Header

Bisnis Apa yang Bagus untuk Pemula? Cek 13 Rekomendasinya Disini!

11 comments
Konten [Tampil]
bisnis apa yang bagus untuk pemula
Hai, teman! Apakah kalian punya bisnis? Kira-kira bisnis apa yang bagus untuk pemula, ya?
Berbicara tentang bisnis nih, teman. Sebelum menikah dulu, cita-cita ku ingin sekali menjadi ibu rumah tangga yang memiliki bisnis kecil-kecilan gitu di rumah.

Tapi sampai detik ini aku masih bingung, bisnis apa yang bagus untuk pemula sepertiku? Aku juga tidak punya ilmu dan pengalaman bisnis sebelumnya, teman.

Berbeda dengan suami yang memang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis. Sebenarnya banyak rekomendasi dan saran dari beliau untukku. Hanya saja, hati belum yakin untuk memulai. Hehe.

Nah, kira-kira rekomendasi bisnis apa yang bagus untuk pemula, khususnya ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis sepertiku?

Bisnis apa yang bagus untuk pemula?

Ini adalah kumpulan beberapa rekomendasi ide bisnis dengan modal kecil namun bisa meraup keuntungan yang besar, teman. Cocok untuk pemula dan seorang ibu rumah tangga sepertiku. Yuk, simak bisnis apa yang bagus untuk pemula berikut:

bisnis apa yang bagus untuk pemula
1. Usaha Angkringan atau Mini Cafe

Saat ini banyak sekali angkirngan atau mini café yang bermunculan dan merajalela dari desa hingga perkotaan. Biasanya tempat ini digunakan untuk berkumpul atau lebih dikenal tempat nongkrong.

Tidak kalah dengan cafe atau tempat tongkrongan mewah lainnya, angkringan atau mini café juga menadi incaran para kaula muda hingga tua untuk berkumpul atau sekedar nongkrong untuk menikmati beberapa camilan dan minuman .

Hal tersebut bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Usaha angkringan atau mini cafe menyediakan makanan dan minuman rumahan dengan harga terjangkau. Ditambah dengan dekorasi minimalis namun menarik sudah bisa menjadi daya tarik tempat nongkrong yang nyaman.

Bisnis angkringan atau mini café ini sempat menjadi salah satu usaha impianku, teman. Karena bisa memanfaatkan sudut kosong di depan rumah. Sebab angkringan atau mini cafe tidak membutuhkan tempat besar untuk operasionalnya, hanya membutuhkan tempat duduk yang cukup banyak untuk para pelanggan dan tenpat parkir yang lega.

Selain itu, daya tarik angkirangan atau mini café akan semakin kuat jika disediakan fasilitas free wifi, harga makanan dan minuman yang ekonomis sesuai kantong pelajar, dan tempat yang instagramable (suatu keadaan, susasana, benda, dll yang bisa atau layak untuk di bagikan ke akun Instagram dalam bentuk Foto dan Video).

Jadi, kalau ada teman yang sharing dan meminta saran bisnis apa yang bagus untuk pemula, aku jawabnya angkringan atau mini cafe!

2. Usaha Warung Kelontong dan sembako

Usaha warung kelontong dan sembako ini bisa menjadi salah satu peluang usaha modal kecil yang menjanjikan untuk dicoba. Warung kelontong berhubungan erat dengan kebutuhan pokok setiap manusia. Kebutuhan pokok meliputi, kebutuhan makan, minum, mencuci, dan memasak.

Oleh karena itu, usaha warung sembako dan kelontong ini menjadi usaha yang potensial bermodal kecil dan cocok untuk ibu rumah tangga. Namun karena persaingan yang cukup ketat, baik dengan warung kelontong tetangga atau minimarket yang mulai menjamur dimana-mana, kita harus memiliki inovasi dan keberanian dalam persaingan tersebut.

Sebelum memilih bisnis ini, kita juga harus melakukan riset untuk mengetahui jenis barang atau produk apa saja yang lebih banyak dibutuhkan oleh para pembeli. Tujuannya agar kita bisa menentukan apa saja barang yang harus dijual dan mencapaoi target pembeli.

Selain itu, kita juga harus menentukan lokasi yang strategis. Entah dipinggir alan utama, dekat jalan raya, dekat dengan pemukiman padat, dll. Kunci sukses persaingan warung kelontong dan sembako adalah lokasi usaha. Jadi, perhatikan produk dan lokasi warung kelontong dan sembako agar bisnis ini berhasil dan sukses.

