Header

Modal Usaha Grosir Snack Mulai dari 10 juta?? Coba Cek Disini!

Post a Comment
Konten [Tampil]
Modal usaha grosir snack
Sumber foto dari Shopee yang diedit ulang di Canva

Siapa yang anaknya suka banget jajan snack? Atau kalian sendiri yang suka nyetok snack? Pasti lebih murah beli dalam bentuk grosiran kan daripada ecer? Pernah ga sih penasaran kira-kira berapa modal usaha grosir snack?

Berangkat dari rasa penasaranku, karena sekarang anakku mulai sekolah TK A yang mana tiap hari mampir koperasi sekolah untuk membeli snack. Kadang juga aku stok snack untuk cemilan dia di rumah. Aku jadi penasaran berapa sih modal usaha grosir snack itu?

Usaha grosir snack merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan snack merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat, terutama anak-anak dan remaja. Selain itu, snack juga dapat dijadikan sebagai camilan atau bekal saat bepergian.

Dulu sebelah kantorku persis, saat aku masih bekerja, ada agen snack yang jadi tempat kulak para pedagang toko kecil. Tidak harus grosir yang berbal-bal minimal beli serenteng atau satu pak aja boleh kok. Tentu harganya juga lebih murah dibanding kita beli eceran di toko atau minimarket.

Aku jadi sempat berpikiran untuk mencoba usaha grosir snack. Nah, kali ini coba kita cari tau bersama yuk berapa sih kira-kira modal usaha grosir snack?

Modal Usaha Grosir Snack Rumahan

Sebelum membahas modal usaha grosir snack, kita perlu tau dulu untuk memulai usaha grosir snack, besarnya modal yang dibutuhkan akan tergantung pada beberapa faktor, seperti:
  • Jenis snack yang dijual
  • Lokasi usaha
  • Ukuran tempat usaha
  • Peralatan dan perlengkapan usaha
  • Tenaga kerja

Berikut ini adalah pembagian beberapa jenis modal untuk memulai modal usaha grosir snack skala kecil dan dimulai dari rumah:

1. Modal untuk membeli snack
Modal ini merupakan modal yang paling besar, yaitu sekitar 50% dari total modal. Jumlahnya akan tergantung pada jenis dan jumlah snack yang akan dijual.

2. Modal untuk biaya operasional
Modal ini mencakup biaya sewa tempat (jika menyewa atau adanya renovasi), listrik, air, bahan bakar, dan biaya lainnya.

3. Modal untuk pengemasan
Modal ini diperlukan untuk membeli plastik, lakban, tali rapia dan lainnya.

Berdasarkan pembagian jenis modal tersebut, modal usaha grosir snack skala kecil berkisar bisa diestimasikan sebagai berikut:

Perhitungan Modal

Perhitungan modal usaha grosir snack dapat dilakukan dengan cara menjumlahkan seluruh biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Berikut adalah contoh perhitungan modal usaha grosir snack dengan perkiraan sebagai berikut:
  • Modal pembelian snack Rp 6.000.000
  • Modal biaya operasional Rp1.000.000
  • Modal pengemasan Rp 500.000
  • Biaya pembelian etalase Rp 2.500.000
Total estimasi modal usaha grosir snack skala kecil sebesar Rp 10.000.000

Tentunya besar modal dipengaruhi seberapa banyak kalian melakukan pembelian snack untuk stok awal, biaya operasional seperti etalase dan lainnya. Jadi estimasi modal di atas bisa saja lebih kecil atau lebih besar.

Tips Memulai dan Menjalankan Usaha Grosir Snack


Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghemat modal usaha grosir snack:

1. Membeli snack dalam jumlah besar

Dengan membeli snack dalam jumlah besar, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

2. Mencari supplier yang menawarkan harga terbaik

Bandingkan harga dari beberapa supplier sebelum memutuskan untuk membeli. 

3. Memilih lokasi usaha yang strategis

Lokasi usaha yang strategis akan memudahkan kamu untuk menarik pelanggan. Usahalan lokasi yang berada di jalan utama atau lokasi yang mudah terlihat pengguna jalan umum.

4. Menggunakan peralatan dan perlengkapan yang sederhana

Kamu bisa memulai usaha grosir snack dengan peralatan dan perlengkapan yang sederhana.

5. Melakukan promosi secara online

Promosi online bisa menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan usaha kamu kepada masyarakat luas.

Mungkin kamu bisa mencari lebih banyak tips blogger keren lainnya untuk tambahan wawasan. Dengan perencanaan yang matang dan usaha yang tekun, usaha grosir snack bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Penutup

Usaha snack merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak digeluti orang. Karena mempunyai pangsa pasar sangat luas, bisa dilakukan dengan mudah dan modal usaha grosir snack bisa dimulai dari Rp 10.000.000.

Meski tingkat persaingan kini sangat tinggi. Tapi usaha grosir snack masih tetap menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Jadi jangan ragu memulai jika kalian melihat ada peluang usaha ini.

Semoga bermanfaat!
















Sumber:
https://mutaeasy.com/modal-usaha-grosir-snack-dan-tips-menjalankannya/
https://www.investasiuntung.com/2018/03/rincian-biaya-modal-usaha-snack-pemula.html?m=1

Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

Post a Comment