Header

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Ala Ibu Rumah Tangga

36 comments
Konten [Tampil]
cara membahagiakan diri sendiri
Halo, Moms-genk!

Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu baik, sehat dan bahagia ya. Kali ini aku mau sharing cara membahagiakan diri sendiri ala aku nih. Ternyata menjadi ibu rumah tangga itu terlihat gampang tapi susah juga ya?! Hehe. 

Selama menjadi ibu rumah tangga 2 tahun belakangan ini, aku merasa kayak naik Roller Coaster. Naik-turun dan berkelok-kelok gitu. Apanya? Perasaannya!! Hehe. Kadang seneng, bahagia, seru tapi juga kadang merasa sedih, kecewa, marah dan frustasi. Nano nano lah pokoknya! Moms-genk pasti tahu kan gimana rasanya?

Padahal ibu yang bahagia akan menciptakan suasana rumah yang hangat dan menyenangkan, menjadikan anak dan suami juga bahagia. Maka dari itu, ibu rumah tangga juga harus punya cara membahagiakan diri sendiri. Bukankah bahagia itu kita sendiri yang menciptakan??

Berikut adalah cara membahagiakan diri sendiri ala aku yang selalu ku lakukan biar tetap waras (mentalnya), mood tetap terjaga dan always on fire..

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Ala Aku sebagai Ibu Rumah Tangga 

cara membahagiakan diri sendiri

1. Bersyukur

Hal terpenting dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia adalah bersyukur. Bersyukur menurut KBBI artinya berterima kasih. Berterima kasih pada Allaah atas semua nikmat yang diberi. Nikmat sehat, nikmat waktu yang luang, nikmat ibadah, nikmat rejeki, semua nikmat kita dapat.

Dalam filosofi Jawa ada sebuah ungkapan yaitu “Sejatine urip kuwi mung sawang sinawang” yang artinya kurang lebih yaitu “Hakekat hidup itu hanyalah persoalan bagaimana seseorang memandang/melihat sebuah kehidupan" (Sumber: Kompasiana).

Nah, syukur menurutku adalah kacamata terbaik untuk memandang kehidupan. Apapun yang kita jalani, pasti terbaik bagi Allaah untuk diri kita. So, jangan lupa selalu bersyukur dalam kondisi apapun ya..

2. Bermain dengan Anak

Ini adalah salah satu pekerjaan sebagai ibu rumah tangga selain berdomestik ria. Bermain dengan anak memang kewajiban orangtua, tetapi porsi sebagai ibu rumah tangga biasanya lebih besar dibanding lainnya. Karena hampir 24 jam bersama anak.

Bermain dengan anak meski kegiatannya sederhana seperti, bermain tenda dari selimut, atau berdialog hal sederhana dengan cara dinyanyikan juga cukup membuatku bahagia. Apalagi kegiatan yang cukup heboh, misalnya: membuat cemilan bersama, kejar-kejaran, main petak umpet, dll, bisa membangkitkan semangat dan mood kita juga anak meski capek ya, hehe.

3. Quality Time dengan Keluarga

Bahasa cintaku adalah quality time. Jadi kegiatan quality time bersama keluarga juga menjadi salah satu cara membahagiakan diri dari penatnya hari. Quality time yang sering aku lakukan dengan keluarga adalah hal yang sederhana. Misalnya; bercanda dengan anak dan suami di kamar, makan bareng keluarga di luar, jalan-jalan sekedar mencari angin sambil bercerita.

Mentraktir makan keluarga dengan uang pribadi juga termasuk hal yang membahagiakan buatku. Selain itu juga quality time berduan dengan suami, sekedar pillowtalk atau makan tengah malam berdua misalnya. Sesederhana itu..

4. Me Time

Kalau yang satu ini, semua orang harus meluangkan waktu untuk me time sih ya. Nah, me time ala aku ga jauh beda sama Moms-genk lainnya. Kalau ga rebahan sambil nonton film, main game, streaming kajian di Youtube, ya tidur siang cukup tanpa gangguan. Hehe.. Pokoknya ada waktu dimana aku menikmati dunia ku sendiri gitu. Lumayan naikin mood.

