Iklan

Header

Biaya Service Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin Mulai dari 50ribu

Post a Comment
Konten [Tampil]

Biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin
Memiliki pengalaman lebih dari sekali mengeluarkan biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin membuatku cukup bersemangat membagi tulisan ini. Pasti banyak dari kalian juga memiliki kulkas 2 pintu kan? Sudah pernah mengalami kulkas tidak dingin belum??

Tulisan ini tidak hanya ditujukan pada pemilik kulkas 2 pintu, karena masalah kulkas tidak dingin juga pasti bisa terjadi pada kulkas 1 pintu. Masalahnya sama saja, kok. Sebab itu, untuk kalian yang belum mengalami atau pun sedang mengalami, simak referensi biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin ini sampai selesai, ya!

Adapun beberapa ciri umum kulkas tidak dingin, baik pada kulkas 1 pintu maupun 2 pintu adalah isi kulkas berbau dan kulkas terasa hangat. Jika menemukan ciri tersebut maka sebaiknya segera memanggil jasa service kulkas untuk mencari tahu permasalahannya, karena kerusakan pada kulkas bisa sangat kompleks jika di biarkan.

Biaya Service Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin berikut adalah berdasarkan pengalaman pribadi yang menggunakan jasa service elektronik langganan keluarga di daerah Gresik, Jawa Timur. Tentunya harga di tiap daerah berbeda, ya!

Masalah kulkas 2 pintu tidak dingin yang aku alami adalah bagian freezer tidak bisa beku. Bagian chiller terasa hangat, sehingga menyebabkan makanan yang disimpan dalam kulkas mudah bau, basi dan busuk. Setelah melakukan pengecekan, kulkas 2 pintuku harus mengganti fan motor evaporator dan pengisian freon. Biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin yang ku keluarkan adalah sebesar Rp 500.000 mulai dari pengecekan, service dan pergantian sparepart.

Berikut referensi biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin berdasarkan masalah yang bisa kalian jadikan patokan:

 

No

Keterangan

Biaya Service

1

Biaya Kunjungan & Pengecekan

Rp 50.000

2

Biaya Jasa Service dan Pergantian Sparepart

Rp 250.000

3

Ganti Filter, Pentil Isi Freon, Flushing (1 Pintu)

Rp 150.000

4

Ganti Filter, Pentil Isi Freon, Flushing (2 Pintu)

Rp 200.000

5

Las Per Titik

Rp 75.000

 

Jika kalian masih bingung, sparepart apa yang diganti dan apa fungsinya dalam kasus kulkas 2 pintu tidak dingin milikku, simak penjelasan bagian-bagian kulkas beserta fungsinya berikut!

Bagian Kulkas dan Cara Kerjanya

Berdasarkan price list di atas, biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin juga bisa lebih murah maupun lebih mahal tergantung dari sparepart apa yang mengalami kerusakan dan perlu di ganti baru. Nah, dilansir dari artikel builder.id, berikut adalah nama bagian-bagian kulkas beserta cara kerjanya yang perlu kalian ketahui:

1. Kompresor

Kompresor merupakan unit tenaga dalam sistem mesin pendingin. Dalam kata lain, kompresor adalah bagian yang terpenting. Jika di analogikan pada tubun manusia, kompresor memiliki fungsi yang sama dengan jantung. Kompresor berfungsi memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas. Kompresor akan memompa gas refrigerant dibawah tekanan dan panas yang tinggi pada sisi tekanan tinggi dari sistem dan menghisap gas bertekanan rendah pada sisi intake (sisi tekanan rendah).

Ada 3 kerja yang dilakukan oleh kompresor yaitu:
  1. Fungsi penghisap : proses ini membuat cairan refrigerant dari evaporator di kondensasi dalam temperatur yang rendah ketika tekanan refrigerant dinaikkan.
  2. Fungsi penekanan : proses ini membuat gas refrigerant dapat ditekan sehingga membuat temperatur dan tekanannya tinggi lalu disalurkan ke kondensor, dan dikabutkan pada temperatur yang tinggi.
  3. Fungsi pemompaan: proses ini dapat dioperasikan secara kontinyu dengan mensirkulasikan refrigerant berdasarkan hisapan dan kompresi.

