Header

5 Wisata Edukasi Surabaya Ramah Kantong

Post a Comment
Konten [Tampil]
Wisata edukasi Surabaya
Hai Mom-genk! Udah musim liburan nih? Ada agenda liburan kemana aja?? Ada yang masih bingung kah mai kemana? Sini sini, aku kasih rekomendasi wisata edukasi Surabaya yang ramah di kantong. 

Kenapa Surabaya? Karena kebanyakan tenan-temanku domisilinya di Surabaya dan kebanyakan mereka adalah ibu pekerja. Jadi anak libur, mamak tetep kerja! Ahaha

Bisa juga buat referensi kalian yang berdomisili luar Surabaya, siapa tahu liburan ke Surabaya sudah ada list wisata edukasi Surabaya ini.

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Surabaya Murah Meriah

Masyarakat Surabaya mungkin sebagai besar sudah pernah mendatangi wisata edukasi Surabaya ini. Jadi apa sih maksud wisata edukasi itu?

Dilansir dari Wikipedia, wisata edukasi atau wisata pendidikan bisa juga disebut sebagai anjangkarya atau karyawisata, yaitu suatu kegiatan atau perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga terdapat aktivitas edukasi atau pendidikan di dalamnya.

Jadi, sekali mendayung dua pulau terlampaui ya Mom! Selain liburan, anak juga belajar. Nah, berikut adalah rekomendasi wisata edukasi Surabaya yang sudah ku rangkum dari beberapa sumber:

1. Kebun Binatang Surabaya.

Berdasarkan informasi dari situs Surabaya Zoo, Kebun Binatang Surabaya (KBS) atau Surabaya Zoo adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia dan terletak di Surabaya.
KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, di dalamnya terdapat lebih dari 230 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2179 ekor satwa. Termasuk di dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces. Disini anak akan banyak belajar tentang satwa.

Beralamatkan di Jl. Setail No.1 Darmo, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. KBS buka tiap hari dengan kam operasional mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Tiket masuk KBS Rp 15.000/orang baik weekdays atau weekend harga tetap sama.

Ada wahan baru lho di KBS, yaitu Surabaya Night Zoo. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi Instagram atau website KBS ya, genk!

2. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Obyek wisata ini merupakan kawasan konservasi alam untuk mencegah abrasi di wilayah timur Kota Surabaya. Sesuai dengan konsep ekowisata, destinasi ini menggabungkan wisata rekreasi dan edukasi.

Jika kalian ingin mengenalkan dan mendekatkan anak-anak dengan alam, Ekowisata Mangrove Wonorejo bisa menjadi pilihan. Ekowisata ini terdiri dari dua kawasan utama, yakni lintasan jogging (jogging track) dan hutan mangrove.

Pengunjung harus menyeberangi sungai menggunakan perahu terlebih dahulu untuk sampai menuju lokasi. Pengunjung akan diajak menyusuri sungai sepanjang 5,4 kilometer dalam waktu kurang lebih 13-15 menit.
Nah, di Ekowisata Mangrove Wonorejo, anak-anak bisa melakukan kegiatan edukasi menanam mangrove. Jadi selain belajar tentang alam, kita juga bisa mengajak anak berolahraga.

Untuk dapat masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo pengunjung tidak dikenai biaya alias gratis. Namun, bagi yang ingin merasakan sensasi menyusuri hutan mangrove dengan perahu, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

3 Mini Agrowisata

Dilansir dari kompas.com, luas lahan mini agrowisata adalah 6.000 meter persegi. Para pengunjung baik dewasa maupun anak-anak bisa menikmati wisata edukasi perkebunan khas perkotaan.

Eits! Tidak hanya perkebunan, pengunjung juga bisa belajar mengenai pertanian, peternakan dan juga perikanan. Ngga cuma itu lho genk, kalian juga bisa belajar soal budidaya tanaman hidroponik disini.

Terdapat berbagai macam tanaman dan sayuran. Mini Agrowisata juga memiliki koleksi hewan peliharaan seperti kelinci, ayam, dan ikan. Kerennya lagi, pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya tiket masuk disini.

Mini Agrowisata bisa dikunjungi setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 3 sore. Berlokasi di Jalan Pagesangan II No.56, Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya.

4. Museum Sepuluh Nopember

Museum Sepuluh November Surabaya adalah salah satu museum yang terletak di Kota Surabaya, dibangun pada tahun 1945. Museum ini dibangun dengan tujuan untuk mempelajari dan memperdalam peristiwa Pertempuran Sepuluh November 1945.

Nah, untuk anak kalian yang suka banget dengan sejarah, museum ini adalah pilihan wisata yang pas nih!

Koleksi utama dari museum ini adalah suara pidato Bung Tomo (Sosiodrama), radio peninggalan Bung Tomo, Senjata-senjata otomatis (peninggalan peperangan), mobil Bung Tomo, benda-benda peninggalan H.R Muhammad.

