Iklan

Header

Modal Usaha Chatime Fantastis?? Cari Tahu Disini!

Post a Comment
Konten [Tampil]
Modal usaha Chatime
Chatime merupakan brand minuman kekinian yang menjadi pelopor bubble tea di Indonesia. Karena populernya dikalangan masyarakat Indonesia, aku penasaran berapa modal usaha Chatime ini, teman!

Meski telah bergelut di dunia minuman kekinian selama lebih dari satu dekade, Chatime tetap berusaha untuk selalu relevan dengan tren. Dengan menu dan inovasi baru yang terus menerus diciptakan wajar saja brand yang satu ini menjadi sulit dilupakan.

Siapa sih yang tidak kenal minuman pearl atau bubble tea? Pearl atau bubble tea merupakan minuman teh dengan tambahan topping butiran tapioka berbentuk mutiara. Chatime merupakan salah satu brand yang menjual dan mempelopori minuman ini.

Lalu apa bedanya dengan boba? Bedanya hanyalah nama, bubble tea merupakan nama minumannya sedangkan boba adalah butiran tapioka tersebut. Bubble tea cukup populer sebagai minuman kekinian di tahun 2012 hingga kini di Indonesia.

Oleh sebab itu, harus diakui bahwa populernya boba di tahun 2019 sedikit banyak adalah karena bubble tea. Rasa tapioka yang kenyal dipadu dengan minuman segar ternyata amat digemari masyarakat Indonesia.

Tren minuman – minuman boba mendadak meledak di berbagai daerah. Melahirkan banyak bisnis waralaba dengan brand baru yang populer. Nah, kali ini aku akan mencari tahu berapa modal usaha Chatime. Melihat banyaknya cabang Chatime yang menjamur di mana-mana.

Chatime tidak hanya muncul di mall, tetapi juga bisa dijumpai di area kuliner atau kawasna ramai lainnya selain mall. Jadi berapakah modal usaha Chatime dan cara jika ingin join franchise minuman Chatime?
Cari tahu, yuk!

Modal Usaha Chatime

Kesuksesan Chatime di Indonesia tentu saja membuat para pebisnis tergiur ingin membuka gerai Chatime. Untuk menjawab rasa penasaran akan berapa modal usaha Chatime ini. Berikut penjelasannya.

Sejak masuk Indonesia sejak 2011 lalu, lisensi brand ini di Indonesia dipegang oleh PT. Food Beverages Indonesia, perusahaan di bawah naungan Grup Kawan Lama Sejahtera.

Namun, sayangnya PT Food Beverages Indonesia tidak membuka peluang bisnis franchise minuman Chatime. Yah, pasti para pebisnis yang tertarik sangat kecewa!

Tetapi jika ingin membuka gerai Chatime di luar Indonesia, kalian masih memiliki kesempatan, lho. Kira-kira berapa sih modal usaha Chatime si  minuman kekinian ini?

Dikutip dari situs resmi chatimefranchises.com kalian tetap bisa membuka franchise tersebut di luar negeri. Adapun, total investasi awal berkisar di $480.000 hingga $639.000.
Berapa tuh nominalnya dalam rupiah, teman? 

Tentunya, fasilitas yang didapatkan mencakup segala hal mulai dari pengoperasian, pemasaran, pencitraan merek, teknologi, dan pelatihan berkelanjutan untuk memastikan toko mencapai target penjualan.

Namun, penting diingat bahwa biaya di atas belum termasuk dengan biaya operasional lainnya seperti sewa lokasi dan gaji pegawai. Waw! Luar biasa!

Kalian juga harus menyiapkan dana untuk operasional setiap bulannya yang pastinya akan cukup tinggi mengingat lokasinya bukan di dalam negeri.

Namun informasi lain tentang modal usaha Chatime ini, teman. Dilansir dari franchisesamerica, untuk membuka gerai dalam bentuk kafe, dine in maupun compact, berikut harga yang harus kamu bayar:

Investments: Mulai dari US$ 150.000 sampai US$ 160.000
Minimum Cash: Sekitar US$ 50.000
Net Worth: Sekitar US$ 98.000

Nah, biaya di atas belum termasuk dengan biaya operasional lainnya seperti sewa lokasi dan gaji pegawai.

Kesimpulan yang bisa ditarik adalah nominal modal usaha Chatime ini sangat fantastis ya, teman!

Memang, pada dasarnya tidak terdapat franchise Chatime di Indonesia. Akan tetapi, jika kalian berminat bertanya lebih jauh mengenai franchise Chatime, sebaiknya menghubungi website resmi pihak manajemen.

Syarat dan Ketentuan Menjalankan Franchise Chatime

Karena PT Food Beverages Indonesia tidak membuka bisnis waralaba Chatime, otomatis tidak ada informasi mengenai syarat dan ketentuan untuk menjalankan franchise minuman Chatime.

