Header

6 Rekomendasi Toko Jual Beli Furniture Bekas di Surabaya

Post a Comment
Konten [Tampil]

Jual beli furniture bekas di Surabaya
Furniture adalah perlengkapan rumah yang perlu dimiliki. Namun kelengkapan furniture rumah sangat relatif. Tergantung kebutuhan tiap orang. Tidak dipungkiri harga furniture bukan termasuk jenis barang yang harganya murah. Oleh karena itu, sebagian orang memilih untuk membeli furnitur bekas. Kali ini aku akan memberikan referensi tempat jual beli furniture bekas di Surabaya yang bisa kalian kunjungi, teman!

Membeli furnitur bekas memang termasuk pilihan yang cukup bijak, karena cenderung lebih hemat bisa sampai setengah biaya harga furniture baru. Begitupun dengan kalian yang ingin menjual furniture yang sudah tidak dipakai, kesempatan ini akan memiliki peluang besar jika target pasar sesuai. Tidak perlu waktu lama dalam proses penjualan.

Namun jika ingin lebih mempersingkat waktu, kalian bisa menjual furniture yang sudak tidak terpakai dengan kondisi yang masih layak dan bagus di beberapa toko furniture. Tidak sedikit juga toko furniture yang menerima jual beli furniture bekas di Surabaya.

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat jual beli furniture bekas di Surabaya yang aku kumpulkan berdasarkan hasil pencarian Google.

Rekomendasi Jual Beli Furniture Bekas di Surabaya

Membeli furniture bekas karena budget minim adalah opsi yang tepat, selain opsi DIY (did it yourself). Tapi, pasti ada beberapa furniture yang tidak bisa kita akalin dong, ya. Demi nilai estetika penataan ruangan, tidak sedikit orang rela mengeluarkan budget lebih umtuk membeli furniture. Nah, untuk kalian yang sedang mencari atau ingin menjual furniture bekas, berikut rekomendasi tempat jual beli furniture bekas di Surabaya:

1. Toko Pak Mulyono

Alamat: Pertokoan Kartika Niaga, Blok JJ No 25, Gang 5, Kebraon, Kec. Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur 60222.
Buka 24 jam, setiap hari
Kontak: 0813-5770-9995

2. Toko Barang Second Sabora

Alamat: Jl. Banyu Urip No.388, Kupang Krajan, Kec. Sawahan, Surabaya, Jawa Timur 60253
Buka hari Senin - Sabtu, jam 08.00 - 17.00 WIB
Kontak: (031) 5322333

3. Kuno Art Shop Suroboyo

Alamat: Jl. Dupak Rukun No.233, Asem Rowo, Kec. Asem Rowo, Surabaya, Jawa Timur 60182
Buka tiap hari, jam 08.00 - 18.00 WIB
Kontak: 0853-3455-4665

4. Rombeng Surabaya

Alamat: Taman galaxy, Jl. Dharmahusada Jl. Pacar Kembang IV No.40, RT.06/RW.07, Tambak sari, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60285
Buka setiap hari, jam 08.00 - 21.00 WIB
Kontak: 0812-3256-3207

5. Elang Gallery

Alamat: Jl. Elang No.5, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60175
Buka setiap hari 24 jam
Kontak: 0812-3230-000

6. @trabas.resto

Alamat: Jl. Medayu Utara XIII No.98, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Surabaya, Jawa Timur 60295
Buka setiap hari Senin – Jumat, jam 09.00 - 17.00 WIB
Kontak:0813-5353-5989

Dari beberapa rekomendasi di atas, ada toko yang menjual khusus furniture antik bekas lho, teman! Sila kalian cek atau langsung kunjungi toko jual beli furniture bekas di Surabaya. Tapi ingat ya, teman, meskipun harga furniture bekas lebih murah, pasti ada kelebihan dna kekurangannya. Simak yuk, apa saja kelebihan dan kekurangan membeli furniture bekas!

Kelebihan dan Kekurangan Beli Furniture Bekas

Meskipun tidak tampil dalam keadaan prima, banyak furniture bekas yang memiliki kualitas tidak jauh berbeda dengan furniture baru. Sama seperti hal lainnya, membeli furniture bekas dari pribadi atau toko jual beli furniture bekas di Surabaya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan membeli furniture bekas yang dilansir dari momsmoney.id:

Kelebihan Membeli Furniture Bekas

1. Harga yang lebih murah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, furnitur bekas cenderung lebih murah daripada furniture baru, sehingga dapat menghemat pengeluaran. Jika kalian pintar tawar menawar, kalian bisa mendapatkan harga yang lebih rendah dari harga awal.

