Header

Modal Usaha Cuci Mobil Otomatis Bikin Histeris?!

Post a Comment
Konten [Tampil]
modal usaha cuci mobil otomatis
Modal usaha cuci mobil ototmatis bikin histeris? Apakah benar?? Apakah modal usaha cuci mobil otomatisitu besar, ya? Karena usaha cuci mobil saat ini menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang besar.

Apalagi di kota-kota besar yang kebanyakan masyarakatnya yang tiap harinya menggunakan mobil pribadi dan pekerja kantoran yang rata-rata memiliki waktu luang terbatas. Pasti kebanyakan mereka memilih jasa cuci mobil dibanding mencucinya sendiri di akhir pekan.

Peluang usaha cuci mobilini tentunya semakin besar diperkotaan. Namun meskipun bisnis ini menguntungkan, jika kita kurang mempersiapkan rencana untuk mendirikan bisnis, maka akan terjadi banyak kesalahan di awal yang membuat usaha cuci mobil kita kita tidak bertahan lama.

Nah, cuci mobil sendiri ada beberapa jenisnya, teman. Kalau kalian sering lihat tempat cuci mobil yang mobilnya di angkat ke atas untuk membersihkan kolong mobil, itu namanya cuci mobil hidrolik.

Sedangkan cuci mobil otomatis adalah tempat cuci mobil yang pembersihannya menggunakan bantuan dari mesin khusus. Atau dengan kata lain tempat cuci mobil yang menggunakan alat-alat yang pengoperasiannya dilakukan secara otomatis.

Jadi tenaga SDM atau karyawan yang diperlukan tidak sebanyak cuci mobil hidrolik atau manual. Karena sebagian besar sudah dikerjakan oleh mesin khusus cuci mobil.

Seperti kebanyakan di adegan film-film barat itu lho, teman. Ketika sang aktor/aktris mencuci mobil tetapi mereka tetap di dalam mobil dan proses cuci mobilnya pun sangat cepat. Jadi tidak perlu turun dari mobil dan menunggu lama.

Aku jadi penasaran kira-kira berapa sih modal usaha cuci mobil ototmatis yang kian marak bermunculan di perkotaan ini?

Modal Usaha Cuci Mobil Ototmatis

modal usaha cuci mobil otomatis
Seperti yang sudah ku jelaskan di atas, usaha cuci mobil otomatis adalah tempat cuci yang hampir 90% dioperasikan oleh mesin otomatis atau robot. Nah, kira-kira berapa ya modal usaha cuci mobil otomatis ini? Yuk, simak!

Sebelumnya perlu kita ketahui, alat mencuci mobil otomatis itu ada yang bertugas menyemprotkan air bertekanan tinggi, menyemprotkan sabun, menggosok permukaan cat dan kaca mobil, serta alat untuk menyemprot bagian kolong mobil yang dikerjakan manual oleh karyawan.

Sehingga, modal yang harus dikeluarkan untuk usaha cuci mobil otomatis ini bisa dibilang cukup besar. Selain modal yang disiapkan untuk lahan usaha cuci mobil. Apakah nominalnya sama dengan modal usaha dekorasi pernikahan?

Berikut adalah kisaran harga mesin otomatis:
  • Mesin cuci mobil otomatis buatan taiwan Rp 950.000.000
  • Mesin cuci mobil otomatis Lokal Rp 240.000.000
Tentunya harga di atas bisa berubah tergantung merek, model dan ketersediaan di kota kalian.

Jadi, kisaran modal usaha cuci mobil otomatis dengan mesin buatan Taiwan hampir menyentuh angka 1 miliar. Ini belum biaya lahan, instalasi air, setok shampoo dan semir ban dll.

Namun jika dibandingkan dengan harga mesin cuci mobil otomatis lokal, harganya jauh lebih murah. Hampir 4 kali lipat lebih murah. Nah, jika ingin modal usaha cuci mobil otomatis lebih miring, belilah mesin cucu mobil otomatis buatan lokal.