3. Bisnis Waralaba/Franchise

Bisnis Waralaba/franchise adalah usaha yang dijalankan dengan model kerjasama atau kemitraan dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal luas.

Bisnis franchise ini merupakan usaha modal kecil yang menjanjikan. Banyak sekali produk-produk terkenal yang membuka peluang bisnis franchise. Kita hanya perlu menjual produk yang terkenal tanpa perlu memasarkan, yang tentunya lebih cepat mendatangkan pembeli.

Sebenarnya bisnis waralaba atau franchise ini sudah berkembang lama, namun sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar dan hanya untuk bisnis makanan.

Kenyataannya, banyak pilihan waralaba yang memulai dari modal kecil, seperti produk-produk minuman yang sedang booming saat ini. Pastinya bisnis franchise ini tidak hanya bidang kuliner. Kini sudah ada franchise jasa laundry, gas, jasa kirim barang, bahkan ada bisnis franchise tambal ban.

Dengan demikian, bisnis waralaba atau franchise ini cukup menjanjikan dan juga cocok untuk ibu rumah tangga dengan usaha modal kecil. Kunci dari bisnis waralaba ini, hanya perlu melihat jeli peluang usaha apa yang ada di lingkungan kita dan memilih jenis bisnis serta mitra bisnis yang baik.

4. Usaha Food Truck

Selanjutnya, ada usaha food truck yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, di Indonesia sendiri usaha ini belum terlalu populer.

Peluang usaha food truck ini berasal dari luar negeri, yang awalnya dikenal untuk berjualan es krim. Seiring berjalannya waktu, usaha food truck ini berkembang hingga ke makanan dan minuman. Bahkan di Indonesia sekarang ini juga sudah berkembang hingga menjual pakaian, sepatu, dll.

Usaha ini bisa dimulai dengan merombak kendaraan menjadi tempat untuk berbisnis. Usaha modal kecil ini juga banyak dimanfaatkan tidak hanya di truk saja, tapi di kendaraan pribadi yang disulap menjadi tempat untuk menjajakan produk-produk.

Usaha food truck banyak kita temui di acara-acara outdoor seperti bazar, acara musik yang menyediakan food corner, dan CFD.

Produk yang bisa diperjual belikan di usaha food truck ini beragam. Dari menjual makanan dan minuman cepat saji, atau makanan dan minuman yang dibuat langsung di tempat, bahkan ada juga yang memanfaatkan truck ini untuk usaha salon dan pangkas rambut. Kuncinya harus jeli dalam memanfaatkan modal kecil yang dimiliki dan melihat peluang usaha apa yang cocok untuk digeluti.

5. Bisnis Makanan dan Minuman Sehat

Sejak pandemi melanda, tidak dipungkiri bahwa kesehatan menjadi hal paling utama. Tren gaya hidup sehat juga sedang ramai-ramainya. Tidak sedikit juga yang mulai beralih mencari makanan dan minuman sehat untuk kehidupannya setiap hari.

Hal tersebut menjadi peluang untuk pelaku usaha untuk memulai bisnis dengan inovasi baru, yaitu usaha makanan dan minuman sehat yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti herbal, jamu, sayur dan buah yang mudah dijumpai.

Dengan menggunakan promosi yang gencar melalui media sosial atau website pribadi dan diproduksi di rumah sendiri, kita bisa memulai memperkenalkan produk sehat tersebut. Bisa juga menerapkan system reseller atau franchise. Dengan demikian, kita membuka peluang usaha untuk diri sendiri dan juga membuka peluang usaha untuk orang lain.

6. Usaha Jastip atau Jasa Titip

Untuk usaha yang satu ini, sangat cocok untuk para ibu yang suka belanja. Bisnis jasa titip ini merupakan bisnis usaha yang mulai banyak ditekuni para ibu-ibu. Modal yang harus dimiliki juga tidak begitu besar. 

Keuntungan yang didapat dari jasa titip didapat dari jasa membelikan barang titipan tersebut. Cukup menarik bukan? Buat yang hobi jalan-jalan dan belanja cocok banget nih merambah ke bisnis jastip ini.

Seiring berkembangnya teknologi dan media sosial, usaha jasa titip ini semakin marak diminati. Jenisnya pun beragam macamnya, ada jasa titip dari luar negeri hingga jasa titip barang-barang di kota-kota besar di Indonesia.

Umumnya barang yang paling laris dicari untuk dititip belikan adalah kosmetik, makanan, pakaian dewasa dan anak, buku anak, mainan anak hinga makanan dan minuman. Gimana teman, tertarik bisnis jastip??

