Iklan

Header

Cari Tahu Cara Memasang Menstrual Cup yang Benar!

1 comment
Konten [Tampil]
  
Cara memasang menstrual cup

Bagi teman-teman perempuan, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan menstrual cup? Aku pun! Sebenarnya aku penasaran bagaimana cara memasang menstrual cup, karena dilihat dari kelebihannya alat ini lebih efektif digunakan untuk menampung darah haid ketimbang pembalut.

Sejak banyak beredar berita bahwa ada beberapa pembalut yang mengandung klorin dan juga bahan utamanya dari hasil daur ulang, aku sempat berfikir untuk berpindah menggunakan menstrual cup.

Selain itu, banyak juga kelebihan dari penggunaan menstrual cup selain dari segi kesehatan, yaitu lebih tahan lama, ramah lingkungan, kapasitas besar, menjaga pH dan bakteri baik di vagina, dll.

Sebelum mengetahui bagaimana cara memasang menstrual cup, kita bahas sedikit tentang menstrual cup, yuk!

Menstrual Cup Pilihan Tepat Perempuan

Menstrual cup adalah wadah penampung darah menstruasi berbentuk corong yang terbuat dari karet atau silikon. Menstrual cup dapat menampung darah lebih banyak daripada pembalut.

Menstrual cup berbentuk corong yang memiliki dua bagian utama; cangkir penampung dan batang tipis di bawahnya. Batang tipis tersebut akan memudahkan kita menarik menstrual cup saat hendak dikeluarkan.

Menstrual cup memiliki dua ukuran yaitu ukuran kecil dan ukuran besar. Menstrual cup ukuran kecil memiliki diameter 38 mm hingga 41 mm, dengan panjang 43 mm hingga 70 mm. Sedangkan menstrual cup ukuran besar memiliki diameter 45 mm hingga 76 mm, dengan panjang 50 mm hingga 70 mm.

Menstrual cup ukuran kecil biasanya direkomendasikan untuk wanita yang berusia di bawah 30 tahun yang belum pernah melahirkan secara normal, sedangkan ukuran yang lebih besar sering direkomendasikan untuk wanita yang berusia di atas 30 tahun, dan pernah melahirkan secara normal. Namun untuk mengetahui ukuran yang tepat, kalian bisa melakukan konsultasi kepada dokter.

Nah, setelah mengetahui sedikit banyak tentang menstrual cup, berikut adalah cara memasang menstrual cup yang benar.

Cara Memasang Menstrual Cup yang Benar

Bagi perempuan yang belum pernah menggunakan menstrual cup, seperti aku, pasti bingung bagaimana cara memasang menstrual cup yang benar. Sehingga ada keraguan untuk mencoba menggunakannya. Berikut adalah langkah memasang dan melepas menstrual cup yang benar:

Cara Memasang Menstrual Cup

1. Pastikan menstrual cup bersih
Sebelum mempelajari cara pakai menstrual cup, kalian juga harus memastikan kebersihannya sebelum dipakai. Menstrual cup yang baru dibeli atau dipakai kembali setelah lama disimpan perlu dibersihkan. Caranya, dengan direndam di dalam air yang sedang dimasak selama 3–10 menit.

Selama direbus, menstrual cup tidak boleh menempel di permukaan panci agar tidak rusak atau meleleh. Setelah sudah tidak panas lagi, cuci menstrual cup dengan sabun berbahan lembut dan tanpa pewangi.

2. Pastikan tangan bersih
Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh menstrual cup. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko berpindahnya bakteri dari tangan ke corong menstrual cup.

Selain itu, pastikan pula kuku tidak panjang agar tidak melukai vagina saat memakai dan melepas menstrual cup.

3. Gunakan pelumas
Setelah tangan bersih, kalian dapat memberikan pelumas berbahan air secukupnya pada menstrual cup agar lebih mudah dimasukkan ke vagina. 

Bila tidak memiliki pelumas, kalian dapat membersihkan bagian luar vagina dengan air hangat terlebih dahulu untuk membantu melemaskan otot vagina dan mempermudah masuknya menstrual cup.

4. Lipat menstrual cup menjadi dua bagian
Jepit atau lipat corong menstrual cup menjadi dua bagian hingga berbentuk seperti huruf C. Buka kaki selebar bahu, kemudian angkat satu kaki di dudukan toilet atau tepian bak mandi misalnya.

Selanjutnya, masukkan ke dalam vagina secara perlahan dengan posisi mulut corong menghadap ke atas. Jika mengalami kesulitan memasangnya sambil berdiri, cobalah berjongkok.

5. Posisikan hingga nyaman
Setelah ada di dalam, putar lah ujung menstrual cup agar bisa kembali terbuka atau mengembang. Kalian mungkin perlu untuk sedikit memelintirnya agar menstrual cup terpasang dengan baik. Dengan demikian, darah menstruasi tidak bocor dan terasa nyaman dikenakan.

Pada awal penggunaan, menstrual cup mungkin tidak akan langsung terpasang dengan sempurna sehingga kalian perlu mencobanya berulang kali. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melepasnya jika merasakan sensasi tidak nyaman.

Tanda dari menstrual cup yang sudah terpasang dengan benar adalah kalian tidak merasakan adanya sesuatu yang mengganjal di vagina.

Kalian dapat menggunakan menstrual cup selama 6–12 jam. Namun, jika darah menstruasi yang keluar lebih banyak dari biasanya pada 1–2 hari awal menstruasi, kalian dapat melepasnya lebih cepat dari waktu tersebut agar darah menstruasi tidak bocor dan mengotori celana.

Cara Melepas Menstrual Cup

  1. Cuci tangan hingga bersih.
  2. Posisikan badan seperti sedang berjongkok. Posisi ini akan memudahkan cangkir terdorong oleh otot-otot di vagina agar turun dan mudah diraih.
  3. gunakan telunjuk dan ibu jari untuk meraba ke dalam vagina guna mencubit batang cangkir.
  4. Tarik ujung atau tangkai menstrual cup secara perlahan sampai teraba bagian dasar corong menstrual cup.
  5. Cubit atau jepit bagian dasar corong menstrual cup secara perlahan agar bisa keluar dari vagina tanpa menyebabkan darah tumpah.
  6. Buang darah yang tertampung di menstrual cup ke wastafel atau toilet.
  7. Bersihkan menstrual cup dengan sabun dan air sambil cuci tangan kalian. 

Nah, bagaimana teman? Terlihat mudah kan? Jujur, aku sendiri belum berani mencobanya. Tapi menurut pendapat ku pribadi menstrual cup ini lebih efisien digunakan para perempuan produktif bermobilitas tinggi. Lebih cepat dan lebih ringkas daripada harus tiap beberapa jam sekali ganti pembalut. Kalau menurut kamu gimana???


Semoga bermanfaat!











Sumber:
https://hellosehat.com/wanita/menstruasi/cara-memakai-melepas-menstrual-cup/
https://www.alodokter.com/cara-pakai-menstrual-cup-dan-langkah-melepasnya-yang-benar
https://www.alodokter.com/yuk-ketahui-lebih-jauh-tentang-menstrual-cup-sebagai-pengganti-pembalut
https://www.alodokter.com/yuk-ketahui-lebih-jauh-tentang-menstrual-cup-sebagai-pengganti-pembalut

Related Posts

1 comment

  1. Ku udah pernh pakai mbak. Aku takut di jadi terhisap begimane wkwk

    ReplyDelete

Post a Comment