Header

5 TK Internasional di Surabaya Barat, No. 4 dan 5 Verified!

1 comment
Konten [Tampil]
tk internasional surabaya
Ingin menyekolahkan anak di sekolah internasional, teman? Tapi masih bingung memilih sekolah yang mana? Pas banget kali ini aku akan berbagi informasi seputar TK Internasional di Surabaya.
"Apa sih perbedaan antara sekolah biasa dengan sekolah internasional? "
Pasti pertanyaan itu pernah muncul di benak kalian kan, teman? Sama!

Di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, terdapat sekolah internasional dan nasional. Sekolah nasional, baik negeri atau swasta, adalah sekolah yang memenuhi standar nasional pendidikan (SNP).

Sedangkan, sekolah internasional merupakan sekolah yang mengedepankan pendidikan berbasis global.

Perbedaan antara sekolah nasional dan internasional biasanya ada pada kurikulum yang digunakan, sistem atau metode pembelajaran, bahasa pengantar, fasilitas sekolah, tugas dan ujian sekolah serta tenaga pengajar.

Kebanyakan sekolah internasional menggunakan kurikulum Internasional Baccalaureate (IB), Cambridge, atau American. Sekolah internasional juga menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin atau bahasa asing lainnya dalam proses pembelajaran.

Perbedaan yang cukup mencolok juga dari tenaga pengajarnya. Mayortitas sekolah internasioanal menghadirkan tidak sedikit tenaga pengajar asing di tiap mata pelajaran.

Nah, setelah sebelumnya aku menulis tentang biaya sekolah montessori Surabaya. Kali ini, untuk kalian yang ingin mendaftarkan anak sekolah TK internasioan di Surabaya, sila simak rekomendasi TK internasional di Surabaya dariku!

TK Internasional di Surabaya

Kurang lebih ada 14 sekolah internasional yang menyebar di Surabaya. Berikut adalah rangkuman 5 TK internasional di Surabaya Barat:

1. Sampoerna Academy Surabaya 

samperna academy surabaya
Sampoerna Academy memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Sehingga membuat sekolah yang satu ini juga sudah cukup terkenal di kalangan pendidikan Indonesia. Hal ini tentu menambah kredibiltas Sampoerna sebagai perusahaan yang sering menawarkan beasiswa akademi.

Sampoerna Academy mengadopsi kurikulum British dan menggunakan metode belajar berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math). Lingkungan pendidikan diciptakan untuk mendorong budaya inovasi dan kolaborasi.

Selain itu, integrasi komunikasi, kecakapan atas berbagai macam bahasa, dan kolaborasi dalam kerja tim membuat Sampoerna Academy berbeda dari kebanyakan sekolah lain di Asia Tenggara.

Sampoerna Academy menerapkan ”Power of Play” yang menjadi jantung pedagogi preschool dengan usaha untuk mengembangkan siswa kami menjadi pelajar yang independen dengan menerapkan dan memadukan permainan dalam semua pelajaran.

Hal ini membuat pembelajaran dasar yang berhubungan dengan Bahasa dan Matematika menjadi lebih menarik dan relevan. Melalui permainan yang bermanfaat, siswa terlibat dalam pembelajaran linguistik, komunikatif, dan matematis.

Di tingkat Kindergarten (TK), program pembelajaran diterapkan dengan menekankan pada angka, aksara, serta sosial-emosional dengan mengaplikasikan berbagai macam program / sumber belajar yang didukung secara internasional.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan di sekolah ini adalah ruang kelas dengan teknologi terpadu yang dirancang khusus untuk mendukung metode pembelajaran berbasis STEAM. Terdapat area bermain (indoor dan outdoor), ruang serba guna, dan ruang olahraga.

Alamat : Jalan Lontar Pakuwon Indah No PK 01-10, Surabaya

Kurikulum : British

2. Surabaya European School

surabaya european school
Surabaya European School didirikan pada tahun 1997 sebagai sekolah Montessori pertama di Surabaya. 

Sekolah tumbuh bersama siswa dalam kelas pertamanya untuk menerapkan kurikulum Internasional Inggris dengan membuat Sekolah Dasar dan Menengah yang terakreditasi penuh melalui Ujian Internasional Cambridge pada tahun 2011.

Surabaya European School adalah sekolah internasional yang mandiri, pendidikan bersama (antara pria dan wanita), dan sekolah nirlaba internasional bagi siswa berusia 3 – 16 tahun dengan perjalanan pendidikan siswa yang diakhiri dengan ujian IGCSE di Tahun ke-11.

Program preschool dengan usia 3 – 6 tahun di Surabaya European School adalah Kelas Montessori Surabaya European School. Terdiri dari anak-anak berusia tiga, empat, dan lima tahun, dalam pengaturan usia campuran.