7. Jual pulsa

Seiring dengan perkembangan teknologi dna internet, dewasa ini pulsa atau kuota seperti sudah masuk ke dalam kebutuhan primer ya, teman? Hehe. Siapaun pengguna gawai pasti membutuhkan pulsan dan kuota internet. Hal ini menjadikan peluang bisnis jualan pulsa sangat diminati. Karena modalnya kecil, untungnya menjanjikan.

Modal utama bisnis ini hanya membutuhkan gawai berupa handphone dan pulsanya. Namun jika ingin lebih besar kalian bisa menggunakan sudut depan rumah atau menyewa tempat yang berukuran cukup. Tidak perlu besar. Selain menjual pulsa dan paket internet, kamu juga bisa menjual perlengkapan handphone dan jasa servisenya juga, lho!

8. Dropshipper

Bisnis yang juga cocok untuk ibu rumah tangga adalah dengan menjadi dropshipper. Di sini kita tidak perlu menyetok barang dagangan, kita hanya butuh modal smartphone dan jempol saja untuk memasarkan suatu produk di media sosial.

Keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari margin harga yang kamu dapatkan dengan distributor yang akan mengirimkan produk tersebut kepada penjual. Menarik bukan?
Bisnis ini sangat digandrungi para ibu rumah tangga untuk mendapatkan uang jajan tambahan, lho!

9. Laundry kiloan

Selanjutnya ada bisnis laundry kiloan nih yang juga menjamur di kota hingga pedesaan. Untuk memulai bisnis ini, harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk peralatan laundrynya. Yaitu seperti alat seterika, mesin pengering dan juga mesin cuci. Dan yang tidak boleh ketinggalan dalam bisnis ini adalah pegawai yang terampil dalam mengerjakan tugasnya.

Menurutku bisnis ini sangat menjanjikan, apalagi jika kalian tinggal di pemukiman padat yang mayoritas pekerja kantoran. Biasanya mereka lebih memilih mencuci pakaian kotor menggunakan jasa laundry.

Jika kalian tertarik dan berminat bisnis ini, kalian bisa belajar dan konsultasi pada temanku nih, Mom Queen, pemilik bisnis laundry di kota Batam. Ssst, ada franchise-nya juga lho!

10. Guru les

Ide bisnis selanjutnya adalah menjadi guru les. Baik guru les online maupun offline. Guru les semakin banyak permintaan sejak system daring diterapkan. Namun meski sekarang kita sudah mulai menjalani kehidupan New Normal, permintaan guru les juga masih tinggi.

Saat ini, banyak perusahaan aplikator yang secara khusus menyediakan layanan ini. Bisnis membuka bimbingan belajar online atau offline cukup menjanjikan. Selain membuka peluang usaha untuk diri sendiri, kita juga membuka peluang untuk orang lain. Kebanyakan mentor guru les dari kalangan mahasiswa tingkat akhir. Sehingga memudahkan kita dalam menjalani bisnis ini.

11. Produk kecantikan

Produk kecantikan merupakan barang yang bisa dikatakan tak ada matinya. Saat ini, banyak orang lebih memilih membeli produk kecantikan seperti makeup maupun skincare secara online ketimbang datang langsung ke toko.

Tapi kalau aku sih, untuk produk yang baru akan kucoba lebih suka langsung datang ke toko ofline. Jadi bisa melihat barang secara real dan bisa memilih atau mencoba varian dengan leluasa. Baru untuk pembelian berikutnya melalui online. Kalau kalian gimana, teman?

Nha, produk kecantikan bisa jadi alternatif ide bisnis untuk pemula dan ibu rumah tangga. Namun sebelumnya, kalian bisa bergabung menjadi agen distributor resmi dari berbagai produk kecantikan yang sudah ada. Untuk mendapatkan produk asli, harga yang lebih murah dan potongan harga.

Untuk ibu rumah tangga sepertiku, bisa lho membuka toko kecantikan di rumah. Tidak membutuhkan tempat yang luas kok. Yang penting ada etalase untuk mendisplay barang. Nah, kalau ada sesama ibu rumah tangga yang suka dengan kosmetik tanya bisnis apa yang bagus untuk pemula? aku jawab jual produk kecantikan aja!

12. Pakaian

Sama halnya dengan produk kecantikan, fashion adalah produk yang dijual di online maupun offline yang tak pernah sepi peminat. Itulah sebababnya, menjual pakaian adalah ide bisnis yang juga bisa dipilih untuk pemula.

