Iklan

Header

Biaya Sekolah Montessori Surabaya Berbasis Islam

1 comment
Konten [Tampil]

biaya sekolah montessori surabaya
Tahun ajaran baru sebentar lagi dimulai nih, teman. Sudah survei sekolah untuk anak? Kebetulan, kali ini aku mau sharing biaya sekolah montessori Surabaya berbasis Islam untuk usia preschool.

Tahun ini, usia anakku masuk tahun keempat. Sebenarnya dia sudah sangat ingin sekolah sejak tahun lalu. Jika dilihat, usianya masuk kategori kelompok bermain (playgroup) atau juga disebut dengan usia preschool.

Dikutip dari instagram @montessori_haus_asia, di usia 3 tahun ke atas anak perlu diberi kesempatan untuk bertemu dengan teman, belajar bersosialisasi, bermain di luar rumah, sebagai cara mengembangkan kemandirian anak.

Jadi setelah berdiskusi dengan suami akhirnya kami sepakat untuk mendaftarkan anak ke sekolah tahun ini. Nah, ini dia waktu yang tepat untuk mencari sekolah yang sesuai. Benar kan, teman?

Setelah mencari tahu. Sedikitnya aku menemukan 3 sekolah yang masuk dalam prinsip dan nilai keluargaku, salah satunya menggunakan metode belajar montessori dan juga berbasis agama Islam.

Yuk, cari tahu berapa sih biaya sekolah montessori Surabaya untuk usia preschool terbaru?!

Biaya Sekolah Montessori Surabaya

Sebelum lanjut pembahasan berapa biaya sekolah montessori Surabaya, aku akan membahas sedikit tentang metode Montessori ya, teman.

Apa itu metode Montessori? 

metode montessori
Dilansir dari Wikipedia, Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20.

Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah (preschool) dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.

Montessori merupakan metode pendidikan yang membantu anak untuk mencapai potensinya dalam kehidupan. Metode ini menekankan pada kemandirian dan keaktifan anak dengan konsep pembelajaran langsung melalui praktik dan permainan kolaboratif melalui lima area pendekatan, yaitu praktik kehidupan sehari-hari (partical life), sensorial, matematika (math), bahasa (languange) dan budaya (culture).

Dr. Maria Montessori sendiri merupakan lulusan dari sekolah kedokteran dan menjadi salah satu dokter wanita pertama yang mendapat gelar diploma di Italia.

Pekerjaannya sebagai dokter mempertemukan ia dengan anak-anak. Sejak itulah Dr. Montessori mulai tertarik dengan dunia pendidikan dan mengembangkan metode ini sebagai hasil dari penelitiannya terhadap perkembangan intelektual anak yang mengalami gangguan mental.

Biaya Sekolah Montessori Surabaya berbasis Islam

biaya sekolah montessori surabaya
1. Adni Islamic Montessori School

Sekolah untuk anak usia dini khususnya preschool dengan menggunakan metode Montessori, didukung nilai-nilai islam dan tahfidzul quran yang komperhensif dan sesuai dengan kebutuhan anak.

• Alamat:
1. Yosowilangon, Gresik
2. Ruko Taman Puspa Raya, B9, Citraland, Surabaya

• Kontak:
+62 813-3556-8914
admin@aims.sch.id


• Biaya pendaftaran: Rp 150.000

• Kelas:
1. Play Group
IJP (Infaq Jariyah Pembangunan) Rp 10.000.000
Biaya KBM (pembelajaran) Rp 2.000.000/tahun
SPP Rp 1.000.000/bulan

2. TK
IJP (Infaq Jariyah Pembangunan) Rp 13.000.000
Biaya KBM (pembelajaran) Rp 2.000.000/tahun
SPP Rp 1.700.000/bulan

• Kurikulum:
  1. Practical Life skill : aktivitas yang mengasah keterampilan hidup sehari-hari.
  2. Sensorial : aktivitas yang mengasah kepekaan dan kemampuan indera.
  3. Language : aktivitas yang mengasah kemampuan verbal dan bahasa.
  4. Islamic studies : meliputi pembelajaran Al Quran metode khusus anak usia dini, hafalan hadits dan doa pilihan, siroh Rasul dan Sahabatnya, pembiasaan beribadah seperti wudhu, sholat, dzikir, dan bacaan kalimat thoyyibah.
  5. Kegiatan Tematik : aktivitas yang dibingkai dalam tema pembelajaran yang menarik bagi anak dengan berbagai variasi permainan meliputi kegiatan sains, gym, game, art, movement, dan teknologi.
• Jadwal Kelas:
3x pertemuan dalam sepekan.

2. Albata Islamic Montessori

Sekolah dengan pembelajaran Islam pertama di Indonesia yang fokus pada tauhid, fikih, sirah, tahsin, dan tahfidz melalui aktivitas menyenangkan dengan metode Montessori.

