Header

Modal Usaha Dekorasi Pernikahan, Usaha yang Menjanjikan!

1 comment
Konten [Tampil]
Modal usaha dekorasi pernikahan
Dekorasi pernikahan merupakan salah satu instrumen yang cukup penting, selain makeup dan gaun pengantin. Sehingga tak sedikit orang rela mengeluarkan biaya yang besar untuk dekorasi pernikahannya. Kira-kira berapa modal usaha dekorasi pernikahan ya, teman?

Biasanya selain untuk dekorasi pernikahan, usaha dekorasi juga bisa untuk dekorasi acara lainnya, seperti lamaran, anniversary pernikahan, ulang tahun, gathering atau acara penting lainnya. Fungsi dekorasi ini selain untuk alasan estetika, juga bisa sebagai latar belakang foto yang cantik dan membuat venue lebih enak dipandang.

Karena pasar dari usaha ini cukup tinggi, sehingga bisa dijadikan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Pertanyaannya, apakah modal usaha dekorasi pernikahan besar?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, dalam kesempatan kali ini, aku ingin membahas berapa kira-kira modal usaha dekorasi pernikahan yang perlu disiapkan?

Modal Usaha Dekorasi Pernikahan

Umumnya dekorasi pernikahan tidak hanya dekorasi pelaminan saja, bisa juga pelanggan meminta untuk dekorasi full. Mulai dari pintu masuk hingga kamar pengantin. Nah, penasaran kan berapa modal usaha dekorasi pernikahan?

Besar kecilnya modal usaha dekorasi pernikahan tergantung pada perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Jika kalian memiliki modal lebih, maka perlengkapan dan peralatan yang dibeli akan semakin lengkap. Namun, jika modal kalian minim, maka belilah peralatan dan perlengkapan yang sangat dibutuhkan.

Untuk modal besar, kalian bisa menyiapkan perlengkapan dekorasi mulai dari pintu masuk, jalan menuju pelaminan, pelaminan, tempat makan VIP dan dekorasi cathering. Untuk modal minim, kalian bisa memfokuskan hanya ke dekorasi pelaminan saja.

Tentu saja, semakin besar ruangan acara maka semakin banyak pula perlengkapan dan peralatan dekor yang dibutuhkan. Begitupun sebaliknya, jika acara hanya diselenggarakan di rumah dan sederhana, perlengkapan dan peralatan dekor yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Modal awal untuk menjalani bisnis ini bervariasi, tergantung pada perlengkapan dan peralatan yang akan dibeli. Peralatan yang dibutuhkan biasanya meliputi, panggung, kursi pelaminan, backdrop, lighting, bunga dan hiasan lainnya, karpet, mini garden dan lainnya.

Untuk modal besar, kisarannya antara Rp. 50 juta sampai Rp. 100 juta. Dengan modal Rp. 50 juta kalian sudah bisa mengoperasikan bisnis untuk dekorasi gedung ukuran kecil dan sedang

Sedangkan skala modal kecil, bisa dimulai dari Rp. 6 juta. Target usaha dekorasi pernikahan dengan modal minim ini adalah dekorasi pernikahan rumahan yang sederhana dan minimalis.

Seperti kisah pengusaha dekor asal Bekasi, Erinta dan Wisnu yang ditulis dalam salah satu artikel di blog bukausahayuk.com, memulai bisnis dekor dengan modal Rp. 6 juta. Dari modal usaha dekorasi pernikahan yang mereka keluarkan tersebut, kini mereka bisa meraup keuntungan 20 hingga 30 juta perbulan.

Wah, bisnis ini benar-bear menjanjikan ya, teman? Jika kalian tertarik memulai bisnis persewaan modal kecil berpeluang besar, kalian bisa coba usaha dekorasi pernikahan ini.

Selain usaha dekorasi, kalian juga bisa melirik peluang usaha sewa tenda juga. Seperti pepatah, sekali mendayung 2 tiga pulau terlampaui. Karena kedua usaha ini masih saling berkaitan.

Kembali ke modal usaha dekorasi pernikahan. Sebagian besar pebisnis usaha dekorasi akan menghabiskan sebanyak 70% hingga 80% modal awalnya untuk membeli peralatan dan perlengkapan. Sisanya, mereka gunakan untuk upah pegawai dan kegiatan pemasaran.

