Iklan

Header

Cara Perawatan Wajah untuk Usia 30 Tahun ke Atas

Post a Comment
Konten [Tampil]
Perawatan wajah

 Memasuki usia yang tidak lagi muda, 30 tahun ke atas, ternyata banyak menjumpai perubahan fisik terutama pada wajah. Perawatan wajah untuk usia 30 tahun keatas memang perlu usaha lebih. Pada usia ini, mungkin mulai muncul tanda-tanda penuaan.

Nah, gimana sih cara perawatan wajah untuk usia 30 tahun keatas? Karena jujur saja aku adalah orang yang tidak begitu telaten dengan rangkaian perawatan yang cukup panjang.

Tapi.. Semakin bertambahnya usia, kulit wajahku makin terlihat kusam, pori-pori juga semakin nampak membesar, mulai ada beberapa garis halus yang muncul, lingkar hitam di bawah mata yang makin nampak. Apakah kulit wajahku mengalami penuaan dini??

Akhirnya aku mulai mencari tahu informasi tentang penuaan dini, faktor pemicunya dan juga cara perawatan wajah untuk usia 30 tahun an seperti aku. Coba deh, siapa sih yang tidak mau memiliki wajah sehat dan tetap awet muda di usia 30 tahunan? Yuk, simak cara dasar perawatan wajah untuk usia 30 tahun ke atas yang sudah ku rangkum!

5 Cara Perawatan Wajah untuk Usia 30 Tahun ke Atas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semakin bertambah usia semakin banyak pula kebutuhan perawatan wajah. Berikut adalah cara paling dasar perawatan wajah untuk usia 30 tahun keatas yang tidak boleh di skip:

1. Lakukan double cleansing

Salah satu kunci agar wajah tetap sehat adalah dengan rutin membersihkan wajah. Cara membersihkan wajah yang sangat direkomendasikan yaitu double cleansing.

Double cleansing adalah dua tahap cara membersihkan wajah dengan menghilangkan debu atau make up menggunakan cleansing balm, cleansing oil atau micellar water pada tahap pertama. Kemudian, tahap kedua dilanjutkan dengan facial wash.

2. Menggunakan perawatan anti aging

Anti-aging atau anti penuaan adalah perawatan kecantikan yang dirancang khusus untuk mengurangi munculnya kerutan, garis halus, dan kulit kendur.

Pilih perawatan yang mengandung anti aging seperti: Retinoid, Vitamin C, Asam hidroksi dan Niacinamide. Jangan lupa untuk menambahkan serum dalam rangkaian perawatan wajah.

3. Gunakan Tabir surya

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan pecahnya kolagen dan kerusakan jaringan kulit, sehingga memungkinkan timbulnya bercak hitam dan keriput pada kulit.

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 50++ setiap pagi ke seluruh wajah dan leher. Jangan lupa untuk menggunakannya kembali tiap 2 jam sekali.

4. Lakukan eksfoliasi kulit

Seiring bertambahnya usia, regenerasi sel-sel kulit juga akan melambat, sehingga menyebabkan kulit bisa terlihat lebih kusam. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi kulit.

Eksfoliasi kulit adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang bisa dilakukan dengan metode fisik maupun zat kimia. Ini bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam, membuat wajah tampak lebih cerah, dan memicu pembentukan lapisan kulit baru.

Eksfoliasi fisik dapat kamu lakukan dengan menggosok kulit secara perlahan menggunakan scrub, kain lap, atau spons lembut. Sementara itu, eksfoliasi kimia dapat dilakukan dengan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung senyawa alpha hydroxy acids (AHA), beta hydroxy acids (BHA), dan retinoid.

5. Pola hidup sehat

Selain melakukan perawatan kulit dari luar, jangan lupa juga untuk merawat kulit dari dalam. Salah satu caranya adalah dengan membangun habit pola hidup sehat.

Mulai dari mencukupi kebutuhan cairan, agar kulit tampak lebih sehat dan lembap. Untuk memenuhi kebutuhan cairan, kamu bisa minum setidaknya 2 liter air atau 8 gelas per hari.

Selain itu juga dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup, berhenti merokok, rutin berolahraga, menjaga pola makan bergizi seimbang, serta mengelola stres dengan baik.

Sebenarnya masih banyak lagi cara lainnya yang bisa ditambahkan dalam rangkaian perawatan wajah untuk usia 30 tahun keatas. Kamu bisa menambahkan perawatan sheet mask minimal sekali dalam seminggu, atau bisa juga menambahkan penggunaan eye cream untuk menghilangkan lingkar hitam bawah mata. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah kamu.

Cara-cara perawatan wajah untuk usia 30 tahun di atas bukan hanya dikhususkan untuk usia 30 tahun saja, ya! Namun rangkaian tersebut juga bisa kamu aplikasikan sebelum masuk usia 30 tahun agar kulit lebih sehat terawat dan bebas dari tanda penuaan dini.

Penuaan dini bisa saja dialami oleh orang dewasa muda. Kondisi ini sering kali ditandai dengan munculnya kerutan di wajah sebelum waktunya.

Dilansir dari alodokter, seiring pertambahan usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit akan melemah. Hal ini membuat elastisitas kulit wajah berkurang sehingga muncul berbagai tanda penuaan dini seperti:
  • Keriput
  • Garis-garis halus
  • Bintik hitam
  • Kulit terlihat kasar
  • Pori-pori wajah membesar
  • Kerutan di sudut luar mata
  • Kulit terlihat kusam dan terasa kering
  • Pipi tampak turun atau mengendur

Faktor pemicu munculnya tanda penuaan dini adalah sering terpapar sinar matahari, panas kompor (saat memasak), sering terpapar blue screen gadget, terpapar polusi, dan pola hidup yang tidka sehat dengan mengkonsumsi alkohol, merokok, sering begadang dan kurang minum air putih.

Yuk, rawat kesehatan kulit wajah! Tak usah ragu untuk melakukan perawatan wajah untuk usia 30 tahun di atas meski usiamu belum memasuki angka 30. Miliki wajah cantik perempuan Indonesia meski usia sudah tidak lagi muda.

Semoga bermanfaat!









Sumber:
https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2023/07/13/122324820/perawatan-yang-harus-dilakukan-jelang-usia-30-tahun
https://www.haibunda.com/moms-life/20230127120616-72-295785/9-perawatan-wajah-untuk-usia-30-tahun-ke-atas-bantu-hambat-kerutan
https://www.alodokter.com/tetap-cantik-di-usia-30-an-dengan-perawatan-kulit-ini
https://www.fimela.com/beauty/read/4302438/5-tips-perawatan-wajah-untuk-usia-30-an-secara-alami?page=2
https://www.alodokter.com/lima-kebiasaan-yang-memicu-penuaan-dini-kulit

Related Posts

Post a Comment