2. Kondensor

Kondensor berfungsi sebagai alat penukaran kalor, menurunkan temperatur refrigerant dari bentuk gas menjadi cair. Kondensor di dalam sistem kulkas merupakan alat yang digunakan untuk merubah gas refrigerant bertekanan tinggi menjadi cairan.

Alat tersebut melakukan cara ini dengan menghilangkan panas dari refrigerant ke temperatur atmosfir. Kondensor terdiri dari coil dan fan yang berfungsi mendinginkan refrigerant ketika udara tertiup diantaranya. Sejumlah kalor yang terdapat pada refrigerant dilepaskan ke udara bebas dengan bantuan kipas (fan motor).

Kondensor ditempatkan didepan radiator yang pendinginannya dijamin oleh kipas. Untuk refrigerant jenis R-134a menggunakan kondensor jenis parallel flow untuk memperbaiki efek pendinginan udara. Dengan cara itu maka efek pendinginan udara dapat diperbaiki sekitar 15% sampai 20%. Agar proses pelepasan kalor bisa lebih cepat, pipa kondensor didesain berliku dan dilengkapi dengan sirip.

Untuk itu, pembersihan sirip-sirip pipa kondensor sangat penting agar perpindahan kalor refrigerant tidak terganggu. Jika sirip-sirip kondensor dibiarkan dalam kondisi kotor, akan mengakibatkan mesin pendingin menjadi kurang dingin.

3. Filter (Receiver Dryer)

Receiver dryer merupakan tabung penyimpan refrigerant cair, dan ia juga berisikan fiber dan desiccant (bahan pengering) untuk menyaring benda-benda asing dan uap air dari sirkulasi refrigerant.

Filter atau Reciever dryer mempunyai 3 fungsi ,yaitu; menyimpan refrigerant, menyaring benda-benda asing dan uap air dengan desiccant dan filter agar tidak bersirkulasi pada sistem mesin pendingin, dan memisahkan gelembung gas dengan cairan refrigerant sebelum dimasukkan ke katup ekspansi. Receiver dryer menerima cairan refrigerant bertekanan tinggi dari kondensor dan disalurkan ke katup ekspansi. Receiver dryer terdiri dari main body filter, desiccant, pipe, dan side glass.

Cairan refrigerant dialirkan ke dalam pipa untuk disalurkan ke katup ekspansi melalui outlet pipe yang ditempatkan pada bagian bawah main body setelah tersaringnya uap air dan benda asing oleh filter dan desiccant.

4. Evaporator

Zat pendingin cair dari receiver dryer dan kondensor harus dirubah kembali menjadi gas dalam evaporator, dengan demikian evaporator harus menyerap panas, agar penyerapan panas ini dapat berlangsung dengan sempurna, pipa–pipa evaporator juga diperluas permukaannya dengan memberi kisi–kisi (elemen) dan kipas listrik (blower), supaya udara dingin juga dapat dihembus ke dalam ruangan.

5. Thermostat

Jika suhu pengabutan refrigerant menurun dibawah 0°C maka akan terbentuk pembekuan (frost) pada fan evaporator dan hal ini menyebabkan menurunnya aliran udara serta kapasitas pendinginan menurun.

Untuk mencegah seperti pembekuan ini, dan agar temperatur ruang dalam kendaraan dapat disetel sesuai dengan suhu yang diinginkan, maka thermostats dipasangkan. Alat berupa saklar ini terpasang pada evaporator case dengan pipa kapilernya terpasang dan terbungkus rapat pada pipa saluran masuk evaporator.

Thermostat dihubungkan ke magnetic clutch pada kompresor secara seri. Thermostat akan melepaskan magnetic clutch ketika temperatur permukaan evaporator fan ada dibawah sekitar 1 C dan akan menghubungkan magnetic clutch dengan kompresor ketika suhunya telah mencapai > 4 C

6. Heater

Untuk menghancurkan salju yang ada dalam mesin pendingin kulkas. Hampir keseluruhan kulkas nofrost dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas (heater). Pemanas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evaporator. selain itu pemanas dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es.

