Header

10 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta Part 1

9 comments
Konten [Tampil]
  
Peluang usaha ibu rumah tangga
Ingin buka usaha di rumah, tapi modal terbatas?? Kira-kira ada gak ya, peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta? Coba yuk, cari tahu!

Sebagai ibu rumah tangga, terkadang ada rasa bosan dengan kegiatan yang monoton. Beberes rumah, masak, antar jemput anak, ya seputar itulah kegiatannya.

Tidak sedikit pula yang ku temui dari status whatsapp teman-teman sesama ibu rumah tangga, adanya keinginan untuk membuka usaha.

Tentunya tidak melepas kewajiban sebagai ibu, tetap bisa mengerjakan tugas domestik, bisa pula tetap antar jemput anak sekolah.

Terkadang, ibu yang ingin membuka usaha tidak hanya tentang uang. Tetapi juga karena passion berjualan, atau ada yang suka banget bebikinan makanan tapi tidak tersalurkan, dan semacamnya.

Nah, setelah aku melakukan riset juga berdasarkan pengalaman dari beberapa teman. Mungkin dari ide dibawah ini kalian bisa ambil peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang tentunya sangat fleksibel.

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

1. Jual Pulsa Elektrik

Di era digital ini hampir semua kalangan, baik dari anak-anak hingga dewasa, memiliki smartphone.

Tingginya pemakaian smartphone membuat keberadaan pulsa masuk dalam kebutuhan yang penting.

Secara kita ketahui bersama, smartphone tanpa adanya kuota apalah fungsinya. Sebagai penunjang baik untuk pekerjaan, hiburan, atau untuk fungsi smartphone itu sendiri, seperti menelepon, video call, kirim pesan dan lainnya.
 
Pulsa elektrik
Hal ini menyebabkan kebutuhan pulsa meningkat. Nah, dengan fakta ini kalian bisa memanfaatkan peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta.

Diawali dengan modal 1 juta, aku yakin kalian akan balik modal dalam waktu yang cepat. Meski dilihat laba dari penjualan pulsa tidak banyak, namun jika dikalikan dalam sehari seminggu dan sebulan, lumayan juga lho!

2. Makanan kekinian

Untuk kalian yang suka memasak, peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta ini bisa banget kalian coba.

Sejak hadirnya berbagai platform hiburan yang bisa diakses melalui smartphone, kita jadi banyak tahu informasi dari negara lain.

Misalnya yang sering booming di Indonesia adalah makanan viral dari Korea. Nah, dengan memanfaatkan peluang ini kalian juga bisa menjual makanan viral dengan resep yang sudah disesuaikan.

Semisal saja, makanan mie pedas yang memiliki beberapa level. Atau bakso seafood dengan saus ala korea, atau Semacam es kulkul. Dan banyak lagi makanan kekinian yang viral lainnya.

Tentukan target pembeli mu kemudian pilih metode marketing yang sesuai. Misalnya jika kalian memiliki anak usia sekolah dasar, buatlah makanan yang sesuai dengan anak sekolah dasar, tidak begitu pedas, cukup mengenyangkan dan tentunya harga terjangkau.

Titipkan makanan jualan kalian di kantin atau koperasi sekolah. Cara ini cukup menjanjikan lho, teman-teman!

Selain itu, cara lainnya adalah dengan rajin update untuk open order di status media sosial kalian. Jadi kalian akan membuat makanan sesuai dengan permintaan saja untuk meminimalisir resiko tidak terjual.

3. Minuman kekinian

Sama dengan makanan kekinian, minuman kekinian pun banyak diminati. Apalagi dengan cuaca di Indonesia yang semakin panas ini.

Ide jualan minuman kekinian yang sangat diminta adalah minum segar. Misalnya seperti es lemonade, es kuwut, minuman dengan rasa-rasa buah: sirsak, durian, alpukat, dll. Atau sekedar es teh manis dengan kemasan gelas biasa dan jumbo.

Nah, peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta untuk menjual minuman kekinian kurasa sangat menjanjikan. Karena orang sudah pasti mudah haus apalagi di saat cuaca terik.

4. Jus buah rumahan

Tidak sedikit lho peminat jus buah. Dibandingkan dengan memilih minuman kekinian, ada juga peminat jus buah. Karena dianggap lebih sehat dan segarnya alami.

Kenapa jus buah rumahan? Karena aku menyesuaikan dengan peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta. Dengan modal blender dan etalase kecil yang bisa kalian beli bekas untuk tempat simpan sekaligus display buah, kalian sudah bisa memulai usaha ini di teras rumah.

Mulailah dengan bermodal buah yang umumnya banyak orang sukai, seperti alpukat, jambu, semangka, dan lainnya.

Lakukan pengumpulan data saat berjualan, buah pa yang sekiranya banyak diminati namun belum tersedia di etalase kalian.

