Iklan

Header

Modal Usaha Kopi Janji Jiwa Ratusan Juta???

Post a Comment
Konten [Tampil]
Modal usaha kopi janji jiwa
Pamor kopi Janji Jiwa meningkat drastis di kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, bahkan keluarga. Sebagai salah satu brand franchise kopi kekinian, branding Janji Jiwa yang kuat menjadi salah satu faktor keberhasilan. Penasaran dengan modal usaha kopi Janji Jiwa?

Sebelumnya, mari berkenalan dengan Janji Jiwa. Di lansir dari Hypeabiz.id, brand ini mulai dikembangkan pada pertengahan 2018 lalu oleh Billy Kurniawan. Seseorang yang memiliki minat atau passion terhadap kopi.

Menggunakan konsep fresh to cup dengan penyajian kopi lokal dengan cita rasa klasik yang diperuntukan bagi para pencinta kopi di Indonesia.

Mengusung tagline #kopidarihati, Billy ingin setiap satu gelas kopi yang disuguhkan dengan cita rasa klasik ini dibuat benar-benar berasal dari hati. Dari situ, tercetuslah nama Janji Jiwa sebagai brand yang sekaligus merupakan janji sang owner untuk membuat brand kopi lokal terbaik di Indonesia.
“Kami tidak hanya sekadar menjual segelas kopi tetapi juga menumpahkan passion, skill dan semuanya yang kami punya ke dalam satu gelas kopi. Karena kami percaya bahwa sesuatu yang dimulai dari hati akan kembali ke hati,”
Billy Kurniawan - Founder & Owner Janji Jiwa
Tak hanya itu, dari hati yang disebut Janji Jiwa membawa brand ini berinovasi sepenuh hati. Di samping kopi klasik, Janji Jiwa juga mengukuhkan branding-nya melalui kehadiran ragam varian kopi khas Janji Jiwa dan Jiwa Toast. Jiwa Toast merupakan gaya baru toast bread dengan berbagai varian rasa.

Saat ini Kopi Janji Jiwa telah tersebar ke berbagai sudut kota di Indonesia dengan jumlah gerai lebih dari 1000 gerai. Adapun rata-rata penjualan per bulan mencapai 6.000 hingga 7.000 gelas di tiap gerainya.

Angka yang fantastis, bukan? ! Makin penasaran ga berapa modal usaha kopi Janji Jiwa? Yuk, cari tahu di sini!
 

Modal Usaha Kopi Janji Jiwa

Di tengah menjamurnya bisnis model franchise kopi susu, Janji Jiwa merupakan salah satu brand yang cukup unggul. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak peminat daei calon mitra. Berikut adalah modal usaha kopi Janji Jiwa yang harus kalian ketahui:

Harga Franchise Kopi Janji Jiwa

Hingga saat ini franchise Janji Jiwa masih terus dibuka untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan membuka peluang bisnis kepada para masyarakat Indonesia yang berminat untuk membuka usaha warung kopi sendiri.

Modal usaha kopi Janji Jiwa untuk harga franchise kopi Janji Jiwa berkisar antara Rp 150 juta- Rp 200 juta. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya lisensi dan peralatan yang memakan modal sebanyak Rp 85 juta.

Janji Jiwa memiliki kualifikasi khusus untuk pendirian booth. Nominal modal usaha kopi Janji Jiwa tersebut termasuk estimasi konstruksi booth standar dengan desain oleh Jani Jiwa yang diperkirakan memakan dana sebesar Rp 30 juta.

Dengan harga tersebut para mitra kopi Janji Jiwa juga sudah mendapatkan fasilitas yang lengkap seperti sewa tempat, karyawan, peralatan, dsb.

Selain itu, untuk mendorong pertumbuhan gerainya para mitra juga akan mendapatkan bimbingan langsung dari tim support kopi Janji Jiwa agar bisa mengelola gerai sesuai dengan standar operasional yang ada.

Janji Jiwa pun menyediakan dua jenis paket waralaba untuk Anda yang berminat menjadi franchise. Paket tersebut yakni:

1. Paket standard Rp 70 juta (Plus refundable deposit Rp 5 juta yang akan dikembalikan bila masa kontrak berakhir)

Paket ini tidak termasuk bahan baku dan tanpa peralatan seperti kulkas, freezer, HP android untuk kasir, dan alat kebersihan. Franchise diperbolehkan membeli peralatan tersebut sendiri sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pusat. 

