Header

Rekomendasi Aki Mobil Ertiga Berdasarkan Tipe dan Tahun

Post a Comment
Konten [Tampil]

 
Rekomendasi aki mobil ertiga
Halo teman!
Siapa disini yang menggunakan Suzuki Ertiga sebagai kendaraan pribadi? Yuhuuu~ kita sama! Nah, untuk itu kali ini aku ingin menulis tentang rekomendasi aki mobil ertiga nih, teman. Agar memudahkan pengguna mobil, Suzuki ertiga mendapatkan referensi aki.

Sebelumnya tentang Suzuki ertiga. Merupakan mobil MPV yang diproduksi oleh perusahaan Suzuki, mobil ini mulai diproduksi di Indonesia sejak tahun 2012. Kesuksesan penjualannya menyebabkan Suzuki meluncurkan generasi kedua ertiga di tahun 2018.

Generasi kedua mobil ini telah menggunakan platform HEARTECT yaitu platform yang mereduksi berat kendaraan, menggunakan bagian-bagian yang kaku di persendian dan membuat bentuknya lebih sederhana.

Nah, kalo mobil kami adalah ertiga tahun 2015. Kebetulan sekali akinya soak, teman. Suamiku mendapatkan rekomendasi aki mobil ertiga dari beberapa pengguna ertiga juga.

Untuk lebih memastikan dan memantapkan memilih rekomendasi aki mobil ertiga mana yang akan kami beli, sekalian saja aku tulis artikelnya ya. Hehe.

Berbicara tentang aki. Aki untuk Suzuki ERTIGA tersedia 2 jenis, yang pertama tentu standard bawaan pabrik, atau bawaan mobil. Ukurannya memiliki dimensi 34B19Ldengan kapasitas ampere 32 Ah. Namun ketika aki pertama sudah soak atau tidak kuat start, baiknya anda mengganti dengan type NS40ZL dengan kapasitas 35 Ah.

Jenis aki ada banyak macamnya ya, teman. Baik aki untuk motor juga untuk mobil. Kalian bisa baca di tulisan merk aki motor paling bagus. Di sana sudah ku jelaskan lima jenis aki beserta kelebihan dan kekurangannya.

Rekomendasi Aki Mobil Ertiga

Sebelum membahas rekomendasi aki mobil ertiga, sebaiknya cari tahu dulu tipe aki ertiga agar kita tidak salah membeli jenis aki. 

Tipe Aki Ertiga

Seperti aki pada umumnya, tipe aki Ertiga ada dua macam yaitu aki basah dan aki kering. Karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kamu bisa memilih aki yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu. Aki mobil Ertiga Berapa Ampere Mengetahui aki mobil Ertiga berapa ampere penting agar kapasitasnya benar-benar sesuai dengan kelistrikan yang ada di mobil kamu. Kapasitas aki Suzuki Ertiga bawaan pabrik sendiri adalah 32 ampere.

Harga aki mobil Ertiga

Banyak merek rekomendasi aki Ertiga yang beredar di pasaran sehingga harga aki mobil Ertiga pun beragam. Berikut adakah rekomendasi aki mobil ertiga berdasarkan tipe dan tahun mobil:

Aki Suzuki Ertiga Tahun 2012-2018 (Bensin)

Merk

Tipe

Jenis

Harga

Sail

55B19L

Aki Kering

Rp. 950.000

Amaron

42B20L Hi-life

Aki Kering

Rp. 1.125.000

Amaron

38B20L Go

Aki Kering

Rp. 740.000

Incoe

NS40ZL

Aki Basah

Rp. 651.000

Yuasa

NS40ZL

Aki Basah

Rp. 685.000

GS Astra

NS40ZL

Aki Basah

Rp. 693.000

GS Astra

NS40ZL

Aki Kering

Rp 918.000

GS Astra

NS40ZL

Hybrid

Rp. 729.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Aki Suzuki Ertiga Tahun 2012-2018 (Diesel)