Menurut data sejumlah marketplace, pakaian adalah produk yang paling banyak terjual. Sebelum memutuskan menggeluti bisnis ini, ada baiknya tentukan dulu fokus produk fashion apa yang akan dijual. Atau mungkin mau menjual semua produk, dari dewasa hingga bayi.

13. Perlengkapan bayi

Salah satu peluang bisnis yang sedang ramai dan banyak dibutuhkan adalah usaha perlengkapan bayi. Seiring berjalannya waktu, peralatan bayi kini semakin lengkap saja. Selain itu, bahwa kebutuhan bayi itu banyak jenisnya. Mulai dari popok, susu dan kebutuhan bayi lainnya.

Selain angkringan dan mini café, bisnis perlengkapan bayi juga masuk dalam usaha yang ku minati, teman. Karena saat itu anakku juga masih menggunakan popok dan susu formula. Kan lumayan kalau beli di toko sendiri ya? Hehe.

Biasanya toko perlengkapan bayi tidak hanya menjual kebutuhan bayi, tapi juga menjual kebutuhan rumah tangga lainnya, seperti perlengkapan mandi (sabund dan sampho dewasa), deterjen khusus bayi dan dewasa, sabun cuci piring khusus bayi dan dewasa, dll. Makin lengkap produk, makin banyak yang berkunjung kan, teman?

Seperti sebelumnya, kalau sedang diskusi dengan ibu yang punya bayi, untuk menjawab pertanyaan bisnis apa yang bagus untuk pemula? aku jawab toko perlengkapan bayi! Haha.

Penutup

Nah, itu lah beberapa ide bisnis yang bisa menjadi jawaban dari pertanyaan bisnis apa yang bagus untuk pemula. Selain modal dan peluang di lingkungan kalian, pastikan juga pilih bisnis yang sesuai dengan minat kalian ya, teman,

Tujuannya agar kalian lebih semangat dan menikmati semua proses dalam menjalani dan mengembangkan bisnis kalian. Gimana, teman? Sudah terpikirkan mau bisnis apa???

Related Posts

11 comments

  1. Dari semua ide bisnis yang Mbak Sendi bahas, saya pernah jadi guru les, baik yang privat maupun di lembaga bimbel. Bisnis jadi guru les itu enak, ga banyak modal untuk persiapannya

    ReplyDelete
  2. Wah aku pelaku bisnis no berapa ini, beberapa udah pernah aku jalani.. Dan itu memang bener banget, untuk pemula semua rekomendasi bisnis model diatas bisa dicoba. Karena caranya mudah dan praktis.

    ReplyDelete
  3. Dan saya bingung mau pilih mana. Kepengin punya usaha food truck. Seru aja klo jenuh di lokasi satu, bisa pindah ke tempat lainnya. Sembari bawa buku, jadi kayak perpustakaan keliling. Makan sambil baca.

    ReplyDelete
  4. Beberapa opsi diatas memberikan gambaran untuk pemula banget ya mbak. Jadi mikir-mikir nih bisnis apa ya yg cocok dengan ku

    ReplyDelete
  5. Kol samaan sih Mba, pengen punya bisnis sndiri tpi belum kelakon jga. Kepikiran jdi dropshiper aja kayaknya yg ga perlu repot stok barang

    ReplyDelete
  6. Wah, banyak pilihannya ya. Kalau bisnis dropshipper sepertinya sudah padat sekali di kalangan ibu-ibu rumah tangga ya, menurut saya agak susah cari pasar ketika semuanya menjual barang-barang yang sama. Untuk perlengkapan bayi sekarang juga bisa membuka untuk persewaan perlengkapan juga ya. Asal terpercaya higienis pasti jadi alternatif juga.

    ReplyDelete
  7. Dari sekian banyak pilihan aku pernah nih jualan pulsa, dropship, sama guru les. Ini beneran cocok si buat pemula dan minim modal juga.

    ReplyDelete
  8. Banyak ya mba pilihan bisnis bagi pemula.. Aku ingin punya bisnis tapi masih setengah2..huhu.. Jadi dropshiper pun lebih banyak masih buat belanja sendiri😂

    ReplyDelete
  9. Aku dropshipper dan sebenarnya lumayan lho kalo mau ditekuni. Btw, aku punya ide nih buat mulai bisnis gara2 membaca ulassn ini hahaha

    ReplyDelete
  10. Akan bertahan lama kalau itu bidang yang memang kita suka. Kayak Bunda, suka makan, pengen banget punya bisnis kuliner heheheh

    ReplyDelete
  11. Pengen jadi guru les, tapi kok anakku masih bayik-bayik gini hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment