Iklan

Header

12 Rekomendasi Merk Aki Motor Paling Bagus Lengkap

Post a Comment
Konten [Tampil]

 
Merk aki motor paling bagus
Aki adalah sumber energi listrik sekaligus sebagai tempat menyimpan energi listrik dinamis. Sehingga aki menjadi sparepart penting pada kendaraan bermotor. Karena itulah, pemilik kendaraan bermotor harus memilih dan merawat aki dengan baik. Untuk itu, kali ini aku akan memberikan beberapa rekomendasi merk aki motor paling bagus yang memiliki angka penjualan tinggi di masyarakat.

Dilansir dari semisena.com, umumnya aki untuk kendaraan bermotor biasanya memiliki daya tegangan 12 Volt dengan kapasitas yang beragam, bisa 2 ampere atau pun 8 ampere. Di pasaran sendiri, selain memiliki kapasitas yang beragam dan setidaknya ada 5 jenis aki motor yang biasanya digunakan untuk kendaraan bermotor. Lalu apa saja merk aki motor paling bagus? Eits, sabar dulu! 

Dari 5 jenis aki motor tersebut memiliki fungsinya fungsi yang sama, antara lain sebagai sumber tenaga atau suplai listrik untuk setiap komponen yang memerlukan listrik, mulai sistem lighting, sistem starter, hingga sistem aksesoris seperti alarm. Nah, makin bingung kan menentukan merk aki motor paling bagus sesuai kebutuhan motormu??

Yuk, kita cari tahu lebih lanjut tentang aki dan rekomendasi merk aki motor paling bagus dan sesuai dengan kebutuhan kamu!

Merk Aki Motor Paling Bagus di Pasaran

Sebelum masuk ke rekomendasi merk aki motor paling bagus, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya ada 5 jenis aki motor. Oleh sebab itu, sebaiknya kita cari tahu dulu jenis-jenis aki tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya:

Jenis Aki Motor

1. Aki kering

Jenis aki ini cukup popular karena sudah menjadi standar sepeda motor keluaran terbaru. Memiliki nama lain aki MF (Maintenance Free) diklaim mampu menahan proses penguapan dari larutan elektrolit pada aki dengan sangat kecil.

Oleh sebab, disebut Maintenance Free karena kita tidak perlu repot – repot mengecek kondisi air aki yang sudah tersegel rapi dan dijamin mengalami tingkat penguapan yang sangat kecil.

  • Kelebihan Aki Kering:
  1. Bebas perawatan karena tak perlu mengecek ketinggian airnya.
  2. Penggunaannya yang praktis. 
  3. Dapat menjadi salah satu pilihan bagi kalian yang menyukai aksesoris kendaraan yang menambah beban listrik.
  • Kekurangan Aki Kering:
  1. Harga aki kering yang terbilang cukup mahal
  2. Usianya yang relatif lebih singkat dan tidak bertahan lama.

2. Aki Basah

Aki basah menjadi jenis aki motor yang paling banyak digunakan. Tak dipungkiri, jenis aki ini memang menjadi standar aki untuk sepeda motor. Selain itu, jenis aki ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau daripada yang lainnya. Sehingga sangat mudah ditemukan di pasaran maupun bengkel-bengkel. Tipe aki basah ini memiliki kandungan elektrolit yang berupa asal sulfat (H2SO4).

  • Kelebihan Aki Basah:
  1. Harganya yang relatif lebih terjangkau daripada tipe aki lainnya.
  2. Mudah didapatkan atau sering dijual oleh banyak bengkel. 
  3. Bisa digunakan lebih dari sekali atau berulang-ulang dengan cara mengisi ulang aki (setrum aki). Namun, dengan catatan harus rutin melakukan pengecekan  terhadap ketinggian air.
  • Kekurangan Aki Basah:
  1. Kandungan elektrolit yang mudah sekali menguap. Maka pengecekan ketinggian air aki secara rutin harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu.
  2. Kandungan elektrolit aki basah adalah jenis asam H2SO4 yang memiliki sifat keras sehingga jika bocor atau tumpah akan mengakibatkan kerusakan atau korosi pada bagian tubuh aki yang terkena tumpahan kandungan ini.

