Iklan

Header

Cari Tahu Harga Service Layar Laptop Blank Putih Disini!

Post a Comment
Konten [Tampil]

 

Harga service layar laptop blank putih
Permasalahan yang sangat umum dijumpai para pengguna laptop yaitu masalah layar laptop. Salah satunya adalah layar laptop nge-blank putih. Pernah ngalamin juga? Apa sih penyebab dari layar laptop balnk putih? Berapa harga service layar laptop blank putih? Yuk, cari tahu!

Dilansir dari ianegx.blogspot.com yang sudah menyimpulkan beberapa informasi terkait penyebab layar laptop blank putih adalah karena kurangnya sirkulasi udara pada laptop. Hal ini terjadi karena kebanyakan pengguna laptop -seperti aku- biasanya sering menaruh laptop di atas Kasur atau bantal. Hal ini menyebabkan sirkulasi udara pada laptop terhambat.

Penyebab kedua yang sering terjadi tanpa kita sengaja adalah getaran yang berlebihan. Hal ini sering terjadi Ketika kita menyimpan laptop di dalam tas yang longgar, bukan tas khusus laptop atau tas yang memiliki kantong khusus untuk menyimpan laptop.

Getaran yang berlebihan di sini misalnya guncangan saat mengendarai motor karena jalanan rusak disertai lubang. Jika kita menyimpan laptop di dalam tas longgar alhasil laptop juga terguncang. Hal ini dapat menyebabkan layar laptop blank putih, lho! Tapi pasti ada masalah yang ditimbulkan dari guncangan atau getaran yang berlebihan ini, ya.

Nanti kita akan bahas lebih lanjut beberapa penyebab layar blank putih ya, teman! Selanjutnya adalah kisaran harga service layar laptop blank putih.

Berapa Harga Service Layar Laptop Blank Putih?

Berikut adalah table kisaran harga service layar laptop blank putih yang bisa kalian gunakan sebagai patokan atau garis besarnya:

Jenis Kerusakan

Biaya Perbaikan

Install Ulang

50 ribu hingga 100 ribu

Flash Bios

100 ribu hingga 300 ribu rupiah

Ganti LCD Laptop

700 ribu hingga 1,5 juta rupiah

Mengganti Speaker Laptop

200 ribu hingga 500 ribu rupiah

Ganti RAM

250 ribu hingga 800 ribu rupiah

Ganti Keyboard

300 ribu hingga 500 ribu rupiah

Memperbaiki Hardisk

600 ribu hingga 800 ribu rupiah

Mengganti Baterai Laptop

150 ribu hingga 500 ribu rupiah

DVD Susah Terbaca

180 ribu hingga 250 ribu rupiah

Biaya Ganti Chipset Laptop

500 ribu hingga 700 ribu

Mengganti Motherboard

700 ribu sampai 3 juta rupiah

Mengganti Engsel Layar

100 ribu hingga 200 ribu rupiah

Biaya Ganti Kabel Fleksibel Laptop

100 ribu hingga 200 ribu rupiah

Mengganti Kipas Laptop Bunyi

100 ribu sampai 200 ribu

Biaya Mengganti Thermal Paste Laptop

Berkisar 150 ribu

Biaya Mengganti IC Power di Laptop

Berkisar 200 ribu


Lalu berapa harga service layar laptop blank putih? Biaya servis laptop tergantung dari kerusakannya. Untuk kerusakan sistem umumnya kamu harus merogoh kocek mulai dari 50 ribu sampai 150 ribu rupiah. Sedangkan untuk kerusakan komponen, mulai dari 150 ribu sampai 1.5 juta rupiah. Wow!

Jadi untuk melihat berapa harga service layar laptop blank putih dari table di atas, maka harus tahu terbih dahulu penyebab utama layar laptop blank putih.

Penyebab Layar Laptop Blank Putih


Dilansir dari gadget2reviews.com, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya masalah ini. Baik itu dari kerusakan sistem operasi ataupun ada kerusakan pada hardware. Berikut adalah penyebab layar laptop blank putih:
 
Penyebab layar laptop blank putih

1. Driver Display yang Error

Layar atau display juga memerlukan driver untuk menghubungkan antara perangkat lunak dengan perangkat keras. Saat driver bermasalah maka kemungkinan bisa menyebabkan layar nge-blank.

2. Sistem Operasi Error

Penyebab layar laptop putih kedua adalah karena sistem laptop sedang mengalami masalah. Sistem operasi yang tidak berjalan secara optimal juga memungkinkan layar laptop menjadi blank putih.