Kalian tidak perlu panik melihat angka yang besar tersebut. Karena sebagian besar dari peralatan tersebut bisa digunakan lagi untuk menghias acara lainnya. Jadi, investasi yang besar pada peralatan kemungkinan hanya diperlukan di awal saja.

Namun jika ingin meminumkan modal, kalian bisa menyewa peralatan sehingga hanya bermodal biaya sewa saja. Saat ini, sudah banyak yang menyediakan jasa sewa alat dekorasi. Jadi, untuk modal usaha dekorasi pernikahan ini hanya harus mempunyai ide yang kreatif, konsep dekorasi, dan tim yang siap membantu dalam mengerjakan dekorasi tersebut. Sedangkan untuk berbagai alat yang diperlukan, kalian bisa menyewanya dari jasa sewa alat dekorasi.

Jika kalian memutuskan untuk membeli perlengkapan dan peralatan, tentunya akan memerlukan investasi terkait perawatan dan penyimpanan, serta meng-upgrade perlengkapan dan peralatan dengan model terbaru lagi.

Para calon pengantin kemungkinan besar akan menginginkan hiasan yang kekinian dalam acara resepsinya, sehingga kalian juga wajib untuk mengikuti trend dan meyiapkan perlengkapan dan peralatan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Harga Jasa Dekorasi Pernikahan Tahun 2022

Secara umum, jasa dekorasi biasanya menawarkan untuk mendekor bagian pelaminan, area utama, dan area pintu masuk. Harganya pun bervariasi, tergantung properti yang digunakan.
Harga jasa dekorasi pernikahan
Kisaran harga jasa dekorasi gedung adalah antara Rp. 9.000.000 sampai dengan Rp. 25.000.000, ini adalah ukuran standar dekorasi. Karena biasanya panjang pelaminan di gedung mulai dari 8 meter hingga 14 meter. Jadi semakin besar ruangan, maka semakin banyak properti yang digunakan, dan semakin mahal biayanya.

Sedangkan untuk harga jasa dekorasi pernikahan rumahan. Kisaran mulai dari harga Rp. 5.500.000 hingga Rp. 15.000.000. karena kebanyakan ukuran pelaminan yang digunakan di rumah maksimalnya 8 meter.

Standar dekor rumahan biasanya terdiri dari: dekor pelaminan dengan panjang 6 meter, taman depan dekor taman biasa, pintu masuk lengkung, standing flower 4 buah, karpet jalan biasa.

Nah, setelah mengetahui kisaran modal usaha dekorasi pernikahan beserta kisaran harga jasa sewanya. Kini saatnya simak tips-tips untuk menjalani usaha dekorasi pernikahan berikut.

Tips Menjalankan Usaha Dekorasi Pernikahan

Sudah menyiapkan modal usaha dekorasi pernikahan? Yuk, simak tips menjalankan usahanya berikut:
Tips menjalankan usaha dekorasi pernikahan

1. Kreativitas

Insting kreatif sangat diperlukan bahkan menjadi hal utama yang harus anda miliki. Insting berguna untuk mewujudkan desain dekorasi sesuai dengan apa yang di inginkan oleh pelanggan..

Nilai-nilai kreatif harus bisa ditunjukan sehingga desain dekorasi yang dibuat tidak ketinggalan zaman dan sesuai dengan kultur dekorasi daerah. Misal, dekorasi di tanah Jawa berbeda dengan dekorasi di tanah Sumatera.

Untuk belanja ide, kalian bisa mencari referensi dekorasi yang sedang trend, kemudian kalian amati, tiru dan jangan lupa di modifikasi. Untuk memodifikasi tentu membutuhkan kreatifitas yang baik.

2. Konsistensi

Jantung bisnis ini adalah konsistensi. Konsistensi menjadi sesuatu yang berat. Maka kalian harus punya komitmen untuk menjalankan bisnis ini jika ingin berhasil.

Konsistensi akan berjalan baik jika menjalankan bisnis ini dengan passion. Karena dengan passion, kalian akan menikmati tiap proses usaha kalian. Baik sedang naik maupun turun. Kalian tidak akan mudah menyerah.

