Header

Biaya Service Laptop Kena Air Mulai Dari 300Rb

Post a Comment
Konten [Tampil]
 
Biaya service laptop kena air
Hai, teman! 
Siapa nih yang kesehariannya tidak lepas dari laptop? Pernah ga sengaja laptop kalian kena air? Apakah laptop akan rusak? Berapa sih biaya service laptop kena air itu, teman? 

Laptop adalah salah satu alat elektronik yang dapat bekerja menggunakan daya listrik. Karena membutuhkan daya listrik, maka satu-satunya kelemahan adalah jika terkena air maka dapat menimbulkan korslet. 

Setelah tulisan sebelumnya membahas kisaran harga service layar laptop blank putih, kali ini aku akan mengumpulkan informasi berapa kisaran biaya service laptop kena air. Karena tidak dipungkiri, masalah ini akan kita temui suatu saat nanti.

Apalagi jika kalian pengguna laptop dalam keseharian, entah untuk bekerja, mengerjakan tugas atau hanya streaming, nge-game dan nonton film. Pasti setidaknya ada minuman di sekitar laptop kan?? Nah, salah satu contoh yang sering terjadi adalah ketika minuman tak sengaja tumpah dan mengenai bagian atas laptop, terutama pada keyboard.

Jika mengalami hal tersebut atau untuk berjaga-jaga, mari kita cari tahu berapa kisaran biaya service laptop kena air. Apakah masih terjangkau? Atau jangan-jangan seharga laptop bekas???

Biaya Service Laptop Kena Air

Laptop yang basah terkena air berpotensi rusak tergantung seberapa banyak air yang membasahi laptop, komponen apa saja yang terkena air dan seberapa lama laptop dalam kondisi basah. Sebelum masuk ke informasi biaya service laptop kena air, berikut komponen laptop yang kemungkinan rusak jika terkena air.

Komponen yang mungkin rusak

1. Papan Motherboard

Komponen yang paling rentan ketika laptop kena air adalah bagian mesin atau motherboard. Perangkat ini merupakan bagian utama serta paling penting dengan berisikan komponen-komponen kecil.

Oleh karena itu, biaya service laptop kena air akan sangat mahal jika kerusakan ada pada motherboard. Karen jika komponen ini rusak, laptop akan mengalami korsleting dan tidak bisa digunakan atau mati total.
Komponen rusak saat laptop kena air


2. RAM

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen yang sangat vital. Fungsi RAM sendiri memproses data yang masuk ke memori. Dalam kata lain, tempat untuk menyimpan data sementara ketika laptop sedang dijalankan dan dapat diakses secara acak.

Fungsi RAM akan bekerja maksimal tergantung pada kapasitas dan kecepatan akses datanya. Semakin besar RAM yang dipasang, semakin cepat komputer bekerja. Jika komponen ini rusak dan tak terselamatkan, maka otomatis data yang tersimpan akan hilang.

3. Prosesor

Prosesor memiliki 3 tugas dasar, yaitu menggunakan ALU untuk melakukan operasi matematis, memindahkan dara dari satu lokasi memori ke lokasi lain dan mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain.

Sederhananya, Prosesor akan menerima perintah masuk “input” dari keyboard, mouse atau penginput data lain yang terhubung dengan laptop. Setelah itu menerjemahkan perintah tersebut untuk kemudian teruskan outputnya ke hardware atau software terkait. Maka jika komponen ini rusak, maka laptop tidak akan bekerja dengan baik.

4. Touchpad

Touchpad berfungsi sebagai alat navigasi yang memudahkan kita untuk menggerakkan kursor pada laptop. Jika ini rusak, pasti akan sangat mengganggu. Solusinya mungkin kalian akan membutuhkan mouse sebagai pengganti fungsi touchpad.

5. Keyboard

Biasanya jika laptop terkena air atau ketumpahan air, yang sering terkena pertama kali adalah keyboard laptop. Seperti yang kita tahu fungsi keyboard pada laptop, jika ini rusak maka laptop tidak bisa digunakan untuk mengetik dan digunakan. 

6. Kipas pendingin

Jika laptop kena air dan mengenai kipas pendingin, sebenarnya jika komponen ini tidak diganti itu tidak maslah. Hanya saja biasanya akan korosif dan lama kelamaan akan rusak juga. Jadi mending diganti langsung atau nunggu rusak, teman? 

7. LCD

Jika air sudah masuk kedalam LCD, biasanya tampilan layar akan terganggu.