Tapi biasanya syarat dan ketentuan untuk menjalankan franchise tidak jauh-jauh dari pemilihan lokasi yang strategis, desain dan konsep yang sudah ditetapkan oleh pemegang lisensi, daya listrik, dan daya tampung pembeli. Ini merupakan syarat dan ketentuan yang paling umum.

Karena tidak semua bisnis memiliki kesamaan, otomatis setiap bisnis waralaba memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Biasanya ini merupakan syarat dan ketentuan yang sifatnya khusus.

Peluang Keuntungan Usaha Franchise Minuman Chatime

Soal peluang usaha, sebenarnya franchise minuman Chatime memiliki peluang keuntungan yang sangat menjanjikan.

Sebab, hingga sampai saat ini Chatime masih jadi salah satu minuman kekinian favorit para pecinta kuliner, khususnya anak muda.

Hal ini juga ditandai dengan 275 gerai Chatime yang tersebar di seluruh Indonesia. Artinya, hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah familiar dengan minuman kekinian asal Taiwan ini.

Bahkan total gerai ini juga menandakan jika Chatime mampu bersaing dengan minuman kekinian lainnya di sektor bisnis kuliner.

Meskipun memiliki peluang keuntungan yang sangat menjanjikan, tetap saja kamu tidak bisa membuka gerai Chatime dengan mengikuti waralaba. Sayang sekali ya, teman!

Tentang Chatime Indonesia

Chatime merupakan franchise minuman pearl atau bubble tea asal Taiwan yang resmi diluncurkan pada tahun 2005.

Brand ini dipasarkan secara global pada 2006 dengan sistem waralaba. Gerai waralaba pertama di luar Taiwan berada di California, Amerika Serikat.

Di Indonesia, Chatime sendiri masuk pada awal tahun 2011 di Mall Living World Alam Sutera, Tangerang. Seperti yang sudah kujelaskan sebelumnya, lisensi brand ini di Indonesia dipegang oleh PT. Food Beverages, perusahaan di bawah naungan Grup Kawan Lama Sejahtera.

Lisensi itu menjadikan perusahaan ini sebagai pemilik ijin penuh untuk membuka atau pun menutup gerai Chatime di Indonesia. Hingga 2020, pelopor bubble tea Taiwan ini telah memiliki 275 cabang di seluruh Indonesia. Lokasinya biasanya ada di mall atau pun pusat keramaian yang padat pengunjung.

Sebagai pelopor minuman kekinian, Chatime memiliki banyak pilihan menu dengan topping yang beragam. Nah, keberagaman menu serta topping inilah yang membuat minuman kekinian ini menarik perhatian para konsumen.

Soal rasa, Chatime menghadirkan pilihan mulai dari manis, segar, hingga asam. Bahkan rasa tersebut bisa kamu atur sendiri sesuai dengan selera, lho.

Inovasi – Inovasi Produk

Salah satu kunci sukses berbisnis adalah inovasi-inovasi yang dilahirkan. Chatime pun juga memiliki inovasi produk yang diterima masyarakat dan menjadi sangat populer. 

1. Kemasan Popcan

Munculnya kemasan minuman dengan sealer plastik merupakan sebuah terobosan di dunia minuman kekinian. Mudah dibawa, tidak mudah tumpah, dan higienis, merupakan beberapa keunggulan cup sealer plastik.

Maka wajar saja jika banyak minuman kekinian yang beralih menggunakan kemasan ini. Mulai dari thai tea, jasmine tea, kopi susu, dan masih banyak lagi. Sayangnya dari segi lingkungan, ini artinya makin banyak sampah plastik terutama sedotan.

Pada 2020, brand asal Taiwan ini memperkenalkan kemasan popcan. Kemasan ini terdiri botol pet dengan tutup seng minuman kalengan. Membuat kemasan ini makin mudah dibawa, tidak perlu sedotan, dan yang tak kalah penting adalah catchy.

2. Aplikasi Chatime Indonesia

Chatime juga melakukan inovasi yang sama dengan banyak franchise minuman kekinian lain di Indonesia seperti Janji Jiwa. Inovasi tersebut adalah dengan meluncurkan aplikasi pemesanan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, konsumen dapat berbelanja dengan lebih mudah baik untuk pick up atau pun delivery. Di samping itu, manajemen juga dapat melacak penggunanya dan memberikan promo – promo sesuai dengan preferensi yang tepat.

3. Atealier

Chatime nampaknya mengerti betapa besar potensi minuman dingin di Indonesia yang tropis. Salah satu inovasinya untuk meraup pasar tersebut adalah dengan konsep gerai Atelier.

Menu di gerai premium ini berbeda dengan minuman dingin biasanya yang menggunakan es. Di Atelier minuman dinging karena efek penggunaan gas nitro. Mereka mengklaim bahwa rasa dingin yang dihasilkan oleh gas ini berbeda dan terasa lebih segar.