Tiket masuk Museum Sepuluh Nopember dengan harga Rp 5.000 per orang. Buka tiap hari, kecuali hari Senin, mulai pukul 08.00-15.00 wib. Lokasinya berada di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Surabaya.

5. Museum Kapal Selam

Monumen Kapal Selam, atau disingkat Monkasel, adalah sebuah museum kapal selam yang terdapat di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Terletak di pusat kota yaitu di Jalan Pemuda, tepat di sebelah Plaza Surabaya, dan terdapat pintu akses untuk mengakses mal dari dalam monumen.

Sebagai Monumen Kapal Selam terbesar di Asia, pembangunan Monkasel Surabaya bertujuan sebagai tempat wisata sejarah sekaligus sebagai obyek pelestarian warisan Negara. 

Selain menjelajahi kapal selam, Monumen Kapal Selam dilengkapi dengan sarana hiburan seperti menonton film dokumenter, live music dan wisata air Kalimas.

Tiket Masuk Monkasel cukup terjangkau hanya Rp 15.000 per orang. Buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.00 wib.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang bertaburan di Surabaya. Hanya saja, rekomendasi ini yang paling sesuai untuk wisata edukasi Surabaya. Mungkin juga, ada beberapa tempat wisata edukasi baru yang belum aku eksplor. Kalian yang tahu, bisa tambahkan di kolom komentar ya, Genk!

Tips Menyiapkan Wisata Edukasi untuk Anak

Mengagendakan wisata edukasi Surabaya bersama anak-anak? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ya Mom-genk! Berikut adalah tip menyiapkan wisata edukasi yang baik untuk anak:


Tentukan tujuan atau tema

Wisata edukasi bukanlah sekadar jalan-jalan ke tempat wisata. Jenis wisata ini memiliki tema atau tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Tentukan dahulu, apa yang ingin dipelajari oleh anak, alam kah? Sejarah kah? Apa saja hal-hal yang ingin didapatkan ketika sudah selesai berwisata. Dengan demikian, kegiatan berwisata akan tepat sasaran.

Ajak anak berdiskusi

Tujuan dari wisata edukasi adalah menambah pengetahuan sekaligus menjadi sarana berwisata untuk anak. Oleh karena itu, lebih baik anak terlibat juga dalam memilih tempat wisata yang akan dituju. Tunjukkan pada anak tempat wisata apa yang ingin dikunjungi. Ajak mereka untuk mengobrol dan berpartisipasi aktif dalam memilih tempat wisata tersebut. Dengan mengajak anak berdiskusi akan terjalin keakraban yang lebih dalam dengan mereka sekaligus mengurangi kemungkinan bahwa mereka akan bosan di tempat wisata.

Siapkan Cemilan Anak

Selain pakaian yang nyaman, makanan, snack, dan mainan anak juga termasuk hal yang penting disiapkan jauh-jauh hari. Biasanya, anak akan rewel jika merasa bosan atau lapar. Oleh karena itu, bawa makanan dan barang yang mereka suka untuk berjaga-jaga di perjalanan. Juga bisa untuk piknik ala-ala saat berada di wisata edukasi Surabaya yang dituju.

Perhatikan kondisi fisik anak

Jangan membuat jadwal yang terlalu padat. Anak yang terlalu lelah akan mudah rewel sehingga perlu disisipkan waktu istirahat di sela-sela kegiatan.

Utamakan kenyamanan dan keamanan

Pilihlah tempat yang pasti kenyamanan dan keamanannya. Tentunya, tingkat keamanan suatu tempat akan berbeda-beda sesuai dengan umur anak. Apabila anak masih kecil dan suka berlari-larian, sebaiknya pilih tempat dengan tingkat keamanan tinggi dan menyiapkan pendamping yang cukup.

Tidak lupa juga dengan pakaian yang digunakan anak, sesuaikan dengan tujuan wisata edukasi Surabaya yang sudah dipilih. Jika anak suka bereksplorasi, baiknya memakai sepatu agar lebih aman.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata edukasi Surabaya yang bisa kalian kunjungi. Jangan lupa juga dengan tips di atas, karena kebahagiaan dan kenyamanan si kecil adalah kunci utama.

Semoga bermanfaat!









Sumber:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wisata_pendidikan
https://travel.kompas.com/read/2022/06/25/183800627/15-wisata-anak-surabaya-cocok-untuk-libur-sekolah-?page=all#page2
https://www.google.com/amp/s/id.theasianparent.com/wisata-edukasi-di-surabaya/amp
https://wisatasekolah.com/id/tips-menyiapkan-wisata-edukasi-dengan-anak/
https://www.gotravelly.com/id/review/detail/115408896-serunya_berwisata_edukasi_di_mini_agrowisata_dkpp_surabaya
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

Post a Comment