Pengelompokan usia campuran ini adalah prinsip dasar metode Montessori: siswa bekerja pada tingkat kompetensi mereka sendiri, namun memiliki kesempatan untuk menantang diri sendiri dalam berhubungan dengan siswa yang lebih tua atau meluangkan waktu untuk mengajar siswa yang lebih muda, sehingga memperkukuh pembelajaran mereka sendiri.

Melalui pendekatan metode montessori ini, Surabaya European School ingin mendorong perkembangan kebiasaan kerja yang baik, citra diri yang positif, dan menjadi dasar untuk pembelajaran lebih lanjut pada tiap peserta didik.

Sekolah menawarkan tiga bahasa pengantar bahasa, yaitu: Indonesia, Mandarin dan Perancis. Selain itu terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang, meja tenis, lapangan tenis, gymnasium, lapangan sepak bola, studio tari dan area bermain.

Alamat : Pakuwon Golf & Family Club Villa Bukit Regensi, Pakuwon Indah, Surabaya, 60123
Kurikulum : International, British dan Montessori


3. Surabaya Cambridge School 

surabaya cambridge school
Surabaya Cambridge School dikeola oleh yayasan Pelita Kasih Sejati. Sesuai namanya, Surabaya Cambridge School menggunakan kurikulum Cambridge sebagai metode pembelajaran. Harapannya, para murid bisa menjadi warga global yang bisa berkreasi dalam lingkungan berbagai bahasa dan budaya.

Surabaya Cambridge School sebagai sekolah berbasis kurikulum internasional juga sudah terakreaditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu Surabaya Cambridge School menawarkan bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan Mandarin sebagai bahasa pengantar dalam pelajaran.

Proses belajar-mengajar difokuskan pada pengembangan pemahaman, pemikiran kritis, kemampuan bertanya, mencari jawaban & solusi, mengembangkan keterampilan dalam inovasi dan memelihara rasa ingin tahu yang melampaui kurikulum formal. 

Surabaya Cambridge School menggunakan metode "The Project Work" yang memberikan siswa kesempatan untuk mensintesis pengetahuan dari berbagai bidang pembelajaran dan secara kritis dan kreatif menerapkannya pada situasi kehidupan nyata.

Berdasarkan penelitian dan pengembangan pendidikan terbaru, proses ini meningkatkan pengetahuan siswa dan memungkinkan mereka memperoleh keterampilan seperti kolaborasi, komunikasi, dan pembelajaran mandiri yang mempersiapkan mereka untuk pembelajaran sepanjang hayat dan tantangan di masa depan.

Program Taman Kanak-kanak di Surabaya Cambridge School, mempelajari nilai-nilai dasar dalam kehidupan seperti menghormati otoritas dan membangun hubungan baik dengan teman-teman.

Murid TK belajar lebih banyak tentang mata pelajaran ini: Membaca, Menulis, Seni Bahasa, Matematika, Sains, Seni, Musik, dan Pendidikan Jasmani. Para guru sangat menyadari perbedaan individu di antara murid-murid itu sebabnya mereka menerapkan berbagai strategi pengajaran.

Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap meliputi perpustakaan, kafetaria, ruang komputer, ruang musik pretend play area, dan area taman bermain yang menyenangkan.

Alamat : Jl. Alam Sambi Tirta Barat III/2 Blok C3B-1 Perumahan Alam Galaxy, Surabaya Barat
Kurikulum : British


4. Surabaya Intercultural School 

surabaya intercultural school
Surabaya Intercultural School berdiri pada tahun 1971 sebagai organisasi non-profit. Sekolah ini berdiri dengan bantuan dana dari Konsulat Amerika. Seperti namanya, terdapat lebih dari 20 kebangsaan yang mewakili sekolah ini.

Surabaya Intercultural School adalah satu-satunya sekolah di Surabaya yang diakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges (WASC), satu dari enam asosiasi regional yang mengakreditasi sekolah umum, swasta, perguruan tinggi, dan universitas di Amerika Serikat.

Pertama diakreditasi oleh WASC pada tahun 1985, Surabaya Intercultural School terus mengejar keunggulan dalam pendidikan internasional. Itu sebabnya Surabaya Intercultural School termasuk sekolah yang terverifikasi.

Sejak tahun 2000, pemerintah Indonesia telah mengizinkan Surabaya Intercultural School untuk menerima siswa asal Indonesia. Saat ini, Surabaya Intercultural School telah mendidik pelajar asal Indonesia dan internasional dari lebih dari 25 negara.

Dengan komposisi siswa yang berasal dari berbagai budaya dari seluruh dunia, Surabaya Intercultural School berusaha untuk menyediakan lingkungan yang mendorong penghormatan, dan apresiasi terhadap berbagai budaya, termasuk negara tuan rumah, Indonesia.

Surabaya Intercultural School menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan American. Fokus pada 4 aspek perkembangan anak, yaitu: Perkembangan Sosial/Emosional, Perkembangan Fisik, Perkembangan Kognitif dan Perkembangan bahasa.

