Iklan

Header

6 List Harga Kitchen Set PVC per Meter

Post a Comment
Konten [Tampil]
 
Harga Kitchen set PVC per meter
Siapa nih yang punya impian memiliki kitchen set di rumah? Pengen tapi takut budget bengkak?? Tenang, ada solusi. Yuk, kita cari tahu harga kitchen set pvc per meter harga kitchen set pvc per meter. Karena material PVC ini lagi naik daun lho! Bagus tapi tetap ramah di kantong. 

Memiliki kitchen set di rumah adalah impian tiap wanita. Karena kitchen set memiliki peran penting dalam desain sebuah rumah. Terutama para Mom-genk yang suka masak. Tapi meksi ga seberapa sering di dapur, kalo punya kitchen set mah pasti seneng ya! Hehe. 

Kitchen set sendiri memiliki berbagai macam desain, ukuran dan material yang bisa dipilih. Faktor tersebut juga mempengaruhi harga dari kitchen set itu sendiri. Bisa dimulai dari harga yang terjangkau, sampai yang mewah dengan harga selangit.

Nah, kitchen set pvc menjadi salah satu alternatif untuk harga yang lebih ekonomis. Cocok juga untuk rumah yang sering terkena banjir atau di tempat dapur kotor. Harganya pun lebih murah jika  dibandingkan dengan menggunakan stainless atau aluminium. Penasaran ga berapa harga kitchen set pvc per meter

Harga Kitchen Set PVC per Meter

Selain ekonomis, material pvc juga sangat fleksibel dan mudah untuk dibentuk apa saja, selain itu perawatannya juga mudah dan cepat. Sehingga material ini menjadi pilihan favorit. Yuk, cari tahu berapa harga kitchen set pvc per meter! 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah harga kitchen set dari bahan PVC:

Jenis bahan

Finishing

Harga

PVC

HPL Luar

Rp 3.700.000/m

PVC

HPL Luar dan dalam

Rp 3.900.000/m

PVC

Duco

Rp 4.100.000/m

PVC

HPL Taco

Rp 3.500.000/m

PVC

HPL Aica

Rp 4.200.000/m

PVC

HPL Lamitak

Rp 4.700.000/m


Selain jenis PVC ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat kitchen set, yaitu blockmin, multiplek dan alumunium.

Berikut referensi haraga kitchen set dengan jenis bahan selain PVC:

Jenis bahan

Finishing

Harga

Blockmin

HPL Luar

Rp 1.800.000/m

Blockmin

HPL Luar dan dalam

Rp 2.000.000/m

Blockmin

Duco

Rp 2.600.000/m

Multiplek

HPL Luar

Rp 2.100.000/m

Multiplek

HPL Luar dan dalam

Rp 2.300.000/m

Multiplek

Duco

Rp 2.900.000/m

Alumunium

ACP 3ml

Rp 3.000.000/m

Alumunium

ACP 4ml

Rp 3.400.000/m

Alumunium

ACP lapis HPL

Rp 3.300.000/m

Alumunium

ACP lapis Kayu

Rp 3.400.000/m


Ada beberapa variasi harga tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Tentunya, setiap jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu pula dengan jenis bahan PVC. 

Apa saja kelebihan dan kekurangan naterial PVC? 

Kelebihan dan Kekurangan PVC

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan material PVC untuk kitchen set:

Kelebihan

1. Harganya Terjangkau

PVC dibuat dengan menggunakan bahan baku berupa minyak bumi dengan kualitas paling rendah dibanding material lainnya. Ini menjadi salah satu alasan mengapa harganya sangat terjangkau.

2. Durabilitas Tinggi

Meski murah dan cenderung ringan, PVC dikenal sebagai material yang tahan terhadap serangan rayap dan juga anti air. Itu sebabnya banyak orang yang menjadikannya sebagai material kitchen set. PVC juga sangat kuat, tidak mudah pecah, tahan api, tahan bahan kimia dan panas. 

3. Pemasangan dan Perawatannya Mudah

Karena ringan, PVC mudah dibawa dan mudah dipasang. Perawatannya pun tidak sulit. Kalian cukup membersihkannya secara berkala dengan menggunakan campuran air dingin dan detergen. Usap bagian yang kotor dengan menggunakan spons lembut.

Kekurangan 

1. Dibuat dengan Klorin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PVC memiliki komponen klorin yang cukup tinggi. Klorin merupakan salah satu zat yang berbahaya bagi manusia, terutama bila sudah menjadi gas.

2. Mengeluarkan Aroma Aneh dan Sulit Didaur Ulang

Karena mengandung campuran berupa plastik, PVC kerap mengeluarkan bau yang tidak enak. Ini tentu saja akan mengganggu para pekerja yang melakukan pemasangan. Sebagai informasi, material ini sulit didaur ulang. Begitu juga dengan bahan sisa yang dibuang akan mencemari lingkungan dalam jangka panjang.



Cara Menghitung Harga Kitchen Set per Meter

Setelah mengetahui harga kitchen set per meter, kini saatnya mengetahui cara menghitung harga kitchen set sesuai dengan ukuran dapur.

Sebagai perumpamaan, dapur yang akan dibuat atau direnovasi memiliki ukuran kabinet sebesar 2×2 meter. Sedangkan untuk pemilihan material yang digunakan adalah PVC dengan finishing HPL Luar dan Dalam.

Maka total biaya yang harus dikeluarkan sebesar:
(2x2m) x Rp 3.900.000 = Rp 15.600.000.

Biaya yang dikeluarkan tentu tergantung dari jenis material apa yang dipilih beserta luas kabinet dapur yang dibutuhkan. Jika kalian ingin menekan biaya, lebih baik memperkecil luas kabinet jika memungkinkan. 

Tips Memilih Kitchen Set

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan didiskusikan dengan matang sebelum akhirnya memilih membuat kitchen set untuk dapurmu. Berikut adalah beberapa tips agar kalian tidak rugi:

  1. 1. Siapkan budget
  2. 2. Ukur dengan teliti kabinet dan luas ruangan yang akan dipasang kitchen set
  3. 3. Pilih material yang cocok dengan kondisi rumah
  4. 4. Pilih desain ynag sesui dengan tema rumah dan budget
  5. 5. Tentukan semuanya sesui budget, jangan sampai saat pengerjaan ada penambahan lainnya yang tidak sesuai dengan budget.

Contohnya seperti desain yang tiba-tiba berubah, atau pemilihan interior tambahan yang tidak masuk list budget, dll. 

Jangan sampai budget membengkak ya, Mom-genk! Jadi jangan lupa persiapan yang matang dan komunikasikan dengan pasangan halal agar tetap sesuai dengan rencana dan budget! 

Kesimpulan

Harga kitchen set PVC per meter relatif terjangkau. Melihat beberapa kelebihan yang dimiliki, sepertinya cocok untuk bahan dasar kitchen set. Namun, tetap disesuaikan dengan ruangan dan rumah kalian ya. Jangan tergesa-gesa ddal menentukan. 

Kitchen set berbahan dasar PVC bisa digunakan untuk bermacam desain kitchen set, seperti desain kitchen set minimalis, klasik atau yang sederhana. 

Semoga bermanfaat! 











Sumber:
Daftar Harga Kitchen Set per Meter Murah dan Terbaru 2022 (rumah123.com)
5 Model Kitchen Set Pvc Terfavorit Beserta Harga Per Meter (mirachinterior.id)
https://cipta-kreasi.com/2020/kelebihan-dan-kekurangan-dari-material-pvc-untuk-rumah-anda/





Related Posts

Post a Comment