5. Reward untuk Diri Sendiri dengan Membeli Sesuatu

Jujur aku lebih suka membeli makanan daripada membeli barang sebagai reward untuk diri sendiri.
Menurutku makan itu selain membuat perut kenyang juga bisa naikin mood. Makanya badanku makin melar! (lah kok curhat??!). Reward ini biasanya berupa jajan atau membeli makanan diluar budget jajan harianku. Sesekali jajan lebih dari budget kan gapapa ya. Asal bahagia, eh!

6. Self Care

Aku bukan perempuan yang suka perawatan diri ke salon atau ke klinik kecantikan. Aku lebih suka self care dalam bentuk body massage. Hehe.

Meski di rumah saja ternyata bikin badan pegel-pegel juga ya, Genk! Jadi aku luangkan setidaknya sebulan sekali waktu untuk body massage. Biar otot-otot ga tegang dan bikin suasana rumah jadi tegang juga, hehe.

7. Berpergian

Untuk cara ketujuh ini, bukan travelling ke suatu kota atau daerah gitu ya. Berpergian sederhana aja, misalnya jalan-jalan sore di sekitar kampung. Atau sekedar beli makan malam yang jaraknya lumayan dari rumah. Bisa juga saat pagi, mengirup udara segar dan menikmati pemandangan para petani sedang menanam padi di sekitar rumah. Yup, berpergian yang sesederhana itu aja bikin bahagia. Apalagi kalau diajak travelling ke daerah-daerah cantik, ya??

8. Menulis

Sejak memilih jadi bloger, bisa menulis artikel baru juga termasuk hal yang membahagiakan. Hehe, maklum kan bloger pemula yang baru merintis blog. Jadi butuh banyak artikel yang harus di posting. Dan kalau sudah berhasil publish satu artikel tuh rasanya, lega dan bahagia.

Apalagi kalau nulis artikel untuk job. Wah, makin semangat! Melihat teman-teman rajin posting biasanya membuatku iri dan termotivasi untuk menulis. Seperti perempuan pemilik blog Ibu di balik gawai, salah satu teman bloger yang rajin dan konsisten menulis artikel. Tidak sedikit lho job nulisnya. Intip deh!

9. Mengobrol dan Sharing dengan Teman

Aku yakin, tidak hanya diriku saja yang merasa semenjak menjadi ibu rumah tangga waktu untuk kumpul atau nongkrong dengan teman sekolah atau kuliah jadi sangat susah. Bener ga?

Ga bisa main "cas cus" aja. Ga bisa langsung bilang "yuk kapan? Otw sekarang?" gitu kan? Jangankan mau pergi sendiri ngumpul sama temen, orang mau ke toilet aja dibuntutin. Huhu
Nah, sebagai gantinya aku sering ngobrol dengan teman melalui chat atau video call. Sekedar berbagi kabar dan cerita. Setidaknya aku masih terkoneksi dengan teman-teman dan merasa tidak sendirian menjalani peran ini.

10. Berbagi

Berbagi itu tidak hanya berupa materi, melainkan bisa dengan banyak cara. Aku akan merasa bahagia ketika aku merasa berguna. Salah satunya dengan cara berbagi. Entah itu hanya sekedar berbagi energi positif, berbagi informasi, berbagi pengalaman atau berbagi kebahagiaan.

Rasanya bisa meringankan sedikit beban teman itu bahagia dan bangga. Bisa membuat orang lain sedikit bahagia juga bisa membuat kita bahagia kan?

Nah, itu lah kesepuluh cara membahagiakan diri sendiri ala aku. Ada yang samaan ga nih?? Atau ada yang punya cara simpel dan seru lainnya?? Sharing yuk di komen :)
 
cara membahagiakan diri sendiri

Karena bahagia kita sendiri yang merasakan dan menciptakan, so.. find your ways to be happy, Moms! 

Related Posts

36 comments

  1. Andai 10 cara ini bisa dilakukan setiap emak emak ya, mungkin kewarasannya tetap terjaga dengan baik, tapi sayang kadang keadaan tak seberuntung yang diharapkan, boro2 me time terkadang buat bisa tidur nyenyak aja syusah, heheh

    ReplyDelete
  2. Ibu harus bahagia mba, biar seisi rumah juga bahagia. Kebayang sama berita yang lagi rame ibu gorok anaknya. Bahasa cintaku juga quality time mba, jadi aku manfaatkan banget sesi bersama keluarga. Aku juga (kadang) self reward sih. Bisa gofood juga disyukuri haha. Apalagi kalo bisa ngobrol sama temen. Sering gowes rame2. Siapa lagi yang mau membahagiakan diri sendiri kalau bukan kita sendiri?