3. Aki Kalsium

Jenis aki yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aki basah. Namun, aki kalsium lebih baik dari aki basah dari segi kemampuan dan kualitasnya. Meski demikian, aki kalsium tidak sepopuler aki basah. Padahal, jenis aki ini memiliki harga yang juga cukup terjangkau. Aki kalsium hanya dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan arus listrik motor. 

Aki kalsium bisa dikatakan sebagai penyempurnaan dari aki basah dalam hal penyimpanan arus listrik. Meskipun motor tidak dinyalakan dalam waktu cukup lama, arus listrik pada aki tetap stabil tanpa ada pengurangan yang besar.

  • Kelebihan Aki Kalsium:
  1. Memiliki kualitas yang lebih baik dari aki basah, khususnya dalam aspek penyimpanan arus listrik. Sebab, penggunaan bahan kalsium pada kutub positif maupun negatifnya tersebut dinilai sangat efektif dalam menyalurkan arus listrik.
  2. Harganya cukup terjangkau.
  • Kekurangan Aki Kalsium:
  1. Ketersediannya yang jarang ditemukan di bengkel-bengkel. 
  2. Tipe aki kalsium ini dianggap sebagai tipe “nanggung” mengingat perbedaannya hanya terletak pada kutub positif dan negatif yang terbuat dari kalsium. 

4. Aki Hybrid

Sesuai dengan namanya, aki hybrid merupakan perpaduan dari jenis aki basah dan aki kalsium. Perbedaan aki hybrid ini dari jenis aki motor lainnya bisa dilihat dari bahan pada kutub-kutubnya dimana tipe aki hybrid ini memiliki kutup positif (+) berbahan Low Antimonial yang sama digunakan pada aki basah. Sementara itu, untuk kutub negatif (-), tipe ini menggunakan bahan material kalsium.

  • Kelebihan Aki Hybrid:
  1. Memiliki masa pakai yang lebih lama dan lebih baik jika dibandingkan dengan tipe aki basah.
  2. Tingkat penguapan dari elektrolitnya yang persentasenya lebih kecil dari aki basah.
  • Kekurangan Aki Hybrid:
  1. Kandungan elektrolitnya yang bisa membahayakan jika mengenai bagian tubuh pada aki.
  2. Aki Hybrid belum banyak diketahui dan dikenal oleh masyarakat, sehingga ketersediannya tidak mudah didapatkan di bengkel-bengkel.

5. Aki Gel

Aki yang satu ini merupakan terobosan baru dalam dunia penyimpanan arus pada kendaraan bermotor. Menariknya, jika aki yang lain masih menggunakan cairan elektrolit namun untuk tipe ini menggunakan jenis elektrolit gel.

Sehingga tak mudah bocor dan menekan terjadinya korosi maupun kerusakan pada bodi aki yang disebabkan elektrolit. Tak hanya itu saja, jenis aki gel ini pun diyakini memiliki masa pakai lebih lama 2 kali lipat diantara jenis aki lainnya. 

Aki gel banyak digunakan pada motor-motor modifikasi dan balap. Harga aki gel paling tinggi di antara jenis aki lainnya. Tentunya kualitas aki jenis ini berbanding lurus dengan harganya.

  • Kelebihan Aki Gel:
  1. Perawatannya yang simpel sehingga tak perlu repot-repot mengecek air elektrolit karena sudah menggunakan gel.
  2. Masa pakai yang lebih tahan lama dan awet. 
  3. Tak mudah tumpah karena elektrolitnya berbentuk gel. 
  • Kekurangan Aki Gel:
  1. Harganya cukup mahal. 
  2. Sulit untuk didapatkan karena aki gel merupakan tipe aki inovasi baru sehingga masih jarang atau bahkan belum tersedia di bengkel-bengkel.