Adapun paket tersebut terdiri atas:
  1. Lisensi untuk menggunakan brand Janji Jiwa
  2. Perlengkapan pembuatan produk
  3. Seragam Janji Jiwa
  4. Media promosi (menu, desain banner, flyer)
  5. Pelatihan dan SOP book
  6. Standard booth desain oleh Kopi Janji Jiwa
  7. Peralatan hot menu

2. Paket lengkap (Plus refundable deposit Rp 5 juta yang akan dikembalikan bila masa kontrak berakhir) 

Item yang dikecualikan dari paket ini adalah bahan baku. Dengan demikian, paket tersebut terdiri atas:
  1. Lisensi untuk menggunakan brand Janji Jiwa
  2. Perlengkapan pembuatan produk
  3. Seragam Janji Jiwa
  4. Media promosi (menu, desain banner, flyer)
  5. Pelatihan dan SOP book
  6. Standard booth desain oleh Kopi Janji Jiwa
  7. Peralatan hot menu
  8. Kulkas
  9. Freezer
  10. HP Android kasir
  11. Alat kebersihan

Jila kalian punya modal usaha kopi Janji Jiwa, mau pilih paket yang mana nih, teman?
 
Lalu dengan biaya franchise Janji Jiwa yang mencapai Rp200 juta, berapa lama kah bisa balik modal usaha kopi Janji Jiwa?
Simak penjelasan dibawah.

Prediksi Balik Modal Franchise Janji Jiwa

Gerai kopi Janji Jiwa memiliki penjualan rata rata perbulan mencapai 6.000-7.000 cup, dengan penjualan tersebut diperkirakan para mitra franchise minuman kopi Janji Jiwa akan balik modal setelah 10-12 bulan atau bahkan lebih cepat menjadi 6-8 bulan jika lokasi gerai Kopi Janji Jiwa ramai dan strategis.

Rata-rata penjualan di atas juga membuat franchise Janji Jiwa memiliki potensi omzet perbulan yang cukup tinggi yaitu mencapai Rp140 juta jika rata rata kopi yang dijual seharga Rp20.000/cup.

Jadi jangan khawatir lagi, teman! Modal usaha kopi Janji Jiwa yang tidak sedikit itu bisa balik dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Memiliki modal usaha kopi Janji Jiwa dan berminat bergabung menjadi mitra? Berikut syarat dan cara mendaftar menjadi mitra Janji Jiwa. 

Syarat dan Cara Menjadi Mitra Kopi Janji Jiwa

Jika kalian ingin mengajukan diri menjadi mitra kopi janji jiwa, selain mempersiapkan modal usaha kopi Janji Jiwa, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi mitra janji jiwa.

Syarat Franchise Kopi Janji Jiwa

Adapun syarat dan cara menjadi franchise Janji Jiwa sebagai berikut:
  1. Memiliki lokasi yang strategis. Misalnya saja di tempat keramaian seperti mal, bandara, atau stasiun, pinggir jalan atau dekat area publik yang sering dikunjungi orang-orang seperti ruko, kantor, rumah, atau pun pekarangan. Pastikan juga lokasi gerai yang kamu ajukan mudah diakses pembeli langsung ataupun melalui ojek online.
  2. Mengikuti standard desain interior gerai dengan konsep yang telah ditetapkan dari manajemen kopi janji jiwa.
  3. Minimal luas gerai yaitu 3 x 2.5 meter.
  4. Gerai tersebut harus memiliki listrik 18A.
  5. Gerai memiliki saluran atau jalur air bersih dan jalur air kotor yang baik.
Selain syarat-syarat di atas, tentu syarat utamanya adalah memiliki dana yang cukup untuk modal usaha kopi Janji Jiwa ya, teman. 

Sedangkan berikut cara untuk mendaftar mitra Janji Jiwa. 

Cara Daftar Franchise Janji Jiwa

Jika kalian berminat dan tertarik untuk membuka bisnis franchise Janji jiwa, kalian bisa mengirimkan proposal atau mengunjungi kantor Janji Jiwa dengan cara berikut ini:

1. Mengirim Proposal Penawaran ke Janji Jiwa

Kamu bisa datangi lokasi kantor Janji Jiwa di Jl. Kedoya Raya Utara No.2, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11520. Kamu juga bisa mengirimkannya melalui email ke markom@lunarabrands.com atau janjijiwaku@gmail.com. Atau kamu juga bisa menghubungi Janji Jiwa di nomer telepon 0821-2489-9089.
 

2. Penandatangan Kontrak Franchise

Setelah lokasi gerai yang kamu ajukan disetujui, proses selanjutnya ialah penandatanganan kontrak dan pembayaran franchise. 

3. Proses Persiapan dan Launching

Selanjutnya proses persiapan selama dua minggu, satu minggu pengiriman, training kepegawaian, dan terakhir hari opening pembukaan gerai Janji Jiwa.

Modal usaha kopi Janji Jiwa sudah siap, syarat menjadi mitra sudah dipahami dan setelah resmi menjadi mitra Janji Jiwa kini saatnya menyimak tips sukses usaha kopi Janji Jiwa. 

Tips Sukses Kopi Janji Jiwa

Melihat pesatnya pertumbuhan Janji Jiwa dalam hitungan tahun mengharuskan pelaku usaha untuk menilik apa saja strategi atau tips sukses dari bisnis satu ini. Agar nantinya kalian sukses menjalankan franchise minuman Janji Jiwa sendiri, berikut kunci suksesnya:

1. Strategi pemasaran

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Janji Jiwa tidak segetol merek-merek lain. Strategi pemasaran yang dilakukan merupakan contoh pemasaran perusahaan-perusahaan yang muncul di era industri 4.0.

