Header

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta Part 2

9 comments
Konten [Tampil]
 
Peluang usaha irt
Masih melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta. Nah, kali ini adalah artikel lanjutannya. Kalian sudah baca belum?

Kalau belum, silahkan baca dulu ide usaha nomor satu sampai dengan lima di artikel sebelumnya, ya!

Ide usaha di artikel sebelumnya bisa dibilang usaha yang sangat umum, mungkin mayoritas kita akan berpikir ide yang sama ketika terpikirkan untuk membuka usaha rumahan.

Tapi siapa tau aja ya, ada yang judulnya sama tapi detailnya tidak sama. Malah jadi inspirasi untuk kalian.

Sesuai dengan judul artikel, ada 10 peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta, 5 peluang usaha lainnya yang bisa kalian coba adalah sebagai berikut:

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga modal 1 juta di Rumah

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang peluang usaha untuk ibu rumah tangga, berikut adalah 5 ide usaha yang bisa kalian coba:

6. Aksesoris

Mengingat saat pelajaran bahasa Inggris di bangku SMK tentang tugas “How to make”, salah seorang teman menjelaskan bagaimana cara membuat kreasi bros dari batu permata.

Begitu juga ibuku, pernah usaha bros dari kain, renda juga manik-manik. Dari pengalaman ini lah tercetus ide aksesoris ini.

Jika lingkungan kalian banyak muslimah, misal saja grup pengajian RT, atau kumpulan pengajian wali murid dan lainnya. Bisa banget nih jadi target pasar kalian.

Selain itu, aksesoris lainnya bisa berupa bando, jepit rambut untuk anak atau ikat rambut lucu dengan harga terjangkau. Cara memasarkannya juga bisa dengan menitipkan barang ke toko-toko atau koperasi sekolah.

7. Crochet dan Knitting

Pernah dengar ide usaha ini sebelumnya?? Mungkin lebih familiar knitting ya?? Nah, crochet dan knitting sama-sama memiliki arti sebagai merajut.

Namun, secara istilah, Crochet adalah istilah untuk merenda, sedangkan knitting adalah istilah untuk merajut.
  
Crochet
Alat, bahan dan teknik keduanya juga berbeda. Jika Crochet menggunakan kait crochet tunggal dengan mata kait di salah satu ujungnya. Sementara knitting menggunakan dua jarum rajut yang panjang dan datar.

Dilansir dari Kumparan, umumnya crochet menggunakan satu benang pada satu waktu. Di mana jarum renda atau hook akan mengaitkan titik-titik crochet di sepanjang benang untuk membentuk pola dan tekstur yang diinginkan.
  
Knitting
Berbeda dengan knitting yang menggunakan dua benang sekaligus. Caranya dengan mengaitkan benang melalui satu benang lainnya untuk membentuk jalinan kain.

Nah, jika kalian menyukai kerajinan ini dan tertarik untuk mengembangkan karya kalian ke arah bisnis, bisa banget kalian mulai dari sekarang.

8. Makrame

Masih tentang kerajinan, Kerajinan asal Turki ini memiliki peluang besar di pasaran saat ini. Tidak hanya di Indonesia, Makrame juga berkembang di benua lainnya, seperti Eropa.
  
Makrame
Melansir salah satu artikel Kompas yang mengutip buku Seni Makrame I, II, III (1986) karya Saraswati, makrame adalah hasil kerajinan kriya tekstil dengan teknik simpul yang menggunakan tali atau benang.

Kreasi makrame umumnya dijadikan sebagai hiasan yang saat ini banyak diminati para karena memberikan kesan estetik pada suatu ruangan.

Para penikmat dekorasi rumah atau ruang pasti sangat meminati kreasi makrame, sehingga kebutuhan karya ini sedang meningkat.

Nah, buat kalian yang memang suka dengan kerajinan tangan, khususnya simpul-menyimpul, kalian bisa belajar teknik makrame untuk memulai usaha dari rumah.

9. Work Sheet

Memiliki anak usia sekolah, apalagi yang masih masuk kategori usia dini, misalnya masih kelas kelompok bermain atau juga TK, bisa dijadikan peluang usaha nih.

Bukan ekploitasi anak ya! Tapi lebih ke memanfaatkan relasi dengan para mama wali murid.

Berdasarkan pengalamanku, tidak sedikit wali murid yang tertarik dengan kegiatan bermain sambil berupa work sheet.

Sudah banyak lho, penjualan work sheet anak via online. Bisa dari akun pribadi, platform maupun market place. Benar bukan!? Kalau pemasarannya seluas ini pasti tidak diragukan lagi banyak peminatnya.

Untuk memulai bisnis ini, kalian yang tertarik dan mulai mendalami dunia parenting juga pendidikan anak khususnya usia dini, pasti tidak asing dengan kata stimulasi, milestone, tumbuh kembang, dan lainnya.

Jika kalian sudah mengerti terkait ilmu tersebut dan juga sudah melakukan praktik pada anak, kalian bisa mulai mengembangkan habit baik ini sebagai peluang usaha.

Apalagi saat musim liburan. Terkadang orang tua kewalahan membersamai anak jika tidak diberi kegiatan. Tentunya semua orang tua ingin kegiatan anaknya bermanfaat dan produktif dong??!!

Nah, ini lah peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang bisa kalian coba. Bermodalkan ilmu pengetahuan, referensi, ide main, laptop/pc juga printer kalian sudah bisa menjual work sheet sesuai tahapan usia baik secara fisik maupun secara digital (berupa file pdf).

