Iklan

Header

Biaya Sumur Bor 30 Meter Bandung Lengkap 2022

Post a Comment
Konten [Tampil]
Biaya sumur bor 30 meter Bandung
Untuk warga Bandung dan sekitarnya,sedang mencari tahu berapa biaya sumur bor 30 meter Bandung?? Pas banget! Kali ini aku menulis tentang sumur bor dan biayanya untuk area Bandung, nih. Jadi baca artikel ini sampai selesai, ya! :D

Dikutip dari Wikipedia, sumur bor adalah salah satu proses penggalian tanah yang dilakukan dengan cara pengeboran agar bisa mendapatkan sumber mata air yang berada di dalam tanah.

Lalu apa perbedaan sumur galian dan sumur bor? Seperti yang kita ketahui, banyak masyarakat khususnya masyarakat dahulu yang menggunakan sumur galian. Bahkan ada di tiap rumah. Betul tak? :D

Perbedaan dari sumur galian dan sumur bor adalah cara pembuatan, penggunaan alat, dan kedalamannya. Saat menggali sumur bor, menggunakan peralatan modern dan canggih sehingga bisa mengebor sampai kedalaman 100 hingga 150 meter.

Sedangkan untuk sumur galian, dilakukan manual dengan peralatan cangkul, sekop, dan lainnya menggunakan tenaga manusia dengan kedalaman hanya berkisar 10-20 meter saja.

Dengan perbedaan tersebut, sudah pasti biaya pun berbeda. Sumur galian membutuhkan biaya yang lebih sedikit karena kedalaman sumur tidak terlalu dalam. Sedangkan biaya sumur bor 30 meter Bandung bisa dibilang tidak murah, namun sesuai dengan hasil yang diberikan.

Nah, penasaran berapa biaya sumur bor 30 meter Bandung? Yul, kita cari tahu!

Biaya Sumur Bor 30 meter Bandung

Berikut adalah rincian biaya sumur bor 30 meter Bandung sesuai dengan jenis kontur tanah:
  1. Kontur tanah liat: biaya pengeboran Rp 8.000.000 menggunakan pipa PVC 4 inch. 
  2. Kontur tanah pasir: biaya pengeboran Rp 9.500.000 menggunakan pipa PVC 4 inch. 
  3. Kontur bebatuan: biaya pengeboran Rp 16.500.000 menggunakan pipa PVC 4 inch.
Merujuk rincian biaya di atas, ada beberapa hal yang mempengaruhi biaya sumur bor 30 meter Bandung, antara lain:

1. Lokasi Pengeboran

Setiap daerah memiliki karakteristik geologi yang berbeda-beda. Hal ini berpengaruh pada alat-alat yang digunakan, kedalam sumur yang dibutuhkan, dan tingkat kesulitan. Beberapa tempat ada yang berbatu sedangkan lainnya adalah berpasir sehingga sulit ketika dilakukan pengeboran, oleh karena itu harganya menjadi beragam.

2 Peralatan yang Digunakan

Hal lain yang mempengaruhi harga borongan pembuatan sumur bor adalah peralatan yang digunakan. Termasuk material pemipaan untuk penampang sumur atau casing, pipa hisap dan material pendukung lainnya. Diameter dalam pembuatan sumur bor juga mempengaruhi karena berhubungan dengan pvc atau besi galvanis.

3. Kedalaman Sumur

Semakin dalam sumur yang akan digali maka otomatis biaya yang dikeluarkan akan semakin besar dan pompa air tanah yang dibutuhkan harus disesuaikan.

Kelebihan dan Kelemahan Sumur Bor 30 meter

Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya, begitupun dengan sumur. Sama dengan jenis sumur lainnya, sumur bor juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Setelah mengetahui biaya sumur bor 30 meter Bandung, berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Sumur Bor

  1. Air selalu bersih dan tidak mudah keruh.
  2. Air melimpah setiap saat, sehingga tak perlu bingung akan kehabisan air meskipun sedang musim kemarau.
  3. Kualitas air akan semakin bagus seiring bertambahnya usia sumur bor.
  4. Tidak menghabiskan banyak tempat jika dibandingkan dengan sumur tradisional.
  5. Untuk yang memiliki rumah berukuran kecil tetap bisa memperoleh jarak yang ideal dari septic tank dan memenuhi aturan kesehatan.
  6. Risiko air tercemar sangat kecil karena air diambil dari kedalaman yang jauh dari kontaminasi.
  7. Jumlah air yang dibutuhkan dapat dihitung dan disesuaikan dengan kapasitas sumur yang hendak dibuat.
  8. Satu sumur bor dapat digunakan khusus untuk kebutuhan rumah tangga atau digunakan secara bersamaan untuk kebutuhan lainnya, misalnya saja untuk irigasi perkebunan atau pertanian.
  9. Sumur bor tidak akan mengganggu atau mengurangi debit air sumur-sumur biasa yang ada di daerah sekitarnya.
  10. Sumur bor dapat dibuat di segala medan, baik tanah, pasir, bebatuan, hingga di pegunungan sekalipun.