Walaupun modal usaha cuci mobil otomatis terbilang sanagt besar, namun bisa membuat usaha cuci mobil kita lebih produktif. Dibandingkan dengan cara manual, mencuci dengan mesin otomatis ini bisa lebih cepat. Dan ini lah daya tarik yang paling menonjol dari cuci mobil otomatis.

Proses Cuci Mobil Ototmatis

Karena aku punya pengalaman mencuci mobil di tempat cuci mobil otomatis, aku jadi penasraan bagaimana proses mencuci mobil dengan modal usaha cuci mobil otomatis yang cukup fantastis menurutku ini. Dilansir dari oto.detik.com, ternyata prosesnya begini, teman!
  1. Sebelum masuk ke mesin otomatis, mobil diarahkan ke sebuah tempat. Bodi mobil disemprot air dan disabuni. Cara tersebut untuk menghilangkan debu dari body mobil. Sementara dari kolong mobil ada petugas yang menyemprotkan air cukup deras, yang fungsinya untuk melunturkan tanah-tanah dari kolong mobil.
  2. Setelah diberi shampo dan dibersihkan, bodi mobil disemprot air lagi hingga sabun hilang dari bodi mobil. Pengerjaan bagian itu sangat ringkas, hanya memakan waktu sekitar 3 menit. 
  3. Setelah siap, barulah mobil masuk ke tempat cuci otomatis. Mobil akan diarahkan ke rel. Pada momen ini, single rel itu akan menuntun mobil ketika di dalam mesin cuci. Jadi lepas kemudi, jangan tarik rem tangan agar mobil mudah melaju.
  4. Sesampainya di mesin cuci otomatis, body mobil langusng disemprot air cukup keras. Mulai dari atas, samping dan kolong. Pengendara yang berada di dalam mobil akan merasakan kuatnya dorong air tersebut. 
  5. Sesaat kemudian mobil keluar dari mesin cuci otomatis. Body mobil meninggalkan bercak air. Lamanya mesin bekerja sekitar 5 menit.
  6. Setelah keluar dari mesin cuci otomatis, mobil langsung diarahkan ke tempat pengeringan. Nah, pada sesi ini dikerjakan oleh karyawan, teman. Pengendara disarankan keluar dari mobil, jika memilih servis pembersihan interior mobil. Lap pengering khusus, vaccum cleaner, dan cairan untuk membuat ban mobil kinclong sudah tersedia.

Taraa!! Tanpa perlu menungu watu lama, dalam waktu kurang lebih 13 menit, mobil sudah bersih. Tak hanya eksterior juga interior. Wah, keren juga ya, teman! Meskipun modal usaha cuci mobil otomatis tidak sedikit.

Analisa Keuntungan Usaha Cuci Mobil Otomatis

Berbicara mengenai keuntungan yang didapatkan dari usaha cuci mobil ototmatis, maka hal tersebut akan sangat tergantung dengan berapa banyaknya pelanggan yang datang.

Dengan modal usaha cuci mobil otomatis yang cukup fantastis, tariff cuci mobil otomatis cukup bervariasi, mulai dari Rp. 60.000 hingga Rp. 100.000.

Misalnya tarif mobil yang kita pakai adalah Rp. 65.000 dan rata-rata pelanggan yang datang dalam sehari 25 mobil. Maka estimasi keuntungan yang didapatkan sebagai berikut:
  •  50 mobil x Rp 65.0000 = Rp 3.250.000
Dalam satu hari, omset kotor yang didapatkan adalah Rp. 3.250.000

Sekarang kita hitung estimasi omset dalam satu bulan:
  • 30 hari x Rp 3.250.000 = Rp 97.500.000
Biaya-biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan omset bersih, yaitu:
  1. Gaji karyawan
  2. Listrik
  3. Shampoo
  4. Semir ban
  5. Servis peralatan
Kita anggap potongan biaya diatas nilainya 60% dari omset kotor. Maka keuntungan perbulan yang didapatkan adalah:
  • 60% x Rp. 97.500.000 = Rp 58.500.000
  • Rp. 97.500.000 - Rp 58.500.000 = Rp 39.000.000
Dengan estimasi keuntungan di atas, dalam kurun waktu 2 tahun sudah bisa balik modal dengan modal usaha cuci mobil otomatis menggunakan mesin buatan lokal.

