Iklan

Header

Rahasia Bisnis Mie Ayam Cup, Hasilkan Untung Jutaan

Post a Comment
Konten [Tampil]
 
bisnis mie ayam cup
Bisnis kuliner dalam kemasan cup memang sedang tren saat ini. Tak ingin ketinggalan, bisnis mie ayam cup juga menjadi salah satu strategi baru untuk menjangkau banyak kalangan dan menarik minat pembeli.

Bisnis mie ayam cup memiliki peluang besar. Selain karena mie ayam masih menjadi salah satu pilihan kuliner favorit bagi masyarakat Indonesia, kemasan cup menjadi wadah yang efesien untuk di bawa dan di sajikan dimana pun.

Dibandingkan bisnis yang lainnya, bisnis kuliner relatif lebih aman dari segala pergerakan ekonomi. Penyebabnya, karena makanan adalah kebutuhan primer yang dibutuhkan semua orang.

Mie ayam adalah salah satu pilihan kuliner yang bisa dijadikan sebagai makan utama atau makanan camilan. Karena bahan utamanya adalah mie, yang mana termasuk dalam kelompok sumber karbohidrat. Namun, tidak sedikit masyarakat kita menganggap mie ayam hanyalah camilan saja.

Melihat selera dan antusias masyarakat kita yang kebanyakan menyukai mie ayam, bisnis mie ayam cup bisa menjadi pilihan untuk memanfaatkan peluang ini. Peluang apa saja yang bisa didapat dari bisnis mie ayam cup ini?

Mari kita bahas..

5 Peluang Bisnis Mie Ayam Cup yang Menggiurkan

Tingginya minat masyarakat terhadap mie ayam tentu menyediakan peluang bisnis kuliner yang tinggi. Banyak orang tertarik terjun ke usaha kuliner satu ini, baik berupa bisnis mie ayam rumahan hingga bisnis mie ayam frozen. Dan bisnis mie ayam cup merupakan trobosan baru yang bisa dijalankan dari rumah.

Ada 5 peluang bisnis mie ayam cup yang bisa dipertimbangkan untuk pilihan bisnis:

1. Lebih Praktis di Bawa Kemana-mana

Bisnis mie ayam cup menawarkan kemudahan bagi para konsumen untuk menyantap makanan di mana saja. Jika dibandingkan mangkok atau plastik, cup lebih kokoh, rapat, dan tentunya hemat ruangan.

Mie ayam cup bisa dikonsumsi di ruangan kantor, perjalanan jauh, tempat wisata, maupun di rumah saja. Tentunya, para penyuka mie ayam tidak bisa menolak kemudahan ini bukan?

2. Lebih Ramah terhadap Kalangan Remaja

Selain unsur fleksibilitas kemasan, unsur estetika juga menjadi pertimbangan. Fakta menunjukkan, anak-anak muda cenderung suka memfoto makanan yang mereka konsumsi dan mempostingnya di media sosial.

Dengan demikian, secara otomatis mereka lebih mudah tertarik dengan kemasan makanan yang menarik, keren dan trendy. Kemasan cup adalah salah satu bentuk kemasan makanan yang sedang tren saat ini.

3. Proses Pendistribusian Lebih Mudah

Bisnis mie ayam cup juga mempunyai kemudahan tersendiri dalam hal pendistribusian. Model kemasan yang rapat dan aman memudahkan untuk memberikan tumpukan cup mie ayam pesanan konsumen tanpa perlu khawatir tumpah.

4. Keuntungan Besar

Apakah bisnis mie ayam cup menguntungkan? Jawabannya, tentu saja. Apalagi jika sudah memiliki jaringan konsumen yang luas dan supplier termurah. Selain itu, proses produk mie ayam juga tergolong mudah didapatkan sehingga tidak membutuhkan biaya operasional yang besar. 

