Header

20+ Rekomendasi Skincare Halal Indonesia

Post a Comment
Konten [Tampil]
Skincare halal Indonesia
Sebagai seorang muslim, tidak hanya makanan dan minuman, namun kita juga perlu memperhatikan pemakaian skincare halal Indonesia.

Mengapa? Karena kebanyakan kita tidak jauh dari pemakaian skincare, minimal hanya memakai sabun cuci muka, atau pelembab atau lipstik, atau bedak dalam kesehariannya. Meski begitu, benda-benda tersebut masuk dalam kategori skincare kan??

Memang sih skincare itu pemakaiannya di luar tubuh, tapi tetap saja produk akan menyerap ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, kita tetap perlu memperhatikan kandungan bahan dan juga proses pembuatan skincare halal Indonesia.

Berikut adalah rangkuman beberapa brand halal dari beberapa sumber yang bisa dijadikan referensi. Coba cek! Apakah skincare mu termasuk dalam daftar skincare halal Indonesia di bawah ini???

Daftar Skincare Halal Indonesia

Mungkin masih banyak merek skincare halal Indonesia yang belum masuk dalam daftar berikut, ini adalah hasil rangkuman pencarian ku di mesin pencarian ya, teman! 

1. Wardah Beauty

Dinaungi oleh PT Paragon Technology and Innovation (PTI) ini sudah menerima sertifikat halal sejak tahun 1998. Hal ini membuat Wardah menjadi pelopor kosmetik Dan skincare halal Indonesia.

2. Makeover

Brand kosmetik yang satu ini memang memiliki penampilan yang cukup mewah. Jika dilihat dari desainnya, produk ini terlihat berasal dari luar negeri, padahal produk ini adalah produk lokal. Make over adalah adik dari produk wardah dan sudah memiliki sertifikasi halal MUI juga.

3. Emina

Berada dibawah naungan PT Paragon Technology and Innovation (PTI), Sister brand dari Wardah ini juga sudah BPOM dan halal. Memang pada umumnya Emina diperuntukkan untuk remaja karena harga produk yang terjangkau dan desain produk yang lucu-lucu dan menarik.

4. Safi Indonesia

Merek skincare BPOM dan halal satu ini berasal dari Malaysia dan masuk ke Indonesia sejak tahun 2018. Faktanya, Safi juga merupakan skincare pertama di dunia yang teruji secara klinis oleh Safi Research Institute.

Kriteria produk halal tidak hanya ada pada ingredient saja, tapi juga proses pembuatannya. Produk berlabel Animal Cruelty Free (ACF) yang berarti skincare bebas dari tindakan kekerasan terhadap hewan dan hadir hanya menggunakan bahan-bahan alami dan natural.

5. Zoya Cosmetics

Zoya Cosmetics merupakan lini kosmetik dari Shafira Corporation yang menyediakan kosmetik dengan warna-warna alami dan sesuai dengan syariah Islam. Sejak diluncurkan pada 2013, Zoya Cosmetics memang menyasar target perempuan Muslim telah menerima sertifikasi halal dari MUI.

6. Jafra Cosmetics

Produk Meksiko yang belum lama hadir di Indonesia, yaitu Jafra menjadi skincare BPOM dan skincare halal Indonesia yang dicari oleh masyarakat.

Jafra sendiri merupakan produk makeup yang menggunakan bahan herbal dan berasal dari tumbuhan. Brand ini memiliki banyak produk yang bisa Moms pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari body care dan skincare, makeup, hingga parfum

7. Sariayu

Sudah berdiri hampir lima dekade, produk-produk kecantikan dari Sariayu baru mengantongi label halal pada tahun 2012 lalu.

Selain itu, Sariayu juga menerapkan Sistem Jaminan Halal dengan grade A yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik (LPPOM).

Sariayu diproduksi dengan bahan-bahan alami dan bebas kandungan berbahaya, sehingga aman dan tidak akan membuat kulit teriritasi. Hal penting lainnya juga, brand ini diproduksi sesuai keberlanjutan lingkungan.

8. Biokos

Biokos merupakan brand kosmetik lokal khusus produk-produk skincare BPOM. Telah teruji klinis dari laboratorium Perancis dengan beragam rangkaian produk untuk mengatasi aneka permasalahan jenis kulit dan usia.

Dibuat dari natural active ingredients, produk-produk Biokos memiliki kandungan alami seperti Witch Hazel, Aloe Vera, serta Okra Seed yang sangat bermanfaat untuk kulit.

9. Mineral Botanical

Mineral Botanica menggunakan mineral dan ekstrak tumbuhan, lalu menggabungkannya dengan teknologi untuk menciptakan produk makeup, skincare, dan bodycare.

Sesuai dengan namanya, brand lokal yang satu ini peduli terhadap lingkungan sehingga selalu berupaya untuk menggunakan bahan-bahan yang dapat didaur ulang, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, dan menghindari uji coba pada hewan. Tentunya Mineral Botanica sudah terdaftar BPOM dan menjadi salah satu skincare halal Indonesia

10. Bhumi

Bhumi termasuk dalam daftar skincare BPOM dan halal seterusnya, lho! Telah hadir sejak tahun 2017, produk perawatan kulit ini memiliki tagline “Evolution of Goodness”.

Artinya, produk ini mengedepankan kandungan alami 100% di setiap produknya serta telah tersertifikasi organik sebagai bahan utama. Telah tersertifikasi halal, serta tak perlu diragukan lagi digunakan untuk para kaum muslimah.

11. Mazaya

Produk-produk Mazaya diciptakan dengan mengedepankan pemakaian produk halal. Produk perawatan Mazaya juga sudah BPOM dan mendapatkan sertifikasi dari MUI. Selain rangkaian produk skincare dan makeup, Mazaya juga memiliki rangkaian produk bodycare, lho!

12. Avoskin

Avoskin juga sudah mengantongi label halal karena hanya menggunakan bahan-bahan alami, dapat didaur ulang, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak mengandung bahan-bahan yang non-halal, dan menghindari produk yang diujikan pada hewan.

Tentunya, semua produk Avoskin sudah secara resmi terdaftar di BPOM. Brand lokal satu ini menyediakan berbagai produk skincare wajah yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan kulit.

13. ERHA

Diformulasikan oleh tim dermatologis berpengalaman dan terus berinovasi di ERHA Institute, produk skincare dari ERHA halal dan ramah di kulit. Tidak hanya itu, produk-produk dari ERHA memiliki formula terbaik yang sudah melewati uji klinis Research & Innovation, dan terbukti efektif serta aman dikonsumsi

14. Somethinc

Salah satu brand skincare dan makeup di Indonesia, Somethinc, juga sudah memiliki sertifikasi halal sejak 2019. Selain 100% kehalalan produknya dan sudah BPOM, kualitas setiap produknya pun sudah terjamin.

Produk-produk Somethinc juga mendukung cruelty free dan tidak mengujikan produk pada hewan atau animal testing. Bagi pecinta vegan, Somethinc memiliki produk vegan friendly yang tidak mengandung bahan hewani.

15. ViVa Cosmetics

Viva Cosmetics juga sudah memiliki BPOM dan teruji halal dari MUI. Seiring berkembangnya, Viva tidak hanya memiliki produk skincare halal Indonesia saja, tapi juga bodycare, haircare, hand care, parfum, hingga makeup.

Terbuat dari bahan-bahan alami seperti bengkuang, timun, dan sebagainya, produk Viva memiliki harga yang terjangkau, serta hasil penggunaan yang baik dan tidak jauh dari produk-produk mahal lainnya.

16. By Lizzie Parra (BLP Beauty)

Meski baru memasuki tahun ketiga, BLP Beauty sudah masuk dalam daftar kosmetik halal. Brand yang didirikan oleh beauty blogger Lizzie Parra ini sekarang juga tidak hanya memproduksi lipstik saja, tetapi juga merilis eyeliner, eyeshadow pen, eyebrow, dan bedak tabur.

17. ESQA Cosmetics

Menjadi produk lipstik Indonesia pertama yang masuk ke Sephora, ESQA terbukti telah memenuhi standar kualitas internasional dan sudah tersertifikasi halal.

Selain itu, produk ini juga mengusung konsep vegan, ESQA 100% menggunakan bahan yang aman bagi kulit. Bebas paraben, gluten, triclosan, phthalates, dan sodium lauryl sulfate.

18. Amara Halal Cosmetics

Amara merupakan produk kosmetik pertama yang mendapat sertifikasi halal di Amerika Serikat. Mereka menggunakan bahan-bahan alami dari tanaman, cruelty free dan tidak menggunakan alkohol. Amara tersedia dalam bentuk foundation, riasan mata, lipstik, dan cat kuku.

19. Loreal Indonesia

Memperkuat jaringan bisnisnya hingga ke Indonesia, produk kecantikan dan perawatan asal Prancis ini telah menjadi brand yang memiliki sertifikasi halal.

Tidak hanya di Indonesia, L’Oreal juga memastikan pabrik yang berproduksi di wilayah Asia Tenggara juga masuk dalam kategori halal.

20. Silky Girl

Produk kosmetik SilkyGirl berasal dari Singapura dan Malaysia. Awal pertama berada di Indonesia dan masih dalam proses sertifikat halal MUI, sekitar tahun 2017. Namun ternyata di negara-negara lain, SilkyGirl sudah lebih dulu memiliki sertifikat halal. Dan di Indonesia, sertifikat halal SilkyGirl baru didapatkan pada tahun 2018 lalu.

21. Pixy

Pixy adalah merek kosmetik yang diproduksi oleh PT. Mandom Indonesia Tbk yang merupakan bagian dari Mandom Coorporation Japan. Seluruh produk PIXY dibuat dengan standarisasi kualitas dan teknologi terkini dari Jepang serta sudah tersertifikasi Halal oleh LPPOM MUI.

Kesimpulan

Banyak pilihan merek skincare halal Indonesia dengan berbagai variasi harganya. Mulai yang ramah kantong hingga yang cukup mahal.

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan kulit kalian dan juga budget skincare halal Indonesia yang kalian siapkan. Tetap jaga kesehatan diri ya, terutama kulit wajah. Biar bisa glowing bak artis korea hehe. 


Semoga bermanfaat! 


















Sumber:
https://www.orami.co.id/magazine/skincare-bpom?page=all#google_vignette
https://productnation.co/id/27879/produk-skincare-halal-terbaik-review-indonesia/#8a22da72403e3ecf30a15bfcac5ec65e
https://mommiesdaily.com/2022/04/10/9-rekomendasi-skincare-halal-lokal-mana-favorit-mommies
https://www.popmama.com/amp/life/fashion-and-beauty/sarrah-ulfah/daftar-kosmetik-dan-skin-care-halal-yang-telah-disertifikasi-mui?page=all#page-2
https://mamaschoice.id/article/daftar-kosmetik-halal/
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

Post a Comment