Header

Ternyata Modal Usaha Baby Shop Segini Lho! Yuk, Check!

1 comment
Konten [Tampil]
modal usaha baby shop
Baby shop
adalah sebuah usaha yang sangat menjanjikan dan tak lekang oleh waktu. Karena kebutuhan bayi akan selalu dicari oleh orangtua yang baru melahirkan, memiliki bayi dan bahkan yang memiliki balita. Berapa sih modal usaha baby shop, teman? Penasaran ga?

Salah satu bisnis yang aku incar saat akan memutuskan menjadi stay at home mom beberapa tahun lalu adalah memiliki usaha baby shop. Karena saat itu anakku masih mengkonsumsi susu formula dan masih menggunakan popok.

Usaha baby shop ini juga termasuk bisnis yang bagus untuk pemula, apalagi jika memiliki bayi sampai dengan balita. Usaha ini sangat cocok, karena bisa sekaligus memenuhi kebutuhan bayi kita. Tentunya dengan harga lebih murah dong!

Beberapa tahun lalu, aku sempat mencari tahu berapa modal usaha baby shop, teman. Bahkan sampai melakukan survei ke beberapa gerai baby shop besar di Surabaya yang melayani pembelian grosir untuk menghitung perkiraan modal usaha baby shop.

Awalnya aku hanya ingin menjual kebutuhan bayi berupa susu formula dan popok saja. Alasannya karena susu formula dan popok adalah kebutuhan bayi harian. Alasan keduanya karena anakku juga membutuhkan keduanya.

Karena saat itu, pengeluaran untuk susu formula dan popok anakku cukup besar, teman. Untuk susu formula, dalam satu bulan bisa menghabiskan 4-5 kaleng berukuran 400 gram. Dan 1,5 pak popok dengan isi 44 pcs.

Jika dihitung pengeluaran untuk susu formula anakku sekita Rp 1,2 juta hingga Rp. 1,5 juta. Dan untuk popok sekitar Rp 160 ribu-an. Jadi niat awal ingin membuka usaha baby shop ingin seperti pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui gitu! Hehe.

Setelah aku mendapatan beberapa data harga dari tiga gerai baby shop besar di Surabaya, aku bisa memperhitungkan berapa kisaran modal usaha baby shop. Tapi masalah yang ku hadapi saat itu adalah, aku bingung menetukan produk apa saja yang sebaiknya ku beli sebagai modal usaha baby shop awal.

Kemudian aku mulai mencari referensi dari internet, dari sana aku menemukan beberapa franchise baby shop, teman. Penasaran berapa modal usaha baby shop dengan pilihan sistem franchise?? Yuk, kita bahas..

Modal Usaha Baby Shop

Berdasarkan pengalamanku melakukan survei untuk memulai usaha baby shop, aku membagi ada dua modal usaha baby shop, yaitu dengan modal kecil dan dengan modal besar. Yuk, simak penjelasannya berikut:
modal usaha baby shop

Memulai Usaha Baby Shop dengan Modal Kecil

Sebagai pemula dengan modal minim, dulu aku berencana untuk membuka usaha baby shop secara online. Hanya menjual susu formula dan popok seperti yang sudah ku tulis sebelumnya.

Dengan persiapan modal usaha baby shop yang belum matang, awalnya aku melakukan survei pada teman di kontak smarthphone. Aku mengiriman pesan siaran (broadcast message) pada teman yang memiliki bayi dan balita dengan pertanyaan susu formula dan popok apa yang digunakan anak mereka. Tak lupa, aku juga menyakan harga per-item kedua barang tersebut. 

Biasanya kan ibu-ibu kalau sudah menemukan toko murah, pasti akan langganan beli kebutuhan di toko tersebut. Dan cukup hafal selisih harga di toko lain meski hanya selisih seribu. Hayo! Iya atau iya, Buibu?? Hehe.

Nah, setelah mendapatkan beberapa data susu formula dan popok barulah aku mulai survei dengan datang ke gerai baby shop besar di Surabaya yang melayani pembelian grosir untuk membandingkan harga.

Jika ingin memulai dengan modal usaha baby shop kecil, maka yang perlu kalian lakukan adalah:
  1. Sebagai permulaan, jual dan setoklah kebutuhan bayi paling utama, yaitu susu formula dan popok.
  2. Jual secara online, jadi tidak membutuhkan gerai atau toko. Hanya menyiapkan rak penyimpanan atau etalase.
  3. Mulailah dengan kuantiti kecil, dimulai dari 2-3 item tiap varian dan ukuran.
Sehingga untuk biaya operasional hanya membutuhkan sedikit biaya, yaitu perlengkapan untuk mengemas barang jualan. Untuk jasa pengiriman, sekarang sudah banyak jasa pengiriman yang bisa datang ke rumah untuk mengambil barang. Jadi kita tidak perlu ke luar rumah dan menghemat biaya transportasi.