2. Penampilan furniture yang unik

Karena termasuk barang bekas, bisa jadi furniture yang dijual termasuk unik dan antik atau one-of-a-kind, sehingga kalian tidak akan menemukan barang yang sama di tempat lain. Beberapa furniture bekas juga memiliki penampilan vintage yang terlihat estetik. Nah, dari beberapa rekomendasi di atas, ada toko jual beli furniture bekas di Surabaya yang menyediakan furniture antik, seperti Kuno Art Shop dan Elang Gallery.

3. Dapat dimodifikasi

Beberapa furniture bekas memiliki tampilan yang tidak sempurna lagi, sehingga membutuhkan restorasi atau perbaikan. Jika kalian senang mengerjakan DIY, hal ini bisa menjadi sarana kalian untuk mewujudkan tampilan furnitureyang diinginkan. memnag butuh kreatifitas dan ketelatenan, tapi jika kalian memnag menyukainya, pasti tetap berhasil kok, teman!

4. Ramah lingkungan

Jika kalian peduli dengan isu keberlanjutan atau sustainability, membeli furniture bekas bisa menjadi langkah yang bagus. Pasalnya, dengan membeli furniture bekas, kalian bisa memperpanjang usia pakainya sehingga tidak terbuang sia-sia. Kalian pun turut menyelamatkan lingkungan dan mengurangi volume sampah.

Kekurangan Membeli Furniture Bekas

1. Kualitas yang menurun

Karena termasuk barang bekas, wajar jika kualitas furniture bekas tidak sebagus furniture baru. Ada beberapa bagian yang mungkin rusak, tergores, warnanya memudar, atau membutuhkan perbaikan.

2. Butuh perbaikan

Bagi sebagian orang, memperbaiki furniture yang rusak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, untuk kalian yang ingin terima barang jadi, hal ini tentu agak merepotkan karena kalian harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki furniture tersebut. Jadi, periksalah furniture bekas yang diinginkan untuk memastikan apakah furnituer tersebut butuh perbaikan lebih lanjut.

3. Penampilan furniture bisa tidak cocok dengan interior rumah

Karena furniture bekas tidak memiliki banyak pilihan desain atau warna, memilih furnitur yang terlihat serasi dengan interior rumah akan membutuhkan kecermatan ekstra. Kalian harus ekstra sabar dan telaten untuk mencari furniture yang pas jika menginginkan penampilan interior rumah yang harmonis. solusinya, kalian bisa mencat ulang dan memodifikasi sesuai keinginan.

4. Kemungkinan ditipu penjual

Jika kalian memilih membeli furniture bekas secara online, lebih berhati-hatilah. Karena bisa saja si penjual menipu dengan memberikan furniture yang tidak sesuai dari tampilan gambar dan barang real yang sudah dikirim. Agar kasus ini tidak terjadi, sebaiknya gunakan metode pembayaran COD (cash on delivery) saat melakukan pembelian secara online. Lebih aman lagi jika kalian bisa membeli langsung ke toko offline yang jual beli furniture bekas di Surabaya.

Berbeda dengan budaya luar, aku pernah melihat di salah satu pengguna akun Instagram yang tinggal di luar negeri, aku lupa di negara mana. Orang-orang di sana memiliki kebiasan mengeluarkan furniture bekas atau yang sudah tidak dipakai diletakkan di luar rumahnya atau di suatu tempat seperti tempat pembuangan. Siapapun yang membutuhkan furnitutre bekas tersebut boleh memngambil dengan bebas. 

Aku jadi teringat teman blogger yang tinggal di Chicago, kira-kira bagaimana nasib furniture bakas di sana??? nanti deh, aku tanyakan. Hehe.

Tips Membeli Furniture Bekas

Membeli furniture bekas memang membutuhkan kejelian dan kecermatan agar mendapatkan barang yang baik. Karena terdapat furniture bekas yang kelihatannya tampil sempurna, tapi tanpa disadari terdapat cacat di beberapa titik, sehingga menurunkan nilai fungsinya. Nah, sebelum membeli furniture bekas baik secara online atau membeli di toko jual beli furniture bekas di Surabaya, simak tips berkut ya, teman!

Tips jual beli furniture bekas di surabaya

1. Periksa Kualitas Furniture Bekas

Memeriksa kualitas furniture bekas adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pembayaran furniture yang sudah dipilih. Usahakan untuk tetap mencari furniture dengan kualitas yang sama dengan furniture baru.

Hal ini penting untuk diperhatikan, karena furniture pada dasarnya merupakan investasi jangka panjang. Karena itu, penting untuk memilih furniture yang masih bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Kerusakan-kerusakan kecil dalam furniture bekas memang merupakan hal yang wajar. Namun, perhatikan juga ketahanan, kenyamanan, dan juga kualitas dari furniture tersebut. Jangan sampai kalian malah membeli furniture dengan kondisi kerusakan yang cukup fatal atau melebihi 30%.

