Iklan

Header

Usaha Jus Buah 5000, Modal Minimalis Untung Besar

Post a Comment
Konten [Tampil]
 
usaha jus buah 5000
Siapa di sini yang suka konsumsi jus buah? Coba angkat tangan! :D
Teman, ternyata usaha jus buah 5000 berpeluang besar, lho. Cocok banget untuk tambahan uang jajan, cocok juga buat para ibu rumah tangga nih.

Apa sih maksud dari usaha jus buah 5000? Maksudnya adalah bisnis usaha menjual jus buah dengan harga yang dibanderol mulai dari 5.000 rupiah teman. Murah banget kan?

Siapa sih yang tidak suka minuman sehat, enak, segar plus murah lagi?! Sudah pasti banyak peminatnya lah. Apalagi iklim negara kita yang tropis ini, jadi pas banget deh di siang nan terik kita meneguk kesegaran jus buah. Yaaah jadi pengeen! Hehe.

Coba deh teman ingat-ingat lagi, jika sedang dalam perjalanan pasti banyak sekali menemukan penjual jus. Iya kan? Nah, usaha jus buah 5000 ini bisa dijadikan bisnis yang serius lho! Apalagi kebanyakan harga jus di atas 5000 ya? Bisa jadi daya saing sendiri nih!

Meski harga jualnya dibilang relatif murah, tapi jangan salah. Tetap menghasilkan keuntungan kok! Dengan memberikan rekomendasi ide usaha yang tidak akan hilang ditelan zaman ini, aku juga jadi penasaran teman, berapa sih modal dan keuntungan dari usaha jus buah 5000.

Yuk kita ulas!

Analisa Modal dan Keuntungan Usaha Jus Buah 5000

Seperti yang aku bilang sebelumnya, teman. Kita hidup di wilayah tropis, melihat peluang ini usaha jus buah 5000 adalah ide yang sangat menjanjikan. 

Dengan bahan utama buah-buah lokal yang sangat mudah didapat, hingga peralatan yang sangat sederhana. Dengan modal minimum 500 ribu rupiah kita sudah bisa memulai bisnis yang menjanjikan ini.

Anggap saja kita memulai usaha jus buah 5000 ini di halaman depan rumah yang lokasinya strategis, di pinggir jalan utama misalnya. Usaha kita kerjakan sendiri, belum ada pegawai. Beban listrik ikut dengan kebutuhan listrik rumah utama, begitu juga kulkas untuk penyimpanan.

Kemudian kita asumsikan dalam satu hari terjual 50 gelas jus dengan harga terendah 5000 rupiah. Maka dalam satu hari kita sudah memperoleh pendapatan kotor sebesar Rp 250.000. Jika di akumulasi selama 30 hari, pendapatan kotor usaha jus buah 5000 adalah Rp 7.500.000. Waw!!

Berikut Analisa dari rincian modal dan keuntungan usaha jus buah 5000:

Modal awal
Blender                                                               Rp 150.000 
Peralatan (gelas plastik, pisau, dll)                  Rp 150.000 
Buah-buahan                                                    Rp 220.000 
Total                                                                 Rp 500.000  
Biaya Operasional
Bahan buah-buahan (Rp 100.000 x 30 hari)    Rp 3.000.000 
Gula, es batu, susu (Rp 50.000 x 30 hari)        Rp 1.500.000 
Perlengkapan (gelas plastik, sedotan, dll)         Rp    500.000  
Promosi (banner), listrik dan transport            Rp    500.000  
Total                                                                  Rp 5.500.000 
Omzet per bulan
Omset per hari (50 gelas x @ Rp 5.000)           Rp    250.000 
Omset per bulan (Rp 250.000 x 30 hari)          Rp 7.500.000 
Keuntungan per bulan
Rp 7.500.000 - Rp 5.500.000 = Rp 2.000.000
BEP
(Modal awal : Laba per bulan) = < 1 bulan

Dari rincian di atas kita ketahui bahwa dari modal awal 500 ribu untuk usaha jus buah 5000 ini bisa memperoleh keuntungan sebesar > 400% dan modal bisa kembali dalam jangka waktu < 1 bulan.

Hasil tersebut dengan asumsi 50 gelas yang terjual perharinya dengan harga jual 5000. Namun bisa saja harga bervariasi dan penjualan lebih dari 50 gelas kan teman? Nah, bagaimana teman? Menggiurkan bukan?!

