Header

Mau Tahu Kegiatan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Uang? Cek Disini!

12 comments
Konten [Tampil]
Pekerjaan ibu rumah tangga
Halo Mom-genk!

Kalian para ibu rumah tangga? Mau nambah uang jajan gak? Sudah tahu belum apa aja kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang??

“Emang ada?? Emang bisa???”

Ya jelas dong, ada dan bisa!! Semua kegiatan ibu rumah tangga di rumah, bisa jadi cuan!

Ini nih, kelebihan hidup di zaman serba canggih. Dengan memanfaatkan teknologi di era digital, semua bisa jadi sumber penghasilan.

Siapapun dan dimanapun bisa memanfaatkannya. Kuncinya adalah, mau mencoba dan mau belajar.

Handphone aja udah smartphone, masa penggunanya gak mau upgrade diri? Jadi meski kita hanya ibu rumah tangga yang mungkin hampir 24 jam berada di rumah, tenang.. tetap bisa menghasilkan uang jajan sendiri kok!

Nah, sebelum lanjut membahas kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang, aku akan sedikit mengulas manfaat teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi Digital dan Manfaatnya

Dewasa ini seharusnya kita semakin sadar bahwa kita hidup di era digital yang berteknologi canggih. Segala sesuatu sekarang bentuknya menjadi digital, atau digitalisasi.

Dikutip dari Wikipedia, digitalisasi adalah proses dari yang disebabkan oleh perubahan teknologi dalam berbagai aspek yang beralih media dari bentuk tercetak, audio, maupun video menjadi bentuk digital.

Manfaat dari perkembangan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari adalah membantu pekerjaan dalam membuat, mengubah, menyimpan, menyampaikan informasi dan membagikan informasi tersebut secara cepat, tepat, berkualitas dan efisien.

Tiga aspek yang begitu terasa dampak dari perkembangan teknologi digital yaitu:

1. Komunikasi

Aku masih ingat betul saat berusia di bawah 7 tahun, untuk menelepon nenek yang berada di luar pulau masih menggunakan wartel (warung telekomunikasi). Masih banyak dijumpai telepon umum berwarna biru dengan bilik khasnya di pinggir jalan.

Namun kini, hampir setiap kalangan memiliki smartphone di tangannya. Berkomunikasi dengan sangat mudah bahkan bisa melakukan panggilan video yang membuat jarak seakan begitu sangat dekat.

Ini semua karena kemajuan teknologi digital bidang komunikasi yang sangat pesat dengan dukungan internet membuat segalanya lebih mudah.

2. Ekonomi

Tak hanya berkembang di bidang komunikasi, teknologi digital juga berkembang pesat di bidang ekonomi.

Seperti yang kita tahu, saat ini sudah ada yang namanya dompet digital, dimana kita bisa menyimpan uang selain di bank.

Kita tak perlu lagi membawa uang secara fisik dalam jumlah besar. Cukup gunakan kartu atau smartphone untuk melakukan berbagai macam transaksi.

3. Pendidikan

Bidang yang juga terasa dampak positif dari kemajuan teknologi digital adalah pendidikan. Dengan bantuan internet kini kita bisa dengan mudah mencari suatu informasi.

Selain itu, perkembangan teknologi digital di bidang pendidikan juga memberikan kemudahan dalam proses belajar.

Murid tidak lagi harus mengikuti banyak les di tempat yang berbeda-beda, dengan mengikuti kelas online kini belajar bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah.

Begitupun dengan platform yang mempermudah untuk mengakses informasi dan proses pengembangan diri. Kita juga bisa berinteraksi dengan teman-teman dari penjuru dunia.

Lalu apa kaitannya perkembangan teknologi digital dengan kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang??

Kegiatan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Uang

Aku yakin dari beberapa kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang, pasti ada salah satunya yang kalian suka.

Kegiatan yang menyenangkan bagi kalian. Kegiatan yang meski mengerjakannya tiap hari, bahkan mungkin dalam sehari bisa beberapa kali, kalian tetap senang dan berbinar.

Kegiatan ibu rumah tangga pada umumnya tidak jauh dari memasak, menyapu, mengepel, cuci piring, beres-beres, bermain dengan anak dan lainnya. Nah, dari kegiatan ini sebenarnya bisa lho kamu jadikan kreasi yang menghasilkan uang.

Karena sekarang eranya media sosial, kita bisa memanfaatkan momen yang ada untuk menjadi sebuah peluang.

Siapa sih yang tidak pernah nonton YouTube? Atau platform media sosial lainnya deh, seperti Facebook, Instagram, Tiktok?? Pasti kalian pengguna minimal salah satu media sosial ini kan?

Nah, memanfaatkan peluang yang aku maksud disini adalah dengan menjadi content creator. Familiar kan dengan nama ini?

Content creator adalah sebutan untuk orang yang membuat konten yang menarik, baik berupa tulisan, gambar, video, suara maupun gabungan diantaranya.

Konten yang dibuat biasanya dibagikan di berbagai platform media sosial seperti yang telah disebutkan di atas. Jadi, apapun ya kita lihat dan tonton (baik gambar atau video) di media sosial adalah sebuah konten.

