Iklan

Header

Upah Tukang Bangunan di Palembang Mulai Dari 100 Ribu? Cari Tahu Disini!

Post a Comment
Konten [Tampil]


Upah tukang bangunan di Palembang
Halo, teman Palembang!

Apakah kalian sedang ingin mendirikan rumah atau merenovasi bangunan di Palembang? Cari tahu yuk berapa upah tukang bangunan di Palembang. Karena selain harus memperhatikan harga bahan bangunan dan kualitas material yang akan dibeli, kalian juga harus memperhatikan besaran upah tukang bangunan yang akan dipekerjakan.

Dengan mengetahui kisaran upah tukang bangunan di Palembang, baik tukang harian atau borongan, kalian akan lebih mudah dalam merencanakan anggaran sebelum membangun  atau merenovasi rumah.

Tukang bangunan menjadi bagian yang sangat perlu diperhatikan dalam mendirikan bangunan, desain bangunan yang sudah didesain oleh arsitek akan di eksekusi oleh tukang bangunan dibantu oleh pembantu tukang atau kuli.

Jumlah tukang bangunan yang dibutuhkan dalam satu proyek juga bermacam-macam, tergantung luas bangunan, tingkat kesulitan dan rencana waktu penyelesaian pekerjaan.

Berikut ini adalah informasi upah tukang bangunan di Palembang terbaru tahun 2022 yang dilansir dari arsiteki.id. Yuk, simak! 

Upah Tukang Bangunan di Palembang 2022

Menurut arsiteki.id, rata-rata upah tukang bangunan di Palembang berkisar mulai dari Rp. 100.000 sampai Rp. 250.000 per hari. Harga ini adalah upah untuk tukang harian.

Sedangkan untuk upah tukang bangunan borongan di Palembang berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000 per m2.

Upah tukang bangunan di Palembang tersebut di atas bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung kawasan, keterampilan tukang dan variasi bangunan yang akan diwujudkan.

Nah sebelum membahas lebih detail informasinya tentang upah tukang bangunan di Palembang, mari kita kenali macam-macam tukang.

Macam-Macam Tukang

Tukang dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tugas dan pekerjaannya, yang meliputi:

1. Mandor

Karena memberi sumbangsih pada pekerjaan terhadap pembuatan rumah kita jadi meskipun Mandor tak melakukan pekerjaan pendirian rumah ia tetap disebut sebagai tukang bangunan.

Fungsi utama seorang mandor adalah memastikan pekerjaan pembangunan berjalan tepat waktu sekaligus hasil terbaik dengan cara mengawasi kerja tukang bangunan lainnya.

Nggak hanya itu, mandor juga mempunyai peran sebagai penghubung antara pemilik proyek serta pekerja bangunan lainnya. Terkait pengerjaan, intruksi sekaligus komplasi supaya hasil proyek bisa sesuai keinginan serta tepat waktu.

2. Tukang Gali

Pekerjaan pertama waktu membuat bangunan adalah mendirikan pondasi. Maka,penentuan tukang gali yang tepat amat diperlukan buat memastikan pondasi yang dibuat kuat sekaligus tahan lama.

3. Tukang Batu

Sesudah tukang gali merampungkan tugasnya, maka kemudian dibutuhkan seorang tukang batu bagi pembuatan pondasi rumah yang kuat serta sempurna.

Selain mendirikan pondasi, tukang batu juga berperan buat memasang batu bata, mengecor, membuat dak, sekaligus pekerjaan yang lainnya yang berhubungan dengan semen, pasir, dan batu.

4. Tukang Besi

Waktu tukang batu membuat dak serta melakukan pengecoran, diperlukan bahan kuat yang lain buat memberikan penunjang pada bangunan, yaitu besi.

Pekerjaan tukang besi amat penting waktu pembangunan rumah. Mulai dari mendirikan konstruksi rumah, kolom, sloof, dak, serta lain sebagainya.

5. Tukang Kayu

Peran tukang kayu adalah membuat rangkaian atap, kuda-kuda, rangka jendela, pintu, serta kusen. Intinya, seluruh bagian dari bangunan rumah yang terbuat dari kayu ialah hasil pekerjaan tukang kayu.

6. Tukang Cat

Sesudah semua bangunan ‘berdiri’ kokoh, selanjutnya tukang cat yang unjuk gigi dengan keahliannya.

Sesuai dengan namanya, tukang cat berperan untuk mengecat seluruh dinding rumah, baik di dalam maupun dari luar. Umumnya, tukang cat juga merangkap pekerjaan sebagai furnishing dan pewarnaan kayu, pintu, dan jendela.

Nah, setelah mengenal jenis dan tugas tiap tukang. Berikut ini adalah tabel daftar upah tukang bangunan di Palembang dengan sistem harian.