Tidak melakukan pengiklanan di media mainstream seperti televisi, surat kabar, maupun radio. Janji Jiwa lebih getol melakukan pemasaran melalui media sosial. Media yang digunakan adalah Key Opinion Leader (KOL) dan Influencer yang banyak diikuti.

Hal ini tergolong cukup ampuh karena pasar Janji Jiwa sendiri berasal dari mereka para generasi milenial dan generasi Z yang sehari-harinya tidak lepas dari gawai dan media sosial.

Tidak hanya melakukan branding melalui Influencer di media sosial. Janji Jiwa juga memasarkan produknya dengan melakukan kerja sama dengan beberapa brand. Hal ini dilakukan untuk melakukan terobosan yang akan menarik pelanggan.

Strategi pemasaran lainnya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan acara yang diminati pasar. Salah satunya, kompetisi World Barista Championship pada 2018 lalu.

2. Inovasi Tanpa Batas

Kunci sukses Janji Jiwa yang kedua adalah inovasi tanpa batas yang mereka terapkan. Salah satu inovasi terbesar yang dilakukan oleh Janji Jiwa adalah menghadirkan menu Jiwa Toast berupa roti toast lokal dengan isian yang beragam.

Selain variasi menu minuman, tentu saja keberadaan roti toast ini jadi sentuhan baru bahkan pelengkap brand Janji Jiwa. Apalagi minuman dan makanan tersebut dikemas dengan kemasan yang trendy dan cocok dengan target konsumennya yaitu anak muda.

Franchise minuman Janji Jiwa juga menghadirkan inovasi dalam sajian kopi yang berkualitas tinggi. Salah satunya, adalah kerjasama Janji Jiwa dengan Sasa Santan. Menggunakan Sasa Santan, Janji Jiwa pernah membuat produk yang hanya muncul saat itu saja yakni, coco latte.

Jika biasanya susu digunakan sebagai campuran utama untuk membuat kopi. Saat itu, mereka menggantinya dengan santan. Terobosan terbaru ini, tentu saja menggugah minat dari para penikmat kopi.

3. Menghadirkan Berbagai Macam Promo Menarik

Ketika menjalankan sebuah bisnis, salah satu strategi marketing yang tidak boleh dilewatkan adalah memberikan promo menarik pada pelanggan. Yup, promo menarik ini bisa berupa potongan harga, buy 1 get 1 free, harga spesial untuk menu tertentu di hari tertentu, serta jenis promo menarik lainnya.

Nah, karena brand ini juga memiliki menu Jiwa Toast, biasanya promo yang paling sering ditawarkan adalah paket Combo Jiwa Toast. Di mana promo ini berisi roti toast dengan minuman Janji Jiwa.

Tujuan adanya promo menarik ini tidak hanya untuk mempertahankan pelanggan saja, tetapi juga menarik calon pembeli baru. Jadi, agar penjualan meningkat dan pelanggan semakin bertambah, jangan lupa untuk mengadakan promo menarik ya.

Kesimpulan

Modal usaha kopi Janji Jiwa terbilang tidak sedikit, hampir sama dengan kisaran modal usaha ayam Geprek Bensu.

Meski modal usaha kopi Janji Jiwa tidak sedikit, dilihat dari analisa keuntungan yang akan di dapat dan balik modal dalam waktu kurang dari satu tahun, bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan.

Namun jika modal kalian belum cukup, cobalah memulai usaha dengan modal yang sesuai. Kalian bisa mencoba usaha jus buah, mie ayam cup, roti bakar Bandung atau usaha dimsum yang juga menjadi favorit masyarakat Indonesia. 

Semoga bermanfaat! :) 










Sumber referensi:
https://bisniscoffeeshop.com/franchise-janji-jiw/?gclid=CjwKCAjwvNaYBhA3EiwACgndgrPE08mCNGcj-5SR21C3p0q1oZUJq8-ceGc0xZtJ5yZxxqN6GTufKxoCQfUQAvD_BwE
https://hypeabis.id/read/14764/begini-cara-menjadi-mitra-dan-biaya-franchise-bisnis-kopi-janji-jiwa#:~:text=Total%20investasi%20awal%3A%20Rp150%20juta,Target%20BEP%3A%206%2D12%20bulan
https://akurat.co/amp/cara-buka-kedai-kopi-janji-jiwa-segini-modal-hingga-keuntungannya?page=3
https://amp.kompas.com/money/read/2021/04/15/093000326/segini-perkiraan-modal-awal-untuk-franchise-kopi-janji-jiwa
https://kumparan.com/berita-bisnis/franchise-janji-jiwa-ini-syarat-dan-cara-daftarnya-1xHPIepd80h
https://brainpersonalities.com/profil-founder-dan-ceo-janji-jiwa-serta-perjalanan-bisnisnya/amp/
https://fnbpreneur.id/franchise-minuman-janji-jiwa/

Related Posts

Post a Comment