“Aduh, pasti ribet nih pakai edit-edit foto dan video segala!!”

Tenang.. Sebenarnya tidak seribet yang dibayangkan kok! Sekarang sudah banyak aplikasi editing instan yang membantu para content creator.

Jadi tinggal memilih template yang sesuai dan menarik, tambahan video, mungkin bisa dengan tambahan opening baik menggunakan tulisan atau suara untuk menjelaskan isi konten, kemudian bisa sedikit edit tambahan teks yang dibutuhkan. Selesai.

That's why, sebelumnya aku bilang asal mai mencoba dan belajar. Karena semua yang kita butuhkan, kebanyakan sudah tersedia. Kata lainnya, kita terfasilitasi lengkap dengan bantuan teknologi digital.

Ada beberapa kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang di bawah ini yang memiliki banyak peminat atau audien di media sosial, yaitu:

1. Memasak

  
Konten masak

Kegiatan ibu rumah tangga yang satu ini sepertinya menjadi kegiatan mayoritas yang dilakukan di rumah, ya?

Meskipun masak sederhana. Atau hanya menggoreng-goreng saja. Atau mungkin, pekerjaan yang satu ini biasa dilakukan suami? Bisa jadi!

Nah, untuk yang punya hobi masak, atau minimal yang tiap harinya masak, baik kalian para ibu atau suaminya yang memasak, bisa banget lho jadi bahan konten.

Kalian menyuguhkan konten resep masakan, mau judulnya masakan sederhana, masakan sat set, masakan rumahan atau apapun itu.

Cara sederhananya, kalian tinggal rekam video mulai dari mempersiapkan bahan hingga proses memasaknya.

Untuk penjelasan resep dan cara masak bisa lewat tulisan teks video atau suara. Jadi bagi yang tidak ingin menampakkan diri, video bisa fokus ke proses memasaknya saja.

Selain resep masakan, bisa juga dengan berbagi resep cemilan, resep kue, resep minuman dan lainnya.

2. Food Preparation

Konten tentang food preparation juga sangat diminati lho! Masih berkaitan dengan masak-memasak, banyak ibu-ibu mudah menggunakan metode food preparation untuk efesien waktu.

Selain membantu memudahkan persiapan memasak, food preparation juga menjadikan kegiatan belanja lebih efesien.

Biasanya food preparation bisa untuk menu beberapa hari atau seminggu. Jadi belanja bahan dan bumbunya bisa sekalian.

Selain itu, food preparation juga bisa menekan budget uang belanja bulanan lho! Banyak yang bilang dengan metode ini, budget untuk makan lebih hemat.

3. Beberes Rumah

Buat kalian yang hobinya beberes rumah, apa aja diberesin, apa aja dirapihkan, ini nih materi konten yang cocok.

Dipadukan dengan tren kekinian seperti ASMR saat beberes atau quotes dan kata-kata motivasi, pastinya konten kalian akan diminati banyak audien.

Mengapa ASMR? ASMR merupakan singkatan dari Autonomus Sensory Meridian Response, berkaitan dengan panca indra manusia yang kemudian memberikan suatu respon pada saraf otak.

Sehingga ASMR bisa memberikan sensasi tertentu pada tubuh setelah melihat, membau, meraba dan mendengar sesuatu.

ASMR beberes rumah bisa menjadi konten menarik karena menurut ku dari sensasi suara yang ditimbulkan saat proses beberes bisa membangkitkan rasa ingin melakukan kegiatan yang sama.

Misalnya saja bunyi vacum cleaner, bunyi air mengalir saat mencuci piring, bunyi pakaian yang dikibaskan sebelum dijemur dan lainnya.

Opsi kedua, jika ingin lebih simpel tanpa melakukan edit yang lebih banyak, kalian bisa dengan mengunggah video beberes rumah dengan backsound menarik dan tulisan dengan kata-kata motivasi.

4. Home Decor

Begitu pula dengan materi home decor, tidak kalah banyak peminatnya. Banyak content creator yang membagikan konten tentang isi rumahnya.

Misalnya sudut dari ruang tamu dengan jendela terbuka dan memperlihatkan semilir angin menggoyang lembut tirai jendela.
  
Konten dekor rumah

Bisa juga desain interior ruang keluarga, tatanan kitchen set, sudut taman belakang rumah dan lainnya. Konten yang dibagikan bisa berupa foto atau video dengan deskripsi yang menarik.

5. Gardening

Ada yang hobi gardening, Mom? Bisa juga nih untuk bahan konten. Selain menyalurkan hobi, kalian juga bisa berbagi informasi dan edukasi tentang tanaman.

Dari peluang ini, bisa juga lho dijadikan bisnis. Berawal dari membagikan konten tentang gardening, mengenalkan jenis tanaman, cara merawatnya, sekalian deh kalian jualan. Hehe.

6. Tentang Anak

Banyak kita temukan konten tentang anak di media sosial, baik tentang tumbuh kembang anak, tips-tips seputar anak, tentang mpasi sampai ide main anak.