5. Mudah Dikembangkan

Peluang terakhir yang perlu diketahui adalah kemudahan pengembangan. Misalnya, jumlah peminat mie ayam yang sangat tinggi memudahkan kita untuk menciptakan varian baru. Contoh, bisnis mie ayam cup kriuk atau mie ayam cup aneka toping. Dengan kemudahan dalam proses pengembangan, tidak berlebihan jika kita mengatakan bisnis mie ayam cup sangat menjanjikan.

Melihat peluang di atas, bisnis mie ayam cup sangat menggiurkan untuk dijalankan karena keuntungan yang bisa diperoleh juga besar, sebab mie ayam ini dibuat dari bahan – bahan yang terjangkau serta sangat mudah didapatkan. Berikut adalah modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis mie ayam cup rumahan.

Modal Awal Bisnis Mie Ayam Cup


Modal awal bisnis mie ayam cup bisa dibilang sangat kecil. Apalagi jika rumahan, artinya tidak menyediakan warung atau kedai. Peralatan yang dibutuhkan tidak sebanyak jika membuka warung mie ayam. Berikut adalah asumsi rincian modal awal bisnis mie ayam cup rumahan:

Perlengkapan bisnis mie ayam cup

Kuantitas

Harga total

Panci (untuk rebus mie)

1 unit

Rp        250.000

Panci sedang

2 unit @Rp 35.000

Rp          70.000

Botol saus sambal 650 ml

3 pcs @Rp 12.000

Rp          36.000

Jumlah

 

Rp       356.000


Sebenarnya modal untuk peralatan di atas bisa ditiadakan jika peralatan masak tersebut sudah tersedia di dapur. Peralatan lainnya yang tidak saya masukkan seperti sendok, mangkok, piring untuk wadah.

Kemudian selain modal utama berupa peralatan masak di atas, terdapat bahan baku untuk menjalankan bisnis mie ayam cup dengan rincian sebagai biaya operasional sebagai berikut:

Nama bahan

Kuantitas

Harga total

Mie

5 Kg

Rp     100.000

Ayam utuh

2 ekor

Rp       90.000

Ceker ayam

1 kg

Rp       10.000

Kepala Ayam 

0,5 kg

Rp         6.000

Minyak goreng

1 Liter

Rp       12.000

Kecap

700 ml @Rp 24.000

Rp       48.000

Penyedap rasa

100 gram

Rp       10.000

Daun bawang

10 ikat

Rp       50.000

Sawi

10 ikat

Rp       75.000

Pangsit goreng

1 bungkus

Rp       70.000

Bakso

250 buah

Rp     150.000

Sambal

600 ml @Rp 6.500

Rp       32.500

Cup 650 ml /25pcs

8 pack @Rp 20.000

Rp     160.000

Sumpit kayu /50 pcs

4 pack @Rp 7.500

Rp       30.000

Kantong plastic

4 pack @5.000

Rp       20.000

Plastik saus sambal

2 pack @7.500

Rp       15.000

Isi ulang gas

4 kali @Rp 18.000

Rp       72.000

Jumlah

 

Rp 5.702.500


Perhitungan di atas berdasarkan asumsi bahwa setiap 1 kilogram mie bisa menghasilkan 12 porsi mie ayam cup. Jadi, dalam sehari bisa membuat hingga 60 porsi. Itu juga udah termasuk dengan berbagai bahan lainnya seperti daging ayam, minyak, kecap hingga pangsit untuk memenuhi kebutuhan membuat 1 porsi mie ayam cup.

Analisa Keuntungan Bisnis Mie Ayam Cup


Jika kita asumsikan harga 1 porsi mie ayam cup original sebesar Rp 7.000, maka omzet maksimal yang akan didapat dalam sebulan adalah:

Rp 7.000 x 60 porsi x 26 hari (hari buka per bulan) = Rp 10.920.000.

Sedangkan untuk laba bersih adalah:

Rp 10.920.000 (penjualan) – Rp 5.702.500 (biaya operasional) = Rp 5.217.500

Wah! Keuntungan yang didapat lumayan besar ya, teman?! Belum lagi ika penjualan mie ayam cup ditambah toping bakso, ceker atau kepala ayam yang diharga lebih dari Rp 7.000. Keuntungannya pasti lebih besar dari nominal di atas, teman!

