Iklan

Header

5 Langkah Diversifikasi Portofolio Investasi Reksadana

Post a Comment
Konten [Tampil]

Reksadana Pasar Uang, merupakan salah satu instrumen yang bisa dipilih untuk melakukan diversifikasi investasi. Diversifikasi merupakan istilah yang akrab di telinga para investor. Dalam berinvestasi, tidak disarankan untuk mengalokasikan seluruh dana pada satu instrumen saja.

Langkah ini digunakan untuk menurunkan risiko kerugian dan meningkatkan nilai investasi. Strategi berinvestasi dengan melakukan diversifikasi bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Mari simak penjelasannya berikut ini!

Langkah Diversifikasi Portofolio Investasi, Salah Satunya Reksadana Pasar Uang!

Diversifikasi adalah langkah untuk mengalokasikan investasi pada beberapa instrumen sehingga investor memilih portofolio yang beragam untuk meminimalisir kerugian. Hal ini banyak diperumpamakan seperti memakai banyak kendaraan untuk suatu tujuan atau tidak meletakan telur dalam satu keranjang.

Sebagai contoh, ketika investasi saham Anda mengalami kerugian, maka terdapat instrumen lain yang masih bisa diandalkan. Jika berinvestasi pada satu instrumen, peluang untuk kehilangan seluruh dana semakin besar. Untuk itu, mari simak langkah diversifikasi investasi berikut!

Memahami Risk Tolerance

Dalam berinvestasi, investor perlu memahami tingkat risiko yang bisa diterima. Hal ini penting untuk mengetahui potensi keuntungan, instrumen investasi yang dipilih, hingga dana yang akan diinvestasikan. Jika tidak memperhatikan hal tersebut, investasi tidak dapat berjalan maksimal sesuai yang diharapkan.

Ketika Anda memiliki risk tolerance yang tinggi, maka instrumen dengan risiko dan potensi pengembalian yang lebih tinggi dapat dipilih. Sebaliknya, investasi yang lebih aman dapat menjadi pilihan bagi Anda dengan risk tolerance yang rendah.

Memiliki Target Imbal Hasil

Dalam membangun diversifikasi portofolio investasi, seorang investor perlu mempertimbangkan target return atau imbal hasil yang diharapkan, karena hal tersebut sangat mempengaruhi pemilihan investasi yang sesuai.

Namun perlu diketahui, target imbal hasil yang besar harus diiringi dengan toleransi kerugian juga. Jika tidak, maka investasi dengan risiko yang aman harus dipilih.

Lakukan Diversifikasi dengan Memperhatikan Rasio Investasi

Setelah mengetahui instrumen yang Anda pilih untuk melakukan diversifikasi, rasio dari setiap investasi juga perlu diperhatikan. Anda dapat mengalokasikan dana dalam persentase tertentu pada masing-masing instrumen. Contohnya 50% pada Reksadana, dan beberapa investasi lainnya.

Dengan rasio yang tepat, peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar. Rasio dari aset yang dialokasikan dapat Anda ubah sesuai potensi keuntungan yang ada.

Jadi, jangan terpaku pada salah satu instrumen jika Anda menginginkan keuntungan dengan risiko yang minim.

Melakukan Rebalancing

Rebalancing digunakan untuk menjaga keseimbangan aset yang diinvestasikan. Jika terdapat salah satu instrumen mengalami kerugian, maka investor dapat mengalokasikan aset pada instrumen lain yang lebih stabil.

Apapun profil risiko Anda, rebalancing penting untuk menjaga komposisi portofolio investasi. Hal ini juga bertujuan agar investasi yang dilakukan sesuai strategi serta tujuan awal Anda.

Fokus pada Tujuan Finansial

 
Reksadana pasar uang
Source: pexels

Diversifikasi juga dapat disesuaikan dengan tujuan finansial. Contohnya untuk memenuhi dana pensiun, investasi jangka panjang lebih disarankan. Hal ini membuat investor tidak akan goyah dengan keuntungan jangka pendek yang ada.

Selain itu, terdapat juga beberapa tujuan investasi seperti dana pendidikan, liburan, atau membeli rumah yang membutuhkan instrumen investasi yang tepat. Hal ini membuat Anda perlu mencermati karakteristik dari setiap investasi yang ada agar sesuai dengan tujuan yang dimiliki.

Itulah langkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan diversifikasi investasi. Berbicara tentang diversifikasi investasi untuk meminimalisir kerugian dan meningkatkan potensi keuntungan, Reksadana dapat menjadi pilihan.

Terdapat beberapa produk Reksadana sebagai investasi yang aman dan stabil. Setiap instrumen Reksadana memiliki karakteristik dan cara kerja tersendiri. Contohnya cara investasi Reksadana Pasar Uang yang mengalokasikan dana pada berbagai instrumen pasar uang.

Diversifikasi ini sangat penting dalam mengurangi risiko. Dalam melakukan investasi dan diversifikasi, Anda perlu didukung mitra yang terpercaya. Untuk itu, mari simak penjelasan selengkapnya mengenai investasi bersama perbankan prioritas ini!

DBS Treasures, Perbankan Prioritas yang Mendukung Investasi Anda!

Investasi Reksadana di DBS Treasures memiliki sejumlah keunggulan yang dapat Anda rasakan. Untuk itu, mari simak keunggulannya berikut ini dan jadikan DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan Anda!

Pengelolaan Investasi Oleh Profesional

Semua pilihan investasi Reksadana dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka untuk mengoptimalkan kinerja produk.

Dapatkan Wawasan untuk Memandu Anda Berinvestasi

Didukung tim ahli finansial yang andal dan proaktif menyampaikan analisa pasar serta peluang terkini.

Mengurangi Risiko Melalui Diversifikasi

Diversifikasikan penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset investasi untuk mengurangi risiko.

Kemudahan Transaksi

Beli, jual, switching, dan registrasi SID (Single Investor Identification) dapat dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS.

Anda berkesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengkomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Itulah keunggulan yang akan Anda dapatkan ketika berinvestasi. Investasi Reksadana memang pilihan tepat dengan risiko yang minim. Diversifikasi yang dilakukan Manajer Investasi pun membuat peluang keuntungan semakin besar dan meminimalisir kerugian.

Jadi, mari berinvestasi Reksadana Pasar Uang bersama DBS Treasures dan nikmati keunggulan serta keuntungannya. Informasi lengkap mengenai investasi ini, dapat Anda akses melalui link berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham

Investasi dengan bijak dan strategi yang baik dapat membuat keuntungan stabil dan menurunkan kerugian!

Related Posts

Post a Comment