Upah Tukang Bangunan Harian di Palembang

Jenis Tukang

Satuan

Upah

Kepala Tukang

orang/hari

Rp. 175.000

Tukang Cat

orang/hari

Rp. 120.000

Tukang Kayu

orang/hari

Rp. 130.000

Tukang Batu

orang/hari

Rp. 140.000

Pembantu Tukang

orang/hari

Rp. 100.000

Tukang Besi

orang/hari

Rp. 130.000

Tukang Gali Tanah

orang/hari

Rp. 100.000

Tukang Listrik

orang/hari

Rp. 110.000

Perlu diperhatikan bahwa daftar upah tukang bangunan di Palembang pada tabel di atas bisa lebih rendah dan lebih tinggi tergantung rata-rata bayaran yang disepakati di tiap daerah.

Upah di atas juga bisa diminimalisir dengan cara menyediakan makan siang atau santapan untuk para tukang yang dipekerjakan.

Selain dengan sistem upah harian, kalian juga bisa mencoba penggunaan tukang bangunan dengan sistem borongan, berikut ini adalah daftar upah tukang bangunan di Palembang dengan sistem borongan yang bisa dijadikan referensi.

Upah Tukang Bangunan Borongan per meter di Palembang

Seperti yang telah disebutkan diawal, jika kisaran upah tukang bangunan di Palembang dengan sistem borongan adalah Rp. 3.000.000 sampai Rp. 5.000.000 per m2 (tergantung luas dan jenis bangunan) untuk total bangunan sampai jadi atau biasa disebut dengan sistem terima kunci.

Tapi, jika kalian berkeinginan memakai tukang bangunan dengan sistem borongan untuk pengerjaan beberapa item tertentu, kalian bisa melihat tabel dibawah ini sebagai rujukan.

Jenis Pekerjaan

Satuan

Upah

Pemagaran

m2

Rp. 30.000

Galian Tanah Pondasi

m3

Rp. 70.000

Pemasangan Beton

m2

Rp. 40.000

Pasang Bata

m2

Rp. 30.000

Pasang Daun Jendela

Unit

Rp. 70.000

Pasang Kusen Jendela

Unit

Rp. 90.000

Pasang Daun Pintu

Unit

Rp. 100.000

Pasang Kusen Pintu

Unit

Rp. 150.000

Pasang Talang

m2

Rp. 70.000

Pasang Atap

m2

Rp. 120.000

Pasang Plafon

m2

Rp. 50.000

Pasang Keramik Lantai

m2

Rp. 50.000

Pasang Keramik Dinding

m2

Rp. 60.000

Pasang Keramik Kamar Mandi

m2

Rp. 50.000

Pengecatan Dinding

m2

Rp. 25.000

Cara Menghitung Upah Tukang Borongan

Sistem menghitung upah tukang borongan cukup mudah, pada dasarnya kalian hanya perlu mengalikan saja luas bangunan dengan biaya upah yang telah disepakati.

Misalkaliana ingin membikin rumah tipe 60 atau dengan luas 60m2 dan besaran upah tukang borongan yang disepakati adalah Rp. 3.000.000 per m2. Maka, upah yang harus Anda bayar adalah 60 x Rp. 3.000.000 = Rp. 180.000.000.

Lalu, jika kalian ingin menggunakan tukang borongan untuk pengerjaan item tertentu, cara menghitungnya juga sama, misal pengerjaan pemasangan keramik lantai biayanya Rp. 50.000 per m2 akan dipasang pada rumah dengan luas 60m2, maka upah tukang borongan nya sebesar 60 x Rp. 50.000 = Rp. 3.000.000.

Kelebihan dan Kekurangan Tukang Bangunan Harian dan Borongan

Berikutnya adalah pembahasan kelebihan dan kekurangan penggunaan masing-masing tukang, baik harian maupun borongan yang bisa kalian jadikan referensi.

Kelebihan Tukang Bangunan Harian

  1. Pekerjaan tukang lebih terkontrol.
  2. Apabila hasil pekerjaan tidak layak dilanjutkan, dapat seketika di berhentikan dan mencari pengganti tukang lain.
  3. Biaya lebih murah dibanding tukang borongan.
  4. Hasil biasanya lebih bagus sebab tak terburu-buru.

Kekurangan Tukang Bangunan Harian

  1. Pekerjaan wajib senantiasa diawasi agar tukang bekerja dengan benar dan sesuai dengan arahan.
  2. Sebab dibayar harian dan semakin lama waktu bekerjanya, para tukang akan menerima upah lebih banyak, sehingga seringkali pekerjaan butuh waktu lebih lama.

Kelebihan Tukang Bangunan Borongan

  1. Proses relatif lebih cepat.
  2. Tak perlu kerap mengawasi para pekerja, sebab umumnya sudah ada kepala tukang yang mengatur pekerjaan.

Kekurangan Tukang Bangunan Borongan

  1. Karena dikerjakan dengan cepat, biasanya hasil pekerjaan kurang teliti dan terkesan terburu-buru.
  2. Kalau pekerjaan kurang baik, tak bisa seketika minta stop para pekerja, karena perjanjian pengerjaan sampai selesai.
  3. Tarif lazimnya lebih mahal dibanding dengan bayaran pekerja harian.