7. Fan Motor

Fan motor atau kipas angin berguna untuk menghembuskan angin. Pada mesin pendingin kulkas ada dua jenis fan:

1. Fan motor evaporator
Berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh bagian rak ( rak es , sayur dan buah ).

2. Fan motor kondensor
Kipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang memiliki kondensor yang berukuran kecil yang berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor. Selain itu berfungsi mendinginkan kompresor.

8. Overload Motor Protector

Overload Motor Protector adalah komponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Cara kerjanya serupa dengan sekering yang dapat menyambung dan memutus arus listrik. Alat ini dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan, akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi arus acuan normal.

9. Bahan Pendingin (Refrigerant)

Refrigerant adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. Jenis bahan pendingin sangat beragam. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik yang berbeda. Jenis refrigerant yang sangat umum adalah freon. Freon yaitu refrigrant dengan senyawa Chlorofluorocarbon/CFC.

Sifat-sifat dari Freon antara lain tidak berbau, tidak berwarna, tidak mudah hancur, dan tidak mudah terbakar. Dengan jumlah cairan Freon yang cukup, kulkas dapat menjalankan perannya dengan performa bagus salah satunya mengawetkan makanan.

Setelah mengetahui nama bagian-bagian kulkas beserta fungsinya, berikut adalah penyebab kulkas tidak dingin.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

 
Penyebab kulkas tidak dingin
Salah satu penyebab kulkas tidak dingin yaitu karena freon habis. Adapun freon kulkas bisa habis sendiri bisanya akan terjadi dalam kurun waktu lima tahun pemakaian, tergantung perawatannya. Selain karena freon habis, ada beberapa penyebab lain yang membuat kulkas tidak dingin, seperti:
  1. Sering membuka tutup pintu kulkas.
  2. Karet pintu kulkas kering atau longgar.
  3. Kulkas tidak dingin karena disusupi benda panas.
  4. Salah meletakkan kulkas.
  5. Bunga es yang mulai bermekaran.
  6. Pengatur suhu diturunkan.
  7. Kulkas tidak dingin karena evaporator putus.
  8. Kompresor kulkas melemah.
Untuk menghindari masalah kulkas tidak dingin, atau untuk memiliki kulkas yang awet dan tahan lama, maka kita perlu melakukan perawatan mandiri. Bagaimana caranya?? Simak penjelasan di bawah ini!

Perawatan Mandiri Agar Kulkas Awet

Siapa yang tidak ingin memiliki barang-barang yang awet dan tahan lama? Tentunya semua orang menginginkannya. Apalagi jika dilihat biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin juga cukup besar, ya! Nah, untuk itu lakukan perawatan mandiri pada kulkas, baik 1 atau 2 pintu agar lebih awet dan tahan lama dengan langkah-langkah berikut:

1. Bersihkan koil kondensor dua kali per tahun

Koil kondensor bertanggung jawab untuk menghilangkan panas dari kulkas. Mereka adalah kumparan besar seperti radiator yang terletak di bagian belakang atau di bawah unit. Ketika debu dan kotoran menempel pada gulungan, lebih sulit bagi kulkas untuk menghilangkan panas dan Anda perlu melakukan service kulkas.

Hasilnya adalah peningkatan konsumsi energi. Tanpa pembersihan rutin, ini dapat menyebabkan masalah dan perbaikan mahal. Gunakan sikat bulu bergagang panjang ini dan ruang hampa udara untuk dengan mudah dan efisien membersihkan gulungan. Ikuti manual pemilik kulkas untuk instruksi spesifik yang terkait dengannya.