• Alamat: 
1. Babatan Indah B9 No.1 Surabaya
2. Gayungsari barat XI GD No. 13 Surabaya

• Kontak:
(+62) 811334436
admin@albata.id

• Kelas:
1. Toddler Class
Kelas khusus anak-anak bayi yang berdasarkan Qur'an dan Sunnah. Ditujukan untuk anak usia 1 - 3 tahun, dengan metode pembelajaran Fun Learning (Montessori-Based).
Materi & Kurikulum yang sangat komperhensif, yaitu :
- Tauhid
- Adab & Akhlak
- Tartil (Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah)
- Talaqqi (Membiasakan & Mendengarkan Quran)
- Pengasahan Sensorik & Motorik (Dengan Learning Kit yang dikirim ke rumah masing-masing)
- English Day 

Biaya:
Pendaftaran Rp 250.000 (termasuk seragam)
Spp Rp 499.000

2. Kindergarten
Kelas formal untuk anak usia 3 - 6 tahun, dengan program 5 bintang. metode pembelajaran Fun Learning (Montessori-Based).
Materi & Kurikulum yang sangat komperhensif, yaitu :
- Tauhid
- Adab & Akhlak
- Tahfidz
- Fun Learning Montessori
- Menggunakan 3 bahasa: Indonesia, Inggris dan Arab 

Biaya:
Pendaftaran Rp 550.000 
Facility Usage Rp 7.500.000
Seragam Rp 850.000
Spp Rp 750.000 

• Jadwal Kelas:
5x pertemuan dalam sepekan
Senin - Jumat, selama 3 jam/sesi

3. Alfath Baby Gym and Montessori Islamic Preschool

AlFath merupakan sistem pendidikan anak usia dini yang dilengkapi dengan kurikulum Montessori berkualitas tinggi yang terintegrasi dengan pembelajaran dan nilai Islam. 

Kurikulum disusun dengan baik disesuaikan dengan usia anak, perlengkapan stimulasi yang terstandar, menyenangkan, dan aman bagi anak, serta sistem evaluasi yang terukur, sehingga memudahkan orang tua untuk memantau perkembangan anak.

• Alamat: 
Jl. Gayungsari 1 no. 89, Surabaya

• Kontak:
+62 813-3596-3377

• Biaya pendaftaran: Rp 350.000 (mendapatkan ransel, crayon, dan 1 seragam)

• Kelas:
1. Onsite Class Regular 
Biaya Rp 1.148.000
8x pertemuan
2x sepekan, selama 90 menit/sesi

2. Onsite Class Non Regular
Biaya Rp 720.000
4x pertemuan
1x sepekan, selama 90 menit/sesi

3. Home Based Class
Biaya Rp 1.198.000
4x pertemuan
1x sepekan, selama 60 menit/sesi

• Level Usia:
The Builder: usia berjalan - 2 tahun
The Explorer: usia 2 - 3 tahun
The Challenger: usia 3 - 4 tahun

• Kurikulum:
Menstimulasi 5 area, yaitu sensory motor, seni, kognitif, sosial emosi, bahasa dan kemandirian berdasarkan nilai agama Islam.

Nah, setelah mengumpulkan informasi biaya sekolah montessori Surabaya berbasis Islam untuk usia preschool. Kini saatnya mempertimbangkan sekolah mana yang akan dipilih.
Yuk, simak tips memilih sekolah anak berikut!

4 Tips Memilih Sekolah Anak 

tips memilih sekolah anak
1. Guru

Kita harus melihat bagaimana guru yang akan mendidik anak-anak kita. Bukankah guru adalah orang tua kedua bagi anak?

Maka mengetahui bahwa guru mampu berbicara jelas, baik dan benar serta bersikap baik, adil dan sopan adalah hal yang perlu menjadi perhatian kita. Selain kompetensi dari guru tersebut.

Anak usia dini, pada periode emasnya sangat dengan mudah menyerap informasi disekitarnya. Baik perilaku maupun ucapan. Sehingga memiliki guru yang bisa memilah kosakata yang diucapkan di depan anak, mampu menahan diri untuk tidak menyampaikan kosakata yang tidak baik, menjaga perilaku dan bersikap adil akan turut membantu membentuk karakter baik anak.

2. Lokasi dan Fasilitas Sekolah

Hal kedua yang menjadi perhatian adalah jarak sekolah dengan rumah. Kebanyakan saat melakukan survei sekolah, orang tua lebih fokus pada kualitas sekolah.

Tidak sedikit yang tetap memilih sekolah dengan jarak tempuh yang lumayan jauh dari rumah.

Kita sebagai orang tua juga harus mempertimbangkan jarak dan waktu yang ditempuh anak tiap hari. Jangan sampai anak harus bersiap terlalu pagi dan sampai rumah sore hari.

Hal tersebut bisa menguras energi anak dan menyebabkan anak tidak optimal saat belajar di sekolah karena masih ngantuk atau lelah dalam perjalanan.

Begitu pun dengan fasilitas. Selain fasilitas yang ada di sekolah, perhatikan juga apakah sekolah memilih fasilitas antar-jemput bagi murid yang jarak sekolah dan rumahnya tidak dekat.

3. Biaya Sekolah

Hal penting yang sangat perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan orang tua yaitu biaya pendidikan.

Untuk pendidikan usia preschool, biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih untuk 2-3 tahun pelajaran. Sehingga yang perlu diperhatikan adalah perhitungan biaya selama 2-3 tahun pelajaran. Mulai dari SPP, uang saku, uang antar jemput/bensin, uang daftar ulang, dan biaya lainnya.

4. Kurikulum Pendidikan

Kebanyakan sekolah mengaplikasikan kurikulum dari pemerintah. Namun tidak sedikit pula sekolah memiliki kurikulumnya sendiri. Biasanya yang membedakan adalah metode pembelajaran atau pendekatan pada murid.

Nah, hal ini juga harus kita sesuaikan dengan nilai keluarga dan juga karakter anak kita. Sehingga proses pembelajaran dan pendidikan anak, baik di rumah dan di sekolah dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Penutup

Nah, itu lah kisaran biaya sekolah montessori Surabaya berbasis Islam untuk usia preschool. Jangan lupa untuk mempertimbangkan 4 hal dalam memilih sekolah anak juga ya, teman!

Selain itu, baca juga artikel sebelumnya tentang keterampilan anak usia dini yang perlu dilatih agar anak siap memasuki lingkungan sekolah.
Semoga bermanfaat!

Related Posts

1 comment

Post a Comment