Iklan

Header

Biaya Ganti LCD iPhone X Jutaan? Cek Disini!

Post a Comment
Konten [Tampil]
 
Biaya ganti lcd iPhone X
IPhone X adalah generasi ke-11 dari iPhone yang rilis pada 3 November 2017. IPhone X memiliki layar Super Retina 5,8 inchi. Nah, kira-kira berapa ya biaya ganti LCD iPhone X?? 

Bagi kalian pengguna iPhone dengan LCD yang masih aman, pasti penasaran juga kan berapa kisaran biaya ganti LCD iPhone X yang kalian miliki. Dari sini kalian juga bisa mengira-ngira berapa biaya ganti LCD tipe iPhone di atas iPhone X.

Sebelum membahasa kisaran biaya ganti LCD iPhone X, kita bahas dulu yuk, mengapa iPhone X banyak diminati?

Banyak sekali keunggulan dan fitur menarik yang dimiliki iPhone 11 dan sudah ada di iPhone X. Serta tentunya, iPhone X kini jauh lebih murah. Selain itu. Lini Iphone X mempunyai bentuk dan desain yang serupa dengan iPhone 11. Hanya berbeda pada desain kamera, dimana iPhone 11 Pro memiliki tiga kamera atau yang dikenal dengan kamera boba.

Alasan lainnya adalah performa iPhone X masih mumpuni dengan kualitas kamera dan layar yang jernih karena menggunakan layar Oled. Nah, buat kalian pengguna iPhone X, apa alasan kalian memilih iPhone X ini, teman? Coba share di kolom komentar ya!

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa iPhone X masih dilirik dan laku di pasaran, kini saatnya kita cari tahu berapa kira-kira biaya ganti LCD iPhone X?

Biaya Ganti LCD iPhone X Terbaru

Ada dua varian yang dimiliki iPhone X, yaitu  varian 64 GB dan 256 GB. Harga saat rilis 5 tahun lalu adalah mulai dari Rp 13,6 juta untuk varian 64 GB dan Rp 15,6 juta untuk varian 256 GB. 

Sedangkan di tahun 2023 ini iPhone X varian 64 GB mulai dari 9-11 Juta dan 256 GB mulai dari 12-14 juta. Lalu berapa biaya ganti LCD iPhone X terbaru tahun 2023?

Pada tahun rilisnya iPhone X, biaya ganti LCD berkisar hingga Rp 3,6 juta. Sedangkan biaya di tahun 2023 ini berkisar Rp 2 juta hingga 2,3 juta. Berikut table kisaran biaya ganti LCD iPhone X series pada layanan non resmi:


Series

Biaya Ganti LCD

Iphone X

Rp 2 – 2,3 juta

Iphone XR

Rp 1,3 – 1,6 juta

Iphone XS

Rp 1,5 – 1,8 juta

Iphone XS Max

Rp 2,5 – 3 juta



Namun jika kalian ingin mengganti LCD iPhone X kalian pada layanan resmi, Apple memiliki iBox Apple Authorized Service Provider (AASP).

AASP adalah sebuah layanan service center Apple, yang dikelola oleh iBox Indonesia dan telah tersebar di kota besar. Nah, jika perangkat iPhone kalian mengalami masalah kerusakan dan masalah lainnya, kalian bisa mengunjungi AASP iBOX terdekat di kota kalian. 

Kalian juga bisa melakukan reservasi service terlebih dahulu, melalui website resmi ibox.co.id secara online. Sehingga kalian bisa mengetahui berapa kisaran biaya ganti layar LCD iPhone X di AASP. Selain itu, jika kalian melakukan reservasi online sebelumnya otomatis kalian terdaftar untuk layanan service dan tidak perlu antri lama, deh!

Tips Membeli iPhone Bekas

Apple memang menjadi brand favorit dan terkesan mewah di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, tidak sedikit pengguna IPhone yang mengetahui dan menggunakan fitur canggih iPhone. Kebanyakan meraka memilih iPhone hanya karena lifestyle, trend dan gengsi. So, untuk kalian yang ingin membeli iPhone bekas coba lakukan tips-tips berikut ini sebelum membeli:
 
Tips membeli iPhone bekas

1. Memastikan iPhone Bisa Menyala

Tips membeli iPhone bekas paling penting adalah memastikan apakah ponsel bisa menyala dengan benar atau tidak.

