Header

Ibu Profesional Versi Ku

Post a Comment

Menjadi Istri dan juga Ibu adalah takdir Allah yang luar biasa untukku. Karena aku terlahir dengan jenis kelamin perempuan, dan tumbuh menjadi perempuan dewasa yang diberi jalan bertemu dengan pasangannya untuk mengerjakan ibadah sepanjang hidup yaitu berumah tangga, yang juga mengubah statusku menjadi seorang Istri.

Allah juga memuliakan ku dengan memberi anugerah mengandung dan melahirkan anak. Anugerah ini mengantarkan ku menjadi seorang Ibu, seseorang yang memiliki amanah langsung dari Rabb-nya untuk mengasuh, mengasih, mengasah serta mendidik seorang manusia kecil yang tak berdaya hingga menjadi manusia yang luar biasa nantinya, InsyaAllah.


Berdasarkan maknanya, dalam hal ini kata Ibu merujuk pada seorang perempuan dewasa yang menjalankan peran sebagai istri dan juga ibu dari anak-anaknya.
Sedangkan arti kata profesional adalah sebuah keahlian dalam bidang tertentu. Maka makna dari Ibu profesional secara gamblang dari tulisan ini dapat disimpulkan sebagai seorang perempuan dewasa yang dengan ahli menjalankan peran sebagai istri dan ibu.

Makna Ibu profesional sendiri bagi Komunitas Ibu Profesional sendiri adalah seorang perempuan yang bangga akan perannya sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak-anaknya. Senantiasa memantaskan diri dengan berbagai ilmu, agar bisa bersungguh-sungguh mengelola keluarga dan mendidik anaknya dengan kualitas yang sangat baik.


Lalu, apa makna Ibu profesional bagiku?

Makna Ibu profesional versiku adalah seseorang sebagai hamba yang taat pada Rabb-nya, yaitu menjalankan semua perintahNya. Sebagai istri dan Ibu yang sholehah, yang bahagia dan maksimal dalam menjalankan tiap peran. Dan pribadi yang selalu ingin belajar demi kualitas diri, dan yang bermanfaat baik untuk keluarga maupun orang lain dan bangsa.

Rasulullah bersabda, "Apabila seorang wanita melaksanakan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluan dengan menghindari zina, serta taat kepada suami, maka ia dapat memasuki surga melalui pintu manapun." (H.R Muhammad)

MasyaAllah, aku ingin sekali dapat memasuki surga melalui pintu manapun yang aku hendaki, inilah tujuan akhir hidupku. Maka dari itu aku ingin bersungguh-sungguh dalam menjalankan peran-peranku, yaitu sebagai hamba Allah, istri dan juga ibu yang profesional.


Ibu profesional kebanggaan keluarga: Hamba yang Taat, Istri profesional dan Ibu Profesional

Untuk menjadi hamba yang taat, aku berusaha menjalankan ibadah wajib tepat waktu, mengerjakan ibadah sunnah untuk menambah amal, mengikuti kajian atau seminar keagamaan, bergabung dengan komunitas keagamaan untuk saling menyemangati dan mengingatkan dalam hal beribadah. Menjalankan peran sebagai hamba, istri dan ibu harus merujuk pada sebuah pedoman, yaitu Al-Qur'an dan Sunnah-sunnah Rasul agar tidak salah langkah dan tersesat.

Sebagai penyempurna agama suami, aku ingin menjadi istri yang sholehah dan profesional, yaitu istri yang patuh, yang melayani semua kebutuhan suami dengan rasa bahagia dan ikhlas. Istri yang bisa menjadi sahabat terbaik suami. Istri yang menyenangkan dan selalu ada untuk suami. Istri yang lemah lembut dan mendamaikan suami. Menjadi pendamping yang dapat membantu, mengarahkan dan menenangkan dengan harap ridho suami yang juga berarti ridho Allah. Dan pastinya, semua yang ku kerjakan ku niatkan ibadah pada Allah sehingga peranku sebagai istri dapat mendatangkan ladang pahala bagiku.

Begitu juga peran mulia sebagai seorang ibu, peran yang mendatangkan pahala yang besar dan banyak. Aku ingin sekali menjadi seorang ibu yang profesional yaitu ibu yang berhasil mendidik anak menjadi anak yang diridhoi Allah, ibu yang bahagia membesarkan anak yang tumbuh dengan bahagia pula, ibu yang menyenangkan, asyik dan seru untuk anak, ibu yang hangat dan selalu dirindukan, ibu yang menjadi sahabat terbaik dan selalu ada untuk anak. Ibu yang berhasil menjadikan anak sebagai investasi akhiratnya kelak.


Definisi dari makna Ibu Profesional versiku di atas merupakan sebuah impian dan tujuan yang ingin ku gapai saat bergabung belajar bersama komunitas Ibu Profesional (IP). Untuk mewujudkan makna Ibu Profesional versiku, salah satu usahaku yaitu mengaplikasikan ilmu 4 dasar keterampilan orang tua; belajar mengelola mental stage saat berperan sebagai istri dan sebagai ibu, belajar cara komunikasi sebaya agar lebih dekat, lekat dan kompak dengan anggota keluarga, lalu aku juga harus banyak belajar dan selalu belajar untuk update dan upgrade kualitas diri, serta tidak lupa untuk belajar untuk mengapresiasi tindakan/usaha/proses yang dilakukan suami dan anak, bukan mengevaluasi.


#Misi6
#penjelajahsamuderaamarta
#matrikulasi9
#InstitutIbuProfesional #semestakaryauntukindonesia #institutibuprofesionalforIndonesia

Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

Post a Comment