    ReplyDelete
  3. Aq sih biasanya pakai poin ke 4,5,7 sama 8. Tergantung mood aja lagi pengen ngapain gitu mbak.
    Tapi beneran deh, jadi ibu rumah tangga tuh kerjaan gak ada abisnya, tapi ya tetep aja dinikmati dan disyukuri

    ReplyDelete
  4. Dari sekian banyak paling bahagia adalah bisa me time. Bahagia itu ternyata emang mudah ya.

    ReplyDelete
  5. Kalau Belanja sih pasti ya mba? Hahaha. Aku yang belum nikah juga senang belanja.
    Gak beda jauh dengan sebelum nikah ya

    ReplyDelete
  6. wah ibu-ibu itu sebenernya sederhana ya bahagianya hihi.. cuma ya kadang memang gak ada waktunya itu yang bikin akhirnya makin mumet hihi..

    ReplyDelete
  7. Duhh,, self care ini lho yang ingin selalu aku lakukan juga.. Apalagi kalau memanjakan diri di salon.. Duhh,, kebayang me time yg nyaman banget deh.. Tapi yg paling pasti nih no.1 setuju banget aku.. Dengan bersyukur apapun keadaan kita sekarang tetap diterima.. Hehee

    ReplyDelete
  8. Baca ini ko jadi pingin pijit ya hehehehe... Caraku agar tetap bahagia adalah dengan me time. Tapi memang perlu me time yang tepat biar gak jadi kebahagiaan kosong gitu

    ReplyDelete
  9. Banyak cara untuk bahagia ya mbak
    Yang jelas, ibu rumah tangga emang harus bahagia ya mbak

    ReplyDelete
  10. klo saya cara membahagiakan sendiri adalah sharing dengan teman, ngobrol sama anak, rewards diri sendiri, dan juga berbagi

    ReplyDelete
  11. Sepuluh cara tersebut memudahkan mengurai bahan panduan dan ilmu salah satunya dari tulisan ini kak

    ReplyDelete
  12. hehhehe me time , nge-mie hahahaha... bisa mmebahagiakan lho . anak2 gak rewel juga cara ibu bahagia sumber ibu bahagia bahkan ya

    ReplyDelete
  13. setuju Mbak Sendy sebagai ibu RT kita harus cerdas

    membahagiakan diri dengan cara yang kita pilih

    karena jika ibu bahagia maka keluarga akan bahagia

    ReplyDelete
  14. Nah beberapa juga sudah aku lakukan untuk membahagiakan diri sendiri. Diantaranya me time. Tiap bulan aku selalu usahakan untuk ke salon, pijat atau jalan-jalan ke Mal sendiri, happynya beda loh memang ya mom

    ReplyDelete
  15. giving reward itu kadang dilema nggak sih bu.. pengen beli ini itu tapi kita juga eman2 sama keuangannya, hihi

    ReplyDelete
  16. Mbak, kegiatan membahagiakannya bermanfaat sekali. Saya izin mau coba ATM buat diri sendiri ya, mbak. Sebab kalau ibu bahagia, insyaallah keluarga juga akan bahagia

    ReplyDelete
  17. Setujuu..Karena bahagia kita sendiri yang merasakan dan menciptakan maka yuk bahagiakan dii dengan cara-cara seperti di artikel ini. Saya melakukan juga sebagian besar cara ini, cuma yang bermain dengan anak yang enggak, karena anaknya udah gede, dah sibuk dewe ..:) Yang paling sering karena masih pandemi dan belum banyak bisa pergi, ya ngeblog dan me time dengan nonton film streaming:)

    ReplyDelete
  18. Jdi dpet inspirasi nih, bahagia dgn cara yg produktif ya klo begini, keren mba..
    Patut dicontoh

    ReplyDelete
  19. Banyak banget ternyata pilihan untuk membahagiakan diri bagi ibu rumah tangga. Aku sih lebih sering self rewards dengan beli jajanan haha. Cuma habis itu suka bingung karena tiba2 uangnya habis buat jajan. ehhehehe. Tapi bener sih, kalau udah jajan makanan yang disukai, seketika mood itu berubah jadi lebih baik. Mungkin aku bakal coba melakukan hal yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwakakka cari cara membahagiakan diri yang tanpa modal ya mbak,.. aku biasanya drakor hehehe itu lumayan juga atau baca buku yang bertumpuk