Harga komponen dan biaya service

Setelah mengetahui beberapa komponen yang rentan rusak saat laptop kena air, berikut adalah estimasi biaya service laptop kena air berdasarkan jenis komponen yang rusak:


Jenis Kerusakan

Estimasi Biaya

Install ulang

Rp 50.000 – Rp 100.000

Ganti LCD

Rp 700.000 – Rp 1.500.000

Ganti Speaker

Rp 200.000 – Rp 500.000

Ganti RAM

Rp 300.000 – Rp 800.000

Ganti Keyboard

Rp 300.000 – Rp 500.000

Perbaikan Hardisk

Rp 600.000 – Rp 800.000

Ganti Baterai

Rp 150.000 – Rp 500.000

Perbaikan DVD

Rp 180.000 – Rp 250.000

Ganti Chipset

Rp 500.000 – Rp 700.000

Ganti Motherboard

Rp 700.000 – Rp 3000.000

Ganti Kipas

Rp 100.000 – Rp 200.000



Tentunya estimasi harga di atas berbeda-beda tergantung merk dan daerah masing-masing. Biaya service laptop kena air bisa kalian kira-kira berdasarkan estimasi harga di atas plus biaya jasanya juga ya, teman.

Untuk meminimalisir biaya service laptop kena air, terdapat beberapa langkah yang bisa kalian lakukan jika laptop kalian terkena air.

Cara Mengatasi Laptop Kena Air

Laptop yang tidak sengaja terkena air, tentu menjadi mimpi buruk yang tidak diinginkan. Jika kalian mengalaminya, segera lakukan pertolongan pertama berikut pada laptop kalian agar meminimalisir biaya service laptop kena air:

1. Matikan laptop

Saat laptop kalian tak sengaja kena air atau laptop tertumpah air, segera matikan perangkat. Langkah awal ini bisa dilakukan untuk meminimalkan laptop mengalami korsleting. Bila laptop tak mau mati, coba tahan tombol daya selama beberapa detik hingga laptop mati sempurna. 

2. Lepaskan baterai

Jika laptop kalian masih menggunakan sistem baterai yang bisa dilepas, setelah mematikan laptop segera lepas baterai.

3. Balik Laptop

Apabila yang tersiram pada bagian keyboard solusi pertama segera balik laptop ke arah bawah, agar air yang masuk bisa keluar melalui lubang-lubang yang ada.

4. Keringkan laptop dan komponennya

Berikutnya, keringkan laptop menggunakan tisu ataupun kain yang memiliki daya serap tinggi. Lakukan langkah ini hingga laptop kering. Pastikan semua komponen laptop dalam kondisi kering. Jika perlu, kipas laptop atau menggunakan hair dryer

5. Biarkan laptop terbuka

Setelah melakukan pengeringan, biarkan laptop  dalam posisi terbuka dan biarkan kering sempurna selama beberapa jam. Jika laptop dibiarkan terbuka di ruang terbuka, maka proses untuk pengeringan juga akan lebih cepat.

6. Taruh Laptop di dalam beras

Cara ini bisa kamu coba untuk mengeringkan laptop secara optimal. Pasalnya, cara ini sering digunakan ketika ponsel tercelup air dan lainnya. Pastikan perangkat ini dimasukan ke dalam beras sampai n terkubur agar beras dapat menyerap air yang ada dalam laptop. 

7. Bawa ke tempat service laptop

Apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan dan ketika kalian coba menyalakan laptop belum juga hidup. Maka cara terakhir yang paling aman adalah sesegera mungkin membawa laptop ke tempat service untuk diperbaiki dan mendapatkan penanganan lebih lanjut oleh ahlinya.


Kesimpulan

Biaya service laptop kena air bervariasi tergantung kerusakan atau komponen apa yang perlu diperbaiki. Kisaran biaya mulai dari 300Rb hingga jutaan rupiah. 

Kerusakan komponen juga tergantung dari seberapa banyak air dan berapa lama komponen basah. Biaya service laptop kena air terbilang mahal ketika komponen motherboard atau mesin utama yang rusak. 

Untuk itu, Berhati-hatilah saat menggunakan laptop ya, teman. 
Semoga bermanfaat! 













Sumber referensi:
Biaya Service Laptop Kena Air, Ini Kisaran Harganya | kumparan.com
Biaya Service Laptop Konslet Kena Air Yang Harus Kamu Siapkan - Lenovoku
Laptop Kamu Rusak Tersiram Air? Ini Estimasi Biaya Perbaikan dan Pertolongan Pertamanya - Harian Haluan - Halaman 2
Komponen apa saja yang biasa diganti ketika laptop terendam air ? - Quora
Yuuk Kenali Apa itu RAM, Fungsi dan Jenisnya | Pricebookprosessor
Apa Saja Sih Fungsi Pada Processor Yang Ada Pada Laptop? - Vocasia
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

Post a Comment