Coba matikan iPhone bekasmu dan nyalakan lagi dengan menekan tombol Power. Cek apakah ponsel bisa masuk ke layar Home saat selesai melakukan booting.

Ga mungkin dong, kita beli iPhone yang tidak bisa hidup?! Hehe. 

2. Mengecek Apple ID telah Kosong

Untuk bisa mengoperasikan iPhone, Apple ID atau akun pengguna sangatlah penting. Karena tiap iPhone hanya bisa memasukkan satu Apple ID yang terdiri dari username dan password.

Oleh karena itu, jika kamu membeli iPhone bekas pastikan Apple ID nya sudah kosong. Jangan sampai kalian tidak bisa mengakses dan menggunakan iPhone kalian karena kesulitan username dan password Apple ID, ya! Untuk mengeceknya, kalian bisa klik menu Pengaturan. 

3. Periksa Bodi iPhone secara Menyeluruh

Cara cek iPhone bekas berikutnya adalah periksa bodi iPhone yang dijual. Cek bagian bezel dan punggung iPhone, pastikan tidak ada yang retak, lecet, atau pecah.

Jika terjadi kerusakan di area bodi, kemungkinan besar iPhone bekas pernah terbentur benda yang keras. Hal ini bisa saja memengaruhi komponen dalam iPhone dan membuat ponsel mudah rusak.

4. Mengecek Semua Tombol iPhone

Tips berikutnya adalah memastikan semua tombol pada ponsel berfungsi dengan baik. Karena banyak tombol yang bisa kamu temukan dalam iPhone, seperti tombol Volume, Silent, Home (untuk iPhone model Touch ID), dan Power.

Tekan satu persatu tombol tersebut, pastikan semuanya berfungsi dengan normal.

5. Cek Hardware iPhone

Sebelum membeli iPhone bekas, pastikan juga untuk memeriksa apakah ada kerusakan atau tidak pada hardware. 

Periksa keseluruhan bodi gawai, charger, earphone, dan perangkat lain yang menyertai iPhone bekas yang akan dibeli. 

Pastikan semua perangkat dapat berfungsi dengan normal karena mengganti perangkat yang rusak membutuhkan harga yang cukup mahal.

6. Cek Activation Lock

Tips membeli iPhone bekas berikutnya adalah mengecek activation lock. Fitur activation lock pada iPhone berfungsi untuk mencegah orang lain menggunakan perangkat ketika kita kecopetan atau menghilangkan ponsel.

Activation lock akan aktif ketika pengguna sebelumnya menggunakan fitur Find My iPhone dan kamu tidak bisa menonaktifkannya tanpa Apple ID milik pengguna sebelumnya. Jadi kembali lagi poin no. 2 sangat penting, ya! 

7. Pastikan Baterai iPhone Bekerja dengan Baik

Masalah yang kerap kali terjadi pada pembeli iPhone bekas adalah baterai gawai yang sangat boros. Tidak hanya untuk iPhone, tapi untuk semua merk ponsel pintar bekas. 

Memeriksa kesehatan baterai ponsel sangatlah penting. Karena jika baterai boros maka akan sangat mengganggu, bukan?

Cara untuk mengecek apakah baterai iPhone masih berfungsi dengan normal adalah dengan masuk ke settings > battery > battery health lalu cek maximum capacity. Jika angka semakin mendekati 100 persen, maka baterai iPhone masih baik kualitasnya.

8. Tes Semua Bagian iPhone

Jangan ragu untuk mengecek semua bagian dan fitur pada iPhone bekas sebelum membeli. Mulai dari memeriksa layar iPhone dengan memasuki Notes atau Setting, pastikan semua layar berwarna putih tanpa rona pink dan pastikan pula touchscreen berfungsi dengan mulus.

Kemudian lakukan pengecekan berikut ini:
  1. Pastikan semua port yang ada pada iPhone seperti earphone dan charging dapat berfungsi dengan baik.
  2. Tes kamera iPhone, pastikan kualitasnya fotonya baik dan tidak ada goresan di lensa.
  3. Tekan tombol home, kunci, volume, dan touch ID pada iPhone untuk memastikan fungsinya.
  4. Tes speaker dan mikrofon iPhone melalui aplikasi Voice memo dan Siri.