Merk

Tipe

Jenis

Harga

Varta

59512 SD

Aki Kering

Rp. 3.350.000

Sail

Din 57035

Aki Kering

Rp. 1.850.000

Varta

ISS 57001 SD AGM

Aki Kering

Rp. 4.015.000

Amaron

DIN 84

Aki Kering

Rp 2.680.000


Aki Mobil Suzuki New Ertiga

Merk

Tipe

Jenis

Harga

Sail

55B19L

Aki Kering

Rp. 950.000

Amaron

42B20L Hi-life

Aki Kering

Rp. 1.125.000

Amaron

38B20L Go

Aki Kering

Rp. 740.000

Incoe

NS40ZL

Aki Basah

Rp. 651.000

Yuasa

NS40ZL

Aki Basah

Rp. 685.000

GS Astra

NS40ZL

Aki Basah

Rp. 693.000

GS Astra

NS40ZL

Aki Kering

Rp. 918.000

GS Astra

NS40ZL

Hybrid

Rp. 729.000



Langkah Merawat Aki Mobil Supaya Awet 

1. Memeriksa bagian terminal pada aki mobil

Setelah membeli salah satu rekomendasi aki mobil ertiga, cara pertama yang bisa dilakukan untuk memastikan aki pada mobil dalam keadaan baik adalah dengan memeriksa bagian terminal. Bagian terminal aki memiliki fungsi sebagai jembatan penghubung antara kutub positif dan negatif. Biasanya, terminal aki memang rentan menimbulkan kerusakan.

Terminal pada aki sangat mudah disisipi dengan berbagai macam bakteri, jamur, dan virus yang dapat membahayakan. Umumnya benda-benda asing yang menempel di terminal itu juga dapat disebabkan oleh usia aki sudah terlalu tua.

Untuk membersihkan benda asing yang menempel pada terminal aki bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan montir. Caranya adalah ambil air panas dalam ember, siapkan sikat gigi bekas, lalu gosok bagian aki yang tertempel benda asing tersebut sampai bersih.

Jika aki mobil kalian masih orisinil bawaan pabrik, coba periksa bagian terminal. Jika kendur, lakukan pengencangan. Apabila terasa sangat sulit untuk dikencangkan, itu tandanya harus mengganti baut atau membeli aki yang baru. Nah, jangan lupa dengan rekomendasi aki mobil ertiga di atas ya, teman! Pastikan kalian memeriksa bagian terminal aki secara rutin agar aki tetap awet.

2. Perhatikan daya pengisian bahan bakar pada mobil

Hal lain yang bisa dilakukan untuk memastikan kondisi aki adalah memperhatikan daya pengisian bahan bakar. Ketika mengisi bensin, lihatlah jumlah bahan bakar ketika mobil menyala. Jika baru membeli bensin dan cepat habis, maka daya pengisian bahan bakar yang menunjukkan gangguan.

Ada alasan umum yang menjadi penyebab aki mengalami masalah, yaitu terlalu banyak jumlah aksesoris terpasang di mobil. Untuk memastikan hal tersebut tetap baik- baik saja, cara yang bisa digunakan adalah dengan melihat pengisian pada aki. Lepaskanlah kutub negatif aki saat mobil menyala, jika kendaraan langsung mati maka ada permasalahan ketika sedang mengisi bahan bakar.

3. Rutin mengecek kondisi aki

Cara selanjutnya yang bisa digdilakukan untuk merawat aki adalah rutin mengecek kondisinya. Battery load tester adalah alat yang bisa membantu untuk melakukan pengecekan kondisi aki. Alat satu ini dapat mengetahui berapa besaran indikator dari aki di mobil. Kalau kata suamiku sih, ini salah satu benda yang wajib dimiliki! hehe. 

Bagi yang menggunakan jenis aki basah lakukan pengecekan cairan elektrolit secara rutin. Jika tampak cairan sudah mau habis, segera lakukan pengisian ulang. Dengan kedua cara tersebut maka tidak akan mencegah terjadinya penyebab aki mobil soak.

4. Memanasi mobil tidak hanya saat digunakan

Jika sedang tidak melakukan perjalanan selama beberapa hari tetap jangan sampai lupa untuk memanasi mobil. Salah satu penyebab daya pada aki berkurang karena pemilik tidak sering memanasi kendaraan. Hal ini dapat menyebabkan aki cepat kehilangan fungsinya. Oleh sebab itu, panasi mobil ketika bangun tidur di pagi hari. Jika tidak sempat melakukannya maka bisa meminta tolong salah anggota keluarga untuk memanaskan mobil. Jika mobil sering dipanaskan, maka aki pun akan tetap awet.