Jadi, modal usaha baby shop kecil berkisar anatar Rp 5.000.000 - Rp 10.000.000. Pokoknya masih bisa disiasati hingga kisaran modal yang dibutuhkan masih di bawah Rp 10.000.000. 

Memulai Usaha Baby Shop dengan Modal Besar

Untuk kalian yang sudah siap dan memiliki modal yang besar, maka bisa memakai cara yang satu ini. Selain survei secara offline, aku juga melakukan survei secara online.

Maksudnya mencari referensi pemasok yang lebih murah. Nah, ternyata ada juga franchise untuk baby shop lho, teman. Jadi semuanya sudah lengkap, kita hanya menyediakan lahan saja.

Penyedia franchise juga menyediakan perangkat komputer dan software, sehingga kita tinggal pakai dan menjalankan usaha baby shop saja. Untuk setok barang, kita tinggal repeat order juga pada mereka. Praktis dan ga ribet kan, teman?

Tentunya kepraktisan ini sesuai dengan modal usaha baby shop yang dikeluarkan. Kisaran harga franchise baby shop antara Rp 16.500.000 hingga Rp. 20.000.000. Biaya tersebut sudah termasuk satu perangkat komputer, software, nota, banner dan stok awal baby shop kita. Untuk daftar barangnya, aku lupa apa saja, teman. Hehe, maaf ya..

Oh iya, kita bebas mau menggunakan nama usaha sendiri atau ide dari mereka. Mereka hanya penyedia dan penyetok barang saja. Namun, untuk sistem franchise ini ada minimal order setiap kita menyetok barang. Dan kalau tidak salah ingat, tidak ada fee bulanan untuk royalti, deh!

Nah, misalnya nih kita sudah siap toko, sehingga bebas biaya sewa. Dan misalnya juga minimal order barang seharga Rp 5.000.000. Jadi jika kita hitung, biaya operasional bulanan dengan modal usaha baby shop menggunakan sistem franchise, kisarannya seperti berikut:
  • Biaya minmal order barang Rp 5.000.000
  • Listrik Rp 150.000
  • Pengemasan barang Rp 200.000
  • Gaji karyawan (2 orang) Rp 3.000.000
          Total Rp 8.250.000

Nominal tersebut tentu tergantung berapa besarnya kita menyetok barang dalam sekali order. Sehingga bisa diperkirakan dna disiapkan target penjualan per-bulan minimal di atas Rp 10 juta untuk mendapatkan keuntungan dan bisa cepat balik modal.

Cara Memulai Usaha Baby Shop

Sebagai pemula, selain menyiapkan modal usaha baby shop, juga perlu mengetahui cara memulai usaha baby shop berikut agar usaha berjalan dengan baik. Berikut cara memulai usaha baby shop:
cara memulai usaha baby shop
  1. Siapkan modal yang sudah diperhitungkan untuk memulai usaha baby shop. Seperti yang sudah ku jelaksan di atas, kalian bisa memilih dengan memulai modal usaha baby shop yang kecil atau besar.
  2. Menentukan barang apa saja yang akan dijual. Lakukan survei lingkunagn sekitar dan teman-teman di kontak serta media sosial kalian.
  3. Jika kalian memulai dengan modal usaha baby shop besar, kalian bisa memilih sistem franchise yang lengkap, jelas dan tentunya amanah seperti yang ku jelaskan di atas.
  4. Untuk awal, jangan terburu-buru merekrut karyawan. Tunggulah sampai usaha kalian mulai ramai dan kalian sudah kewalahan menjalankannya sendiri. Tujuannya untuk menghemat biaya operasional gaji karyawan.
  5. Jika kalian menyewa toko atau gerai, pilihlah lokasi yang stategis.
  6. Pertimbangkan harga dan kualitas yang ditawarkan. Sesekali adakan promo dan potongan harga. Dan susun strategi pemasaran lainnya.
  7. Meskipun memiliki toko offline, jual juga produk secara offline dan manfaatkan lapak online di e-commerce.

Kesimpulan

Sama seperti usaha lainnya, modal usaha baby shop juga bervariasi. Ada yang modal awal kecil dan ada juga yang besar. Tergantung dari kesiapan, peluang dan target pasar.

Jika kalian memiliki uang yang cukup untuk modal usaha baby shop dengan sistem fanchise, maka saranku lebih baik memilih sistem ini. Namun, kita kita juga membuka kerja sama dengan pemasok (biasanya distributor resmi) dengan harga lebih murah.

Semoga bermanfaat :)

Related Posts

1 comment

  1. Terimakasih atas informasinya ya, usaha seperti ini belum ada ditempat saya

    ReplyDelete

Post a Comment