2. Hati-hati Dengan Furniture Bekas Dalam Kondisi Tertentu

Perhatikan seberapa parah kerusakan yang ada pada furniture yang kalian inginkan, dan bagaimana kalian akan menghadapi kerusakan tersebut? Apakah bisa ditutupi? Ataukah memerlukan perbaikan terlebih dahulu? Jika memang membutuhkan perbaikan, pertimbangkan berapa lama waktu perbaikannya, dan apakah biayanya masih masuk akal?

Jangan sampai setelah menghitung biaya beli ditambah biaya perbaikan, harga justru lebih mahal dibandingkan dengan membeli baru. Jika hal ini terjadi, maka akan lebih baik membeli furniture baru saja sejak awal.

3. Tetap Ketat pada Budget Awal

Tips lain agar tetap hemat dan anti rugi saat membeli furniture bekas di toko jual beli furniture bekas di Surabaya adalah dengan tetap terpaku pada budget yang disiapkan. Jangan sampai kalap karena melihat berbagai barang yang terlihat murah. Karena itu, ada baiknya kalian membuat daftar furniture yang dibutuhkan agar tetap sesuai budget. Selain itu, pastikan barang yang akan dibeli memang sudah sesuai dengan konsep interior rumah kalian, baik secara fungsi atau pun ukurannya.
 

4. Memoles Furniture Bekas Agar Terlihat Baru

Membeli furniture bekas belum tentu pasti sesuai dengan tema atau tampilan yang kalian inginkan. Sering kali, warna furniture-nya terlihat cukup pudar dan jadi kurang menarik. Furniture seperti ini membutuhkan sedikit sentuhan ulang untuk membuatnya jadi kembali cerah dan terlihat seperti baru.

Untuk furniture yang bahan dasarnya kayu, kalian bisa melakukan refinishing, varnish, atau pengecatan ulang. Cara ini akan cukup membantu untuk membuat furniture kayu jadi terlihat seperti baru lagi. Orang yang melihatnya pun tidak akan menyadari bahwa furniture tersebut bukanlah furniture baru.

5. Kombinasi Furniture Bekas dan Baru

Furniture bekas biasanya memberikan kesan vintage yang menarik. Karena itu, biasanya penggemar furniture bekas memilih untuk menciptakan kesan vintage di rumahnya.

Bagi penggemar nuansa vintage tentu saja hal ini tidak masalah dan bahkan menyenangkan. Akan tetapi, bagi sebagian orang suasana vintage ini terasa terlalu suram dan kaku. Buat kalian yang menyukai suasana yang lebih cerah dan santai, kalian bisa mencoba menggabungkan furniture baru dengan furniture bekas.

Penggunaan furniture bekas dan furniture baru dalam satu ruangan dapat memberikan kesan ruangan yang lebih dinamis juga modern. Sesuaikan juga penyusunan dan tata ruangnya agar terasa lebih nyaman untuk kalian dan keluarga.
 

6. Bandingkan Harga

Setelah mengecek kualitas, kamu harus membandingkan harganya dengan furniture baru maupun  bekas di toko jual beli furniture bekas di Surabaya lainnya. Jangan takut atau malu untuk membatalkan pembelian setelah mendatangi satu toko furniture bekas. Apabila ada toko lain dengan harga lebih ekonomis, tidak ada salahnya kamu memilih perabot di sana. Ini lebih baik daripada terpaksa membeli barang yang lebih mahal dengan harga setara.

Kesimpulan

Terdapat banyak toko jual beli furniture bekas di Surabaya yang bisa kalian kunjungi ketika ingin menjual atau membeli furnitture bekas. Tentunya opsi membeli furniture bekas untuk kebutuhan rumah adalah baik, karena bisa menghemat pengeluaran untuk kebutuhan ruangan di rumah kalian.

Biasanya semakin lama usia furniture dengan kualitas bahan yang baik, nilai jualnya pun semakin tinggi, contohnya furniture yang berbahan dasar kayu jati. Namun tidak sedikit juga furniture bekas yang kualitasnya masih bagus. Maka butuh kecermatan dan kejelian dalam memilih dan membeli.

Semoga bermanfaat!















Sumber:
Kelebihan dan Kekurangan Membeli Furnitur Bekas, Cari Tahu Yuk! (momsmoney.id)
Furnitur bekas menarik jadi pilihan, tapi cermati plus dan minusnya (kontan.co.id)
Anti Rugi! Perhatikan 5 Hal Ini Saat Membeli Furniture Bekas (finansialku.com)
Jangan Sampai Rugi, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Membeli Furniture Bekas! (dekoruma.com)
6 Tips Beli Furniture Bekas Anti Rugi, Jangan Sampai Menyesal! (99.co)

Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

Post a Comment