Bahkan dengan analisa keuntungan ini sudah bisa langsung balik modal guna menutupi ongkos membeli perlengkapan di bulan pertama. Namun untuk mencapai penjualan maksimal 60 porsi sehari merupakan tantangan yang harus dicapai.

Hambatan Bisnis Mie Ayam Cup


Setiap bisnis, apapun jenisnya pasti menemukan hambatan. Dalam menjalani bisnis mei ayam cup atau mie ayam biasa yang di jual menggunakan gerobak juga memiliki berapa hambatan yang hampir sama. Sama dengan bisnis minuman seperti usaha jus buah atau usaha warung kopi, diantaranya sebagai berikut:

1. Bahan Baku

Bahan baku bisnis mie ayam cup merupakan bahan baku yang tidak tahan lama jika sudah diolah. Sedangkan dalam bisnis, penjualan tidak selalu ramai. Masalah akan timbul saat belanja bahan baku dalam jumlah sedikit, ternyata konsumen ramai. Hal ini bisa menyebabkan kehilangan peluang mendapatkan omzet tinggi.

Sedangkan jika belanja bahan baku terlalu banyak, karena ingin mencapai omset lebih, namun ternyata konsumen sedikit atau sepi, alhasil bahan baku yang sudah dioleh tidak bisa bertahan lama. Sehingga bisa menyebabkan bahan rusak atau basi dan harus dibuang. Jelas ini merupakan kerugian nyata para pelaku bisnis kuliner. Sebab itulah, pelaku bisnis mie ayam harus pandai dalam memperhitungkan persediaan bahan baku.

2. Kompetitor

Mie ayam adalah makanan favorit masyarakat kita. Peluang besar ini bisa dimanfaatkan siapa saja dan dimana saja. Sehingga kompetitor pun terbilang tinggi. Selain kompetitor yang tinggi, tidak sedikit juga dari mereka yang meniru konsep bisnis mie ayam cup kita. Sehingga untuk mengatasinya, perlu melakukan inovasi. Saat kompetitor mulai banyak yang meniru konsep bisnis mie ayam cup kita, maka kita harus bisa mempersiapkan hal baru untung bersaing. Baik berupa pengembangan produk, modifikasi menu, ataupun strategi marketing yang menarik.

3. Konsisten

Menjaga konsistensi memang tidak mudah. Tidak hanya menjaga konsistensi rasa dan kualitas bisnis mie ayam cup, tetapi juga menjaga konsistensi layanan terhadap pelanggan. Kehilangan konsistensi artinya sama dengan terhadap pelanggan. Banyak contoh di lapangan, dimana biasanya usaha kuliner yang sedikit demi sedikit ditinggalkan pelanggan karena tidak menjaga konsistensi dari kualitas produk maupun kualitas layanan.

Tips Sukses Menjadi Pengusaha Mie Ayam Cup


Peluang dan strategi bisnis merupakan dua faktor keberhasilan usaha mie ayam cup yang paling utama. Jika sudah membaca peluang, perhitungan modal dan analisa keuangan, kini saatnya memulai strategi usaha yang tepat agar bisnis mie ayam cup bisa mencapai target penjualan harian.

Berikut deretan trik sukses merintis dan mengelola bisnis mie ayam cup:

1. Petakan Konsep Bisnis

Apakah kita ingin membangun bisnis mie ayam cup dengan konsep rumahan, kedai, penjualan secara langsung, melalui mitra, atau sistem franchise? Apakah mau membuat target pasar terbatas atau seluas-luasnya?

Konsep bisnis merupakan pondasi yang harus dimantapkan sebelum merintis sebuah usaha. Sesuaikan dengan faktor-faktor lain seperti jumlah modal, Analisa pasar, atau tujuan bisnis.