Buatlah banyak tema yang bisa disesuaikan dengan momen bulan. Misalnya; hari kemerdekaan, Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, hari Pahlawan dan masih banyak tema yang bisa diangkat lainnya.

Seperti peribahasa “sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui” Artinya, satu kali melakukan pekerjaan, bisa mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus.

Niat awal membuat work sheet untuk stimulasi anak sendiri, eh ternyata mama-mama lainnya juga tertarik memberikan stimulasi yang sama untuk anaknya. Lumayan , cuan!

10. Thrift Pakaian

Apakah akhir-akhir ini kalian sering mendengar kafa thrif? Yup! Thrift atau thrifting belakang ini sedang naik daun.

Apalagi setelah tren gaya fashion yang mengangkat kembali gaya fashion di era 80-90 an. Kata-kata thrift semakin sering disebut.

Thrift adalah sebuah kata dasar yang memiliki arti barang bekas yang masih dalam kondisi layak pakai. Bisa berupa pakaian, aksesoris, sandal, sepatu, tas, elektronik dan lainnya.

Sedangkan kata thrifting memiliki istilah dimana seseorang mencari atau berbelanja barang bekas. Karena kegiatan ini semakin hari semakin banyak peminatnya, maka semakin banyak pula orang yang memulai bisnis thrif shop.

Nah, untuk kita para ibu rumah tangga yang ingin mencoba usaha ini, bisa kita mulai dengan barang yang ada di rumah, yang sudah tidak terpaksa dan masih layak.

Misalnya, barang-barang bayi. Karen anak-anak sudah mulai besar, jadi barang-barang sewaktu bayi sudah tidak terpakai. Misalnya, stroller, high chair, alat pompa asi dan lainnya.

Atau bisa juga kalau kalian mengoleksi pakaian branded yang susah tidak muat lagi. Bisa juga kalian kolaborasi dengan teman yang sesama memiliki koleksi barang branded.

Lumayan kan barang yang dijual makin banyak pilihan, kemudian bisa bagi hasil.

Daripada barang usang dan rusak termakan waktu, lebih baik di jual untuk yang lebih membutuhkan dan lumayan bisa menghasilkan uang, ya kan??

Penutup

Tidak hanya membutuhkan modal uang, membuka usaha dari rumah sebagai ibu rumah tangga juga bisa dengan memanfaatkan bakat atau skill yang dimiliki.

Dengan dukungan teknologi di era digital ini, kita bisa memasarkan berbagai hasil karya sebagai produk dagang atau jasa.

Jika kalian memiliki passion dan bakat di suatu bidang, kalian bisa perdalam dan mengembangkan ke dunia bisnis sebagai peluang.

Nah, jangan lupa baca artikel sebelumnya yang juga membahas peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta, ya! Juga artikel selanjutnya tentang peran ibu dalam keluarga.

Semoga bermanfaat!


















Sumber:
https://amartha.com/blog/usaha-mikro-ukm/tips-bisnis/lima-belas-ide-usaha-modal-satu-juta-dan-tipsnya/
https://finance.detik.com/solusiukm/d-7208446/25-ide-usaha-modal-rp-1-juta-yang-kekinian-dan-cocok-untuk-pemula
https://www.bfi.co.id/id/blog/21-ide-usaha-modal-1-juta-menarik-dan-menguntungkan#toc-20
https://kumparan.com/seputar-hobi/5-perbedaan-crochet-dan-knitting-yang-wajib-diketahui-pemula-20XiOSA3KAg
https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/31/160000669/seni-makrame--pengertian-sejarah-teknik-dasar
https://id.everbestshoes.com/content/pages/perbedaan-thrift-thrifting-dan-thrift-shop
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

9 comments

  1. Wah baru saja kemarin aku lihat story temanku yang juga ibu rumah tangga menjual pakaian thrifting. Dengan harga yang murah dan model yang bagus membuat orang tertarik membelinya. Bakal untung terus nih!

    ReplyDelete
  2. Pernah lihat salah satu video yang fyp di sosmed ku. Beliau adalah pengerajin makrame yang sudah sukses. Hebat loh! Bisa dari rumah saja bisa menghasilkan jutaan dengan memanfaatkan minat dan bakat.

    ReplyDelete
  3. Produktif bisa dari mana saja dan kapan saja ya, walaupun bisa dilakukan dari rumah tetap hasilnya berkualitas juga, keren banget ini

    ReplyDelete
  4. Aduhhh aku jadi kangen banget sama makrome-makrome ku,, nanti ah,, mau bikin lagi, kayae Musti konsisten dan dikembangkan.

    ReplyDelete
  5. Dulu pas belum kerja pernah ada ide usaha jualan aksesoris pernak pernik, modalnya 1 jutaan.. tapi habis itu karna iklannya ga konsisten jadi mandeg hehe

    ReplyDelete
  6. Wah menarik nih, baru tau ada peluang usaha Crochet dan Knitting, ini nanti produknya apa ya mbak? apa sejenis baju, sepatu rajut gitu ya?

    ReplyDelete
  7. baca crochet jadi ingat makanan kroket,,,hihihi...tapi menarik banget mbaa, tertarik usaha worksheet untuk anak, laku banget nih pasti

    ReplyDelete
  8. Penasaran kemarin dengan part 2 kira-kira apa saja. Akhirnya terjawab nih peluang usaha part 2 nya.

    ReplyDelete
  9. Penasaran kemarin dengan part 2 kira-kira apa saja. Akhirnya terjawab nih peluang usaha part 2 nya.

    ReplyDelete

Post a Comment