Tips Memilih Tukang Bangunan di Palembang

Setelah mengetahui perbedaan upah tukang bangunan di Palembang, baik tukang bangunan harian maupun borongan. Serta masing-masing kelebihan dan kekurangannya, kini saatnya mencari tahu bagaimana memilih tukang bangunan yang pas agar pelaksanaan pekerjaan rumah berjalan sesuai rencana.

Berikut ini ialah beberapa kualifikasi standar yang wajib dimiliki oleh tukang bangunan yang bagus:

1. Sehat dan Bugar

Pastikan memilih tukang bangunan yang sehat dan bugar, karena profesi tukang bangunan membutuhkan kekuatan fisik yang prima sehingga kesehatan benar-benar diutamakan.

Usia tukang bangunan umumnya juga menentukan kesehatan dan energi fisiknya, tukang bangunan dengan umur 25 hingga 45 tahun lazimnya sedang dalam masa produktif karena telah cukup matang kekuatan jasmani dan mentalnya.

2. Banyak Bekerja daripada Bicara

Saat bekerja, tukang bangunan dituntut untuk bekerja dengan cepat dan tepat waktu, pekerjaan akan molor seandainya kita mempekerjakan tukang yang banyak bicara, karena akan mengganggu fokus dirinya sendiri dan fokus pekerja lainnya.

3. Teliti

Pastikan juga tukang yang dipilih teliti dalam segala hal, karena dalam bekerja atau mendirikan suatu bangunan seluruh sesuatunya wajib diperhitungkan dengan matang.

Dengan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi, bangunan akan berdiri dengan bagus dan para pekerja juga bisa terhindar dari kecelakaan kerja.

4. Tidak Buta Huruf dan Tidak Buta Warna

Tukang bangunan juga harus dapat membaca, memahami angka dan tidak buta warna sebab dalam pengerjaan suatu bangunan akan selalu dihadapkan pada angka dan ukuran yang harus presisi.

Selain itu, buta warna juga menjadi perhatian khusus sebab dalam mendirikan bangunan ada pelaksanaan pengecatan dan instalasi listrik serta dekorasi lain yang sepatutnya {melihat|memperhatikan perbedaan warna.

5. Bisa Membaca Gambar Teknis

Pastikan tukang yang dipilih dapat membaca rancangan denah atau gambar teknis yang sudah didesain oleh Arsitek, tukang sepatutnya dapat menerjemahkan gambar atau rancangan bangunan menjadi bangunan dan terhindar dari kekeliruan. 

6. Kemampuan sekaligus keterampilan yang sesuai

Para kontraktor mesti memilih tukang bangunan berdasarkan kemampuan serta keterampilan mereka. Tiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda sekaligus dibutuhkan penempatan tukang yang sesuai.

Tukang bangunan dapat dibagi atas tukang gali, tukang batu, tukang besi, tukang kayu, dan tukang cat.

7. Sudah berpengalaman sekaligus terpercaya

Tukang bangunan yang berpengalaman dapat memudahkan tugas para kontraktor. Walaupun umumnya ongkos pekerja bangunan yang berpengalaman lebih mahal, tapi menggunakan jasa pekerja yang berpengalaman bisa menghemat banyak biaya.

Material bangunan digunakan secara pas serta tak terbuang sia sia, serta upah harian cenderung sedikit karena waktu pembangunan lebih singkat.

Di samping berpengalaman, pekerja bangunan yang akan dipilih juga harus terpercaya. Cari tahu apa mereka sebelumnya pernah bermasalah di proyek lain atau hal lainnya.

Rekomendasi dari kenalan dapat dibuat referensi dalam urusan terpercaya atau tidaknya seorang pekerja bangunan.

8. Rajin, tidak pernah telat

Para kontraktor ditekan untuk memberikan perkiraan waktu kapan sebuah bangunan selesai dibangun. Estimasi waktu tersebut bisa juga disebut dengan janji yang mesti dipenuhi.

Laporan kondisi di lapangan seperti apapun nggak dibutuhkan pemilik bangunan, karena mereka membutuhkan hasil, bukan kejadian yang ada dalam proses membangun.

Oleh karena itu, waktu membuat sebuah proyek, semua pekerja mesti disiplin. Datang on time, kerja sesuai bagian, serta pulang di waktu yang tepat pula, tanpa terkecuali.

Kesimpulan

Upah tukang bangunan di Palembang dengan metode harian berkisar mulai dari Rp 100.000. Lain pula dengan upah tukang bangunan di Palembang dengan metode borongan. 

Sebelum memutuskan membangun atau merenovasi rumah di Palembang, membuat Rencana Anggaran Biaya atau RAB bangunan adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Namun mengetahui upah tukang bangunan di Palembang juga menjadi awal penentuan. 

Sila pilih tukang harian atau borongan yang sesuai dengan budget pendanaan kalian ya, teman. Semoga bermanfaat! 


 







Sumber:
Upah Tukang Bangunan di Palembang Harian dan Borongan 2022 - Arsiteki
https://jasarumah.web.id/jasa-tukang-bangunan-harian-di-palembang/

Related Posts

Post a Comment