Menggunakan eksplorasi dan penemuan sebagai cara belajar, Surabaya Intercultural School mendorong kepercayaan, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis seumur hidup, bahkan pada siswa termuda sekalipun.

Pendaftaran pendidikan anak usia dini didasarkan pada usia dan kesiapan perkembangan. Siswa yang mendaftar untuk program Anak Usia Dini harus memenuhi pedoman usia berikut:
  • EC 1 : 18 bulan pada hari pertama mereka sekolah. Biaya pendidikan berkisar 48-50 juta/tahun.
  • EC 2 : Setidaknya dua (2) tahun pada tanggal 1 November. Biaya pendidikan berkisar 48-50 juta/tahun.
  • EC 3 : Setidaknya tiga (3) tahun pada 1 November. Siswa harus dilatih menggunakan toilet saat memulai EC 3. Biaya pendidikan berkisar 48-50 juta/tahun.
  • EC 4 : Berusia minimal 4 (empat) tahun pada tanggal 1 November. Biaya pendidikan berkisar 74-80 juta/tahun.
  • Kindergarden : Berusia minimal 5 (lima) tahun pada tanggal 1 November. Biaya pendidikan berkisar 210 juta/tahun dengan Uang gedung berkisar 30 juta.
Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Untuk menunjang aktivitas di luar akademi terdapat beberapa fasilitas mulai dari kolam renang, taman bermain, dua ruang seni, ruang keramik, lapangan olah raga, gym dan lapangan sepak bola.

Alamat : Citra Raya, Lakarsantri, Tromol Pos 2/SBDK, Surabaya, 60225
Kurikulum : International Baccalaureate dan American


5. Sekolah Ciputra

sekolah ciputra
Rekomendasi sekolah kelima ini, sepertinya sudah cukup terkenal di wilayah Surabaya Barat. Sekolah Ciputra didirikan oleh pengembang properti Ciputra Group. Dari beragam proyek yang sudah didirkan oleh Ciputra Group, kualitas yang ditawarkan tentu adalah yang terbaik.

Sekolah ini memiliki berbagai macam kelas dalam skala internasional. Mulai dari preschool hingga jenjang Menengah Atas. Bahkan, sampai jenjang perguruan tinggi, lho!

Salah satu yang menarik dari Sekolah Ciputra adalah sekolah ini menawarkan kelas keagaman khusus yaitu kelas agama Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan Islam.

Biaya pendaftaran sekolah untuk preschool tahun lalu saja mulai dari satu juta, lho! Keren banget kan, teman? hehe.

Tentu, dengan biaya sekolah yang tidak murah, Sekolah Ciputra juga menawarkan fasilitas yang ditawarkan juga lengkap. Mulai dari Interactive Computer Technology (SmartBoards) di setiap kelas, 4 laboratorium komputer, lapangan sepak bola, lapangan basket, running track, lapangan gymnastics berskala internasional dan berbagai fasilitas lain yang terdapat pada Ciputra Family Club.

Alamat : Puri Widya Kencana, Citraland, Surabaya, 60213
Kurikulum : International Baccalaureate


Penutup

Itu lah kelima TK internasional di Surabaya barat rekomendasi dariku, teman. Untuk kalian yang ingin mencari tahu lebih banyak informasi dari sekolah, informasi biaya misalnya, sila kontak personal sekolah, kunjungi website sekolah atau langsung datang mengunjungi sekolah di hari dan jam kerja.

Bagaimana teman, sudah menentukan pilihan?? Eits, jangan lupa! Baca juga artikel keterampilan anak usia dini yang perlu dilatih sebelum masuk sekolah, ya!
Semoga bermanfaat!






Sumber:
https://www.international-schools-database.com/in/surabaya?filter=on
https://edu2review.id/rekomendasi-sekolah-internasional-di-surabaya/
https://harga.web.id/biaya-studi-di-surabaya-internasional-school-surabaya-intercultural-school.info
dan masing-masing website sekolah

Apa kelebihan sekolah internasional?

  1. Belajar Lebih Interaktif.
  2. Belajar Banyak Bahasa
  3. Perbedaan Kurikulum
  4. Fasilitas
  5. Tenaga pengajar asing

Berapa biaya sekolah internasional?

Untuk menempuh studi di sekolah berlabel internasional

 

Berapa biaya sekolah di Sampoerna Academy?

Diketahui, biaya masuk TK Sampoerna Academy dibandrol 3.000-4.000 USD (Rp43-57 juta) per tahun

 

Apa keistimewaan sekolah?

Manfaat sekolah yang penting diketahui adalah bisa melatih kedisiplinan dan sosialisasi. 

 

Apa bedanya sekolah internasional dan nasional?

Di sekolah internasional umumnya menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar.

Related Posts

1 comment

Post a Comment