3. Ide bisnis atau dekorasi yang brilian

Usaha dekorasi pernikahan adalah usaha yang mengandalkan kreatifitas, maka ide-ide brilian yang tidak ketinggalan zaman (selalu up-to-date) bisa bertahan di bisnis ini. Ide bisnis yang berbeda dari kompetitor lain juga jadi nilai plus untuk menjalankan bisnis ini.

4. Mulai dari yang kecil

Jika modal awal kalian minim, maka mulailah dari yang kecil. Semampu kalian. Tidak perlu gegabah untuk meminjam uang agar modal bertambah. Jalankan saja dulu yang ada.

Meskipun terbatas, dengan konsistensi bisnis, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Roda bisnis akan berputar sesuai dengan usaha, kerja keras dan doa.

5. Menjaga jaringan bisnis

Jaringan bisnis dengan pelanggan adalah hal mutlak jika ingin survive bisnis ini. Marketing yang terbaik untuk bisnis adalah mulut-ke-mulut atau rekomendasi.

Jaringan bisnis ini juga bisa anda bangun dengan memanfaatkan jaringan keluarga, circle pertemanan dan kerabat sekitar.

6. Menjalin kerjasama

Ada kata-kata bijak,
Jika ingin cepat cari untung maka bekerjalah sendiri, namun
Jika ingin bisnis bertahan lama maka bekerja samalah.
Bisnis besar tidak bisa dijalankan sendiri, tetap harus melibatkan orang lain untuk bekerjasama. Kalian bisa coba bergabung dengan komunitas pengusaha Wedding Organizer (WO) dan mulailah menjalin kerjasama.

7. Memiliki tempat yang luas dan aman untuk menyimpan dekorasi

Tips ini lebih ke teknis. Properti dekorasi pernikahan terbilang cukup banyak. Maka kalian harus bisa menyimpannya ditempat yang luas dan aman dari hujan atau ancaman lainnya.

8. Harga kompetitif namun tidak menjatuhkan

Persaingan bisnis saat ini memang sangat ketat, namun berbeda dengan bisnis dekorasi. Bisnis yang berbasis pada kreatifitas biasanya mematok tarif berdasarkan portofolio dekorasinya.

Semakin banyak pengalaman dan portofolio tentu akan meningkatkan valuasi bisnis anda. Jangan pernah bermain membanting harga karena itu adalah rantai api bagi bisnis kita sendiri.

9. Menyiapkan alat transportasi

Alat transportasi sangat dibutuhkan dalam bisnis ini sebab perlengkapan dekor ada banyak sekali jadi perlu kendaraan seperti bak terbuka atau truk untuk mengangkutnya. Jika tidak punya kendaraan sendiri kamu bisa menggunakan jasa angkut.

10. Memperluas jaringan dan relasi

Memiliki jaringan dan relasi dapat mempengaruhi kemajuan bisnis. Karena dari jaringan dan relasi yang dimiliki dapat membuka peluang baru, bisa menjalin kolaborasi atau kerja sama, memecahkan masalah yang sama dan bisa saling support satu sama lain.

Kalian bisa membangun relasi tersebut sedini mungkin dengan teman sekolah kita terdahulu, kuliah, dengan teman organisasi, komunitas, bahkan dengan orang-orang di lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Modal usaha dekorasi pernikahan sangat bervariasi, tergantung pada perlengkapan dan peralatan dekor yang ingin kalian beli sebagai modal awal memulai bisnis ini. Kalian bisa mengusahakan modal minim dengan cara menyewa perlengkapan dan peralatan dekor terlebih dahulu.

Setelah mengumpulkan portofolio dan usaha kalian semakin berkembang, maka kalian bisa menambah modal dengan berinvestasi pada perlengkapan dan peralatan yang up-to-date.

Kesimpulannya, semua bisa menjadi pengusaha dan memiliki bisnis jika kalian bertekad dan mulai merangkak perlahan. Semoga usaha yang kalian bangun saat ini, bisa menjadi bisnis yang sukses, teman. Semangat!








Sumber:

https://www.bukausahayuk.com/bisnis-modal-kecil-untung-besar/

https://www.toiletbisnis.com/bisnis-dekorasi-pernikahan/#target_pasar_bisnis_dekorasi

https://harga.web.id/harga-dekorasi-resepsi-pernikahan-di-rumah.info


Related Posts

1 comment

Post a Comment