2. Bersihkan dan ganti gasket (segel pintu karet) sesuai kebutuhan

Gasket adalah segel karet yang menguraikan pintu kulkas. Ini adalah bagian yang sering diabaikan yang memiliki pekerjaan kritis untuk menyegel udara hangat. Bersihkan secara berkala dengan pembersih universal. Seiring waktu, paking gasket dan tidak lagi menutup cara kulkas perlu beroperasi secara efisien. Merupakan hal biasa bagi gasket untuk melemah, kendur dan sobek hanya dalam beberapa tahun.

Ketika ini terjadi, udara hangat memasuki bagian dalam kulkas, membuatnya bekerja lebih keras untuk menghilangkan panas. Itu berarti lebih banyak energi yang dikonsumsi dan tagihan yang lebih tinggi untuk kalian. Untungnya, gasket tidak mahal dan biasanya sangat mudah diganti.

3. Pencairan

Ketika es telah menumpuk di dinding bagian dalam freezer hingga ketebalan satu setengah inci (atau sedikit lebih dari satu sentimeter) atau lebih, lepaskan makanan dari kulkas, matikan termostat cabut unit, dan biarkan semua es mencair. Setelah es mencair sepenuhnya, hidupkan unit kembali, tunggu sampai mencapai suhu operasi, dan isi kembali dengan makanan.

4. Atur suhu kulkas dengan benar.

Mengatur suhu kulkas dengan benar yaitu disesuaikan dengan isi kulkas atau makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya. Jika kulkas kosong, maka jangan atur suhu terlalu rendah. Begitu pula jika banyak makanan yang disimpan, sesuaikan suhu agar makanan tidak cepat rusak.

5. Letakkan kulkas dengan posisi yang tepat.

Kebanyakan orang belum mengetahui bahwa kulkas tidak boleh berdekatan dengan kompor. Letakkan kulkas pada daerah sejuk atau terlindung dari sinar matahari dan jauh dari kompor.

6. Jangan terlalu sering buka tutup kulkas

Sering membuka dan menutup pintu kulkas dapat menyebabkan masalah dan kerusakan. Karena udara yang masuk dari luar tercampur masuk dalam kulkas yang menyebabkan kulkas bekerja lebih ekstra untuk menyamakan suhu tersebut. Hal ini dapat menyebabkan kulkas tidak dingin.

7. Jangan memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas

Sama halnya dengan sering membuka dan menutup pintu kulkas, memasukkan makanan yang masih panas dapat menyebabkan kerusakan spare part karena perbedaan suhu yang menyebabkan kulkas bekerja lebih ekstra. Sebaiknya, tunggu makanan dingin terlebih dahulu sebelum memasukkan ke kulkas. Selain menjaga agar kulkas lebih awet, hal ini juga bisa menjaga kualitas makanan tersebut agar tidak rusak karena perbedaan suhu yang cukup tinggi.

8. Pastikan semua wadah tertutup.

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan untuk menjaga kulkas agar tetap awet dan tahan lama adalah menyimpan makanan dalam wadah tertutup.

Kesimpulan

Biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin sangat relative tergantung kerusakan dan biaya di tiap daerah. Namun jika masalah kulkas tidak dingin ini sering terulang, jika dihitung-hitung biaya service yang dikeluarkan bisa setara dengan harga kulkas baru dong? Pasti kalian tidak mau dong sampai mengeluarkan biaya sebesar itu nantinya?!

Maka lakukanlah perawatan secara mandiri seperti yang sudah dijelaskan di atas agar kulkas kita awet dan tahan lama. Siapa nih yang punya pengalaman yang sama pernah mengeluarkan biaya service kulkas 2 pintu tidak dingin? Share di kolom komentar ya!

Semoga bermanfaat!
















Sumber referensi:
Biaya Service Kulkas Berbagai Merek dan Type (builder.id)
5 Biaya Service Kulkas Tidak Dingin 2023: 1 & 2 Pintu (biayatarif.com)
Penyebab dan Perkiraan Biaya Service Freezer Kulkas Bocor (suwun.co.id)
Freon Adalah Refrigrant, Begini Cara Kerjanya (binaindojaya.com)

Related Posts

Post a Comment