Nah, kasus ini terjadi pada aki mobil ertiga kami nih, teman! Karena dulu mobil jarang banget dipakai jadi jarang dipanasi, aki juga tidak dicabut alhasil aki orisinil ertiga kami soak. Itulah mengapa kami mecari rekomendasi aki mobil ertiga dan terbiitlah tulisan ini. Hehe.

5. Matikan perangkat yang tersambung listrik saat mobil tidak digunakan

Cara berikutnya untuk melakukan perawatan terhadap aki adalah ketika mobil tidak digunakan matikan seluruh perangkat yang terhubung dengan saluran listrik. Perangkat listrik tersebut antara lain adalah radio, AC, lampu, dan tv kecil. Dengan melakukan hal ini tentu akan menjadikan aki yang ada pada mobil tetap awet. Ini adalah hal yang selalu suamiku lakukan agar menjaga aki mobil tetap awet, teman. Kapok mengalami aki soak. Hihi

6. Rajin memeriksa air pada aki

Hal selanjutnya adalah rutin melakukan pemeriksaan air pada bagian tersebut secara rutin dua atau tiga hari sekali. Jika melihat persediaan air pada aki berkurang, maka segera lakukan pengisian ulang. Apalagi jika mobil dipakai setiap hari.

Jika persediaan air pada aki berkurang dan tidak segera diisi ulang maka hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada aki, sehingga mengganggu perjalanan. Sebab, itulah persediaan air pada aki harus tetap dijaga dan jangan sampai kehabisan. Dan biasanya bapak-bapak selalu bawa air cadangan untuk berjaga-jaga kalau air aki habis saat sedang dalam perjalanan, bener ga pak?? 

7. Hati-hati ketika aki mengalami kebocoran

Aki pada mobil bisa saja mengalami kebocoran dan sangat berbahaya jika tidak cepat ditangani. Ketika sedang memeriksa aki pada mobil dan menemukan adanya kebocoran, langkah darurat yang bisa dilakukan ialah membersihkan bagian tersebut. Gunakan alat khusus untuk membersihkan kebocoran, lalu keringkan aki. Apabila setelah dibersihkan aki tetap tidak berfungsi, bisa saja kebocoran sudah sangat parah. Jika hal demikian terjadi, cara satu-satunya yang bisa dilakukan adalah membeli aki yang baru sesuai dengan rekomendasi aki mobil ertiga di atas.

8. Memeriksa pengikat aki

Cara selanjutnya adalah selalu memeriksa bagian pengikat dari aki. Pastikan bahwa ikatannya selalu kuat dan tidak mengendur. Jika mengalami pengenduran bisa langsung dikencangkan, sehingga aki tetap dalam kondisi yang normal.

9. Melepas kabel aki ketika mobil tidak sedang digunakan

Langkah lainnya yang bisa dilakukan untuk merawat aki adalah dengan melepas kabelnya ketika sedang tidak digunakan. Pastikan lakukan hal ini ketika sudah pulang dari bepergian. Cara tersebut bisa membantu membuat aki mobil akan menjadi awet. Biasanya aki pada mobil mampu bertahan hingga kurang lebih satu setengah tahun. Namun, umur aki bisa kurang dari itu jika tidak melakukan perawatan yang rutin dan baik. 


Kesimpulan

Ada beberapa pilihan rekomendasi aki mobil ertiga. Sebelum memilih, pastikan jenis bahan bakar mobil, tahun pembuatan dan jenis aki untuk mendapatkan rekomendasi aki mobil ertiga yang pas dan terbaik. Untuk harga, sangat relatif. sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kalian, ya!

Semoga bermanfaat! 















Sumber referensi:
Harga aki untuk mobil Suzuki ERTIGA beserta type dan amperenya | Pelengkap Otomotif (Review brand, aksesoris, dan tips otomotif)10 Langkah Merawat Aki Mobil Supaya Awet (bisnis.com)
NS Battery : Aki Ertiga - NS Battery
REKOMENDASI AKI MOBIL ERTIGA SESUAI DENGAN SPESIFIKASI (atlasbx.co.id)
Suzuki Ertiga: Review dan Harga Aki (Update 2022) | Blog TokoAki.co.id

Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

Post a Comment