Kekurangan Sumur Bor

Kekurangan yang ditemukan pada penggunaan sumur bor adalah sumur bor sangat bergantung kepada sumber tenaga listrik. Sehingga ketika terjadi pemadaman listrik atau mati lampu, maka otomatis pompa air tidak akan bisa bekerja dan tidak akan bisa mengambil air.

Namun solusi untuk kekurangan sumur bor yaitu dengan menggunakan tandon air yang berfungi untuk menampung air. Sehingga mengurangi resiko di atas.

Tips Membuat Sumur Bor 30 Meter Bandung

Berikutnya adalah beberapa tips jika ingin menggunakan sumur bor 30 meter yang perlu diperhatikan:

1. Perencanaan Biaya Membuat Sumur Bor

Tentu anggaran biaya sumur bor 30 meter Bandung perlu disiapkan sebelum memutuskan untuk mengebor sumur. Carilah referensi harga dan biaya kerja di sekitar tempat tinggal. Dengan begitu kita bisa menyiapkan terlebih dahulu biaya yang diperlukan agar tidak terjadi kekurangan saat proses penggalian sudah berjalan.

2. Menentukan Kedalaman dari Sumur Bor

Setelah biaya sumur bor 30 meter Bandung siap, kita harus menentukan kedalaman dari sumur bor. Perhatikan terlebih dahulu kondisi tempat tinggal yang ada di sekitar, karena semakin padat lingkungan rumah otomatis akan membutuhkan sumur yang lebih dalam agar bisa mendapatkan air yang lebih bersih dan tidak tercemar.

Semakin dalam sumur yang akan digali maka otomatis biaya yang harus dikeluarkan akan semakin besar dan pompa air tanah yang dibutuhkan juga membutuhkan kemampuan pompa yang besar.

3. Ketahui Kondisi Tanah

Seperti rincian biaya sumur bor 30 meter Bandung di atas, kondisi tanah juga memiliki andil. Dengan mengetahui kondisi tanah, maka kita dapat mengetahui kualitas dari air tanah yang terdapat di dalamnya.maka

Apabila pada dahulu kala tempat tinggal merupakan rawa-rawa maka pada umumnya air tanah akan cenderung lebih kotor dan membutuhkan penyaringan yang baik.
Begitupun dengan jenis kontur tanah. Semakin kontur tanah berbatu maka biaya sumur bor 30 meter Bandung juga akan semakin mahal.

4. Gunakan Pompa yang Baik Agar Tahan Lama

Setelah tanah sudah di bor maka yang dibutuhkan berikutnya adalah pompa air yang memilki kekuatan sesuai dengan kedalaman dari sumber air yang ada. Pastikan agar pompa yang digunakan memiliki spesifikasi yang sesuai agar jumlah tekanan air yang diambil bisa mengalir dengan baik menuju tempat penyimpanan air.

Cara Memilih Pompa Air yang Bagus

Pemilihan pompa air juga memengaruhi besarnya biaya sumur bor 30 meter Bandung yang perlu dipersiapkan. Berikut langkah memilih pompa air yang bagus:

1. Kedalaman sumur

Pompa air memiliki kapasitas kedalaman sumur yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan berapa kedalaman permukaan air di rumahmu. Dengan begitu, kamu dapat memastikan apakah kamu membutuhkan pompa air sumur dangkal atau pompa air sumur dalam.

Sumur dangkal adalah sumur dengan kedalaman kurang dari 50 meter. Sehingga sumur bor 30 meter masih dikategorikan sumur dangkal

Biasanya sumur bor 30 meter menggunakan jet pump untuk pompa hisapnya. Jet pump biasanya digunakan untuk kedalaman 25 meter hingga 60 meter.

2. Voltase pompa

Pada umumnya, pompa air menggunakan energi listrik untuk pengoperasiannya. Untuk mencegah over capacity, kamu harus mencocokan apakah pompa air pilihan sesuai dengan kapasitas listrik di rumahmu. Hal tersebut akan menghindari listrik yang padam atau down secara tiba-tiba.

3. Daya hisap yang sesuai

Daya hisap juga merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih pompa air. Hal tersebut akan berpengaruh pada debit air yang dihasilkan oleh pompa. Jika kamu tinggal dalam rumah yang berisikan banyak anggota, maka pompa air dengan daya hisap tinggi sangat disarankan.

Nah, setelah tahu pompa apa yang sesuai dengan sumur bor 30 meter, sekarang kita cari tahu bagaimana cara kerja pompa air, yuk!

Cara Kerja Jet Pump/Pompa Air

Agar bisa membuat pompa air bisa bekerja, kamu membutuhkan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Setelah listrik dialirkan ke jet pump dan juga sudah dipancing dengan air, nantinya motor atau impeller yang ada di dalam pompa air akan berputar. Tenaga putaran yang berasal dari motor akan dialirkan ke bagian kepala pompa air dan akan menghisap air melalui pipa suction.