12 Rekomendasi Merk Aki Motor Paling Bagus 

Tentunya terdapat banyak sekali merk aki motor yang dijual di pasaran, namun berikut adalah rekomendasi merk aki motor paling bagus yang dilansir dari pinhome.id dilengkapi kelebihan, kekurangan dan kisaran harga termurah yang di jual di Shopee.

1. GS Astra (Rp125.000)

Merk aki motor paling bagus yang menduduki peringkat pertama adalah GS Astra, karena aki inilah yang paling sering digunakan dan paling banyak peminatnya. Selain mempunyai harga yang terjangkau, aki ini juga cenderung cocok untuk diaplikasikan pada berbagai jenis motor.

Kelebihan Aki GS Astra yaitu mampu memberikan suplai listrik yang lebih stabil. Cocok digunakan untuk sparepart motor yang membutuhkan arus listrik tersebut, seperti klakson, lampu, mesin, dan aksesoris lainnya.

Sedangkan untuk kekurangannya, banyaknya keluhan tentang usia aki terbilang pendek ketimbang aki original. Umumnya, aki GS Astra hanya bisa bertahan sekitar 1 sampai 2 tahun saja.

2. Federal (Rp130.000)

Selanjutnya, merk aki motor paling bagus dari brand sparepart motor ternama Federal, dimana mereka mempunyai berbagai produk aki untuk berbagai jenis motor. Penggunaannya yang lebih spesifik inilah yang membuat Federal lebih banyak disukai.

Mengingat spesifikasi yang dibawanya juga tidak jauh beda dengan aki original, seperti kapasitasnya, kuat arus, ataupun ketahanan yang dimilikinya. Bahkan aki ini telah mendapat berbagai sertifikasi untuk penggunaan aki yang lebih optimal. menggunakan teknologi Valve Regulated Lead Acid sehingga memungkinkan pengendara tidak perlu melakukan pengecekan rutin. Aki ini juga sudah terbukti memiliki daya tahan yang lama.

Di sisi lain aki Federal juga memiliki beberapa kekurangan, seperti arus listrik yang kurang stabil, memiliki usia yang tidak lama, dan masih banyak lagi lainnya. Namun, secara garis besar aki ini tetap menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

3. Aspira (Rp140.000)

Tidak jauh beda dengan aki Federal, aki Aspira sangat terkenal sebagai salah satu merk aki motor paling bagus dan terbaik saat ini. Dimana Aspira telah menyematkan standarisasi tinggi untuk sparepart yang dibuatnya seperti aki tersebut.

Aspira juga membuat aki motor berdasarkan spesifikasi yang mirip pabrikan, sehingga ia memiliki pengalaman yang hampir sama dengan aki original motor. Hal inilah yang membuatnya sangat populer untuk digunakan.

Terlebih lagi aki Aspira cenderung lebih tahan lama dan tahan akan kondisi cuaca ekstrem di Indonesia. Dengan semua kemampuan tersebut, harga dari aki Aspira tidak jauh beda dengan jenis aki konvensional lainnya di kisaran 140 ribuan saja di marketplace Shoppe.

4. Yuasa (Rp175.000)

Aki Yuasa bisa dibilang sebagai salah satu aki yang paling berkualitas, tak heran hal tersebut membuatnya sebagai merk aki motor paling bagus (best seller) di Indonesia. Aki Yuasa memiliki beberapa spesifikasi yang tidak dimiliki oleh aki jenis lainnya.

Kelebihan aki Yuasa terletak pada penggunaan yang lebih mudah dan fleksibel, dimana ia cocok untuk digunakan di berbagai jenis motor. Dijamin motor kalian dapat lebih optimal.

Selain itu, aki Yuasa juga tahan di berbagai kondisi, baik panas ataupun cuaca dingin sekalipun tidak akan berpengaruh terhadap kinerjanya. Sehingga motor tetap akan memiliki aliran listrik yang baik di setiap saat.