9. Hindari Membeli Varian iPhone yang Lama

Tips membeli iPhone bekas berikutnya yang harus diperhatikan adalah memastikan iPhone yang kamu inginkan bukanlah termasuk varian lama.

Jika membeli iPhone varian lama, teknologi yang berada di gawai sudah sangat jadul, sehingga akan sulit dijual lagi dan beberapa aplikasi baru tidak bisa kamu gunakan di iPhone bekasmu.

Selain itu, pastikan iPhone yang ingin kamu beli masih dapat diperbarui iOS-nya, sehingga kamu dapat menikmati fitur terbaru dari Apple.

10. Pastikan iPhone Bukan Hasil Curian

Jangan hanya tergiur dengan harga mirah. Pastikan iPhone bekas yang akan dibeli bukan hasil curian ya, teman. Untuk mengetahuinya, berikut adalah cara untuk mengecek asal-usul iPhone milikmu:
  1. Masuk ke setting>general>about.
  2. Cek nomor IMEI yang tertera.
  3. Masuk ke situs Stolen Phone Checker dan masukkan nomor IMEI.
  4. Situs akan memberikan keterangan apakah pernah ada pelaporan iPhone tersebut hilang atau tidak.

11. Pilih iPhone dengan Kapasitas sesuai Keinginan

iPhone adalah salah satu yang hanya mengandalkan memori internal. Sehingga untuk memilih varian iPhone pastikan kalian membeli kapasitas memori yang sesuai dengan kebutuhan. 

12. Beli iPhone yang Masih Bergaransi

Pastikan iPhone bekas yang ingin dibeli masih memiliki garansi sekitar 2-3 tahun. iPhone hanya menawarkan iPhone garansi regional yang artinya kalian dapat mengklaim garansi tempat perangkat tersebut rilis, Property People.

Kamu dapat mengecek garansi iPhone bekas pada dus belakang bagian kiri bawah

Cara Merawat iPhone agar Awet

Setelah mencari tahu kisaran biaya ganti LCD iPhone X dan tips membeli iPhone bekas. Kini saatnya aku membagikan cara merawat iPhone agar awet dan tahan lama. Berikut cara-cara yang bisa kalian lakukan:

1. Lindungi Bodi iPhone dengan Case dan Pelindung Layar

Tips pertama supaya iPhone awet adalah pergunakan case dan pelindung layar untuk melindungi bodi HP. Case ini menjaga iPhone dari aneka benturan terutama saat terjatuh atau terbentur benda keras. Hal yang sama berlaku bagi pelindung layar.

Tempered glass atau pelindung layar mengurangi risiko layar pecah atau retak saat terjatuh. Oleh karena itu, simpanlah iPhone kalian di tempat yang benar-benar aman supaya tidak mudah jatuh. 

Nah, supaya lebih aman, kini tersedia banyak pilihan case mulai dari bahan hingga motif yang bagus dan unik, lho! Selain berfungsi sebagai pelindung, case juga bisa menambah kemewahan iPhone kalian. 

2. Gunakan Pengisi Baterai yang Asli

Ada banyak alasan kenapa pengguna iPhone disarankan untuk menggunakan pengisi daya atau charger yang asli. Hal ini untuk menghindari adanya korsleting dan menjaga agar baterai dan komponen iPhone tetap awet.

Pengisi daya abal-abal biasanya tidak memiliki hitungan arus yang sesuai dengan perangkat. Hindari juga melakukan pengisian daya menggunakan sumberdaya yang rendah seperti powerbank atau port usb charger.

3. Jangan Pergunakan iPhone Ketika Diisi Daya

Mengoperasikan ponsel saat sedang diisi daya rawan mengakibatkan korsleting. Selain itu pengisian daya sambil melakukan kegiatan game online atau streaming lainnya yang cukup berat bisa membebani kinerja baterai iPhone.

Kinerja baterai yang berlebihan dapat mengakibatkan baterai panas, sehingga berakibat pada menurunnya kualitas komponen iPhone. Dampak jangka panjangnya adalah membuat baterai cepat soak alias rusak karena turun daya.