      Delete
  20. Duh bener banget semuanya Mbak Sendy. Saya setuju untuk meletakkan kata BERSYUKUR di urutan teratas. Karena semua atau apapun yang terjadi dan ada pada kita adalah yang terbaik sesuai ketentuan Allah SWT. Nikmati dan tetap bersyukur dalam keadaan apapun. InshaAllah hati juga akan tenang dan kerap berbahagia.

    ReplyDelete
  21. saya kebetulan baru menjadi ibu rumah tangga mba, lagi seru-serunya masak. jadi sekarang me time aku ya masak-masak itu. gak perlu kemana-mana gak perlu jalan-jalan, sekarang agak males mau keluar rumah hehehe

    ReplyDelete
  22. Aku suka travelling sendiri sama self reward nih, emang cara ampuh untuk bikin bahagia. Tapi aku setuju sama nomor 1. Bersyukur itu perlu biar hati lebih lega dengan apa yang sudah Allah berikan hehe

    ReplyDelete
  23. Sangat perlu ya me time bagi seorang ibu karena seornag ibu butuh kebahagiaan. Kalau ibu bahagia, anak-anak dan semua anggota keluarga bahagia. Btw caranya sederhana namun bermakna ya, kak

    ReplyDelete
  24. saya juga melakukan beberapa cara di atas untuk membahagiakan diri sendiri, Mba. Namun yang pertama dan utama untuk bahagia memanglah harus bersyukur yaa

    ReplyDelete
  25. Saya rutin melakukan 10 cara di atas. Sesekali tiba-tiba beli Go Food saat malam karena kami kumpul bersama di malam hari. It yang nomor 3. Yang beli hadiah untuk diri sendiri, sesekali tapi lumayan bahagiain diri.

    ReplyDelete
  26. Yeeey setuju bangett, kita sendiri yang harus membahagiakan diri tak perlu berharap sama orang lain hehehe. aku jg suka banget nih tips2nya ada beberapa yang aku lakukan juga

    ReplyDelete
  27. membahagiakan diri sendiri tuh memang kadang gak perlu susah-susah yaaa, tapi ya kadang ada aja halangannya deh, huhu aku lg di fase butuh membahagiakan diri sendiri nih lagi suntuk banget

    ReplyDelete
  28. No 5 aku banget itu, kadang kalau lagi suntuk bin stress aku checkout-in isi keranjang aku wkwk..abis itu emang lega perasaanku sih. jadi berasa enteng gitu, ga ada beban lagi. kok bisa ya haha

    ReplyDelete
  29. Me time sebentaaaaarrr aja, sepuluh menit juga udah hepi kok ya mbaak. Sepuluh menit bisa nonton yutub channel favorit bnr2 bikin relax kalau aku.

    ReplyDelete
  30. KAlau aku sih semua sudah aku lakukan, tapi yang paling membuatku ketagihan itu yang nomer 3, 7 dan 8.
    Btw, ini mbak Sendy is back ya critanya... Semangat ya mbak...

    ReplyDelete
  31. Penting bgt untuk disuarakan mengenai kebahagiaan Ibu Rumah Tangga ini, karena terlalu fokus ngurus suami, anak, rumah, dll, akhirnya abai sama diri sendiri. Padahal semakin bahagia seorang ibu, semakin mudah dia membuat keluarganya bahagia dan semakin produktif :)

    ReplyDelete
  32. Setuju kak, harus banyak banyak bersyukur biar hidup lebih tenang

    ReplyDelete
  33. banyak hal-hal yang bisa membuat kita tetap bersyukur ya mbak. ibu wajib banget bahagia

    ReplyDelete
  34. Semua kulakukan tapi berasa yang kurang adalah mengobrol dengan teman. Semoga next time bisa lebih banyak waktu dengan sahabat. Aamiin

    ReplyDelete
  35. baru ajdi istri tapi belum dikasih rejeki anak, doain ya mba hehe, numpang

    aku juga nulis kujadikan sarana membahagiakan diri sendiri mba, its work alhamdulillah

    ReplyDelete

Post a Comment