5. Motobatt (Rp145.000)

Merk aki motor paling bagus lain yang mungkin jarang terdengar namun memiliki kualitas bagus, yaitu Motobatt. Hadir dengan spesifikasi yang lebih gahar, aki ini sendiri cocok untuk kebutuhan motor yang butuh arus listrik berat, seperti motor matic, trail, ataupun motor sport.

Hal tersebut disebabkan oleh tenaga listrik aki Motobatt yang lebih besar, sehingga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Apalagi arus listriknya yang stabil akan menjaga motor tetap dalam keadaan optimal setiap saat.

Namun, hal tersebut juga berdampak pada masa penggunaannya yang lebih singkat, dimana rata-rata penggunaan aki ini hanya bisa bertahan satu tahunan saja. Akan tetapi, bagi kalian yang memang harus menggunakan aki dengan arus kuat, maka aki Motobatt bisa menjadi pilihan terbaik.

6. Bosch (Rp130.000)

Menggunakan teknologi terbaru berupa gel sebagai konduksi, membuat aki Bosch diklaim mempunyai pengalaman penggunaan yang lebih prima. Aki ini sangat cocok digunakan sebagai aki motor matic.

Aki Bosch memiliki kemampuan menyalurkan listrik dengan sangat cepat, bahkan saat kondisi mesin saat dalam keadaan dingin karena Aki Bosch menggunakan teknologi Absorbent Glass Mat (AGM). Hal inilah yang biasa dialami pengguna matic yang harus melakukan start saat mesin sedang dingin.

Bila aki lain akan lebih cepat habis saat digunakan melakukan start saat mesin dingin, namun beda halnya dengan aki Bosch. Dimana ia tetap mampu bertahan dalam jangka waktu lama, karena mempunyai kapasitas yang cukup besar.

7. Daytona (Rp120.000)

Aki Daytona menjadi salah satu merk aki motor paling bagus dan terbaik yang bisa menjadi pilihan, mengingat aki ini dapat disejajarkan dengan aki terkenal seperti Yuasa. Aki ini juga telah menggunakan full gel dengan teknologi Cast One Strap yang memungkinkan bisa tahan di berbagai kondisi dan tentunya sangatlah awet.

Berbeda dengan jenis aki lainnya yang hanya sekali pakai saja, aki Daytone dibuat agar bisa di charge saat daya listrik di dalamnya sudah habis. Kemampuannya ini sangatlah dibutuhkan bagi kalian yang mempunyai motor dengan kebutuhan listrik besar.

Dengan bisa melakukan charge, maka kalian tidak perlu terlalu sering mengganti aki yang pastinya akan sangat memakan banyak biaya.

8. NS Battery (Rp160.000)

Bagi kalian yang sering melakukan perjalanan jauh dengan motor, maka aki NS Battery bisa menjadi merk aki motor paling bagus yang kalian pilih. Aki ini sendiri dibuat agar lebih aman saat motor digunakan perjalanan jauh, dimana pastinya mesin akan sangat panas pada saat itu.

Selain itu, aki ini juga tahan terhadap guncangan atau benturan yang keras sekalipun, sehingga bagus juga digunakan di motor offroad. Kelebihan inilah yang membuat aki NS Battery lebih condong terhadap penggunaan yang ekstrem.

Apalagi ia telah disematkan pula teknologi yang bernama xtreme frame, membuatnya lebih tahan lagi terhadap berbagai kondisi. Sehingga secara garis besar keamanan menjadi kelebihan utama dari aki yang satu ini.

Namun, di lain sisi kekurangan aki NS Battery juga cukup terasa, seperti kapasitas kecil, tidak cocok untuk semua jenis motor, hingga masa penggunaan yang relatif sebentar.

9. Maxima (Rp210.000)

Dapat menghantarkan arus listrik yang lebih responsif, tentunya aki Maxima dapat menjadi pilihan merk aki motor paling bagus untuk digunakan. Hal ini didukung dengan telah ditambahkannya bahan berupa timah murni hitam, dimana bahan ini diklaim dapat mengalirkan arus yang kuat, stabil, dan responsif.