3. RAM Tidak Berfungsi Dengan Baik

RAM laptop yang bermasalah juga bisa mengganggu kinerja layar laptop. Misalnya saja layar laptop mengeluarkan garis-garis, blank putih dan yang lebih parah menyebabkan laptop tidak bisa masuk Windows.

4. VGA Rusak

VGA merupakan komponen yang sangat berkaitan langsung dengan layar laptop. Sehingga jika VGA rusak akan mempengaruhi kinerja layar laptop.

5. Benturan pada Laptop

Saat laptop terkena benturan benda keras, kemungkinan besar ada komponen yang mengalami kerusakan. Khususnya dibagian layar yang sangat rentan mengalami kerusakan.

6. Kabel Fleksibel Longgar atau Rusak

Kabel Fleksibel merupakan komponen yang menghubungkan antara layar laptop dengan komponen yang ada di dalam motherboard. Jadi, jika kabel ini mengalami masalah seperti longgar atau terputus menjadi penyebab layar laptop putih.

7. Layar Tertindih atau Terkena Air

Penyebab laptop ngeblank putih selanjutnya, bisa jadi karena layar laptop pernah ketindihan benda berat atau terkena air.

Nah, setelah mengetahui penyeba utama layar laptop blank putih, barulah kalian bisa melihat tabel harga service layar laptop blank putih sebagai patokan atau garis besar biaya yang akan kalian keluarkan.

Untuk kalian pengguna laptop, baiknya lakukan cara-cara di bawah ini untuk merawat laptop kalian agar tehindar dari terjadinya layar laptop blank putih dan tentunya laptop lebih awet.

Cara Merawat Laptop

1. Bersihkan Laptop dari Debu Secara Rutin dan Berkala

Hal ini yang pertama harus anda lakukan, walaupun kedengarannya sepele tapi hal ini juga merupakan cara yang baik untuk menjaga laptop tetap awet. selain karena alasan kebersihan, dengan membersihkan debu yang ada pada laptop akan mencegah resiko penyumbatan kipas pembuangan laptop dikarenakan debu.

2. Gunakan Antivirus yang baik

sebenarnya ini lebih kepada software, tapi ini juga berpengaruh terhadap hardware. Kenapa demiklian, bila saja laptop anda memiliki banyak virus tentunya akan membuat kinerjanya semakin lambat. mungkin ada jenis virus yang membuat beban lebih kepada processor dengan cara membuka banyak program dalam waktu yang bersamaan, Jika ini terus terjadi, bisa bisa dapat menyebabkan kerusakan pada Processor anda.

3. Jangan Letakan Barang yang Berat di atas Laptop

Meletakkan barang barang berat di atas laptop seperti buku atau semacamnya bisa berpotensi membuat rusaknya layar LCD. memang tidak langsung rusak, tapi jika terus seperti itu LCD anda akan rusak secara perlahan. Kebetulan saya pernah mengalami kejadian seperti itu. Awalnya laptop tidak apa apa sampai muncul garis garis seperti TV yang tidak dapat sinyal ketika saya menggerakan layar LCD laptop. Jadi sekali lagi, hindari melewatkan benda benda berat di atas laptop.

4. Jangan letakan laptop di atas Permukaan yang Lembut seperti Kasur

Ketika sedang dalam keadaan menyala, laptop anda akan terus mengalirkan hawa panas keluar. Itu adalah hal wajar, karena kinerja Processor, HArddisk dan komponen lainnya di dalam body laptop itu semua menghasilkan panas. Oleh karena itu laptop membuang semua hawa panas itu ke bagian luar.

5. Hindari Laptop Anda dari Getaran dan Alat Elektromagnetik Lainnya

Sebisa mungkin jauhi laptop anda dari getaran dan alat alat elektromagnetik seperti Loudspeaker, Handphone, dan apapun yang memiliki getaran yang cukup kuat.

6. Perhatikan Suhu Ruangan Anda

Ini hampir sama dengan point nomor 4. Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan pada komponen komponen laptop anda. Jadi perhatikan suhu ruangan anda, jika memang terasa panas dan anda menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama sebainya coba untuk gunakan Cooling Pad.

7. Jangan Coba Coba Memperbaiki Sendiri Ketika Laptop Bermasalah

Jika suatu saat laptop anda mengalami masalah, jangan pernah berpikir untuk memperbaiki sendiri. Apalagi jika anda tidak memiliki keterampilan untuk itu, bisa bisa yang tadi rusaknya hanya sepele malah menjadi rusak berat.