Maka dari itu matikan atau jangan gunakan ponsel saat melakukan pengisian daya supaya baterai iPhone lebih tahan lama.

4. Isi Daya Baterai Apabila mencapai Angka 20%

Tips selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan baterai iphone adalah segera mengisi ulang apabila daya baterai mencapai angka 20%. Disarankan untuk mengisi daya iPhone maksimal 80% saja, jangan sampai 100%.

Saat melakukan pengisian daya, lepaskan case pelindung bodi untuk mengurangi panas pada perangkat iPhone. 

5. Pergunakan Pengatur Kecerahan Otomatis dan Mode Daya Rendah

Salah satu cara untuk menghemat baterai iPhone, terlebih saat baterai mulai lemah. Silahkan gunakan pengaturan kecerahan otomatis.

Pengaturan ini akan membuat layar menyesuaikan tampilan kecerahan berdasarkan cahaya yang ada di ruangan.

Biasanya di tempat gelap atau saat malam hari, layar ponsel otomatis akan menambah kecerahan supaya tampilan teks dan gambar di layar lebih jelas terlihat. Begitupun sebaliknya saat kondisi cahaya terang. 

Tips lain yang bisa digunakan untuk menghemat baterai adalah menggunakan mode daya rendah.

6. Selalu Update Sistem iOS ke Edisi Terbaru

Alasan vendor Apple seringkali memperbarui sistem iOS adalah untuk menambal lubang-lubang keamanan yang terjadi serta mengoptimalkan kinerja handset iPhone.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan update ke iOS terbaru supaya ponsel  semakin optimal kinerjanya dan tentunya lebih awet karena tidak gampang rusak.

Ingat, update sistem operasional iPhone di App Store yang resmi. Ada banyak bahaya mengintai dari sisi keamanan data apabila melakukan update bukan dari App Store yang resmi dari Apple.

7. Hindarkan iPhone dari Suhu Tinggi dan Air

iPhone sangat rentan terhadap suhu yang terlalu panas, maka dari itu hindari menggunakan ponsel ini terlalu lama pada suhu ruangan yang panas. 

Suhu yang tinggi juga menjadi penyebab kenapa baterai iPhone menjadi cepat menurun kondisinya, atau bahkan membuat iPhone mati secara tiba-tiba.

Hindari menggunakan iPhone di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama. Atau bahkan meletakkan iPhone di dashboard mobil yang kerap terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama.

Sebagai pengingat, walaupun iPhone dibekali fitur tahan terhadap air, akan sangat baik apabila tidak menjauhkan iPhone dari tempat yang berair untuk mengurangi risiko kerusakan.

8. Rutin Membersihkan Ponsel iPhone

Tips terakhir yang bisa kalian lakukan supaya iPhone tetap awet dan tidak gampang rusak adalah rajin membersihkan iPhone setiap beberapa minggu sekali.

Selain membersihkan bagian luar atau bodi iPhone, bersihan juga file-file sampah yang tertinggal di dalam sistem iPhone. Kalian juga bisa melakukan penyegaran layar setiap waktu dan secara rutin. 


Kesimpulan

Kisaran biaya ganti LCD iPhone X rata-rata masih jutaan rupiah. Untuk harga detailnya, tergantung series iPhone X. Biaya ganti LCD iPhone X mulai dari Rp 1 juta hingga 3 juta di layanan non resmi. 

Semoga bermanfaat! 











Sumber referensi:
Biaya Service LCD iPhone X, Ternyata Tidak Mahal! (wefixit.id)
Service LCD iPhone X Jaminan Fungsi True Tone 100% | otakatik.co.id
Biaya Service iPhone mulai dari Ganti Baterai, LCD, hingga Kamera! (cekaja.com)
Jasa Service iPhone, iPad, Macbook, iMac Terpercaya - iColor
Inilah Harga Ganti Layar LCD iPhone X dan Biaya Servisnya - Blogiztic
5 Alasan Mengapa iPhone Paling Layak Beli Adalah iPhone X | merdeka.com
12 Tips Membeli iPhone Bekas agar Tidak Tertipu Penjual (99.co)

Related Posts

Post a Comment