Ditambah lagi aki Maxima sangat fleksibel untuk digunakan, dimana ia mempunyai ketahanan tinggi, minim perawatan, hingga cocok untuk cuaca ekstrem. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan.

Hal lainnya yang harus diperhatikan juga ialah harganya, karena cenderung lebih mahal ketimbang jenis aki lainnya. Mengingat teknologi yang dibawa memang sudah paling terbaru dan tercanggih di kelasnya dan memiliki cell yang kompak dan padat serta aki ini ramah lingkungan.

10. Zeus (Rp125.000)

Untuk yang mencari merk aki motor paling bagus namun dibandrol dengan harga murah, maka aki Zeus bisa menjadi pilihan. Aki ini memang tidak mudah untuk ditemukan di toko motor secara offline, namun aki Zeus sangat diminati di market place online.

Zeus juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memadai, mulai dari hemat daya, arus listrik stabilizer, ataupun proteksi keamanan yang dimilikinya. Bahkan aki ini telah memiliki sertifikasi resmi keamanan dari berbagai instansi yang mengawasi keamanan sparepart motor.

Misalnya saja sertifikasi resmi dari SNI, JIS, dan DIN JIS (Japan). Sehingga tidak perlu diragukan soal kualitas dan keamanan yang dimilikinya, apalagi harga aki ini dibanderol dengan harga mulai 125 ribuan saja di Shopee.

Akan tetapi banyak orang mengeluhkan bahwa aki ini tidak terlalu responsif, seperti saat mesin dingin atau saat masih terlalu panas. Dimana aki ini terkadang bisa menyalurkan listrik namun kadang juga tidak bisa menyalurkan listrik, sehingga kurang cocok untuk digunakan di beberapa motor seperti matic.

11. Furukawa Battery (Rp 125.000)

Merk aki motor paling bagus lainnya datang dari produsen sparepart terkenal asal Jepang Furukawa. Meskipun produsen ini sebenarnya bergerak di sparepart mobil, namun akhir-akhir ini mereka mulai membuat pula sparepart untuk motor seperti aki.

Tentunya soal kualitas dari aki yang satu ini tidak perlu diragukan, karena telah dibekali dengan bahan timah murni yang sangat jarang ada di aki lainnya. Hal ini membuat aki tersebut diklaim mampu lebih baik dalam menyalurkan arus listrik.

Dikatakan bahwa penyaluran arus listrik lebih kuat, stabil, dan meminimalisir listrik terbuang akibat penyaluran yang tidak efisien. Dengan begitu, aki dapat digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama ketimbang jenis-jenis aki lainnya.

Sistem keamanan lebih seperti anti konsleting, anti eksplode, hingga tahan percikan api juga telah ditambahkan di aki tersebut. Sehingga kalian bisa menggunakannya dengan lebih aman dan tidak perlu khawatir soal konsleting yang sering terjadi di sebuah aki konvensional.

12. Nagoya (Rp125.000)

Peminat motor bebek atau motor klasik di Indonesia memang sangatlah tinggi, maka aki Nagoya menjadi salah satu pilihan merk aki motor paling bagus yang dapat menjadi pilihan. Aki ini didesain khusus untuk penggunaan yang lebih santai, seperti di motor-motor bebek atau motor klasik.

Aki Nagoya terbilang mempunyai arus listrik yang tidak terlalu kuat, akan tetapi ia dapat menyalurkan listrik dengan lebih stabil. Cocok untuk kebutuhan yang tidak terlalu berat dan dapat menjaga kelistrikan motor tidak mengalami kerusakan.

Dengan fiturnya yang lebih kalem itulah yang membuat aki ini dapat memiliki usia yang sangat lama, bahkan untuk penggunaan normalnya bisa melebihi waktu 2 sampai 3 tahun. Waktu tersebut hampir setara dengan aki original yang dibawa oleh motor saat pertama membelinya.