Tips Membuka Usaha Cuci Mobil Otomatis

tips membuka usaha cuci mobil
Setelah mengetahui berapa kisaranmodal usaha cuci mobil otomatisdan estimasi keuntungan dari usaha cuci mobil otomatis, berikutnya adalah tips membuka usaha cuci mobil otomatis.
  1. Memilih mesin cuci mobil otomatis yang berkualitas namun sesuai dengan budget.
  2. Lokasinya harus strategis, seperti dekat perkantoran, dekat mall dan lain sebagainya.
  3. Sesuaikan tarif cuci mobil dengan harga pasaran atau harga rata-ratanya di lokasi tersebut.
  4. Rekrut karyawan dan berikan pelatihan untuk mereka, agar kualitas layanan usaha cuci mobil ototmatis kita meningkat dan memiliki standar.
  5. Berikan banyak promosi menarik dan berikan promo khusus untuk pelanggan setia.
  6. Berikan gaji dan tip untuk karyawan, dengan disesuaikan beban kerja mereka (biasanya 40% dari pendapatan harian).
  7. Selalu perhatikan penggunaan shampo yang akan digunakan untuk cuci mobil. Gunakanlah shampo kualitas terbaik dan tidak merusak body.
  8.  Rajinlah melakukan evaluasi secara rutin.

Tips Memilih Shampo Cuci Mobil

Untuk mewujudkan kualiatas dan standar yang baik dari pelanggan, tentu setiap komponennya tidaklah sembarangan. Walau bagaimanapun, kepuasan pelanggan adalah kunci keberhasilan kita dalam berbisnis. Karenanya, simak tips memilih sgampo cuci mobil berikut:

1. pH yang seimbang

Seperti halnya tubuh kita, mobil pun perlu pH yang seimbang. Hal ini perlu diperhatikan agar sabun tidak meninggalkan bekas pada mobil dan membuatnya lebih mengkilap. Sehingga, kualitas cat mobil bisa terjaga dalam jangka waktu yang lama.

2. Mengandung brightening agent

Lebih baik jenis sabun cuci mobil yang dipilih ialah yang mengandung brightening agent. Fungsi dari kandungan itu sendiri adalah agar mobil terlihat lebih mengkilap setelah dicuci. Sehingga, kita bisa menghindari hasil cuci yang tampak kusam dan tidak enak dipandang.

3. Ramah lingkungan

Hingga saat ini, sudah banyak produk yang menggunakan zat ramah lingkungan beredar di pasaran. Oleh karena itu, sebagai wujud turut serta dalam menjaga bumi dari dampak pemanasan global, sebaiknya pilihlah jenis sabun terbaik yang aman sekaligus ramah lingkungan.

Kesimpulan

Perkiraan modal usaha cuci mobil otomatis tergantung dari mesin yang dipilih dan lahan yang dipakai. Apakah lahan milik pribadi atau sewa. Jenis mesinnya pun ada beberapa pilihan, buatan lokal atau buatan luar.

Untuk meminimunkan modal usaha cuci mobil otomatis, pilihkan mesin buatan lokal dan usahakan sudah memiliki lahan yang siap digunakan. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa.

Keuntungan yang didapatkan juga tergantung dari berapa banyaknya pelanggan yang datang. Tentu, selain factor rejeki, factor lain juga memperngaruhi. Jadi, sebaiknya cari tahu dulu tentang usaha cuci mobil otomatis ini, teman.













Sumber referensi:
https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-2049862/cuci-mobil-otomatis-cuma-13-menit
https://www.harga.top/harga-mesin-cuci-mobil-otomatis/#Daftar_Terbaru
https://accurate.id/bisnis-ukm/car-wash/#Jenis-Jenis_Usaha_Car_wash

Related Posts

Post a Comment