Menurut ku menjadi seorang ibu artinya belajar sepanjang waktu. Karena karakter anak itu berbeda, meskipun saudara kandung.

Jadi aku sering mencari informasi tentang anak yang mendekati dengan karakter anakku. Kalian juga gitu gak, Mom?

Untuk itu, konten tentang anak pasti banyak audien dan bisa menjangkau audien lebih luas.

Pilihlah tema yang kalian suka dan cukup kuasai. Misalnya tentang ide main anak, bagikan banyak ide bermain sesuai tahap usia atau milestone anak. Jelaskan apa saja manfaat dan tujuan permainan itu.

Kesimpulan

Banyak kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang, yang bisa kalian ulik lebih lagi. Manfaatkan pekerjaan sehari-hari ini untuk mengambil peluang.

Temukan pasion kemudian jadikan konten yang menarik. Jangan lupa untuk updgrade diri dengan belajar banyak hal baru untuk mendukung kegiatan ini.

Kalian juga bisa kolaborasi dengan suami lho, mengerjakan materi konten berdua dengan berbagi tugas. Pasti makin kompak! 

Oh iya, sudah tahu belum siapa yang sebenarnya mengerjakan pekerjaan ibu rumah tangga? Baca artikelnya disini ya! 

Jika kalian kangen nuansa kantor tapi ingin tetap kerja dari rumah saja, pas banget nih dengan artikel selanjutnya! Intip deh artikelku dengan judul rekomendasi pekerjaan online untuk ibu rumah tangga 

Semoga bermanfaat!




















Sumber:
https://www.bola.com/ragam/read/5090522/contoh-teknologi-digital-yang-mempermudah-aktivitas-manusia?page=4
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Digitisasi#:~:text=Digitisasi%20(pendigitan)%20atau%20digitalisasi%20(,maupun%20video%20menjadi%20bentuk%20digital.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Transformasi_digital#:~:text=Digitalisasi%20adalah%20proses%20pengubahan%20informasi,an%2C%20penggunaan%20digitalisasi%20juga%20meningkat.
https://jatim.tribunnews.com/2022/12/14/arti-kata-asmr-istilah-gaul-yang-tren-di-media-sosial-youtube-ketahui-juga-jenis-dan-manfaatnya?page=3

Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

12 comments

  1. Jaman sekarang ini dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin masif memberikan keuntungan bagi kita mak-mak rumah tangga ya mbk. Ternyata banyak peluang kegiatan yang bisa menghasilkan uang disambi dengan jaga anak dirumah. Kadang suka heran juga sih, banyak anak muda yang masih bingung nyari pekerjaan. Padahal peluang banyak sekali didunia digital.

    ReplyDelete
  2. Klo aku sebagai penghasilan tambahan lebih suka dengan home decor, bikin macrome gitu trus aku pasarin atau ikut pameran, soale aku seneng banget sama handycraft

    ReplyDelete
  3. Mantab ini.. Ibu ibu meski di rumah aja juga bisa berpenghasilan yaa Mbak..

    ReplyDelete
  4. Kegiatan sehari-hari sebagai Ibu bisa menghasilkan uang dengan membuat konten ya. Bisa dengan anak atau home decor. Aku juga suka lihat konten home decor gitu lucu dan bagus penataan rumahnya bisa jadi inspirasi.

    ReplyDelete
  5. Cita-citaku nanti nih kalo udah berumah tangga. Pengen jadi ibu dan istri yang tetap berpenghasilan tanpa harus keluar rumah. Dari rumah aja kita bisa memanfaatkan banyak peluang. Tinggal kita aja mau berusaha apa enggak.

    ReplyDelete
  6. Sepakat, kegiatan ibu rumah tangga itu banyak banget sampai bingung apa aja, dan ini kalau diulik dan dilakukan secara profesional bisa lo mendatangkan cuan, adalagi lo kegiatannya yaitu membuat cerita, karena terbiasa membuat cerita untuk anak-anaknya bisa juga mengirimkan naskah ke media online maupun offline, kalau ditayangkan akan mendapatkan cuan juga

    ReplyDelete
  7. Masukan yg bagus,,dan kudu di coba..semoga kedepan bisa memanfaatkan waktu untuk mencari cuan via sosmed lagi..aamiin😁

    ReplyDelete
  8. Ibu dengan sejuta aktivitas nya, bejibun pahalanya, dan kerennya masih bisa nambahin itu semua dengan membantu suami mencari nafkah tanpa harus keluar rumah... Amazing.. Thank you sendy yunika sudah membuka banyak hati ibu bahwa mencari pahala ngk harus keluar rumah 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh btw I'm crafter, dan ibu dari 3 anak yang lagi aktif aktifnya 🥰

      Delete
  9. Aku jadi inget suamiku kasih sarah konten tentang memasak, selain untuk menyalurkan tulisan juga bisa diterapkan untuk kehidupan sebagai IRT, tapi yaaa ampun aku kurang ahli masak wkwkw apalagi platting hemm

    ReplyDelete

Post a Comment