Cara Memilih Aki Motor Terbaik

Memilih merk aki motor paling bagus untuk kendaraan kesayangan memang tidak mudah, kalian perlu mempertimbangkan banyak hal. Berikut adalah tips cara memilih aki motor terbaik:
 
Cara memilih Aki motor terbaik

1. Pastikan Membeli di Toko yang Terpercaya

Setelah menentukan merk aki motor paling bagus, langkah selanjutnya adalah membeli aki di toko yang terpercaya. Hal ini dikarenakan toko yang terpercaya pasti tidak sembarangan dalam menjual produk, mereka akan menjual produk yang berkualitas saja. Tidak jarang juga ada garansi untuk aki yang kita beli. Ini merupakan jaminan bahwa kita akan mendapatkan produk yang baik dan original. 

2. Sesuaikan Aki dengan Spesifikasi Motor

Saat memilih merk aki motor paling bagus, jangan lupa untuk menyesuaikan aki dengan spesifikasi motor. Pasalnya, tidak semua motor cocok dengan semua jenis aki. Ada kemungkinan bahwa kendaraan tidak cocok dengan jenis aki tertentu dan hanya cocok dengan jenis aki yang lain. Oleh karena itu penting untuk mengetahui aki apa saja yang cocok dengan spesifikasi motor.

3. Pilih Jenis Aki yang Tepat

Pastikan juga bahwa kalian memilih aki yang tepat untuk motor. Kalian dapat memilih sendiri jenis aki yang sesuai, misalnya aki kering, aki basah, atau aki hybrid. Namun kembali lagi ke poin 2, kalian perlu memastikan bahwa jenis aki yang kamu pilih cocok untuk tipe kendaraan.

4. Perhatikan Kapasitas Aki yang Akan Digunakan

Berikutnya, perhatikan kapasitas aki yang akan digunakan. Setiap aki memiliki kapasitas masing-masing yang tidak sama, mulai dari dimensi, ukuran serta tegangannya. Hal ini juga perlu diperhatikan sebelum memilih merk aki motor paling bagus untuk motor kalian. 

Perhatikan ampere kebutuhan aki motor orisinil dengan merk aki motor yang akan dibeli. Jika masih ragu, tanyakan kepada bengkel atau toko terpercaya mengenai aki mana yang memiliki kapasitas yang sesuai untuk jenis kendaraan. 

Meskipun demikian, aki dengan tegangan kecil lebih disarankan karena dapat meningkatkan performa mesin.

5. Hindari Membeli Aki Bekas atau Rekondisi

Terakhir, hindari membeli aki bekas atau rekondisi karena kualitasnya diragukan. Meskipun harganya lebih murah, namun aki bekas cukup berisiko untuk jangka panjang.  

Kita tidak tahu bagaimana riwayat atau kondisi aki sebelumnya. Bisa jadi pemilik lama tidak melakukan perawatan aki dengan baik sehingga aki menjadi mudah soak dan tidak awet. Jadi lebih baik pilih aki yang baru ya!

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali merk aki motor di pasaran, namun sebelum membeli aki untuk motor kesayangan, cari tahu terlebih dahulu jenis aki yang cocok untuk motor. Barulah kalian bisa memutuskan memiliki merk aki motor paling bagus mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian. 

Ingat ya, harus disesuaikan. Jangan asal beli! 
Semoga bermanfaat! 





















Sumber referensi:
10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) | mybest (my-best.id)
Rekomendasi Aki Motor Terbaik serta Tips Memilihnya - Qoala Indonesia
10 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik, Tips Memilih dan Jenisnya! (cekpremi.com)
12 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik, Awet dan Tahan Lama - Pinhome
5 Tipe Aki Motor Beserta Kelebihan dan Kekurangannya - Semisena.com
Artikel Hyperlocal | Mengenal Fungsi Aki Mobil Beserta Cara Kerja dan Tips Perawatannya (suzukisumberbaru.co.id)

Related Posts

Post a Comment