Seiring berjalannya waktu, tentu konsep bisnis bisa diubah sesuai situasi dan kondisi terbaru. Namun pastikan diawal sudah mantap dengan konsep bisnis pertama yang akan diterapkan.

2. Resep Mie Ayam yang Lezat

Kunci utama kesuksesan bisnis kuliner tidak pernah lepas dari cita rasa. Cara membuat mie ayam untuk usaha tentu berbeda dengan resep rumahan biasa karena produk bisnis memperhitungkan modal dan keuntungan penjualan.

Ketika menjalankan bisnis mie ayam cup, kita harus dapat menekan biaya produksi seminim mungkin. Selain itu, harga dan kualitas bahan juga menjadi pertimbangan yang penting agar produk tidak ditinggalkan oleh konsumen.

Memiliki resep cita rasa yang konsisten akan menjaga nama baik bisnis mie ayam cup kita dan hal ini menjadi branding tersendiri di dunia bisnis yang memiliki banyak kompetitor

3. Kemasan yang Menarik

Sebagaimana sempat disinggung pada poin di atas, kemasan cup memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah bisnis mie ayam cup. Tujuannya agar produk dapat menarik minat berbagai kalangan, dari remaja hingga orang dewasa.

Oleh karena itu, pertimbangkan secara matang desain kemasan yang akan digunakan sebagai branding dari bisnis mie ayam cup.

4. Gencarkan Promosi

Strategi promosi mie ayam tidak berbeda jauh dengan promosi produk makanan lainnya. Pengusaha bisa menggunakan media sosial, marketplace, iklan foto, video, hingga secara langsung melalui banner dan spanduk.

Dalam memilih media promosi, sebaiknya pertimbangkan efektifitasnya dalam menjangkau konsumen potensial. Dengan demikian, anggaran promosi bisa terganti berkali-kali lipat.

Memilih konsep bisnis mie ayam cup rumahan, promosi yang bisa diterapkan adalah bergabung menjadi merchant market place seperti GoFood, GrabFood, atau ShopeeFood. Di sana kita bisa menggencarkan promo dengan memainkan potongan diskon untuk menarik pelanggan.

5. Mengembangkan Jangkauan Bisnis

Strategi pengembangan bisnis mie ayam cup terakhir yaitu upaya pengembangan jangkauan bisnis. Pada dasarnya, bagian ini sudah berhubungan dengan cara menjual mie ayam online yang sudah kita bahas pada poin sebelumnya.

Di era serba virtual saat ini, rasanya sayang sekali jika kita tidak memanfaatkan media tersebut secara efektif. Penjualan secara online membuat jangkauan bisnis menjadi tidak terbatas.

Memanfaatkan media iklan dan unggahan promosi dari pelanggan di media sosialnya bisa menjadi strategi yang cemerlang untuk memperluas jangkauan.

Kesimpulan


Bisnis mie ayam cup merupakan bisnis yang menjanjikan. Selain modal yang bisa ditekan sekecil mungkin, mie ayam merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia sehingga kita bisa lebih fokus pada konsep dan strategi penjualan.

Siapa sih yang tidak suka mie ayam? Aku dan Mom Queen suka sekali mie ayam. Jujur aku cukup sering mengonsumsi mie ayam. Terutama mie ayam ceker dan mie ayam bakso. Nah, jika ada penjual mie ayam cup yang bisa kita bawa dan nikmati dimana saja, pasti lebih menyenangkan.

Kalau kalian suka mie ayam toping apa, teman?









Sumber referensi:
https://www.taupasar.com/2022/05/bisnis-mie-ayam-cup.html
https://www.tokomesin.com/peluang-bisnis-mie-ayam-pangsit-dan-analisa-usahanya.html
https://lifepal.co.id/media/membangun-bisnis-mie-ayam-ini-hitungan-modal-dan-keuntungannya/
https://www.pojokbisnis.com/peluang-usaha/peluang-usaha-mie-ayam#Hambatan_Dalam_Menjalani_Usaha_Mie_Ayam

Related Posts

Post a Comment