8. Letakan Laptop di Permukaan yang Datar

Usahakan agar laptop anda diletakan pada permukaan yang datar, kenapa gitu ? Karena ketika laptop dalam kondisi menyala, piringan yang ada di dalam harddisk ada dalam kondisi berputar. Jika anda meletakan laptop pada sudut kemiringan tertentu itu bisa saja menyebabkan head harddisk menggores piringan tersebut. Hal ini bisa berujung kepada banyaknya badsector pada harddisk anda.

9. Hindari dari Benda Cair

Ini sudah pasti, bukan hanya laptop tapi semua barang elektronik memang harus dihindarkan dari benda cair karena dapat menyebabkan korsleting listrik.

10. Berikan Sedikit Waktu Istirahat untuk Laptopmu

Meski laptop merupakan perangkat elektronik, bukan berarti Anda bisa menggunakannya terus menerus. Laptop juga perlu istirahat untuk mendinginkan komponen internal. Jika Anda sudah menggunakan laptop selama 3-4 jam, coba diamkan setidaknya selama 15-20 menit. Anda hanya perlu istirahat setelah hampir seharian bekerja dan membawa laptop, bukan?

11. Jangan Sampai Kehabisan Baterai

Saat menggunakan laptop, jangan terlalu bersemangat hingga baterai benar-benar terkuras atau terkuras. Isi daya baterai laptop segera sebelum menunjukkan 0% digital. Membiarkan baterai sering terkuras hanya akan mempercepat masa pakai baterai itu sendiri. Lebih baik lagi jika Anda selalu memeriksa kondisi baterai Anda dan mengisinya sebelum habis. Kemudian isi daya baterai hingga penuh, jangan biarkan terisi daya saat baterai penuh.

12. Rutin Meng-Charge Baterai Walaupun Laptop Tidak Dipakai

Jangan lupa untuk mengisi baterai saat Anda tidak menggunakan laptop untuk sementara waktu. Karena baterai yang terpasang di laptop mengurangi kapasitasnya meski tidak digunakan. Ini adalah salah satu cara untuk merawat laptop Anda, terutama untuk menghindari kerusakan baterai yang cepat.

Anda dapat melindungi laptop Anda dari kelembaban dengan mengisi baterai laptop secara teratur. Udara hangat yang muncul saat baterai laptop sedang diisi dayanya dapat mencegah tumbuhnya jamur. Jadi usahakan untuk mengisi baterai secara rutin setiap 2-3 minggu sekali saat laptop jarang digunakan.

13. Matikan Laptop Sesuai Prosedur

Mematikan laptop dengan benar berarti sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini juga cara untuk merawat laptop Anda agar tidak rusak dalam waktu dekat. Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan menekan tombol power secara langsung, tetapi klik tombol power terlebih dahulu, lalu klik Shut Down. Laptop juga perlahan dimatikan oleh sistem.

Ketika Anda mencoba mematikan laptop Anda tanpa mengikuti aturan ini, itu mempercepat terjadinya kerusakan prosesor. Jika hal ini terjadi, Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki laptop tersebut.

14. Jangan Menutup Langsung LCD Laptop

Untuk menghindari cepat rusaknya laptop anda, mohon hindari mematikan LCD laptop secara langsung setelah selesai, karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD yang dapat berakibat fatal dan dapat menyebabkan kerusakan pada layar LCD. Biarkan laptop setelah dimatikan Selama beberapa menit, ketika suhu rendah, matikan.

Kesimpulan

Harga service layar laptop blank putih tergantung dari penyebabnya. Untuk kerusakan sistem umumnya kamu harus merogoh kocek mulai dari 50 ribu sampai 150 ribu rupiah. Sedangkan untuk kerusakan komponen, mulai dari 150 ribu sampai 1.5 juta rupiah.

Jika layar laptop kalian blank putih, sebaiknya segera bawa ke tempat service agar dapat ditemukan penyebabnya dan segera diperbaiki sebelum masalah semkain kompleks.

Semoga bermanfaat!










Sumber Referensi:
√ Daftar Biaya Servis Laptop Sesuai Jenis Kerusakan (2022) (leskompi.com)
Daftar Biaya Servis Laptop Berdasarkan Jenis Kerusakan (2022) - Uplotify
Service LCD Laptop Jakarta Blank Putih, Bergaris, Retak Bisa Normal Lagi! | Pemmztechie
Cara Mengatasi Laptop Ngeblank Putih ~ Gadget2Reviews.Com
IAN EGX: Cara Hemat Mengakali Layar Blank Putih Pada Laptop
8 Cara Merawat Laptop agar Panjang Umurnya - Glints Blog
Tahu Cara Merawat Laptop yang Baik? Aplikasikan Tips Ini. (bhinneka.com)
7 Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak (suara.com)

Related Posts

Post a Comment