Nah, jika kalian serius untuk memulai usaha jus buah kalian bisa baca artikel usaha jus buah yang sudah cukup detail rincian modalnya.

5. Jasa buket

Perkembangan zaman, kini cara memberikan hadiah pada orang tersayang tidak melulu berupa kado yang dibungkus dengan kertas kado bermotif lucu dan cantik.

Namun sudah banyak alternatif lain, salah satunya dengan pemberian buket. Jaka buket identik dengan bunga, kini dengan inovasi kreatif dari penyedia jasa, buker bisa berupa apa saja.
 
Jasa bucket
Bisa berupa uang, snack dan barang lainnya. Bisa disesuaikan dengan keinginan. Misalnya jika ingin memberikan kado sebuah jam, bisa juga lo pakai buket. Keren kan?

Tidak hanya untuk momen tertentu, seperti acara wisuda misalnya. Hadiah berupa buket juga cocok di momen lainnya.

Nah, peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta ini cocok banget buat kalian yang suka dengan kreatifitas. Selain untuk menyalurkan hobi dan passion, kalian juga bisa mengembangkan usaha.

Jika kalian tertarik namun tidak tahu harus memulai darimana, cari saja referensi dari YouTube. Untuk ide kreasi, kalian juga bisa cari di internet, banyaaaak sekali!

Lah.. Kok cuma 5 ide usaha? 5 lagi mana???
Eits.. mencari 5 ide lainnya??
Akan aku ulas di artikel selanjutnya, ya!
Nantikan..

Penutup

Jika diamati, banyak peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang bisa kita coba. Dari lima ide di atas, adalah ide-ide yang cukup umum dicoba oleh kebanyakan orang.

Tidak ada salahnya kan mencoba? Toh, peminatnya juga tidak sedikit. Tidak lupa dengan strategi marketing yang dijalankan. Jadi meski banyak saingan di usaha yang sama, cobalah cari sesuatu yang khas pada ide usahamu.

Nantikan ide rekomendasi peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta part 2 di artikel selanjutnya ya, akan ada rekomendasi ide usaha lainya yang mungkin menarik untuk kalian coba!

Semoga bermanfaat!














Sumber:
https://amartha.com/blog/usaha-mikro-ukm/tips-bisnis/lima-belas-ide-usaha-modal-satu-juta-dan-tipsnya/
https://finance.detik.com/solusiukm/d-7208446/25-ide-usaha-modal-rp-1-juta-yang-kekinian-dan-cocok-untuk-pemula
https://www.bfi.co.id/id/blog/21-ide-usaha-modal-1-juta-menarik-dan-menguntungkan#toc-20
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

9 comments

  1. Jual pulsa elektrik pernah aku coba mbak tapi nggak bertahan lama karena memang perlu konsisten ya. Aku juga pernah coba jual makanan ringan mbak buat cemilan, hehe. Lumayan buat nambah-nambah jajan.

    ReplyDelete
  2. Peluang usahanya banyak sih mbak, tinggal dikuatkan riset pasar, konsisten dan telaten mengerjakannya, apalagi saat merintis, harus ekstra sabar menunggu berhasil, lumayan lo buat beli skincare

    ReplyDelete
  3. Jual pulsa ini sih peluang banget. Karena nggak semua orang sudah melek teknologi untuk beli pulsa di e-commerce atau e-wallet. Tapi harus konsisten tentunya.

    ReplyDelete
  4. jasa bucket ini sprtinya menarik mba. apalagi kalau pas banyak wisuda atau lulusan anak sekolah

    ReplyDelete
  5. Dengan modal minimalis bisa banget ya memulai usaha. Jasa bucket di kotaku lagi rame banget, saya punya mahasiswa yang memiliki toko bucket 2 cabang skarang, rame banget kalau lagi ada wisuda-wisuda. Dia cerita awalnya hanya modal kecil saja. Karena konsisten sekarang jadi besar.

    ReplyDelete
  6. Sekarang peuang usaha terbuka lebar banget ya, bahkan tanpa modal juga bisa. Ada sebuah cerita, seorang anak menjadi reseller kue bikinan kami di rumah. Sekali pesan bisa 35 biji, dan itu pesanan dari teman-temannya. Modal dia sampaikan pesan berapa biji, bayarnya setelah di pulang dari sekolah.

    Asal mau selalu ada jalan ya

    ReplyDelete
  7. Sekarang yang lagi hits usaha bucket ya mba, udah macam2 banget jenisnya, dan usaha makanan juga apalagi cemilan hemm laku banyak untung banyak

    ReplyDelete
  8. Sekarang peluang usaha besar banget mbaaa, bermacam" Orng punya kreasi buat buka usaha

    ReplyDelete
  9. Minuman kekinian lagi rame di daerah tempat tinggalku senoy,

    ReplyDelete

Post a Comment