Setelah air sudah terhisap dari sumber air atau sumur ke pipa suction dengan tenaga dari impeller, nantinya juga air akan dialirkan ke keran, shower, atau perantara lainnya yang kamu gunakan. Dalam proses datangnya air dari sumur hingga sampai keran membutuhkan waktu kurang lebih 40 detik.

Nah, supaya kamu tidak membutuhkan waktu terlalu lama, disarankan agar kamu menggunakan foot valve yang bisa menahan air yang sudah ada di pipa, sehingga kamu tidak membutuhkan waktu lama sampai air bisa keluar dari keran.

Tips Menghindari Kerugian Pengerjaan Sumur Bor 30 Meter 

Mencari jasa bor sumur seperti mencari jodoh ya, teman. Adakalanya kita mendapati pengerjaan yang kurang memuaskan dan bisa menimbulkan kendala dikemudian hari. Dengan rincian biaya sumur bor 30 meter Bandung yang sudah dijelaskan, kita juga perlu menghindari resiko. Simak tips-tips berikut:

  1. Sebaiknya semua material untuk keperluan sumur dibeli sendiri dari toko material yang kita tahu, terutama untuk pipa paralon atau PVC, jenis pipa PVC yang ada dipasaran sangat banyak ragamnya, dari kualitas nomor 1 hingga yang kualitas KW 3 yang harganyapun tentu sangat bervariasi, jika tidak teliti kita bisa salah memakai pipa KW 3 tapi dengan harga pipa orisinil.
  2. Mutu pompa air juga ada 2 macam yaitu yang baru dan yang rekondisi, bila kita memesan dari tukang yang mengerjakan bor biasanya akan dibawakan pompa yang rekon karena sepintas tampaknya sama, pompa rekon juga dikemas dalam packing baru kardus dan plastik nya seba baru hanya pompanya adalah pompa bekas yang sudah diperbaiki.
  3. Kualitas pengerjaan, untuk memastikan tukang bekerja dengan benar, selama pengeboran harus ada mandor yang memperhatikan pekerjaan mereka, ada tukang yang melakukan kecurangan dengan berbagai trik 
  4. Pompa baru yang kita beli jangan langsung dipasangkan begitu keliatan air keluar, karena pada awal-awal air masih mengandung pasir dan lumpur halus yang dapat mengakibatkan impeller pompa menjadi rusak, tukang bor harus diminta membawa pompa milik mereka untuk membersihkan air hingga jernih, setelah air yang keluar jernih baru dipasang pompa baru.
  5. Dalam melakukan pengeboran harus diperhatikan agar kedalaman sumur yang dibor harus lebih dalam setengah pipa dari jumlah pipa yang ditanam, misalnya jika pipa casing yang ditanam 5 batang, maka kedalaman pengeboran harus 5,5 batang, kalau tiap batang 6 meter berarti akan ada 3 meter bagian sumur yang dindingnya tidak diberi pipa, gunanya bagian sumur tanpa pipa ini yaitu agar terbentuk reservoir atau ceruk cadangan air, sehingga air yang terhisap pompa tidak keruh. Setelah semua pipa tertanam lakukan pengerasan casing dengan cara disemen agar pipa casing tidak melorot.
  6. Buat perjanjian yang jelas sehingga jika hasil pekerjaan tidak sesuai dengan spesifikasi yang diminta, akan mudah untuk mengajukan complain, buat perjanjian garansi yaitu hasil pengeboran harus sampai airnya jernih dan tidak menjadi keruh lagi dalam tempo dekat, karena sering terjadi air yang keluar pada awalnya sudah bersih tapi setelah beberapa waktu kemudian akan menjadi kotor lagi, hal ini biasanya terjadi karena terjadinya pembentukan reservoir di ujung sumur, jika tidak ada perjanjian tukang bor akan meminta biaya lagi untuk melakukan pengurasan.

Kesimpulan

Biaya sumur bor 30 meter Bandung bervariasi, kisaran biayanya dimulai dari Rp. 8.000.000. Variasi harga tersebut tergantung dari kontur tanah lingkungan rumah kita. Semakin berbatu maka semakin besar pula biaya sumur bor 30 meter Bandung.

Selain mencari tahu biaya sumur bor 30 meter Bandung pilih juga jasa bor sumur yang terpercaya dan profesional dalam bidangnya.
Semoga bermanfaat!












Sumber Referensi:
https://www.google.com/amp/s/harga.web.id/berapa-biaya-membuat-sumur-bor-sumur-air.info/amp
https://www.google.com/amp/s/www.cekpremi.com/blog/biaya-sumur-bor/amp/
https://www.rumah.com/panduan-properti/sumur-bor-29701
https://productnation.co/id/17834/pompa-air-jet-pump-terbaik-indonesia/#d673d0ada226d8550cfbff6297488f23
https://www.google.com/amp/s/www.jasaservis.net/tips-bikin-sumur-tidak-tertipu/.html/amp

Related Posts

Post a Comment