Setelah melihat analisa modal dan keuntungan usaha jus buah 5000 ini, mari simak juga kelebihan dan kendala usaha ini.

Kelebihan dan Kendala Usaha Jus Buah 5000

Setiap usaha pasti ada pasang surutnya, begitupun dengan kelebihan dan kendalanya. Berikut adalah penjelasan dari kelebihan dan kendala usaha jus buah 5000 yang perlu diperhatikan:
kelebihan dan kendala usaha jus bua 5000


Kelebihan Usaha

1. Pangsa pasarnya banyak

Jus buah merupakan salah satu minuman yang memiliki khasiat bagus untuk tubuh. Kandungan vitamin, mineral, dan zat bermanfaat lainnya bisa dirasakan dalam setiap tegukan nya. Karena itu, banyak masyarakat menjadikan minuman olahan ini sebagai andalan.

Tidak pandang umur, mulai dari yang anak-anak, remaja, sampai orangtua senang minum jus buah. Jadi kamu jangan takut untuk menderita kerugian, karena pasarnya luas dan selalu ada.

2. Modal kecil

Untuk memulai usaha jus buah 5000, bisa di mulai dengan modal 500 ribu rupiah. Tentunya dengan asumsi yang sudah dijelaskan di atas. Usaha jus buah 5000 menjadi pilihan yang sangat cemerlang dengan modal kecil namun membawa keuntungan besar. 

3. Tidak membutuhkan lapak yang luas

Lapak menjadi salah satu indikator utama dalam memulai bisnis. Kalau lapaknya sesuai tentu bisa mendatangkan banyak keuntungan buat penjualnya.

Salah satu keuntungan usaha jus buah 5000, kita tidak perlu mempersiapkan lapak yang mewah dan luas. Cukup bermodalkan gerobak di pinggir jalan saja juga sudah bisa jualan. Atau jika lokasi rumah strategis, bisa banget kita memanfaatkan lahan atau halaman rumah.

4. Mudah dijalankan

Jus merupakan salah satu minuman olahan buah yang proses pembuatannya sangat simpel. Bahkan semua orang yang masih amatiran di bidang kuliner saja bisa membuat jus.

Caranya mudah banget, tinggal siapkan buahnya, terus diblender bersama es batu atau campuran gula juga susu kental manis. Banyak sekali resep jus buah yang segar dan berkhasiat bertaburan di internet dan media sosial.

Kendala Usaha

1. Bergantung dengan masa panen atau musim buah

Tidak semua buah bisa dinikmati setiap saat, karena di Indonesia, masa panen buah berbeda-beda. Masa panen tersebut biasanya disebut musim buah, dan rasanya buah yang dipetik saat musimnya itu cenderung lebih nikmat.

Contohnya, mangga harum manis, kalau belum musimnya, jarang sekali kita menemukan jus mangga harum manis yang benar-benar lezat. 

2. Buah cepat busuk

Selain bergantung dengan musim, buah-buahan juga cepat membusuk, salah satunya adalah pisang. Kalau misalnya kamu stok banyak, tapi belum habis, kamu bakal berisiko mengalami kerugian.

Sehingga baiknya saat berbelanja bahan baku alias buah, beli secukupnya saja. Kira-kira bisa stok hanya untuk tiga atau maksimal satu minggu ke depan. Setelah buah habis, kamu bisa membeli untuk hari-hari berikutnya.

Nah, selanjutnya adalah alasan besar atau Big Why mengapa usaha jus buah 5000 ini memiliki peluang besar dan sangat menarik untuk dijadikan ide usaha.

Alasan Memilih Usaha Jus Buah 5000

Setiap pelaku usaha selalu memikirkan alasan yang kuat dan logis untuk memulai usahanya. Alasan-alasan tersebut menjadi pertimbangan tersendiri untuk memutuskan apakah usaha yang akan dilakoni mendatangkan keuntungan.