Menu Chatime

Jika ditotal, ada sekitar 50 varian rasa yang bisa kita temui di gerai minuman ini. Ditambah lagi ada 9 jenis topping yang bisa ditambahkan. Karena bukan franchise, harga minuman di Chatime pun tidak berbeda antar cabang.

Salah satu kelebihan bubble tea yang satu ini adalah customizeable. Artinya, pembeli bisa menentukan sendiri topping, minuman, gula, dan juga esnya.

Kalau kalian, apa menu dan topping favorit Chatime?? Kalau aku, choco mouse dengan topping puding dan roasted milk dengan toping puding juga, teman! Duh, jadi pengen! Hehe.

Tips Sukses Bisnis Franchise Minuman Chatime

Meskipun tidak memiliki kesempatan membuka gerai Chatime di Indonesia, setidaknya kita bisa mempelajari tips sukses bisnis franchise minuman Chatime ini.

Di mana tips-tips tersebut nantinya bisa menjadi bekal untuk membuka bisnis minuman kekinian lainnya. Lantas, apa saja tips sukses dari bisnis Chatime?

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi memang akan menjadi penentu sukses atau tidaknya bisnis yang kamu jalankan. Nah, inilah yang dilakukan oleh PT Food Beverages Indonesia yang selektif memilih lokasi untuk membuka gerai Chatime.

Sadar atau tidak, Chatime sering berada di dalam pusat perbelanjaan atau pusat keramaian. Lokasi yang sangat ramai tentu mempermudah Chatime menjalankan strategi marketing mereka.

Apalagi jika lokasi tersebut adalah pusat perbelanjaan yang tidak pernah sepi pengunjung. Karena lelah berbelanja, otomatis para pengunjung akan mencari gerai minuman. Nah, di sinilah peran Chatime yang seolah-olah hadir untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang kehausan.

2. Varian Menu yang Ditawarkan

Salah satu yang menarik dari Chatime adalah varian menu yang mereka tawarkan. Jika ditotal, Chatime memiliki kurang lebih 50 varian rasa untuk para pembeli.

Sedangkan untuk topping-nya, Chatime memiliki 9 jenis topping yang bisa dipilih oleh pembeli untuk ditambahkan pada minuman.

Hadirnya varian menu maupun rasa yang beragam tentu saja menjadi kelebihan dari Chatime untuk menarik pembeli lebih banyak lagi. Apalagi dengan jenis topping beraneka ragam semakin membuat minuman kekinian ini mendapat tempat di hati pelanggannya.

Kelebihan dari Chatime tidak hanya itu saja, lho. Minuman yang identik dengan bubble tea ini juga customizable. Artinya, para pembeli bisa menentukan jenis minuman, topping, takaran gula, hingga banyaknya es di dalamnya. Jadi, kepuasan pembeli semakin bertambah dengan adanya customizable ini.

3. Promo yang Menarik

Tips sukses terakhir dari bisnis franchise minuman Chatime adalah promosi yang selalu mereka lakukan. Meskipun sudah memiliki banyak pelanggan, Chatime berusaha untuk mempertahankan pelanggan mereka dengan cara memberikan promo yang menarik.

Beberapa promo yang sering ditawarkan oleh Chatime adalah buy 1 get 1 free, potongan harga dengan menggunakan metode pembayaran tertentu, hingga harga spesial di hari tertentu atau ketika ada menu baru.

Promo menarik ini tidak hanya bisa mempertahankan pelanggan, tetapi juga bisa menarik pembeli baru dalam jumlah yang banyak. Rata-rata promo menarik ini sukses dan membuat Chatime semakin populer, lho.

Jadi, buat kalian yang ingin membuka bisnis minuman, jangan lupa untuk menghadirkan promo yang menarik dan variatif agar menarik pembeli dalam jumlah yang banyak.

Promo ini harus dilakukan secara rutin, sebab ini merupakan salah satu bagian penting dalam strategi marketing. Jangan lupa untuk memberikan batas waktu promo ya.

Kesimpulan

Modal usaha Chatime terbilang sangat fantastis, yaitu berkisar milyaran rupiah. Hal ini disebabkan karena PT Food Beverages Indonesia yang menjadi lisensi Chatime tidak membuka peluang bisnis franchise minuman Chatime di Indonesia. 

Jika kalian memiliki modal usaha Chatime tersebut dan ingin sekali memiliki franchise Chatime, kalian bisa membukanya di luar negeri.

Tapi masih banyak lho, peluang bisnis bubble tea lainnya yang memiliki waralaba di Indonesia. Sehingga kalian tidak perlu membuka bisnis di luar negeri.

Semoga bermanfaat!





 







Sumber referensi:
https://www.sasamecoffee.com/franchise/franchise-minuman-chatime/
https://fnbpreneur.id/franchise-minuman-chatime/#Mengenal_Franchise_Minuman_Chatime
https://m.bisnis.com/amp/read/20220718/263/1556233/syarat-dan-biaya-franchise-chatime-minuman-yang-populer-hingga-ke-luar-negeri

Related Posts

Post a Comment