Dengan coding, mereka dapat meregangkan apa yang mungkin. Ini mendorong kemajuan umat manusia, dan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan

Penutup

Ada banyak pilihan tempat kursus coding anak Jakarta, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anak dan keluarga. Misalnya, level belajar atau kategori usia, jarak tempuh dari rumah, jadwal yang sesuai, dan juga harga kelas.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari belajar coding. Jika anak kalian memiliki minat dan tertarik pada coding, tidak ada salahnya mencoba kelas trial, teman.
Semoga bermanfaat! :)














Sumber:
https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/tempat-kursus-coding-anak-di-jakarta
https://www.superkidsindonesia.com/super-fun/technology/7-tempat-les-coding-di-jakarta/
https://mommiesdaily.com/2022/04/19/6-rekomendasi-tempat-les-coding-anak-dan-perkiraan-biayanya
https://chiscyberschool.com/manfaat-coding-untuk-anak-dan-siswa/#:~:text=Manfaat%20coding%20untuk%20anak%20dan%20siswa%20bisa%20membuat%20Anak%20%E2%80%93%20anak,yang%20metodis%20yang%20menyerupai%20komputer.

Related Posts

Post a Comment