Begitupun dengan usaha jus buah 5000, berikut adalah alasan yang bisa meyakinkan kalian untuk memulai bisnisnya:
  1. Bukan minuman musiman. Minuman jus buah ini disukai masyarakat dan tidak ada matinya dikarenakan manfaatnya yang menyehatkan karena buah- buahan yang dijadikan jus mengandung banyak vitamin.
  2. Siapapun bisa mencoba bisnis jus buah ini. Tidak perlu mempunyai keahlian atau skill khusus untuk membuat jus buah ini, cukup dengan beberapa kali latihan percobaan kamu sudah bisa membuat resep atau takaran jus dengan rasa yang enak dan konsentrasi yang cukup kental.
  3. Jus buah disukai semua kalangan. Mulai dari anak- anak hingga orang dewasa menyukai jus buah karena rasa segar dan sehat membuat jus buah mudah diterima lidah semua jenjang usia. Maka tak heran ide bisnis jus buah ini mampu menggaet banyak konsumen.
  4. Bahan baku yang murah dan mudah didapat. Bahan baku untuk membuat jus adalah buah- buahan segar. Buah- buahan segar sangat mudah didapat dan ditemukan di pasar tradisional ataupun digerai- gerai buah.Bahkan di era digital ini kita bisa memesan buah secara online dan tinggal menunggu pesanan di kirim ke rumah. Sehingga lebih efisien. 
  5. Prediksi kembali modal yang cepat. Karena pangsa pasar yang terus berkembang dan tingkatan konsumen yang sangat besar mula dari anak- anak hingga orang tua suka mengkonsumsi jus buah, hal itu merupakan keuntungan mengapa usaha jus buah 5000 ini layak dijalani. Usaha jus buah 5000 bisa dimulai dengan modal kecil, yaitu 500 ribu rupiah seperti asumsi modal yang sudah dijelaskan sebelumnya. 
Nah, setelah menganalisa modal dan keuntungan serta mengetahui kelebihan, kendala dan alasan memulai dan memilih usaha jus buah 5000, simak juga tips-tips memulai usahanya!

Tips Memulai Usaha Jua Buah 5000

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memulai usaha jus buah 5000:
  1. Buah-buahan yang dijadikan jus harus segar. Apalagi saat musim hujan, minat pembeli minuman dingin pun akan berkurang, selain itu bahan baku juga cepat busuk, jadi sebaiknya tidak menyetok buah- buahan terlalu banyak.
  2. Jaga kebersihan. Kebersihan adalah faktor utama dalam usaha kuliner. Cuci bersih blender yang telah kamu pakai, agar rasa buah yang sebelumnya tidak mengkontaminasi rasa jus buah yang baru saja kita buah.
  3. Jangan pernah menggunakan pemanis buatan. Karena konsumen akan mengetahui rasa yang berbeda jus dengan gula asli dan jus dengan pemanis buatan.
  4. Kreatif dan memiliki inovasi resep jus buah dan juga nama yang unik
  5. Berikan promo atau paket bundling untuk menarik konsumen
  6. Inovasi dengan menambahkan ice cream diatasnya, yogurt, kacang almond, ceres, atau potongan buah.Hal tersebut tentu bisa dengan tambahan harga yang sedikit berbeda. Misalnya jus alpukat seharga 5000, tetapi apabila ditambah dengan toping ice cream harganya bisa dinaikkan sedikit menjadi Rp 6.000
  7. Jadi merchant Grabfood, Gofood atau ShopeeFood. Strategi ini terbukti ampuh meningkatkan penjualan dari peluang usaha minuman dan makanan dalam beberapa tahun belakangan.

Kesimpulan

Usaha jus buah 5000 merupakan ide usaha yang sangat menarik. Selain mudah dijalankan, modal awal yang dibutuhkan juga kecil, yaitu bisa dimulai dengan modal 500 ribu rupiah.

Setelah melihat analisa modal dan keuntungan, dengan modal kecil kita bisa balik modal dengan cepat. Bahkan dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

Dengan memperhatikan kendala dan tips yang sudah dijelaskan, usaha jus buah 5000 sangat cocok untuk dijadikan bisnis sampingan yang sangat menguntungkan. Siapapun bisa mencobanya, bisnis ini cocok untuk pemula, khususnya ibu rumah tangga yang ingin berpenghasilan dari rumah.

Jadi, bagaimana teman? Usaha jus buah 5000 sangat menarik, bukan?







Sumber referensi:
https://bisnisukm.com/modal-500-ribu-rupiah-buka-usaha-jus-buah-di-rumah.html
http://www.bukubisnispintar.com/2021/12/5-tips-usaha-jus-buah-5000-bisnis.html
https://lifepal.co.id/media/jualan-jus-buah/

Related Posts

Post a Comment